Makanan Pedas Menyebabkan Sakit Maag, Fakta atau Mitos?

Makanan pedas menyebabkan sakit maag
Sumber Gambar: Freepik

Siapa nih yang suka banget sama makanan pedas? Kayaknya, hampir semua menyukai makanan pedas, termasuk saya. Untungnya setelah menikah, suami juga penyuka makanan pedas, jadi saat masak, tidak perlu dipisah-pisah, karena selera kami sama. Kalau tidak ada rasa pedasnya, saya kurang nafsu makan. Namun, karena suami menderita penyakit maag, saya sempat mengira bahwa makanan pedas menyebabkan sakit maag.

Dulu, setiap penyakit maag suami kambuh, saya langsung melarangnya memakan makanan pedas, karena selain saya, keluarga juga berpikir hal yang sama, mengira bahwa salah satu penyebab maag adalah makanan pedas. Masalahnya suami paling nggak bisa tahan dengan makanan pedas, katanya kurang mantap kalau tidak ada cabai dalam menu makanan. Yah saya memahaminya karena saya juga pecinta makanan pedas.

Untungnya saya mampir di website adem sari dan mendapatkan informasi bahwa makanan pedas yang bisa menimbulkan penyakit maag hanyalah mitos. Faktanya, makanan pedas ternyata memiliki banyak manfaat. Nah apa saja manfaat makanan pedas? Berikut ini ulasannya.

Manfaat Makanan Pedas

Dilansir dari website adem sari, ternyata makanan pedas memiliki banyak manfaat karena kandungannya yang baik untuk tubuh, berikut ini saya rangkum beberapa manfaat makanan pedas yang perlu kita ketahui.

1. Merangsang Metabolisme Tubuh

Rasa pedas yang berada dalam cabai ternyata berasal dari zat capsaicin. Zat capsaicin dapat mendorong kerja metabolisme dalam tubuh hingga lima persen. Selain itu, sensasi pedas yang diakibatkan makanan pedas memiliki efek termogenik yang membuat tubuh merasakan sensasi kebakar layaknya seperti berolahraga.

Karena metabolisme naik, maka lemak dalam tubuh bisa berkurang sekitar 16%. Saat kita mengkonsumsi makanan pedas, maka metabolisme dalam tubuh bekerja keras untuk membakar lemak selama dua pulih menit. Wah keren banget bukaan, mungkin selama ini kita baru tahu fakta tersebut.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung sangatlah penting. Salah satu zat yang bisa meningkatkan kesehatan jantung adalah zat capsaicin. Zat ini berfungsi menekan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mendorong kadar kolesterol baik (HDL) memenuhi rongga jantung didalam tubuh. Tentunya hal ini baik karena jantung terhindar dari resiko penyakit jantung.

Studi penelitian Journal of Nutrition & Metabolism menyatakan bahwa capsaicin berperan aktif dalam meningkatkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, mengurangi peradangan akibat radikal bebas dan zat kontaminan lain agar jantung tetap sehat setiap hari.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Apakah kamu pernah lebih sering ke toilet setelah mengkonsumsi makanan pedas? Itu adalah salah satu efek yang kita rasakan setelah makan makanan pedas. Bagi sebagian orang, mungkin menganggap bahwa hal tersebut merugikan, padahal malah sebaliknya.

Faktanya makanan pedas dapat membantu melancarkan pencernaan. Hal tersebut dikarenakan kandungan didalam makanan pedas mampu membangkitkan enzim baik sehingga sistem pencernaan bekerja dengan baik. Selain itu, makanan pedas dapat meningkatkan dari infeksi yang terjadi dengan cara meningkatkan produksi cairan pada sistem pencernaan.

Nah itu dia beberapa manfaat makanan pedas, jadi mitos yah jika makanan pedas bisa menyebabkan sakit maag. Meskipun ada banyak manfaatnya namun, jangan mengkonsumsi secara berlebihan, karena apapun yang kita konsumsi secara berlebihan, akan menyebabkan munculnya rasa tidak nyaman pada tubuh.

Akan tetapi, jika sudah terlanjur merasakan tidak nyaman pada tubuh setelah mengkonsumsi makanan pedas, redakan dengan adem sari. Kamu pasti familiar dengan minuman yang paling banyak manfaatnya nih. Salah satu manfaat adem sari adalah memberikan sensasi segar dalam tubuh. Selain itu, kaya akan vitamin C, mengandung ekstrak chrysanthemum, wheat grass, mesona.

Tetap nikmati makanan pedas dan jangan lupa konsumsi adem sari cepet ademnya untuk memberikan sensasi segar dan manfaat lainnya.

Baca Juga:

3 Cara Mengkonsumsi Umbi Garut untuk Asam Lambung

Lengkapi Penampilan dengan Wewangian, Ini Dia 6 Rekomendasi Parfum Pria Terbaik!

Byunest: Rahasia Kulit sehat a la Tasya Farasya

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.