Artikel Beranda

5 Tips Menggunakan Panci Presto Yang Benar

Aloha sobat,

Artikel kali ini tentang sharing mengenai tips menggunakan panci presto. Menggunakan panci presto saat memasak akan membuat daging terasa lebih empuk. Namun, sobat perlu tahu cara memakai panci presto yang benar, karena salah menggunakan panci presto dapat menyebabkan kecelakaan di dapur.

Berikut tips menggunakan panci presto yang benar dilansir dari resepkoki.id

1. Periksa Kondisi Panci Sebelum Digunakan

Sebelum menggunakan panci presto, sebaiknya memeriksanya terlebih dahulu apakah panci dalam keadaan bersih atau tidak. Panci presto yang kotor dapat membuat tutup panci tidak terlalu rapat, sehingga tekanannya pun agak berkurang. Selain itu, pastikan kondisi gasket atau cincin karet tidak kering, retak, ataupun rapuh.

Baca juga: Resep Nasi Goreng Udang Pete

2. Bumbui Daging Sebelum Dimasak

Daging yang memang diberikan bumbu saat dimasak akan membuat bumbunya meresap ke dalam daging. Sehingga memberikan sensasi rasa daging yang berbeda.

3. Kecilkan Api Saat Panci Sudah Berbunyi

Salah satu kelebihan panci presto adalah bunyi yang nyaring saat tekanan uap sudah tinggi. Jika panci presto sudah berbunyi, kecilkan nyala kompor api. Hal ini dapat menghemat gas dan memaksimalkan hasil masakan agar tidak terlalu matang.

Baca juga: Cara Memasak Sayur Asem Bagi Pemula

4. Isi Panci dengan Air dan Daging Secukupnya

Sobat perlu mengetahui bahwa panci presto tidak boleh diisi dengan air hingga penuh. Mengisi panci secukupnya dapat menghindari kerusakan. Selain itu, daging akan masak secara merata, karena tekanan dalam panci presto tidak berkurang.

5. Jangan Membuka Panci Sampai Semua Uap dalam Panci Keluar

Sekalipun terdengar sepele, tapi jangan meremehkan hal ini yah sobat. Setelah mematikan kompor, usahakan untuk tidak langsung membuka paksa tutup panci, karena uap di dalam panci masih tinggi sehingga jika tutup panci dibuka secara paksa, maka uap akan terdorong keluar dan bisa melukai sobat. Demi menghindari kecelakaan, ada baiknya membiarkan semua uap dalam panci keluar dengan sendirinya.

Nah sobat, itu dia beberapa tips menggunakan panci presto yang benar. Jika ada tips lainnya, yuk share di kolom komentar.

#30HariKebaikanBPN

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!