Jenis Pinjaman Online yang Perlu diKetahui Sebelum Berencana Meminjam Dana

Pinjaman Online
Sumber Gambar: merahputih(dot)com

Assalamu ‘alaikum, bagaimana kabarnya hari ini? semoga senantiasa dalam lindungan-Nya. Terima kasih telah menyempatkan waktu singgah di blog saya. Artikel kali ini membahas mengenai jenis pinjaman online yang perlu diketahui sebelum berencana melakukan peminjaman dana.

Apakah kamu sudah melakukan pinjaman online atau sedang berencana melakukan peminjaman dana? Yukss baca dulu ulasan menarik di bawah ini.

Munculnya Beragam Pinjaman Online

Menjamurnya pinjaman  online cepat di  Indonesia saat ini membuat sebagian masyarakat lebih memilih cara pinjaman tersebut dibandingkan konvensional.  Apalagi pinjaman  online dirasa memiliki prosedur  yang jauh lebih praktis dengan  proses  pencairan cepat. Bahkan wawancara kelayakan kredit terhadap calon nasabah tidak perlu lagi dilakukan secara tatap muka, melainkan pula melalui telepon.

Salah satu produk unggulan  yang  ditawarkan setiap pinjaman  online adalah pinjaman online cepat tanpa jaminan.  Jenis pinjaman online ini sangat tepat digunakan untuk mereka  yang  membutuhkan  dana dalam keadaan darurat, tetapi tidak ingin menyertakan jaminan apapun.  Melalui laman  situs penyedia produk keuangan, kamu  dapat  langsung memproses pengajuan pinjaman  online cepat dengan jumlah  yang  sesuai kebutuhan.

Disamping itu,  sebagian besar laman  situs  pinjaman  online  pun menyertakan informasi seputar suku bunga  yang  jauh lebih rendah dari pada lembaga keuangan  pada  umumnya. Penetapan tingkat bunga pinjaman biasanya disesuaikan dengan ada atau tidaknya jaminan. Apabila peminjam memberikan jaminan,  maka tingkat bunga  yang dibebankan bisa jauh lebih rendah dibandingkan tanpa jaminan,  karena hal ini berguna untuk memperkecil risiko pembayaran.

jenis pinjaman online
Sumber Gambar: okezone

Jenis-jenis Pinjaman Online yang Perlu diketahui

Serupa dengan produk pinjaman  dana  konvensional,  pinjaman  online cepat  juga memiliki berbagai jenis pinjaman  yang  dibedakan sesuai dengan jenis pinjaman,  jangka waktu angsuran, suku bunga, ada atau tidaknya agunan,  serta tujuan dari pinjaman.  Berikut beberapa jenis pinjaman   yang  dimaksud:

1.  Kredit Tanpa Agunan

Kredit tanpa agunan adalah jenis produk  yang  ditawarkan pinjaman online tanpa harus menyertakan agunan  alias  jaminan.  Meskipun terlihat sangat  praktis,  umumnya pihak pinjaman online  cepat meminta kartu kredit  yang dimiliki calon peminjam sebagai syarat utama pengajuan kredit tanpa agunan  (KTA).

2. Kredit Karyawan

Pinjaman karyawan adalah produk  yang  sengaja ditujukan bagi setiap karyawan  yang aktif bekerja  di sebuah instansi, baik milik pemerintah maupun swasta dengan penghasilan tetap setiap bulan.  Untuk mengajukan pinjaman ini, seorang karyawan harus menyertakan beberapa dokumen pendukung seperti  SK  Pengangkatan  PNS/Pegawai Tetap,  rekomendasi atasan  yang berwenang  dan  slip  gaji.

Baca Juga: Transaksi Non Tunai Jadi Lebih Aman Selama Pandemi

3. Kredit dengan Agunan

Berbeda fungsi dari  KTA,  kredit dengan agunan adalah fasilitas pinjaman online  cepat  yang mana  peminjam diminta untuk menyertakan sebuah jaminan berharga seperti surat kendaraan (BPKB)  atau sertifika trumah.

Baca  Juga:  5  Langkah Mudah Ajukan Pinjaman  Online  Bunga Ringan

4. Kredit Kendaraan Bermotor

Ingin membeli kendaraan namun  dana  yang  dimiliki masih kurang? Kredit kendaraan bermotor solusinya.  Fasilitas pinjaman ini memungkinkan  kamu  membeli mobil ataupun  motor idaman tanpa harus melakukan pembayaran secara tunai.

5. Pinjaman Modal Usaha

Pinjaman modal  usaha merupakan jenis pinjaman  yang  diberikan khusus untuk memenuhi modal seorang pengusaha dalam merintis usahanya tersebut.  Tidak perlu ragu saat meminjam  dana untuk  modal  usaha karena  masa  tenor  yang  diberikan sebagian pinjaman  online cepat biasanya sangat  lama  hingga  36  bulan.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tanga dengan Gaji 3 Juta!

6. Kredit Pemilikan Rumah

Selain kendaraan,  pihak pinjaman  online  biasanya  juga menyediakan fasilitas kredit kepemilikan rumah bagi mereka  yang  ingin membeli rumah idaman dengan cara mencicil. Untuk menggunakan fasilitas ini, kamu  cukup menyertakan foto kopi  KTP  dan bukti gaji tetap setiap bulannya.

Ketika meminjam  dana  melalui pinjaman  online  cepat,  hal pertama yang paling krusial untuk dilakukan adalah menentukan besaran pinjaman. Pasalnya, langkah tersebut menentukan sanggup tidaknya  dalam membayar cicilan kelak.  Selain itu, kamu juga perlu mempersiapkan dokumen-dokumen pendukung  agar pihak pinjaman  online  lekas mencairkan dana.

Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pinjaman  online, kamu  bisa membaca informasinya melalui laman  situs  https://www.cekaja.com/kredit.

Artikel Menarik Lainnya

33 Komentar

  1. Yang tak bisa dilupakan juga adalah kredibilitas pemberi pinjaman ya. Jangan sampai kita tertipu yang abal-abal. Harus dipastikan dahulu sudah terdaftar di OJK.

  2. Semoga ga kena beratnya pinjeman pinjol ya Allah. Suamiku tergoda soale. Moga-moga lancar

    Kudu cek aja yang baik yang mana ya pinjolnya jadi ga rungsing tiba2 kebelit hutang

  3. Pinjaman online ini ngeri ngeri sedap ya. Tapi pastinya kalau mau pinjam yang sudah terdaftar di OJK ya. Jadi aman.

  4. Wah, Tengkyu banget deh tulisannya. Aku nih, masih belom bisa bedain berbagai jenis pinjaman. Ke tekape aaaah 😍

  5. Nurul Fitri Fatkhani

    Pinjaman online sekarang lagi marak-maraknya ya …
    Kita harus tetap bijak dan berhati-hati jika ingin melakukan pinjaman online, pilih badan yang bernaung di bawah OJK

  6. Jadi inget dia hari ini sudah ada 5 pesan masuk nawarin pinjaman online nih mba. Haha. Sekarang emg penting sih ad pinjaman online ya. Krn urgent jg kadang2 kita tuh

  7. Gara-gara prosesnya relatif mudah, orang jadi terjerat pinjol ya, mana bunganya gede, kudu seleksi sebelum pinjam dan jangan mudah tergiur ngutang…

  8. Aku tuh jadi sering nerima sms yang nawarin pinjaman. Ga tau dari mana. Emang banyak banget ya sekarang tuh. Kalau bukan buat yang sifatnya produktif mending tahan dulu ya mau ngajuin pinjaman

  9. Masih takut takut nih kalau iih pinjaman online, soalnya banyak sekali yang manfaatkan kesuitan orang lain, semoga kita terhindar dari semua itu ya

  10. bener banget nih.. kudu teliti sblm memutuskan utk pinjam online. Karena selain mudah.. kita perlu tahu segala resikonya ya

  11. Harus teliti sih kalo mau pinjam online, jangan asal ada yang menawari. Ntar takutnya enggak terdaftar di OJK

  12. PInjaman apapun harus diseuaikan dnegan kemampuan ya jangan sampai terjadi kredit macet. Makin mudah ya sekarang mau butuh dana untuk modal usaha contohnya ada pinjaman online

  13. Menurutku yang mana ya tetap yang ada agunannya sih. Karena jelas kan ada jaminannya. Kalau enggak ada suka ngeri aja kalau ada apa-apa. Nagihnya juga suka ngasal. Kalau aku pribadi baru punya pengalaman kredit motor sih. Alhamdulillah lancar karena ambilnya juga yang biasa aja, yang cicilannya murah.

  14. Nah iya nih mesti tahu latar belakang perusahaan nya, terdaftar gak d ojk kalau aku pilih menghindar pinjaman online

  15. yang paling sering sih kalau di sekitar saya adalah kredit kendaraan bermotor. Kayaknya punya kendaraan didahulukan bahkan sebelum punya rumah pribadi, soalnya kendaraan penting banget ya buat kerja dan cari nafkah.

  16. Sekarang semua dipermudah ya mbk, termasuk urusan pinjam meminjam. Ada pinjaman online.. Praktis dan syaratnya nggak terlalu ribet. Tapi harus waspada juga, harus bener2 tau prosedur dan S n k nya

  17. review tentang pinjaman onlinenya lengkap banget mba, bisa jadi masukkan terutama yang ingin memiliki rumah idaman ya .

  18. memang bener nih harus bijak dan pelajari dulu jenis pinjaman dan gimana ketentuannya
    serta kita mampu apa nggak ambil pinjaman
    jangan sampai nanti ga sanggup bayar

  19. Tapi Eny tetap takut buat pinjaman kayak gini, karena memang blm ada butuh buat sekarang yaa

  20. Lengkap juga ya macamnya pinjaman online ini.
    Kalau saya sendiri sih, masih nggak berani buat ngajukan pinjaman online.

  21. Saya suka baca artikel bertemakan keuangan buat nambah literasi keuangan, karena banyak orang yang mengatakan ini itu tapi belum memahami bagaimana pinjol itu akibatnya menggunakan untuk sesuatu yang salah atau bahkan tidak bermanfaat, padahal namanya pinjaman harus di bayar.

  22. Kadang aku berpikir soal keamanan pinjaman online ini. Bukan pihak peminjam yg kukhawatirkan, tapi para peminjam yg boleh jd risiko uangnya tdk kembali lebih bsr drpd pinjaman offline.

  23. Eh sudah banyak bener ya pinjaman online sekarang bukan cuma pinjaman uang biasa ternyata.

  24. Ku mengincar KPR sekarang, dan kudu harus kerja keras bearti, hehehhe semoga dilancarkan nantinya… Eh,ternyata ada juga toh yang online.

  25. Nice info. Saya belum berani jika ada orang atau iklan yang menawarkan pinjaman online. Saya takut tidak bisa mengembalikan dan ada bunganya yang akan ditakutkan tuh uang bisa beranak pinak hihihi.

    Dari sini saya dapat ide untuk nulis teknologi keuangan yang ada saat ini. nice inspirasinya yah

    1. sama2 kak, makaish udah mampir di blog 🙂

      1. Mba td aku coba2 komen ngga bisa jd aku komen disini aja yaa…
        yg penting buat pinjaman online itu sudah terdaftar di OJK & benar2 hrs dibaca syarat dan ketentuan yg belakunya jgn sampai menyusahkan para peminjam 😊

  26. kalau untuk kegiatan produktif, mungkin bisa ya mempertimbangkan pinjaman online.
    tapi kalau hanya untuk konsumtif aja, better pikir2 dulu lah ya

  27. Bener banget. Sekarang banyak banget pinjaman online. Setiap hari pasti ada aja SMS iklan pinjaman online ke nomorku. Entah dapat dari mana 🙁 Iming-imingnya pun syarat yang gampang dan langsung cair. Tapi aku gak berani dan jangan sampai deh.

  28. aku baru tahu nih pinjaman online bisa buat kpr juga. tapi sekarang lumayan banyak kayaknya kasus pinjaman online ini ya. sebaiknya sih memang harus berhati-hati sebelum melakukan pinjaman online

  29. agak was-was sih mba kalo jenis pinjaman online. kaya insecure gitu kak. but thanks infonya ya

  30. Aku baru tau mbak kalau pinjeman online ada juga yang pakai agunan ya. Jelas lebih aman ya. Yg jelas asal terdaftar di OJK.. Biasanya aman kok. Thank you infonya ya mbak

    1. yang pasti terdftr kak di OJK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.