Sederhana! Ini Cara Mengurangi Sampah Plastik

Cara mengurangi sampah plastik

Belakangan ini berita mengenai kerusakan lingkungan hangat dibicarakan. Bagaimana tidak, timbulnya berbagai bencana seperti banjir tidak terlepas disebabkan oleh manusia itu sendiri. Salah satunya ditemukan banyak timbunan sampah plastik yang tidak diolah sebagaimana mestinya. Banyaknya sampah plastik ternyata bisa merusak keseimbangan ekosistem, sehingga berdampak pada lingkungan. Lantas bagaimana cara mengurangi sampah plastik sementara dalam kehidupan sehari-hari kita tidak pernah terlepas dari hal-hal yang berkaitan dengan plastik?  

Mengenal Sampah Plastik

Dilansir dari Kompasiana, sampah plastik adalah jenis sampah anorganik yang tidak dapat diuraikan begitu saja dan membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun agar dapat hancur dan terurai secara sendirinya. Sampah plastik merupakan salah satu penyebab masalah pencemaran lingkungan terbesar di dunia.

Memang, plastik awalnya begitu popluer dan sering digunakan banyak orang sebagai media untuk membawa barang belanjaan, tempat pembungkus makanan, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, penggunaan plastik berlebihan ternyata membawa dampak buruk bagi lingkungan. Tanpa disadari, saya, kamu dan kita semua mungkin sudah menjadi bagian dari pengguna plastik yang mungkin ikut berkontribusi menambah tumpukan plastik tak terdaur ulang.

Jenis-jenis Sampah Plastik yang Sering Digunakan

Sampah plastik ternyata memiliki beberapa jenis yang perlu diketahui loh. Sehingga dalam penanganannya juga berbeda tergantung jenis sampah plastik.

Sampah plastik berbahan dasar Polyethylene Terephtalate atau disebut juga sebagai plastik PET. Sampah jenis ini biasanya berbentuk botol plastik yang berbahan dasar PET. Umumnya tidak boleh digunakan sebagai tempat penyimpanan minum lebih dari sekali karena mempunyai kandungan yang berbahaya apabila terkena air panas.

Sampah plastik berbahan dasar Low Density Polyethylene. Sampah jenis ini berbentuk kantong plastik yang sering ditemukan. Meskipun dapat terurai secara alami namun membutuhkan waktu yang sangat lama.

Plastik dengan bahan dasar High Density Polyethylene. Jenis sampah plastik ini umumnya berbentuk botol shampoo atau berbagai jenis botol kosmetik. Sampah plastik ini membutuhkan proses yang lebih rumit dan panjang agar bisa diolah dan menjadi hancur.

Sedotan. Tahu tidak bahwa sampah sedotan ternyata membawa kerusakan di laut. Khususnya mamalia laut. Karena mereka menganggap sedotan adalah makanan.

Ketahui Cara Mengurangi Sampah yang Sulit Terurai

Cara mengurangi sampah plastik
Sumber Gambar: seva(dot)id

Yuk sayangi Bumi kita dengan mengetahui cara mengurangi sampah plastik dan langsung dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Membawa Tas Belanjaan Sendiri

Terlihat sepele tapi hal ini bisa mengurangi penggunaan plastik saat berbelanja. Beberapa waktu yang lalu, minimarket dan supermarket menyediakan tas belanjaan berbahan kain agar bisa digunakan membungkus barang belanjaan, tentu gerakan ini guna mengurangi sampah plastik dan memberikan kesadaran kepada pembeli agar ikut berkontribusi menjaga lingkungan.

2. Jangan Buang Kantong Plastik

Emak-emak pasti tahu kan setelah berbelanja di pasar, ada banyak kantong plastik yang dibawa ke rumah. Jika semua kantong plastiknya dibuang begitu saja, tentu akan menambah timbunan sampah plastik. Sebaiknya, kantong plastik tersebut didaur ulang. Ada banyak ide kreatif mendaur ulang kantong plastik.

3. Membawa Botol Minuman Sendiri

Sebisa mungkin saat bepergian bawalah botol minuman sendiri. Dengan membawa botol minuman sendiri, kita tidak perlu membeli minuman kemasan saat merasa haus. Hal sepele ini tentu saja dapat mengurangi sampah plastik.

4. Kurangi Jajan di Luar Rumah

Yang suka jajan di luar rumah siapa nih? Khususnya saat beli cemilan ketika hangout atau dibawa pulang ke rumah. Sampah plastik dari jajan di luar rumah dapat menambah tumpukan sampah plastik. Sebaiknya saat membeli jajan, belilah cemilan atau makanan yang pembungkusnya mudah diolah.

5. Beli Barang dalam Kemasan yang Ukurannya Lebih Besar

Tips buat kamu yang suka berbelanja di supermarket saat berbelanja agar membeli kemasan yang ukurannya lebih besar. Misalnya ketika membeli deterjen, daripada beli dua bungkus deterjen, lebih baik beli satu bungkus yang ukurannya lebih besar. Begitu juga berlaku dengan barang belanjaan lainnya. Hal ini tentu saja dapat mengurangi sampah plastik.

6. Menggunakan Bahan Bekas yang Bisa Digunakan Lagi

Botol shampoo dan sabun mandi rata-rata bisa diisi ulang ketika isinya sudah habis. Oleh karena itu, botolnya jangan dibuang karena jenis sampah plastik seperti ini rumit terurai, lebih baik isi ulang shampoo tersebut.

7. Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi Hal yang Berguna

Daripada dibuang, lebih baik mendaur ulang sampah plastik yang sudah digunakan. Seperti botol shampoo. Botol plastik bisa didaur menjadi pot tanaman, bisa juga dijadikan celengan, dan kreasi daur ulang plastik lainnya.

Masih banyak cara mengurangi sampah plastik yang bisa dilakukan. Hal paling terkecil dan terlihat sepele tapi efeknya luar biasa adalah tidak membuang sampah sembarangan. Jika kamu ada di jalan dan kebetulan tidak menemukan tempat sampah saat ingin membuang sampah plastik, bawa sampah itu ke rumah, bisa dimasukkan ke dalam tas terlebih dahulu. Perlu diingat, kerusakan lingkungan bermula dari mengabaikan hal-hal kecil yang dianggap sepele. Yuk mulai sekarang sayangi Bumi kita dengan mengurangi sampah plastik. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

11 Komentar

  1. Masalah plastik memang menjadi masalah pencemaran utama di dunia terimakasih telah peduli tentang isu lingkungan ini.

  2. Sudah mulai sedikit menerapkan daur ulang dan memakai botol minuman nih mbak.. buat belanja kadang lupa, sampai tempat baru ingat kalau ga bawa kantong sendiri T.T

    1. Iya gak apa apa kak, step by step aja ☺

  3. Sesimpel itu ya Mba. Sebenarnya bisa dimulai dari diri sendiri untuk mengurangi penggunaan sampah plastik kaya bawa tas belanjaan sendiri, bawa tempat minum, dll. Mulai dari diri sendiri ini yang terpenting

    1. Yup, bener banget kak

  4. Aku sudah terbiasa membawa wadah bekal makanan dan minuman sendiri. Kalau berbelanja juga begitu, bawa tas belanja dari rumah. Ternyata kalau semua orang tergerak hatinya untuk peduli lingkungan, paati bisa deh bebas dari sampah. Yaaa semoga aja semuanya hehehe…

  5. Saya kalau ke pasar selalu membawa tas belanjaan. Awalnya kayak dianggap aneh. Tapi, lama-lama mulai banyak juga yan bawa tas belanja 🙂

  6. Hampir sebagian besar sudah bisa dilaksanakan.. tapi tetep aja ada yg ga bisa juga dilakukan..seperti isi ulang sampo dan membuang sampah plastik… semoga kedepannya bisa lebih mengurangi pemakaian plastik

    1. Iya kak saya pun msh berusaha kok

  7. Agustina Purwantini

    Alhamdulillah, sekarang aku sudah terbisa bawa tas sediri dari rumah. Klo mau belanja di swalayan ya bawa totebag hasil seminar atau apalah-apalah. Kalau mau jajan atau beli lauk ke warungvdekat rumah ya bawa tas plastik.

  8. Wah sampah plastik pun banyak jenisnya juga ya mbak, iya nih aku juga pelan2 mulai menerapkan hidup bebas sampah plastik sekali pakai. Gerakan seperti ini harus didukung, biar kompak mari kita bergerak bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.