Warning: file_get_contents(http://ipinfo.io/35.175.200.4): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.0 429 Too Many Requests in /home/ainc4129/public_html/wp-content/plugins/nm-visitors/nm-visitors.php on line 97
Serunya Training of Trainer Siberkreasi di Makassar - Ainhy Edelweiss
Aktivitasku Beranda

Serunya Training of Trainer Siberkreasi di Makassar

“Siberkreasi merupakan gerakan Nasional Literasi Digital yang mendukung dan menyebarkan konten positif di sosial media, saring sebelum sharing!”

Selamat pagi manteman, apa kabar? i hope all of you is well 🙂

Today i’m gonna share about my experience joining the Training of Trainer School of Influencer last week. Too late to share right? but there is no word of LATE for me if its positive things then i will keep to share it.

I was sick, but today i back to do my daily routine, by the way i am so sorry using English and mix it to Indonesian language because while i share, i will practise my english, jadi kalau bahasaku gado-gado harap dimaklumi yah, heheh.

7 November 2018, aku mengikuti salah satu kegiatan yang diadakan oleh Siberkreasi. Kegiatan ini merupakan salah satu agenda Siberkreasi untuk memperluas gerakan literasi digital. Sudah tau kan yah di era milenial ini semua terhubung oleh internet, dan sepertinya udah gak ada lagi gen milenial yang gak pake gadget, at least di kota, semuanya sudah pake gadget. Nah, fenomena tersebut bukan hal yang tabu lagi di era teknologi, masalahnya adalah selain dampak positif yang bisa dinikmati, dampak negatif pun tak bisa dihindari. Yaitu mengomsumsi informasi-informasi yang bertebaran di sosial media. Berbeda dengan generasi sebelumnya, di era milenial ini, kebanyakan informasi diserap melalui akses internet khususnya sosial media. Dari perubahan pola tersebut, muncullah sebuah masalah baru. Maka dari itu, masyarakat khususnya gen milenial perlu melek akan informasi yang diserap setiap detiknya. Istilah masalah tersebut dikenal dengan HOAX.

Hoax adalah ketidaksesuaian antara berita yang tersampaikan kepada user dengan realita yang terjadi. Dan fakta inilah yang barangkali mendasari Siberkreasi untuk melakukan gerakan literasi digital.

Literasi sendiri bisa dipahami sebagai sebuah gerakan membaca dan menulis atau memahami serta menelaah sesuatu. Sependek pengetahuanku, seperti itulah literasi. Literasi digital berarti sebuah gerakan dimana para user atau pengguna internet sebisa mungkin memahami atau menelaah semua informasi-informasi yang didapat agar tidak mudah menerimanya begitu saja.

Etss kayaknya banyak celoteh nih, serunya kegiatan Siberkreasi gimana? Langsung aja kalau gitu.

Training of trainer school of influencer adalah agenda kedua setelah diadakan di Unismuh beberapa pekan lalu, bedanya dengan kegiatan kali ini pesertanya dibatasi, dan kebanyakan dihadiri oleh para influencer Makassar. Kegiatan tersebut berlokasi di salah satu hotel di Makassar, mulai pukul 08.00 am sampai pukul 17.00 pm.

Selain sharing sesama peserta dari berbagai latar belakang yang berbeda, Siberkreasi menghadirkan pembicara-pembicara yang luar biasa! Mereka adalah kak Amho, Kak Inimasabi, dan Kak Amykamila. Ketiganya tentu memilik latar belakang yang berbeda, namun ketiganya merupakan influencer di sosial media yang memiliki konten-konten positif,

Penasaran seperti apa kegiatan Siberkreasi pekan lalu? Yuk tonton videonya 🙂

Selain pelatihan publik speaking, para peserta juga ditraining tentang membuat konten positif. Salah satunya bisa menggunakan aplikasi Power Direktor atau Kinemaster. Seperti salah satu pembicara, kak Inimasabi, beliau memulai karir menjadi youtuber bermodalkan smartphone. Jadi, untuk membuat konten, tak perlu merasa cemas soal ala-alat yang harus lengkap.

Salah satu cara untuk meminimalisir berita hoax yang beredar di internet, yaitu membuat konten-konten positif dan menjadi influencer. Dari kegiatan tersebut, aku semakin termotivasi untuk membuat vloger dan sebisa mungkin membuat konten-konten positif based on my experience dulu lah, hihi. Bagaimana dengan kamu? Apa udah jadi influncer juga? yuk share pengalamanmu di kolom komentar.

 

44 thoughts on “Serunya Training of Trainer Siberkreasi di Makassar

  1. Bijak bersosmed ya kak intinya, kita jangan mudah percaya dulu sama berita yang tersebar harus di ricek terlebih dahulu kebenarannya dan sebaiknya kita harus menyebarkan konten-konten positif juga sih ya.

  2. Bijak bersosmed ya kak intinya, kita jangan mudah percaya dulu sama berita yang tersebar harus di ricek terlebih dahulu kebenarannya dan sebaiknya kita harus menyebarkan konten-konten positif juga sih ya..

  3. literasi digital ini penting banget untuk semua orang, sebagai pengguna sosial media aktif aku juga masih harus banyak belajar. Tapi suka kesal kalau melihat orang share berita hoaks, ketika diberi berita yang sebenarnya dia malah gak merasa bersalah, karena dia hanya share, bukan pembuat status…

  4. Tentunya menjadi influencer utk hal2 positif juga ya Ainhy hehe..
    Setuju dgn poin penting di sini, bahwa kita harus aktif memberantas hoax antara lain dg memulai dari penyebaran konten positif dari diri sendiri ya..

  5. Lihat wara-wirinya acara ini di timeline ku rasanya seneeeeng banget. Keren banget deh Siberkreasi. Dengan banyak acara begini, mudah-mudahan makin banyak konten kreator yang selalu menginspirasi dan menyebarkan hal positif. Beruntung banget dirimu bisa ikutan TOT ini <3

  6. Baru saja minggu lalu saya juga mengikuti acara dari siberkreasi di Bandung. Pesertanya sebagian besar anak sekolah, seru sekali…
    Mereka sebagai generasi muda memang diharapkan agar bisa lebih bijak menggunakan media sosial dan terhindar dari yang berhubungan dengan hoax

  7. Pernah ikutan siberkreasi sekali tapi wakyu itu edukasinya buat anak2 sekolahan. Kali ini ke para pengguna medsos, blogger gtu2 ya mbak? Bagus sih menurutku program ini, jd bair mencega hoax2 dan edukasi masyarakat supaya bijak di dunia maya TFS

  8. Kapan di Kendal dan Comal ada TOT Siberkasi ya, kepengne ada. Karena isinya keren ya mba, pelatihan publik speakingnya paling aku incer soalnya aku masih demam panggung di depan umum hehehe. Apalagi ada training bikin konten positif pula mau banget.

  9. Huhuhuh, selalu mupeng klo baca liputan event sekece ini. Hikss, kapan ya di kotaku juga ada yang kayak gini. Seandainya Makassar itu dekat, mau jugalah ikut acara kayak gini, daging semua pasti ini ilmu2nya.

  10. Salah satu cara untuk mengcounter maraknya hoax yang terus muncul, kita memang sebaiknya rutin memunculkan konten positif agar hoax2 itu terus tenggelam. Jika hal ini dilakukan serentak oleh banyak orang, semoga saja konsumsi hoax dari para netizen makin berkurang.

  11. ini school paling berkesan banget paling saya suka karena semua materinya kayak saya banget
    dunia saya haha alhamdulillah ya bisa ikutan jadi bagian diprogram yang siberkreasi adakan ini.
    semoga tahun depan aini bisa sampai ke 3 besar yaaa

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!