Artikel Beranda

5 Cara Alami Merawat Rambut Rontok

Aloha sobat, pernah nggak sih menyisir rambut di pagi hari lalu kaget melihat rambut berjatuhan di lantai? saya pernah. Dan hal tersebut berna-benar membuat saya panik. Tapi, rasa panik saya segera hilang ketika tahu bagaimana cara merawat rambut rontok.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab rambut rontok. Salah satunya kekurangan vitamin, stres, hingga faktor usia.

Selain menggunakan bahan-bahan kimia, sobat bisa mencoba cara alami merawat rambuk rontoh loh.

1. Oleskan minyak kelapa pada rambut sebelum dan sesudah mandi

Minyak kelapa sudah dipercaya turun-temurun dapat mengurangi rambut rontok. Nggak hanya itu, minyak kelapa bisa membuat rambutmu berkilau.

2. Minyak pepermin, efektif meningkatkan pertumbuhan rambut dan biasa dijadikan obat kerontokan rambut

Dilansir dari US National Library of Medicine, minyak esensial pepermin meningkatkan ketebalan kulit kepala dan jumlah folikel rambut. Minyak ini pun berguna untuk mempercepat pertumbuhan rambut dari dalam tubuh.

Minyak pepermin mengandung mentol yang membuat pembuluh darah membesar sehingga mendorong pertumbuhan rambut. Kamu bisa usapkan langsung ke kulit kepalamu.

3. Minyak jojoba, dapat mempercepat pertumbuhan rambut

Minyak jojoba berasal dari biji tanamanย Zizyphus jujube. Dilansir dari studiย Food and Chemical Toxicology, minyak jojoba yang diaplikasikan pada rambut yang dicukur akan mendorong pertumbuhan rambut lebih daripada rambut yang gak memakai minyak jojoba.

4. Minyak esens bergamot, membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat kulit kepala tetap sehat

Cara Merawat rambut rontok
Sumber Gambar: IDNTimes

Dilansir dariย Wiley Online Library, minyak esens bergamot berguna untuk menyembuhkan luka dan mengurangi peradangan. Selain itu, juga berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat kulit kepala tetap sehat. Kamu cukup aplikasikan ke kulit kepalamu.

5. Lidah buaya, efektif mengatasi rambut rontok dan mencegah kebotakan

Lidah buaya sudah turun-temurun bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok dan mencegah kebotakan. Pemakaiannya pun gampang, kamu tinggal mengupas lidah buaya dan gosok ke rambut, mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut.

ย 

32 thoughts on “5 Cara Alami Merawat Rambut Rontok

  1. Rambutku mulai rontok, entah karena faktor usia, pernah melahirkan anak laki-laki atau perubahan rambut hitam menjadi uban atau juga salah produk shampoo. Sepertinya aku pingin coba mengoleskan minyak kelapa sebelum mandi.

  2. Kalo bunda yg no.5 karena divrmh memang bnyk tanaman ini. Hehe…itupun kl lg gak mager bunfa lakukan 2 minggu sekali. Alhamdulillah si ketombe jd malas tuh bermukim di kepala. Btw tampilan blog Ainhny inivterlalu canggih sampe bingung di mana hrs komen. Akhirnya sih ketemu tp sedikit makan waktu. Hihi…dasar si bunda yg gaptek, ya.

  3. Hampir setiap hari kalau sisiran rambut saya rontok terus. Dan belum pernah merawatnya dengan memberi nutrisi apapun. Abis baca ini baru nyadar deh kalau sebenarnya rambutku bisa diusahakan nggak rontok lagi asal akunya mau melakukan perawatan. Thanks Mak udah sharing.

  4. Komentar bunda koq gak muncul ya. Yowis tak ulang aja: bunda emabg suka KZL sama si kstombe yv gak kapok berselancar di kepala kayak “kutu”. Tapi baru juga 2x diolesin lidah buaya dah terasa mendingan banget. Padahal tanaman lidah buaya bejibun tuh di atas tp kadang mager meniti tangganya, hehe..

  5. Makasih sharing nya mbak, jadi tau deh selain lidah buaya ternyata masih banyak bahan alami lainnya utk ngatasin rambut rontok. Btw kalo pake minyak kelapa rambut jadi berminyak gak ya mbak?

  6. Aku dulu kecil suka sekali bermain-main sama lidah buaya yang dikupas.
    Kalo gak buat masak-masakan yaa…dioles-oles ke rambut.
    Hahahah…

    Yang bener, dilakukan sebelum keramas atau setelah keramas, Ainy?

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!