Mengenal Apa Itu CSR dan Dampaknya bagi UMKM

Beberapa hari yang lalu, saya melihat sebuah aktivitas yang dilakukan oleh orang asing di desa saya, karena begitu penasaran akhirnya saya pun mencari tahu mengenai kegiatan tersebut. Setelah saya telusuri rupanya itu adalah kegiatan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang bekerjasama dengan masyarakat sekitar. Rupanya kegiatan tersebut dinamakan CSR yang memberikan dampak positif kepada masyarakat oleh perusahaan.

Apa Itu CSR?

Dilansir dari Hashmicro, Corporate Social Responsibility atau yang populer dengan sebutan CSR merupakan sebuah tindakan sukarela yang perusahaan lakukan untuk menunjukkan rasa tanggung jawab suatu perusahaan kepada masyarakat yang tinggal di daerah sekitar perusahaan, serta menunjukkan rasa kepedulian terhadap alam. Walaupun sifatnya sukarela, namun CSR telah diatur oleh undang-undang. Sehingga dengan peraturan tersebut, perusahaan menjadi lebih memiliki kesadaran tentang kepedulian terhadap sesama maupun alam.

Melalui program CSR, masyarakat berharap dapat mendapatkan manfaat dari CSR perusahaan khususnya bagi UMKM.

Tujuan Program CSR

Apa itu CSR
Sumber Gambar: Freepik

Hadirnya program CSR tentu saja memiliki tujuan yang memberikan dampak positif, berikut ini beberapa tujuan program CSR

1. Meningkatkan Perekonomian

Perusahaan dapat mengadakan kegiatan di bidang pertanian atau pertanian, koperasi, bahkan mitra UKM. Melalui CSR, kesejahteraan ekonomi masyarakat lokal maupun masyarakat luas akan meningkat. Kondisi ini nantinya akan menjamin kelancaran seluruh proses produksi perusahaan serta pemasaran produk perusahaan di masyarakat, karena telah tumbuh kepercayaan dalam masyarakat terhadap perusahaan.

2. Memberikan Kontribusi Terhadap Kesehatan Masyarakat

Perusahaan menyumbangkan dana untuk program-program kesehatan masyarakat, seperti melakukan kegiatan penyuluhan, imunisasi balita, sanitasi, dan bentuk pengobatan lainnya. Hal ini tentu saja dapat mendukung upaya kesehatan masyarakat, sehingga derajat kesehatan pun dapat meningkat. Melalui kontribusi ini, citra perusahaan dalam masyarakat pun akan semakin baik.

3. Memberikan perhatian terhadap pendidikan, keterampilan, dan pelatihan

Perusahaan dapat memberikan program beasiswa bagi pelajar yang tinggal di sekitar perusahaan, mengadakan pelatihan skill untuk masyarakat, dan sebagainya. Melalui program tersebut, kesejahteraan dan kehidupan sosial masyarakat pun dapat meningkat.

4. Mengadakan kegiatan sosial, budaya, agama, dan infrastruktur

Dengan mengadakan kegiatan yang menyenangkan, masyarakat pun akan memandang bahwa perusahaan merupakan organisasi yang positif dan peduli. Perusahaan dapat melakukan perbaikan fasilitas lingkungan masyarakat, mengadakan bakti sosial, program buka puasa bersama dengan masyarakat, dan sebagainya. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan.

5. Mengelola kebersihan lingkungan dan sumber daya alam

Perusahaan mengadakan program pengelolaan sampah dan limbah di sungai dan pemukiman warga. Selain itu, mengajarkan dan melakukan pengelolaan sampah rumah tangga. Terjaganya kelestarian lingkungan dan alam dapat menjamin kelancaran proses produksi dan ketersediaan pasokan bahan baku produksi dari alam. Hal ini diharapkan dapat membantu terciptanya keseimbangan antara perusahaan, masyarakat dan lingkungan.

Melihat berbagai tujuan program CSR, kita bisa tahu apa saja manfaat yang akan didapatkan oleh masyarakat. Lantas apa dampaknya bagi pelaku UMKM?

Dampak Positif Program CSR bagi UMKM

Ternyata program CSR ini tidak hanya ditujukan pada masyarakat pada umumnya, tapi ada program CSR yang dikhususkan membantu UMKM agar bagi pelaku usaha kecil dan menengah bisa berkembang.

Bagi UMKM, program CSR tentunya sangat memberikan dampak positif, karena melalui program ini, perusahaan dapat memberikan kontribusi langsung kepada UMKM, seperti pelatihan, bantuan dana dan sebagainya.

Salah satu perusahaan yang memiliki program CSR untuk UMKM adalah JNE. Program JNE seperti JNE Hijau, JNE Pendidikan, JNE Komunitas dan masih banyak lagi. Apalagi saat kita dilanda pandemi, JNE dengan aktif memberikan bantuan dan pelatihan kepada UMKM. Sebagai bentuk apresiasi, JNE mendapatkan penghargaan Top CSR of the Year 2022. Ini menjadi bukti bahwa, JNE adalah perusahaan yang kredibel dan aktif secara sosial.

Menanggapi isu mengenai adanya penimbunan beras yang katanya dilakukan oleh JNE dengan pemberitaan yang mencemarkan nama baik JNE, tentu saja saya sebagai pelanggan setia JNE tidak langsung percaya dengan adanya pemberitaan tersebut. Dan memang benar, pihak JNE sudah melakukan klarifikasi mengenai isu pemberitaan tersebut sebagai tuduhan yang tidak berdasarkan data apalagi fakta.

Faktanya adalah JNE selalu melakukan program dan kegiatan yang sudah melalui proses dan sesuai dengan aturan hukum yang tentu saja diketahui oleh pemerintah.

Semoga, program CSR dari JNE tetap eksis dan membantu lebih banyak masyarakat terutama UMKM.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Alasan Memilih Jasa Pengiriman JNE

Keuntungan Hidup di Era Digital

Artikel Menarik Lainnya

1 Komentar

  1. Ketahui Cara Kerja Lelang Barang untuk Donasi - Blog Ainhy Edelweiss

    […] Mengenal Apa Itu CSR dan Dampaknya bagi UMKM […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.