Doa Ampuh Supaya Terbebas Dari Hutang

Manusia yang tinggal di dunia pastinya pernah memiliki hutang, saat Anda memiliki hutang sebaiknya hutang ini harus dibayar hingga lunas. Supaya bisa membayar hutang manusia ini perlu berdoa kepada Allah SWT  dan berusaha dengan cara ikhtiar. 

Bagi Anda yang memiliki hutang yang belum selesai di dunia, hutang ini bisa berlanjut hingga ke akhirat. Hal ini sesuai dengan sabda dari Rasulullah SAW “Demi jiwaku yang ada di Tangan-Nya, seandainya ada seorang laki-laki terbunuh di jalan Allah, kemudian ia dihidupkan lagi, lalu terbunuh lagi, kemudian dihidupkan lagi dan terbunuh lagi, sedang ia memiliki utang, sungguh ia tidak akan masuk surga sampai utangnya dibayarkan.” (HR Nasa’i).

Dalam islam sendiri hutang ini terjadi ketika seseorang memberikan sebuah pinjaman kepada orang lain dengan janji akan di kembalikan dalam jangka waktu yang telah disepakati sebelumnya. Rasulullah SAW sendiri selalu mengingatkan kepada umatnya supaya bisa membantu saudara yang sedang merasa kekurangan dengan cara memberikan pinjaman.

Orang yang telah membantu untuk memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan, orang ini akan mendapatkan pahala yang cukup besar dari Allah SWT, hal ini juga sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang bunyiya: “Barang siapa menghilangkan kesusahan seorang mukmin dari kesusahan dunia, maka Allah akan menghilangkan kesusahannya dari kesusahan di hari kiamat. Barang siapa memberi kemudahan orang miskin, maka Allah akan memberi kemudahan untuknya di hari kiamat.” (HR Ahmad, Muslim, Abu Dawud).

    Walaupun begitu tapi sebaiknya Anda juga jangan terlalu sering berhutang, karena berhutang ini tanggung jawabnya cukup besar baik di dunia ataupun di akhirat. Bagi orang yang menunda untuk membayar hutang orang ini termasuk orang yang dzalim. Hal ini juga sesuai sabda dari Rasulullah SAW “Menangguhkan utang orang yang mampu adalah suatu kezaliman. Dan, apabila diantara kamu sekalian itu dibayar oleh orang yang mampu dengan cara cicilan maka terimalah yang demikian itu.” (HR Bukhari dan Muslim).

    Supaya bisa terbebas dari hutang Anda bisa melakukan berbagai cara salah satunya membaca doa terbebas dari hutang.

Doa terbebas dari hutang

Berikut daftar doa terbebas dari hutang

Salah satu doa yang bisa Anda baca adalah doa yang telah di ajarkan oleh Rasulullah SAW. Ini dia doanya “Allâhumma innî a‘ûdzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘ûdzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘ûdzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘ûdzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijâl.” Yang artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.”

    Selain doa ini ada juga doa yang bisa dibaca yaitu “Ya Allah, cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, serta cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR Tirmidzi). Ada juga doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada Abu Umamah yaitu “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegelisahan dan kesedihan, dari kelemahan dan kemalasan, dari sifat pengecut dan kikir, serta dari beban hutang dan dominasi orang lain.” (HR Abu Daud).

    Baca dan amalkan semua doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW supaya Anda bisa terbebas dari hutang. Jangan lupa juga jika memiliki hutang, hutang tersebut harus di lunasi sesuai janji. Rasulullah SAW juga berkata “Sebaik-baik kamu ialah yang paling baik dalam membayar utangnya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Artikel Menarik Lainnya

13 Komentar

  1. Inilah Beberapa Doa Untuk Orang Meninggal, Simak! - Blog Ainhy Edelweiss

    […] Doa Ampuh Supaya Terbebas Dari Hutang […]

  2. Hadis yang Menjelaskan Tentang Pentingnya Menjaga Kebersihan - Blog Ainhy Edelweiss

    […] Doa Ampuh Supaya Terbebas Dari Hutang […]

  3. Terima kasih sharingnya, mbak. Harus dihafal dan dibaca tiap hari ini doanya biar kita bisa terbebas dari jeratan hutang

  4. Ya Alalh Aamiin, bebaskan kami dari hutang ya Allah. aku hutangnya masih banyak mbak…semoga bisa istiqomah baca doanya.

    1. Amiinn, sama2 mba

  5. Terima kasih mba Ainhy. Semoga kecemasan tidak bisa membayar hutang bisa lenyap dan menjadi semangat untuk bekerja agar hutang lekas terbayar lunas

  6. Berhutang bikin kita ga tenang, rasanya tuh ada beban. Begitu hutang lunas, lega banget bahkan tidur juga jadi lebih pulas. Semoga bisa meminimalisir hutang.

  7. Lailatul Istiqomah, S.M

    Masya Allah. Doa yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang kak. Semoga doanya selalu memberikan manfaat kak.

  8. masya Allah, terima kash mbak remindernya. semoga kita terhindar dari utang piutang ini lah ya, kelihatannya simpel tapi kalau nggak dipotong bisa melebar :’)

  9. Sharing yg sangat bermanfaat mbak..
    Era sekarang itu pinjol online aja menjamur ya mba..
    Alhamdulillah dari awal nikah, suami mengajarkan menghindari hutang. Semampunya kami aja.

  10. punya hutang itu memang bikin hidup tidak nyaman, bukan cuma di dunia bahkan sampai terbawa ke akhirat jika kita belum melunasinya 🙁
    terima kasih sudah berbagi doa ini, Bismillah amalkan juga 🙂

  11. MasyaAllah infonya bermanfaat Mbak. Terima kasih sudah berbagi info doa ini.

  12. Terimakasih mbak sudah sharing doanya,, cocok banget buat yg punya banyak kreditan nih, selain bisa sedikit tenang, mudah2an orang-orang yang sering kredit bisa segera berhenti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.