Artikel Beranda

Ini Dia Resolusi Bisnis Saya Di Tahun 2019

Mengawali tahun 2019 dengan berkumpul bersama keluarga tentu membuat saya sangat bahagia. Memanfaatkan momen menyambut tahun baru, saya pulang kampung dan menikmati masa liburan mengunjungi tempat wisata. Selain menyambut tahun baru bersama keluarga, saya juga mengawali tahun 2019 dengan memberi target blogging yang harus saya capai sebagai resolusi untuk lebih produktif menulis.

Namun, apakah cuma menargetkan blogging di tahun 2019? tentu tidak. Usai lulus di bangku kuliah, membuat saya benar-benar serius memperhatikan dunia kerja. Namun, setelah memiliki beberapa pengalaman dunia kerja, belum ada tempat kerja yang cocok dengan saya. Barangkali bukan karena perusahaannya yang tidak bagus, melainkan tipe saya yang tak bisa berada di bawah tekanan dan terikat dengan waktu.

Maka dari itu, saya berusaha keras mencari jalan keluar saat menghadapi kesulitan di dunia kerja. Agar tetap bisa menghasilkan, saya melirik dunia marketing online. Itulah yang mendasari saya terjun kembali di dunia blogging. Selain menyalurkan aspirasi, di sini saya bisa mendapatkan penghasilan.

Berbekal dari pengalaman di blog, menarik saya melirik dunia marketing online yang ternyata memiliki benefit yang banyak. Salah satunya menjadi pangsa pasar terbaik untuk mengembangkan bisnis hanya bermodalkan media sosial.

Untuk itulah saya mulai membuat resolusi bisnis di tahun 2019 yang mudah-mudahan bisa saya realisasikan. Lantas, resolusi bisnis seperti apakah yang saya inginkan?

Membuka Lapak Buku Online

Berawal dari hobby membaca buku yang lebih banyak menyita waktu saya, menjadi dasar mengapa saya ingin membuka lapak buku online. Bicara soal buku, saya memiliki dua impian yang ingin saya wujudkan. Pertama memiliki perpustakaan pribadi, kedua menjadikan hobby saya ini berpenghasilan dengan membuka lapak buku online.

Alhamdulillah mimpi saya yang pertama sudah terwujud, sekalipun masih perpustakaan mini dan pribadi, setidaknya saya sudah memiliki perpustakaan.

Mimpi saya yang kedua adalah membuka lapak buku online, namun belum terwujud. Inilah yang menjadi resolusi saya di tahun 2019.

Memiliki Lapak Produk Kecantikan Online

Bagi perempuan, siapa yang tidak suka melakukan perawatan? yah minimal menggunakan skin care untuk wajah. Bagi saya, ini adalah peluang besar untuk membuka usaha. Soal melakukan perawatan, memang belum menjadi prioritas utama saya, yah paling menggunakan skin care seperlunya. Tapi, saat saya menekuni dunia blog, ternyata ada banyak beauty blogger yang memanfaatkan peluang tersebut. Saya juga melirik teman yang menjual produk kecantikan hanya menggunakan sosial media. Wah saya pikir harus memanfaatkan peluang tersebut. Terbesitlah di benak saya untuk membuka lapak online produk kecantikan.

Bagaimana Mewujudkan Mimpi Membuka Usaha Di Tahun 2019?

Bagi pribadi, saya memiliki dua kendala saat hendak mewujudkan resolusi bisnis di tahun 2019. Pertama, bagaimana memasarkan produk secara online? kedua, di mana saya bisa mendapatkan supply produk dengan mudah, cepat, aman dan nyaman?

Tentu dua persoalan tersebut juga dialami banyak orang yang hendak membuka usaha secara online. Untungnya membangun usaha lebih mudah di era digital saat ini.

Saat memikirkan dua masalah tersebut, alhamdulillah saya menemukan solusi untuk mengatasi problem yang saya hadapi saat merencanakan resoulsi bisnis di tahun 2019. Apa solusinya?

1. Memanfaatkan Media Sosial

Era digital saat ini memudahkan banyak pengusaha dari berbagai kalangan untuk mengembangkan usaha yang dirintis. Berbekal media sosial, seseorang tak harus menyewa toko atau membuka lapak di supermarket, namun bisa juga memasarkan produk secara online, Salah satunya memanfaatkan media sosial. Siapa sih yang tidak memakai media sosial di era milenial?

Untuk memanfaatkan media sosial tersebut, kita perlu memahami cara-cara kerja marketing online agar mampu memahami minat target konsumen. Cara ini, bisa menjadi resolusi bisnis saya di tahun 2019 untuk mewujudkan keinginan saya memiliki lapak buku online dan produk kecantikan tanpa harus menyewa toko.

2. Mendapatkan Supply barang di Ralali.com

Mendapatkan stok barang tentu menjadi dilema terbesar. Saya merasa kesulitan akan stok barang yang harus didapatkan.Β  Bagaimana saya harus membeli barang, proses menjemput barang tersebut, belum lagi biaya-biaya lainnya. Tuhh kan ribet.

Dan saat dilema itulah saya mengetahui Ralali.com ketika berselancar di sosial media. Saya pun penasaran dan langsung membuka situs Ralali.com.

Apa Itu Ralali.com?

Ralali.com adalah B2B (Bussiness to Bussiness) online marketplace terbesar di Indonesia yang menyediakan beragam kategori bisnis, mulai dari kebutuhan produk MRO (Maintenance, Repair, dan Operation), HoReCa (Hotel, Restaurant dan Cafe), Beauty, Sport dan Fashion, Health dan Medical, dan lainnya. Kategori produknya pun beragam dan lengkap.

Beragam produk tersebut ditujukan bagi skala perusahaan maupun kalagan end-user. Jadi, sobat yang ingin merintis usaha baik kecil-kecilan maupun besar-besaran, Ralali.com menyediakan kebutuhan usaha sesuai dengan keinginan.

Ini Dia Keunggulan Ralali.com Yang Membuatnya Berbeda

Selain keunggulan di atas, Ralali.com memiliki fitur Ralali Billing di mana user Ralali bisa melakukan pembelian pulsa dan pembayaran tagihan secara online.

Credit Picture: Screenshot di website Ralali.com

Bagaimana Cara Memulai Usaha di Ralali.com?

Kunjungi situs Ralali.com dan mulai membuat akun, bisa menggunakan facebook dan email. Jika sudah mendaftarkan akun, pengguna Ralali harus melakukan verifikasi akun. Setelah itu, user bisa langsung log in dan mulai mengakses situs Ralali.com

Credit Picture: Screenshot di website Ralali.com

Selain mengakses Ralali.com melalui situs/website, user bisa mengunduh aplikasi Ralali.com di Google Play atau App Store.

Credit Picture: Screenshot di website Ralali.com

Resolusi bisnis di tahun 2019 dengan memanfaatkan situs Ralali.com sebagai pusat grosir online terbesar memberikan saya kemudahan untuk mewujudkan resolusi bisnis saya di tahun 2019. Mudah-mudahan saya bisa mewujudkan dua resolusi bisnis saya yang ingin membuka lapak buku dan produk kecantikan secara online.

Bagaimana dengan kamu sobat, sudahkah membuat resolusi bisnis di tahun 2019?


Tulisan ini saya sertakan dalam lomba Resolusi Bisnis 2019

133 thoughts on “Ini Dia Resolusi Bisnis Saya Di Tahun 2019

  1. Saya resolusi untuk 2019 bisa bahagia dengan menyederhanakan resolusi dari tahun-tahun sebelumnya. Belajar dari pengalaman, kebanyakan resolusi malah gak ada yang jadi, haha…

    Sukses terus Ainy, ditunggu toko onlinenya.

  2. Barakallah ya kak untuk 2019 ini, semoga semakin sukses. Resolusi bisnis di 2019 sendiri saya pribadi lebih ingin melebarkan sayap cabang cabang toko lainnya. Semoga 2019 ini terwujud πŸ˜‡

  3. Ouh Ralali. Aku baru tau loh, tapi memang ada kesamaan dari resolusi kita yaitu pengen punya lapak buku online, semoga tercapai ya. Memang betul dengan kemajuan digital seperti ini, medsos menjadi pendukung promosi apalagi didukung akses yang mudah seperti di Ralali

  4. Lengkap sekali ya cukup rarali maka insya Allah keinginan bisnis akan terwujud.

    Hidup sekali maka kita harus membuat keputusan awal untuk memulai usaha dan di tahun 2019 waktu yang tepat.

  5. Keren ya, zaman sekarang mau bisnis gampang sekali. Dulu, kalau mau bisnis harus punya modal besar, sewa ruko, ke Tanah Abang belanja.

    Sekarang? Tinggal klak-klik dan bisnis sudah bisa meluncur.

    Semoga lancar yaa

  6. Aku pun sedang berusaha punya lapak buku online. Tapi ternyata peminatnya dikit. Jadi aku lebih fokus ke lapakku yang jualan produk kosmetik dan produk fashion. Semoga di tahun 2019 ini semoga lapak kita laris manis ya.

  7. Semoga resolusinya tercapai ya Mbak..
    Salut dengan adanya ralalicotcom ini, karena peluang berusaha semakin terbuka lebar saja. Tak banyak marketplace yang menyasar B2B…Dan sekarang ralali memberi solusi.
    Kereen ini!

  8. Wah, aku baru tau ada marketplace ralali dot com. hehehe… *berasa kudet
    Makin banyak banget nih pilihan matketplace. Pebisnis juga makin terbantu. Semoga resolusinya terwujud tahun ini, Mbak. Amin.

  9. Lho aku juga punya resolusi yg samaaaaa. Buka lapak buku online sebelum nanti buka offline kayak shakespears and co. Mbak gabung klub buku gitu nggak? Seru kayaknya kalo bisa diskusi antar para bookworm haha. Semoga resolusinya tercapai ya mbaaak. Allah mudahkan prosesnya.

      1. Wag tapi bisa dihubungi via medsos dulu. Biar kalo nemu sesuatu yg excited, bisa dibagi-bagi, mbak haha. Kan kadang suka kesel yak kalo kita habis nemu sesuatu yg keren dari buku, pengin teriak, tapi ga ada yang ngerti sama betapa bahagianya hati para booknerd wkwk

          1. Bisa kalau ada channel temen. Cuma saya udah ga di grup itu lagi haha. Enak juga kok kalau minta gabung dgn hub adminnya lewat DM medsos.

  10. jadi inget aku 5th yg lalu pernah bisnis online skincare mbak Alhamdulillah profitnya gede banget. tapi cuma bertahan 3 tahun jadi 2tahun ini aku udah bener-bener berhenti soalnya aku udah ngga mendalami ini.

  11. Dulu saya punya lapak buku online jualan buku2 parenting gtu, tapi krn skrng rempong dan kesyikan ngeblog jd terlupa hehe. Jd pengen jg bikin lapak buku lg πŸ˜€
    Btw moga resolusinya tercapai dan sukses ya mbak πŸ˜€

  12. Saya sempat buka lapakan buku bekas BUKUKUJUAL digelar secara offline tapi lama2 akhirnya memutuskan istirahat dulu. 2019 ini juga berencana mau diaktifkan kembali πŸ˜€ semoga suatu saat bisa kolaborasi dengan lapak buku online-nya Aini πŸ™‚

  13. Bener si Mbak, nyari supplier buat bisnis tu gampang-gampang susah. Kalau suppliernya nggak online, jadi sering delay konfirmasi stok kalau kita nggak stok. Sementara kalau stok butuh modal juga. Hmmm…. Sukses selalu buat rencana bisnisnya ya Mbaaa!

  14. Sama mbak, aku pun kurang cocok sama ritme kerja di kantor secara aku bukan morning person *bilang aja kebluk, heuheu* jadi sekarang masih menikmati jadi freelancer gini aja.

    Kebetulan iparku lagi merintis usaha online shop, nanti ku ceki-ceki ralali deh.

  15. Saya sudah punya lapak buku anak di Instagram, tapi hasilnya belum maksimal. Mungkin harus coba Ralali.com yaa.. Pengen punya butik juga, Ya Allah, banyak pengennya.. Hihi..

  16. goodluck buay resolusi bisnisnya di tahun 2019 ya Ainhy. Wak aku udah mulai banyak bukunya dari jaman dulu trus nambah buku sumi dan anak-anak pingin juga punya perpustaan pribadi

  17. Ooo jd di Rarali kita bisa dapat supply barang maksudnya dia jualan grosiran gtu ya mbak? Namun, kita juga bisa menjualnya di Rarali jg kan? Moga2 lapak produk kecantikan onlinenya terwujud dan sukses ya mbak aamiin.

  18. Saya sangat bangga dengan kecanggihan teknologi yang sekarang, menjadikan semuanya serba cepat dan mudah diakses. Terlebih dengan jualan online ini, bisnis dengan Ralali salah satu pilihhannya ya Mba. Aku juga mau nih berbisnis di Ralali. Harus belajar banyak nih

  19. Wah, dapet insight nih pas baca artikel ini. Iya ya, kenapa enggak pake ralali aja untuk makin mengembangkan bisnis secara online. Aku dulu punya loh usaha craft, trus berhenti bbrp tahun yang lalu karena demand udah mulai menurun.
    Kayaknya kalau mulai kerja sama dengan ralali bisa bersinar lagi nih.

  20. Semoga tercapai ya resolusi bisnisnya.
    Memang berbisnispun kudu direncanakan, kudu di upgrade impian dengan resolusi yang nyata.

    Dan Rarali beneran menambah semaraknya dunia bisnis para UKM di Indonesia πŸ™‚

  21. Moga berhasil dan berkah ya mba bisnisnya, aku pun sudah hampir 10 tahun berjualan di sosial media yakni jualan buku. Alhamdullilah kelebihannya bisa menjangkau daerah tak terjangkau

  22. Semoga impiannya membuka usaha terwujud ya 😊. Tapi jualan buku online lumayan ribet sih kalau menurutku. Karena kita tinggal di Makassar dan buku lebih murah di Jawa sana. Tempat berburu buku bekas pun tak ada di sini. Tapi semangat!

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!