Artikel Beranda

Resep Nasi Goreng Udang Pete

Aloha sobat,

Lagi-lagi tema tulisan tantangan ramadhan Blogger Perempuan adalah makanan. Tulisan sebelumnya tentang resep sayur asem, dan tulisan kali ini tentang resep nasi goreng. Wuihhh saya nulis resep-resep gini kayak jago amat masaknya, padahal aslinya kagak heheh. Baru belajar sih.

Bicara soal nasi goreng, saya teringat dengan kenangan manis masa kecil bersama Ayah. Beliau pernah membuat nasi goreng untuk kami. Uniknya, nasi goreng bikinan ayah memakai minyak kelapa. Awalnya saya ragu mencicip nasi goreng bikinan ayah, karena terlihat berminyak dan baunya khas kelapa asli.

Namun, baru saja sesuap mencicip nasi goreng bikinan ayah, saya langsung melahap sepiring nasi goreng. Ternyata, nasi goreng bikinan ayah sangat enak. Dan sampai detik ini, saya masih bisa mengingat rasa nasi gorengnya.

Sejak saat itu, nasi goreng menjadi salah satu makanan favorit saya, tentunya setelah gado-gado.

Baca juga: Tips Hemat dan Sehat Ikut Berbuka Puasa

Tapi, saya pengen share nih nasi goreng pete. Sebagian orang tidak suka makan pete, karena baunya yang khas cetar badai di mulut hahaha. Dulu iya, saya juga nggak suka banget. Tapi, saat melihat ibu dan keluarga begitu suka makan pete, saya jadi ikut-ikutan.

Makanan pete pertama kali yang membuat saya jatuh hati adalah saat tante membuat sambal pete. Saya sedikit ragu-ragu mencobanya, namun melihat sambalnya yang menggoda, saya bersikap bodo amat dengan bau pete di mulut setelah makan hahah. Nah saat itulah saya menyadari bahwa pete ternyata sangat enak sodara-sodara hihi.

Dan, pete bisa dikreasikan loh nggak hanya disambal aja. Salah satunya mencampur pete dengan nasi goreng. Wuihhh, enak banget pastinya, apalagi kalau dicampur dengan udang.

Baca juga: 3 Resep Menu Makan Malam Untuk Keluarga

Daripada kelamaan yah karena saya curhat dulu, cuuzz langsung ke resep nasi goreng pete.

How to make it?

resep nasi goreng pete
Sumber Gambar: fimela.com

Bahan-bahan

  • 1/4 kg udang ukuran sedang
  • 4 butir telur
  • 2 papan pete
  • 1 batang daun bawang
  • 4 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 buah bawang bombay
  • 4 buah cabe merah
  • 1 buah timun
  • 1-2 buah tomat merah
  • secukupnya garam
  • 1 buah timun
  • secukupnya kecap manis
  • secukupnya merica
  • 1 sachet saori saos tiram
  • secukupnya minyak goreng
  • 4 porsi makan nasi
  • 4 sendok makan saus cabai/tomat

Steps

  • Buang kepala udang, cuci, lalu tiriskan
  • Iriskan bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay
  • Potong-potong daun bawang, tomat dan timun
  • Kupas pete dan iris satu butir pete menjadi dua bagian
  • Panaskan minyak, tumis bawang bombay, bawang merah, bawang putih dan cabai
  • Tambahkan telur dan orak-arik. Setelah itu masukkan udang, tumis hingga warna berubah merah matang
  • Kemudian tambahkan nasi, saori saus tiram, kecap, saus cabai/tomat, merica dan garam
  • Bolak-balik nasi hingga bumbu meresap, tambahkan pete dan daun bawang. Cicipi rasanya. Bila sudah cukup, matikan nyala kompor api.
  • Nasi goreng pete siap dihidangkan. Untuk memperkaya look, silakan tambahkan topping mentimun dan tomat.

Nah itu dia resep nasi goreng pete favorit saya. Kamu gimana sobat, ada resep nasi goreng lainnya? share yuk di kolom komentar.

#30HariKebaikanBPN

Note:

Sumber resep di cookpad. 

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!