Artikel Beranda

5 Makanan Favorit Saat Hari Raya Idul Fitri

Assalamualaikum sobat Ainhy 😊

Tanpa terasa kita telah berada dipenghujung bulan ramadhan. Sedih rasanya bulan ramadhan beranjak meninggalkan kita. Bulan ramadhan selalu identik dengan momen kebersamaan bersama keluarga, bulan dimana kita memperbanyak amal ibadah dan berharap mendapatkan keridhoan-Nya.

Menjelang idul fitri, salah satu hari raya besar dalam umat muslim, para ibu-ibu di kampung saya sudah disibukkan dengan berbagai hal dalam menyambut hari raya idul fitri. Mulai dari menata ulang dekorasi rumah, membuat kue, menyiapkan pakaian terbaik tapi tak selamanya harus beli, dan lain-lainnya.

Setelah bulan ramadhan berakhir, hari yang paling ditunggu adalah hari raya idul fitri. Tidak hanya menyambut hari kemenangan karena setelah sebulan penuh berpuasa, melainkan di hari yang penuh berkah ini, jalinan silaturahmi mulai dirajut kembali.

Oleh karena itu, tak lengkap rasanya tanpa ada makanan sebagai pelengkap silaturahmi dalam keluarga.

Berikut ada 5 makanan favorit saat merayakan idul fitri

1. Ketupat

ketupat
Sumber Gambar: idntimes

Siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini? Sepertinya ketupat sudah menjadi menu yang pasti ada saat hari raya idul fitri.

2. Buras

Buras Khas Bugis
Sumber Gambar: Cookpad

Kalau di kampung saya makanan yang satu ini disebut burasa’ dalam bahasa bugis. Sama halnya dengan ketupat, buras selalu ada saat hari raya idul fitri. Rasanya yang begitu khas karena dibalut daun pisang, tentu menjadikan makanan ini salah satu menu favorit.

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Udang Pete

3. Kampalo

Kampalo makanan khas bugis
Sumber Gambar: Necers.com

Terbuat dari beras ketan dibalut daun kelapa dan memiliki tektur yang lembut serta gurih. Berbentuk bulat panjang. Salah satu makanan khas bugis yang selalu disajikan saat hari istimewa seperti idul fitri, idul adha, acara pernikahan dan lainnya.

4. Gogoso

Gogoso
Sumber Gambar: Gosulsel

Gogos atau biasa dikenal dengan gogoso adalah salah satu makanan khas bugis yang tak kalah populernya dengan ketupat saat hari raya idul fitri.

Terbuat dari beras ketan, dibalut daun pisang kemudian kedua ujungnya ditusukkan lidi agar beras ketan tidak keluar.

Gogoso hampir mirip dengan lemper, namun tentu saja keduanya memiliki perbedaan terutama isinya.

Kalau didaerah teman-teman namanya apa nih?

Baca Juga: Cara Memasak Sayur Asem Bagi Pemula

5. Ayam Nasu Likku’

ayam nasu likku

Ayam nasu likku atau dalam bahasa Indonesianya disebut ayam masak lengkuas merupakan salah satu makanan yang selalu ada saat hari raya idul fitri.

Dinamai ayam nasu likku’ karena memiliki bahan utama dari lengkuas.

Rasanya yang khas dan nikmat tentu menjadi salah satu makanan favorit khas bugis saat perayaan hari besar seperti idul fitri.

Kini, makanan khas bugis sudah populer bahkan beberapa ada yang membuat promosi makanan di internet khusus makanan khas bugis.

Saat ini pun, ada banyak yang jualan makanan khas bugis diberbagai tempat sehingga mudah mendapatkannya.

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!