Aktivitasku Beranda

Menjadi Blogger itu Bukan Tentang Mendapatkan Uang, Tapi…

kiat-kiat menjadi blogger
Sumber Gambar: neilpatel(dot)com

Beberapa teman yang mulai tertarik menjadi blogger saat mengetahui ada penghasilan yang bisa didapatkan dari blog.

Mereka mulai menanyakan secara pribadi perihal blog melalui whatsup.

Sebenarnya, nggak salah. Jika mereka tertarik menjadi blogger karena melihat ada potensi menghasilkan uang, hanya saja jika ini menjadi alasan utama kenapa nge-blog, bagi saya pribadi itu kurang menyenangkan.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Saya Menulis di Blog

Mengapa?

Menjadi blogger adalah sebuah perjalanannya hati, bukan tentang bagaimana mendapatkan penghasilan. Jika sedari awal kita nge-blog hanya untuk mendaparkan pundi-pundi rupiah, alhasil suatu saat kita akan ditimpa kekecewaan. Kenapa? Karena menjadi blogger itu penghasilannya tidak tetap seperti karyawan atau PNS di luar sana.

Ada beberapa case yang terbukti jika seseorang memulai blogging hanya karena ingin mendapatkan penghasilan.

Seorang teman yang mulai tertarik dengan hobi saya ini, mulai ikut membuat blog, saya sangat antusias memberitahu langkah-langkah awal menjadi blogger, karena asli pemula, butuh kesabaran memberitahukan kiat-kiat blogging yang saya tahu kepada teman.

Alhasil, hanya beberapa minggu teman saya bisa konsisten nge-blog, selebihnya dia nggak pernah lagi update tulisannya di blog. Mungkin karena belum ada hasil yang bisa didapatkan, pun aktifitas baru itu mulai terasa membosankan baginya.

Nggak hanya satu atau dua teman yang mengalami hal demikian, selama perjalanan saya nge-blog hingga hari ini, rata-rata mereka yang dari awal lagi panas-panasnya nge-blog berhenti diujung jalan jika reasons atau why-nya tidak kuat.

Kesimpulannya, menjadi blogger bukan tentang penghasilan yang akan didapat, seberapa banyak duit yang bisa diperoleh melalui Google adsence atau seberapa banyak job orderan nulis di blog, tapi menjadi blogger adalah tentang apa yang kita sukai dari blog, dengan begitu, alasan kita nge-blog itu semakin kuat, karena bukan hanya materi yang membuat kita bersemangat, melainkan lebih dari itu.

Manfaat menjadi Blogger
Sumber Gambar: Chronicle(dot)com

Saya menyukai blog, karena dengannya saya bisa mengabadikan moment-moment tak terlupakan melalui tulisan.

Saya menyukai blog, karena dengannya saya telah menemukan komunitas dan teman-teman yang se-frekuensi tanpa harus mengenal suku, budaya, apalagi agama.

Baca Juga: Asyiknya Jadi Blogger Part Time

Saya menyukai blog, karena dengannya potensi bisa terasah. Tahukah sobat, bahwa menulis nggak akan pernah bisa lengkap tanpa diiringi membaca, dengan sendirinya, saya meningkatkan minat literasi.

Saya menyukai blog, karena dengannya saya bisa menjangkau lebih banyak tempat melalui tulisan teman-teman, belajar tentang kehidupan, belajar dari kesalahan, dan meng-upgrade pengetahuan melalui tulisan-tulisan para blogger dimanapun berada.

Baca Juga: 5 Target Blogging 2019

Soal penghasilan yang saya dapat hari ini walaupun belum seberapa, itu adalah hal yang dapat diluar ekspektasi saya sejak menggeluti dunia blogger.

Jadi, jika hari ini ada yang tertarik menjadi blogger hanya karena tergiur dengan penghasilan yang didapatkan, tolonglah… Pikirkan hal itu lagi dan lagi. Karena menjadi blogger pun harus ada alasan MENGAPA dan APA yang akan membuat kita konsisten.

Setuujuuuhhh???

57 thoughts on “Menjadi Blogger itu Bukan Tentang Mendapatkan Uang, Tapi…

  1. setuju banget mbk , menjadi blogger itu bukan tentang mendapatkan uang, tabi sebuah hobi yang menghasilkan kepuasan ketika tulisan bisa dibaca banyak orang. tapi kalo bisa menghasilkan akan lebih mengasyikan, nyatanya aku nulis bertahun-tahun belum daftar adsense hohoho..

  2. Menulis tak lengkap tanpa membaca ya…bener juga sih. Seringkali kualitas tulisan kita adalah cerminan dari bacaan yang kita baca.

    Aneh memang sih, ngeblog bisa menghasilkan uang, tapi sangat tidak direkomendasikan mulai ngeblog untuk cari uang.

    Agak kebalik-balik gimana gitu.

  3. Malam mba Ainhy… Iya tuh sy mah ngeblog ga kepikiran tuh nyari duit ( ah.. Masak sih….) .sementara ini…gak tau kalo udah diseriusin nantinya.. Kalopun ada iklan di blog sy.. Itupun msh baru dan bukan sy yg buatin.. hi hi ga bs juga diandalin… Sy ngeblog sesuka hati aja.. Apa yg ada dikepala walopun kadang msh angot”an alias senin kemis gitu… Tp selebihnya ttg kehepian aja… Ga peduli ada yg suka ato nggak… Kalopun ada yg mampir ya Allhamdullilah msh ada yg mau nengok… Knp suka ga total krn sy kadang msh suka minderan wk wk… Ssh mo ngilanginn sifat bawaan… Tapi ttp semangatlah…

    1. Introvert berarti yah 😁 samaan dong kt, aq sih bysax kurang totalitas itu karena Mood2tan orangnya 😂 kalah suasana hati lg baik nah entr sikat semua wkwkwk,

      Alhamdulillah perjalanan ngeblog ini bisa mempertemukan bxk tmn2 sefrekuensi yah, klu pun ad penghasilan itu bonus dr hobi kt,

      Dlu sma skli gk pnh kepikiran soal ini,

  4. Sayaaa… ngeblog buat dapat duit.
    Duit yang banyak tapi hahahaha *plak! 😀

    Setuju banget ama tulisannya, itu mengapa saya menulis satu blogpost di blog saya, yang isinya adalah cara membuat blog sederhana.

    Jadi kalau ada yang nanya, “Mba Rey, gimana sih cara ngeblog itu?”
    Langsung saya kasih link nya wakakkaka.

    Abisnya, gimana ya, kadang bingung ama orang-orang yang butuh duit, tapi nggak mau nunjukin kalau dia butuh duit.

    I mean, kalau kita butuh duit itu, berarti kita kudu kerja keras.
    Pilih jalannya, misal ngeblog, ya seriusin, nulis aja dulu, kalau bosan.

    Ya ingat, duit menanti, dijamin nulis lagi, hahaha

    Tapi yang terjadi, orang maunya udah bisa bikin blog misal wwwdotanudotblogspotdotcom langsung ngarep duit mengalir ke rekening.

    Maksudnyeehh??? hahahaha

  5. Aku pernah mengalami hal ini juga mbk, ada temen minta diajarin ngeblog agar bisa dpet penghasilan seperti aku. Nah sebelum mulai, aku ceritain dlu sm dia soal proses dan apa saja yg aku lakukan serta butuh waktu brp lama utk mencapai pd titik ini. Setelah aku cerita begitu, eee dia undur diri.

  6. Awal ngeblog karena tugas sma, selesai tugas, karena suka nulis alias curhat, jadilah blog tempat curhat, cerita, ternyata banyak moment yang bisa saya ulang dengan membaca lagi tulisan.

    Tahun 2016 tiba-tiba diajakin temen ikut kegiatan blogger Palembang, sampai akhirnya bisa gabung di grup para Blogger Palembang tambah semangat deh nulis. Ternyata bisa menghasilkan uang dari blogging, terus belajar dan serius dengan blog. Yaa karena memang suka hehe

  7. Saya mah ngeblog karna suka nulis aja. Selain suka nulis tujuan ngeblog mah cuman cari teman di dunia maya. Gara-gara blog lah saya kenal banyak blogger dari berbagai wilayah di Indonesia. Uang mah bonus aja.

  8. Banget. Pun untuk bisa punya penghasilan pada akhirnya, bukan urusan sebulan dua bulan tapi lebih dari itu. Apalagi kalau blog nantinya cuma berisi iklan ini, review itu, hanya demi pundi-pundi, apalah maknanya bagi diri sendiri. Ada hal lain yang bisa didapat dari menulis blog selain uang yang perlu dijadikan motivasi utama, memang ya.

  9. setuju banget, menjadi Blogger itu bukan hanya mengingini pendapatannya saja. Tapi juga banyak hal yang harus dipelajari, dan banyak juga yang harus dikorbannya, seperti waktu. Yang paling penting untuk menajadi Blogger itu adalah konsisten 🙂

  10. setuju deh sama alasan2 diatas, ngeblog jg kudu pake hati, biar betah dan bisa tahan banting, mengerjakan sesuatu yang kita sukai bawaannya tidak terlalu terbebani, seiring jalan percayalah..rezeki ga kemana, ada harga ada kualitas..semakin kita belajar meningkatkan kualitas, ilmu blogging, tulisan. networking..rezeki pasti ada.

  11. Aku ngeblog karena suka.. hampir 10 tahun tak terasa membosankan krn banyak hal yg kudapat dr aktivitas ini. Penyeimbang hidupku. Semoga selamanya akan tetap ngeblog karena suka, ada atau tidak ada penghasilan dr ngeblog..hehe..

  12. Saya, menjadi bloger itu karena pengen mencatatkan, mendokumentasi apa yg diingat kepala dan catatannya ga nyempil kemana2. Dilain waktu bisa dibaca lagi, bisa nyengir sendiri atau bikin jidat mengernyit *senam wajah deh* 😀

  13. kunci nge blog yang penting niatt, hobi, konsistensi. masalah hasil uang mau itu adsense atau job dari pihak lain itu hanya bonus .. bonus dari hobi yang kalau diseriusi ya emang luamayn juga.. makin bikin semangat hehehe alhamdulillah..

    tapi tetepp aja uang bukan alasan utama buat nge blog. 🙂

  14. Saya ngeblog sudah lama tapi aktif lagi sejak akhir tahun 2018. Berharap semoga kian banyak job yang mengalir agar bisa bantu suami dari menulis.
    Ngeblog itu asyik, ada hal yang bisa kita bagikan. Jangan lupakan blogwalking pula. Sarana silaturahim.

  15. saya ngeblog karena emang ingin berbagi apa saja dan bisa mengabadikan kenangan apa saja. tapi memang soal pundi-pundi dari blog terkadang mengusik saya dan terkadang membuat tujuan saya berubah, duh semoga saya tetap konsisten dengan tujuan awal… seperti mba…

  16. Setuju, aku ngeblog karena ingin menuangkan segala apa yang saya rasakan melalui tulisan di blog. Kalaupun akhirnya mendapat penghasilan dari blog itu saya anggap sebagai hadiah saja atas apa yang saya tulis. Jadi saya ngeblog santai saja tidak harus mengejar materi.

  17. Ngeblog tidak bisa instan ya. Semua harus ada motivasi dari diri sendiri sebagai penyemangat.
    Saya sendiri ngeblog sudah belasan tahun. Alhamdulillah sih meski gak mengharapkan penghasilan tetapi ternyata begitu banyak masukan dan bonus yang saya terima
    Alhamdulillah…

    Jangan dikira ngeblog tidak ada perjuangan serta pengorbanannya ya

    Salam
    Okti Li

  18. Iya banget, ngeblog memang gak selalu tentang uang. Aku, selain alhamdulillah bisa berpenghasilan dari blog, juga dapet banyak hal yang mungkin jauh lebih berharga. Misalnya saja teman yang jadi seperti sodara, pengalaman yang banyak, juga ilmu yang sebelomnya tak terbayangkan.

  19. Pendapatan dari ngeblog masih jauh dari umr, ya paling banter sebulan dua juta. Bahkan dibawahnya, tergantung dari seberapa seringnya menulis.
    Betul itu, jika orentasinya uang, pastinya akan dengan mudah putus asa dan istirahat menjadi seorang blogger.
    Saya cinta ngeblog, karena saya cinta membaca buku dan tukang photo-photo.

  20. Bangeeett…setujunya pakai banget.
    kalau melakukan sesuatu yang disukai memang gak harus ada alasan. Tapi minimal dengan alasan, kita bisa bertahan dengan apa yang kita lakukan dan terus mengembangkannya menjadi sesuatu yang menghasilkan.
    **kepuasan
    Syukur-syukur sampai menghasilkan…

  21. Banyak faktor sih kenapa seseorang ngeblog. Kalau aku dulu ngeblog gara-garanya nyarikan kegiatan untuk Pewe, yang waktu itu baru sembuh dari sakit parah dan udah gak boleh lagi kerja berat kayak jaman dulu. Ya maksudnya biar dia tak terlalu down. Lama-lama keterusan. Dan saat ini blogging malah jadi profesi kami berdua

  22. kalo aku ngeblog karena ketidak tahuan soal mengurus anak, lalu saat itu karena masih kerja jadi seing ikut kelas parenting berbayar dan supaya gak lupa aku tulis di word. lalu kepikiran deh kenapa gak nulis d blog buat orangtua muda yang kondisinya sama seperti ku.

  23. Setuju banget sih mba sama tulisan mba di atas, ngeblog nyatanya butuh kesabaran dan perlu banyak2 baca
    kalo aku pribadi untuk membuat satu artikel, butuh semedi slama beberapa hari baru nemu ide wkwk belum nulisnya, editnya, dll
    butuh dedikasi tinggi 🙂
    pantes aja orang yang ga dedikasi tinggi kaya aku suka berhenti di tengah jalan

  24. Menjadi blogger itu bukan tentang mendapatkan uang, tapii…. kurang lebih begitu hihiihih

    Bercanda

    iya sih bukan mendapatkan uang. Aq menikmati tulisan teman teman blogger, menikmati ilustrasi gambar yang mereka suguhkan. Kereenn banget. Apalagi ada tampilan yg unik. Nyaman gitu bacanya.
    Ketagihan itu se.
    cz. Templateku biasa… tulisan apalagi… ilustrasi jeblig banget.

    kepingin suatu saat blogku bisa dinikmati. Dr segi segalanya

  25. Kalau saya lebih karena bisa nyimpan memori tulisan dari yang jaman alay sampai jaman udah ga 😂 dan mungkin wadah untuk ceritain tentang sudais, jadi nanti dia bisa liat kalau udah besar kurleb gtu haha

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!