Manfaat Asuransi Kendaraan yang perlu Kamu Ketahui

Ketidakmampuan memprediksi atas apa yang akan terjadi pada masa mendatang merupakan dinamika pikiran manusia. Jadi dibutuhkan layanan yang dapat meminimalisir risiko serta memberikan perlindungan dari kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, yaitu asuransi. Untuk lebih jelas ayo kita simak pengertian asuransi, jenis dan manfaatnya bagi kehidupan.

Pengertian Asuransi 

Asuransi merupakan bentuk perjanjian antara kedua belah pihak, yaitu tertanggung dan penanggung, dimana tertanggung membayar iuran kepada penanggung untuk mendapatkan bentuk ganti rugi atas resiko finansial yang terjadi secara tak terduga.

Asuransi tidak dapat menghilangkan risiko yang akan terjadi, tapi asuransi dapat mengurangi dampak kerugian yang muncul dari suatu peristiwa yang tidak terduga. Kendati demikian, asuransi sudah menjadi bagian perencanaan finansial untuk jangka panjang.

Jenis-jenis Asuransi

Perlu diketahui bahwa asuransi memiliki beberapa jenis yang meliputi; 

Asuransi Kesehatan 

Asuransi Kesehatan memberikan perlindungan dengan jaminan biaya kesehatan dan perawatan bagi pihak tertanggung jika mengalami kecelakaan atau jatuh sakit. Jenis asuransi ini banyak diberikan oleh perusahaan atau instansi tempat seseorang bekerja.

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa menanggung atas kematian seseorang dengan memberikan keuntungan finansial pada tertanggung atas kematiannya. Ketika pihak tertanggung meninggal dunia, pemegang polis akan menerima uang pertanggungan dari asuransi jiwa.

Asuransi Pendidikan 

Asuransi pendidikan dapat dikatakan sebagai tabungan untuk masa depan demi menjamin pendidikan anak dari pemegang polis (pihak tertanggung). Asuransi ini menjadi populer karena semakin tingginya biaya pendidikan dari tahun ke tahun sehingga tidak jarang orang tua yang kini memiliki asuransi pendidikan.

Asuransi Kendaraan 

Jaminan asuransi jenis ini memberikan jaminan asuransi atas kerugian pada kerusakan mobil atau sepeda motor yang terjadi akibat kecelakaan.

Ketika kita sudah memutuskan membeli kendaraan, maka harus siap dengan konsekuensi kemungkinan yang akan terjadi. Misalnya, tabrakan, tergores, tergelincir, dan kehilangan akibat tindakan pencurian yang dapat mengakibatkan kerugian. Oleh karena itu, jangan jadikan asuransi kendaraan adalah beban. Justru bisa menjadi bagian dari kebutuhan dalam perawatan kendaraan yang memungkinkan terjadinya risiko.

Jadi asuransi kendaraan merupakan proteksi terhadap kerugian atau kerusakan yang terjadi pada kendaraan dengan berbagai sebab. Misalnya tabrakan,  pencurian dll. Berikut manfaat Asuransi kendaraan yang perlu diketahui.

Manfaat Asuransi Kendaraan

Manfaat asuransi kendaraan
Sumber Gambar: Freepik

Mempunyai asuransi kendaraan tentunya memiliki banyak manfaat, seperti; 

Memiliki jaminan perlindungan kendaraan

Asuransi jadi jaminan perlindungan bagi pemilik kendaraan apabila suatu saat terjadi kerugian disebabkan kecelakaan atau tabrakan, sehingga dapat meringankan beban bagi pemilik kendaraan.

Dapat mengatur keuangan dengan mudah

Salah satu manfaat asuransi kendaraan lainnya adalah dapat membantu mengatur keuangan dengan mudah, sehingga segala risiko yang terjadi secara tak terduga bisa mengandalkan asuransi menutupi biaya dari kemungkinan yang terjadi pada kendaraan.

Memberikan rasa aman

Setelah memutuskan memiliki kendaraan, tidak ada jaminan tidak terjadi risiko yang dapat menyebabkan kerugian. Jadi, dengan mengasuransikan kendaraan merupakan wewenang asuransi untuk meng-cover nilai biaya pada kendaraan sehingga dapat menenangkan pikiran dan meringankan beban yang terjadi.

Kesimpulan

Hari ini problem kehidupan kian tidak pernah usai, namun dengan kecerdasan dan kejeniusan manusia, maka segala masalah bisa diminimalisir bahkan diatasi secara sempurna. Hadirnya jasa asuransi dapat membantu meringankan segala risiko yang terjadi secara tidak terduga. Banyaknya jenis-jenis asuransi mampu meng-cover segala kebutuhan manusia. Sama halnya asuransi kendaraan, hampir setiap pemilik kendaraan mengasuransikan kendaraan miliknya dengan alasan keamanan. Hal ini tentu dibutuhkan, selain manfaatnya begitu besar, sehingga dapat meringankan beban apabila suatu saat terjadi kecelakaan. Misalnya, tabrakan pada kendaraan, tergores, tergelincir, kebakaran, bahkan ketika kita mengalami kerugian akibat tindakan pencurian.

Demikian informasi mengenai manfaat asuransi, semoga bermanfaat… 

Artikel Menarik Lainnya

3 Komentar

  1. Kelebihan Dan Spesifikasi Motor Yamaha Freego - Blog Ainhy Edelweiss

    […] Manfaat Asuransi Kendaraan yang perlu Kamu Ketahui […]

  2. Mengenal Bahan Anti Api Yang Digunakan Dalam Kehidupan Sehari - Hari - Blog Ainhy Edelweiss

    […] segi sejarah, bahan – bahan anti api berhubungan dengan bencana kebakaran dan kait erat juga dengan pemadam […]

  3. Coba dulu Simulasi Kredit Motor Sebelum Membeli - Blog Ainhy Edelweiss

    […] asuransi kendaraan juga penting. Kita tidak pernah tahu akan mengalami hal apa ke depannya. Asuransi kendaraan […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.