Beranda

Kenali Pemicu Diabetes dan Cara Menanganinya Bersama Diabetasol

Saat mendengar kata Diabetes yang terlintas dalam benak kita adalah kadar gula darah yang tinggi. Kadar gula (glukosa) darah merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Jika glukosa menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik maka dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Tanpa disadari, ada beberapa kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari yang menjadi pemicu diabetes dan bukan hanya  karena faktor keturunan.

Ibu Tercinta Mengidap Diabetes

Setelah berpisah beberapa tahun akhirnya kami bertemu kembali saat Ibu saya pulang dari perantauan bersama Ayah. Saya memeluknya begitu erat dan bersyukur karena masih bisa berkumpul di rumah. Namun saat bertemu dengan Ibu saya terpaku pada kakinya yang sedang diperban. Ketika saya bertanya apa yang terjadi, Ibu saya menjawab bahwa itu karena diabetes yang diderita.

Seketika sekujur tubuh saya lemas. Ternyata Ibu belum sembuh total dari diabetes. Saya jadi teringat dengan almarhun nenek, Mama dari Ibu saya yang juga mengidap diabetes. Dalam keluarga saya, kami memiliki riwayat diabetes turunan.

Tak ingin hal tersebut juga saya alami, akhirnya saya mencari literatur diabetes di berbagai website hingga mengikuti webinar Bersama Diabetasol, Sayangi Dia untuk memperingati Hari Diabetes Sedunia pada Selasa (3/11) lalu. Dari webinar tersebut akhirnya saya makin aware terhadap pemicu diabetes dalam kehidupan sehari-hari. Penasaran apa saja yang bisa menjadi pemicu diabetes? Simak selengkapnya

1.  Pola Makan Tidak Sehat

Gaya hidup yang serba cepat tampaknya juga mempengaruhi pola makan kita seperti lebih sering mengonsumsi makanan cepat saji/instan tanpa melihat terlebih dahulu kadar gizi makanan tersebut. Seperti dalam kehidupan sehari-hari biasanya kita lebih sering makan gorengan, ngemil, minum soda dan teh manis.

Tidak ada larangan untuk mengonsumsi makanan seperti di atas, namun jika tidak dibatasi akan memicu diabetes. Contoh misalnyas saat mengonsumsi teh manis. Teh manis mengandung 250-300 kalori tergantung kepekatan sementara kebutuhan kalori wanita dewasa rata-rata 1900 kalori. Dari konsumsi teh manis saja bisa mencapai 1000 kalori belum lagi ditambahkan makanan lainnya seperti nasi, lauk pauk, dan sebagainya.

Tak bisa dimungkiri kebiasaan mengonsumsi teh manis, makan gorengan, ngemil dan minum-minuman bersoda kerap kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, demi mencegah pemicu diabetes ada baiknya menganti makanan tersebut seperti lebih rajin mengonsumsi air putih ketimbang minuman soda dan teh manis, perbanyak mengonsumsi buah-buahan sebagai pengganti ngemil. Dan bagi yang suka makan gorengan ada baiknya mengganti dengan konsumsi kacang atau pie buah. Pola mkan sehat dan gizi seimbang akan mengurangi pemicu diabetes.

2. Kurang tidur

Siapa sangka ternyata kurang tidur dapat menjadi pemicu diabetes. Menurut hasil riset University of Chicago mengungkapakan, kurang tidur selama 3 hari mengakibatkan kemampuan tubuh memproses glukosa menurun drastis. Kurang tidur dapat merangsang sejenis hormon dalam darah yang memicu nafsu makan sehingga mendorong rasa lapar. Penderita gangguan tidur terpicu menyantapmakanan berkalori tinggi yang membuat gula darah naik dan dapat memicu diabetes.

Solusinya miliki jam tidur yang yang cukup tidak kurang dari 6 jam sehari dan lebih baik 8 jam sehari.

3. Sering stress

Ada yang mengatakan bahwa penyakit bersumber dari pikiran negatif. Mungkin ini ada benarnya, mengingat ketika pikiran sedang down tubuh akan terpengaruh begitupun saat kita sedang stress. Saat mengalami stress, tubuh akan meningkatkan produksi hormon ephinephrine dan kortisol supaya gula darah naik. Stress yang berkepanjangan akan memicu gula darah naik. Agar hal tersebut tidak terjadi sebaiknya kendalikan stress dengan berbicara pada orang yang dianggap dapat menyelesaikan masalah atau lakukan hobi yang disukai seperti traveling untuk menyegarkan pikiran.

4. Kecanduan Rokok

Sebuah penelitian di Amerika menemukan bahwa risiko perokok aktif terhadap diabetes naik sebesar 22 persen. Hal ini tentu menjadi ancaman bagi perokok aktif jika tidak segera mengurangi atau mengentikan kebiasaan merokok. Bagi perokok aktif jika ingin mengubah kebiasannya bisa mengganti dengan permen bebas gula atau mengikuti hipnoterapi dengan cara yang lebih progresif.

5. Kurang Olahaga atau Malas Melakukan Aktivitas Fisik

Di era yang serba canggih ini membuat kita melakukan segala sesuatunya secara instan termasuk bergerak. Jika dulu kita harus berjalan berkilo-kilo meter untuk mengunjungi suatu tempat misalnya restoran, sekarang tanpa mengunjungi restoran sekalipun makanan yang kita inginkan bisa diantarkan ke rumah. Hal negatifnya adalah gaya hidup yangs serba instan tersebut justru membuat kita malas bergerak dan jarang olahraga. Akibatnya, malas melakukan aktivitas fisik bisa menjadi pemicu diabetes dan penyakit lainnya karena tubuh jarang bergerak. Untuk menghindari pemicu diabetes ini, ada baiknya melakukan olahraga secara rutin setiap hari.

Edukasi Bersama Diabetasol Sayangi Dia dalam rangka Memperingati World Diabetes Day 2020

Pemicu Diabetes dan cara menanganinya bersama Diabetasol

Saat mendapatkan informasi webinar yang diadakan Diabetasol, saya tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Sebagai anak yang memiliki Ibu pengidap diabetes, saya perlu mendapatkan edukasi seputar diabetes aagr bisa melakukan penanganan yang tepat. Narasumber pada webinar tersebut dihadiri

  • Prof. DR dr. Ketut Suastika, Sp.PD (KEMD) – Ketua Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI)
  • Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo, Sp. PD-KEMD, FACE – Executive Board Member IDF Western Pacific Region.
  • Dr. dr. Sony Wibisono, SpPD. KEMD, FINASIM – Presiden PB Persadia Terpilih periode 2020-2023
  • Tunghadi Indra – Director of Special Needs and Healthy Lifestyle Nutrition

Tujuan diadakannya webinar ini untuk mengkampanyekan peran caregiver dalam managemen, perawatan, pencegahan dan edukasi diabetes. Tentu hal tersebut sangat bermanfaat bagi saya yang memiliki keluarga pengidap diabetes.

Hingga 14 Mei 2020, International Diabetes Federation (IDF) melaporkan 463 juta orang dewasa di dunia menyandang diabetes dengan prevalensi global mencapai 9.3%. Namun, kondisi yang membahayakan adalah 50.1% penyandang diabetes (diabetesi) tidak terdiagnosis. Ini menjadikan status diabetes sebagai silent killer masih menghantui dunia. Jumlah diabetes ini diperkirakan meningkat 45% atau setara dengan 629 juta pasien per tahun 2045.

Serem kan ya apalagi sekitar 75% pasien diabetes pada tahun 2020 berusia 20-64 tahun. Mengetahi fakta tersebut membuat saya semakin aware terhadap pemicu diabetes.

Menurut Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo, tingginya jumlah diabetes membuat pengendalian diabetes membutuhkan perhatian semua orang dan juga kebijakan nasional dengan dengan pendekatan terintegrasi. Kehadiran komunitas masyarakat sadar diabetes dan keluarga diabetes dibutuhkan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiagaan masyarakat dalam mengendalikan diabetes.

Prof. Sidartawan
“Keluarga merupakan perantara yang efektif dan mudah untuk melaksanakan upaya kesehatan. Upaya yang dapat dilakukan keluarga diabetes antara lain melakukan perencanaan makan, perencanaan olahraga, pengaturan obat,dan edukasi. Hal yang masih perlu ditingkatkan adalah upaya keluarga dalam mengatur pola makan sehat dan gizi seimbang, serta ajakan berolahraga. Hasil penelitian terkait dukungan keluarga yang positif, mengarah pada kontrol gula darah yang baik.” ungkap Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo.

Selain memberikan edukasi melalui Webinar dan live melalui YouTube dan FaceBook, Diabetasol juga mengadakan serangkaian aktivitas dalam rangka World Diabetes Day. Seperti memberikan 13 seri edukasi yang digelar secara virtual bertema 4 pilar managemen diabetes di masa Covid-19. Acara ini digelar di 3 area (mencakup 21 kota besar Indonesia) pad 9 dan 10 November 2020. Dan tepat pada hari-H WDD tanggal 14 November, Diabetasol memberikan donasi bagi tenaga medis berupa APD dan produk nutrisi khusus diabetes untuk perlindungan terhadap diabetes selama pandemic  Covid-19, dengan donasi kurang lebih senilai Rp 500 juta. Tidak hanya itu, Diabetasol juga mengadakan Journalist Writing Competition bagi rekan-rekan jurnalis yang mendukung upaya edukasi diabetes bagi masyarakat luas keluarganya. Lomba akan diadakan hingga 30 November dan pengumuman pemenang pda minggu awal Desember.

Upaya Penanganan Diabetes untuk Ibu Tercinta

Ibu mengidap diabetes
Sudah lebih 5 tahun Ibu saya mengidap Diabetes

Setelah Ibu pulang kampung saya memiliki banyak waktu bersama beliau. Untuk itu saya pergunakan kesempatan ini sebaik mungkin. Tak ingin Ibu menderita karena diabetesnya, saya memberikan penanganan sebisa mungkin agar diabetes yang diderita Ibu bisa sembuh seperti:

  • Menaati protokol Kesehatan

Saat ini kita belum lepas sepenuhnya dari Covid-19, untuk itu anjuran agar tetap menaati protokol kesehatan haruslah diikuti terutama ketika ada keluarga yang menderita diaebetes, perlu lebih berhati-hati. Sebagai anak, saya sering mengingatkan Ibu agar tetap menjaga jarak dan memakai masker saat hendak ke pasar atau keluar rumah.

  • Olahraga Teratur

Mengajak Ibu saya olahraga tuh susah-susah gampang, karena Ibu tidak terbiasa melakukan olahraga pada umumnya, tapi saya cukup mengakalinya dengan menjagak Ibu jalan-jalan pagi atau lebih sering melakukan aktivitas fisik.

  • Pola Makan Sehat dan Gizi Seimbang

Ketika gula darah Ibu saya naik drastis saat itulah dokter menyarankan untuk mengubah pola makan diabetes. Dan saya berperan untuk selalu mengingatkan Ibu agar tidak sering mengonsumi makanan pemicu diabetes. Selain menjaga pola makan sehat dan gizi seimbang, saya juga memberikan rekomendasi nutrisi untuk diabetes.

Khusus nutrisi untuk diabetes saya percayakan pada Diabetasol. Seperti yang kita ketahui Diabetasol merupakan nutrisi pengganti makan (meal replacement) yang hadir diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi penderita diabetes.

Keunggulan Produk Diabetasol

Produk Diabetasol

Melalui brand Diabetasol yang sudah banyak dikenal orang, KALBE Nutritionals menghadirkan website Bersama Dia untuk mendukung diabetesi agar bisa update informasi terkait diabetes dan solusi hidup sehat.

Diabetasol diklaim menjaga gula darah dan meningkatkan daya tahan tubuh. Penderita diabetes dan diabetesi wajib mengonsumsi Diabetasol sebagai nutrisi jaga gula darah lebih mudah. Ada dua produk Diabetasol yang kini dikonsumi Ibu dan keluarga yakni Diabetasol Powder dan Diabetasol Sweetener. Berikut keunggulan Diabetasol:

Diabetasol Powder dan Diabetasol Sweetener
  • Terdapat Vita Digest Pro yang mengandung isomaltulosa sebagai karbohidrat lepas lambat untuk membuat kenyang lebih lama dan menjaga gula darah.
  • Sebagai sumber serat dan mengandung rendah indeks glikemik.
  • Sumber Kalsium dan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang.
  • Dilengkapi dengan 11 Vitamin dan 6 Mineral untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.
  • Diaetasol Sweetener mengandung 0% energi total, lemak total, lemak jenuh, dan natrium sehingga dapat menikmati rasa manis saat menyeduh teh atau minuman lainnya tanpa merasa khawatir.

Cara Penggunaan

Untuk Diabetasol Powder konsumsi sebanyak 2 kali sehari. Gunakan 4  sendok takar per saji, tuang ke dalam gelas berisi 200 ml air matang hangat sambil diaduk perlahan-lahan hingga larut.

Untuk Diabetasol Sweetener cukup ambil 1 sachet kemudian campurkan ke dalam minuman favorit, aduk hingga larut. Perlu diketahui bahwa 1 sachet Diabetasol Sweetener setara dengan dua sendok teh gula pasir.

Kesimpulan

Penyakit Diabetes memang tidak bisa dihindari apalagi jika ada keluarga yang menderita Diabetes tidak menutup kemungkinan bahwa kita juga bisa mengidap Diabetes. Namun, sebelum itu terjadi pada diri kita, lakukan deteksi sedini mungkin dengan mengetahui penyebab diabetes dan mengenali tanda-tanda diabetes. Selalu periksa kadar gula darah untuk memberikan penanganan leih cepat. Bagi keluarga yang sudah mengidap Diabetes, kita bisa membantu mereka dengan memberikan managemen penangan Diabetes yang tepat.

Bagi saya, Diabetasol dapat menjadi total nutrisi bagi para penderita diabetes, untuk itu saya rekomendasikan produk Diabetasol kepada sobat Ainhy agar bisa memberikan penanganan yang tepat untuk penderita Diabetes maupun mencegah Diabetes. Jangan lupa untuk mengunjungi website diabetasol.com dan follow Instagram @diabetasol_id untuk mendapatkan informasi terbaru.

Semoga bermanfaat….

111 thoughts on “Kenali Pemicu Diabetes dan Cara Menanganinya Bersama Diabetasol

  1. Selain Diabetasol, biasanya dirumah saya juga sediakan buncis untuk lalapan kakak saya yang kena diabetes juga, selain itu memang harus rajin bergerak / olahraga ringan sebab kalo gak gerak bawaannya lemas aja / ngantuk

  2. Jujur aja sih udah sering banget denger penyakit diabetes ini, terutama bagi orang tua yaa. Setuju sekali dengan beberapa poin penyebab/pemicu diabetes ini, buat kita yang masih muda masih ada kesempatan untuk memulai hidup sehat, dan bisa dijaga juga dengan minum Diabetesol ya

  3. Edukasi seperti ini memang perlu diadain secara rutin, untuk menambah wawasan seputar penyakit DM.

    Yang paling sulit itu menjaga gaya hidup dan pola makan yang baik.

    Semoga penyakit Ibu bisa segera diangkat ya Mba dan diberikan kesembuhan seperti sedia kala…

  4. ngomobgin ttg diabetes masolo jadi inget bahwa diriku berpotensi terkena juga, karena ada faktor keturunn dari mama. Ditambah juga tipikalnya suka jajan nih, hhmm.. jadi makin beresiko deh. Harus ditanggulangi sejak dini yah.

    Thanks infonya yay kak.

  5. Penyuka minuman dan makanan manis harus mulai kenalan sama Diabetasol nih. Aku yang suka manis mestinya waspada juga, dan biasakan gaya hidup sehat supaya terhindar dari diabetes.

  6. Nenekku jg dulu meninggal krn komplikasi diabetes, mbak. Jadi rada takut sih krn aku potensial juga. Mana belakangan makin mager. Duuhh emang diabetes nih pencegahannya terletak pd gaya hidup sehat ya

  7. Wah saya baru tau, Mba kalau perokok aktif bisa terkena diabetes. Kalau yg lainnya mah sudah biasa saya dengar. Berarti kudu ingatkan Pak Suami nih

    1. Semoga segera sembuh dan senantiasa sehat ya mbak buat Ibuk. Kalau saya cuma pernah kasih yang Diabetasol Sweetener ke Ayah, soalnya Ayah memang merokok (meskipun tidak setiap hari). Semoga apa yang kita usahakan untuk orangtua bisa bermanfaat ya mbak

  8. Saya juga mempunyai riwayat keturunan diabetes dari papa saya. Meski saya tidak begitu banyak mengkonsumsi gula misal teh manis, namun saya sering membeli minuman yang ternyata mempunyai kandungan gula yang tinggi.
    Semenjak itu saya mencoba menakar untuk tidak terlalu banyak konsumsi gula. Selain itu saya juga berusaha berolahraga teratur.

  9. Dulu aku kira diabetes itu semacam penyakit nyeri biasa, hihi.. Ngeri juga sih karena penderitanya semakin bertambah dan termasuk silent killer dunia ya. Bersyukur karena ada diabetasol dengan produk terbarunya dalam bentuk susu. Jadi memudahkan penderita juga ya.

  10. Kakekku dulu diabet sejak usia 40tahunan. Bener sih, pola makan harus dijaga dan rajin olahraga. Beruntungnya sekarang udah ada Diabetasol ya, jadi gizi tetap terjamin deh…

  11. sy skrg sudah mulai kurangin makan dan minum yg manis mbak, gula nya juga uda ganti gula diabetasol, mencegah lebih baik daripada mengobati ya kan mbak

  12. MErtuaku dua-duanya Diabetes.
    Bapak mertua kini sudah tidak ada, dulu juga karena diabetes hingga kakinya mengalami luka dan sulit disembuhkan. Ototatis akan merembet ke bagian tubuh lainnya.

    Sebaiknya kita menjaga tubuh sejak dini, alias sebelum telambat. Dengan diabetasol ya kak.

  13. Sebagai anak dari orangtua yang diabetesi, saya juga mulai berjuang jaga pola makan nih Kak. Soalnya kan udah ada keturunan, pun diabetes bisa mengganggu kesehatan siapa aja tanpa pandang usia.

    1. Iya banget Mba. Saya pun senang bisa turut jadi peserta dan dapat banyak sekali pengetahuan baru soal diabetes ini.

  14. Astaga aku baca pemicu diabetes dari 5 poin, aku dan keluarga mengantongi 4 poin kecuali kecanduan rokok. Baru tahu juga kalau kecanduan rokok bisa jadi salah satu pemicu terkena diabetes. Hoaaalah harus buru-buru berbenah nih tuk hidup yang lebih sehat.
    Eh, ternyata Diabetasol ada versi powdernya juga ya. Banyak keunggulannya nih tuk yang punya diabetes. Nutrisinya bagus. Noted, mau aku share ke saudara 🙂

  15. Waduh, saya baru tahu juga kalau kurang tidur dan merokok bisa memicu diabetes. Suamiku ini pelaku keduanya, heuheu. Memang tidak ada gen dari keluarga. Tapi tetap saja harus berhati-hati ya.

    1. Wah ternyata kurang tidur juga berpengaruh ya huhu mana belakangan ini aku begadang terus lagi. Btw saudara dari alm. Mama dan papa ku juga banyak yang menderita diabetes ada beberapa yang meninggal karena komplikasi juga dan awalnya itu diabetes.

  16. saya baru inget kalo dulu abah saya pun pernah jadi perokok berat dan memang sdarah tinggi juga. diabetes ini efek besarnya kalo udah parah tiba2 langsung menjalar ke yg lain juga yaaa. bene2 harus waspada nih kita mbak yang keturunan orangtua diabet

  17. Mbak aku pernah ngerasain emak dioperasi kakinya. Terus tahun ini juga udah masuk RS dua kali karena diabet. Tangan dan kaki kiri mulai lemas, mohon doanya ya mba. Allhamdulilah di rumah juga sudah konsumsi gula ini.

  18. Kirang tidur bisa jadi pemicu ya? Aduh aku banget nih. Harus dirubah nih habitnya, menjaga gaya hidup agar kesehatan tetap terjaga. Thanks remindernya mbak

  19. saya pernah ngerawat nenek yang kena diabetes pada tahun 1997. Saat itu sebenarnya belm tahu banget apa itu diabetes, bagaimana penanganannya dan lain sebagainya. Akhirnya nenek wafat juga masih sakit diabet.

  20. ibuku juga penderita diabet kak
    aku juga jadi keturunan yang mgkin potensi punya kadang gula yang tinggi juga jadi harus ekstra hati2

  21. Sehat selalu ya buat ibu di rumah. Memang diabet ini ngeri-ngeri sedap ya. Tapi katanya kalau menerapkan pola hidup sehat seperti yg ditulis di atas, insyaAllah diabet tidak akan datang menyerang lagi.

  22. Buatku pribadi atur makan dan tidur itu super penting banget. karena bakal uring uringan seharian kalau ampe kurang tidur atau makannya gak bener. Semoga kita selalu sehat yah kak

  23. Waduh waduh poin poin pemicu diabetes di atas ada di aku hampir semuanya. Ya ampuuunn…kudu berubah segera nih. Demi mencegah diabetes datang menghampiri naudzubillah makasih infonya ya mbak

  24. Wah, baru tahu ternyata kalau kurang tidur ternyata bisa memicu diabetes. Wah, musti lebih perhatian nih sama gaya hidup selama ini. Pelan2 perbaiki pola makan sehat dan lebih sering olahraga juga. Biar diabetes nggak datang.

  25. Duhhh suka sekali sama yang manis-manis. Pagiku selalu dimulai dengan minum teh manis. Karena udah kebiasaan, jadi semacam mood booster gitu.. Setelah baca artikel ini jadi mulai kepikiran. Ternyata banyak juga pemicu diabetes. Baiknya beralih ke Diabetasol sebagai pengganti gula.

  26. Tahun ini kami dibuat shock karena baru tahu jika ibu mertua punya diabetes. Bahkan yang basah. Ibu berpulang 4 bulanan setelah kelingking kaki terluka. Bahkan sempat amputasi sepaha atas.
    Maka saya jaga suami karena punya kemungkinan diabetes juga.

  27. Ya Allah, ternyata penyebab diabetes itu bukan cuma karna banyak konsumsi gula atau keturunan, tapi dari hal yang dianggap sepele kayak kurang tidur juga bisa memicu diabetes. Harus benar jaga pola makan dan pola tidur nih dari sekarang untuk mencegah diabetes.

  28. Wah, keluarga saya juga sdh rutin minum dg diabetasol, dan memiliki gejala diabetes. Awal tau ibu ada diabetes, saya kaget dan gelisah nggak bisa tidur. Seiring dg pengobatan, sekarang sudah makan normal lg dg dikurangi nasi putih dan banyak nasi merah, gula pasir juga sudah nggak ada di rumah. Semoga semua sehat-sehat ya Mbak….

  29. Wah kurang tidur nih, meski udah tahu bakalan bisa menjadi salah satu pemicu diabetes dan aku masih bandel buat begadang dan kurang tidur tiap harinya. Ya gimana, kerjaan seambrek dan makin menantang nih di masa pandemi ini.

  30. Ini edukasi yang sangat bermanfaat, khususnya untuk saya. Memang tidak ada riwayat keluarga diabetes. Namun, harus warning dengan gaya hidup agar selalu menerapkan yg sehat dan mengurangi yang bisa memicu diabetes.

  31. Diabetes terasuk salah satu penyakit mengerikan yang menyerang milenial ya mbak. Karena selain faktor pemicu “kirang tidur,” faktor geentik juga ikut menyumbang.

    Apalagi generasi milenial kan sukanya begadang buat mabar

  32. ternyata kurang tidur bisa jadi salah satu penyebab diabetes juga ya.
    istirahat itu memang penting ya bukan cuma untuk kebugaran saja tapi ada dampak lain juga yang bisa terjadi kalau kita kurang tidur. Noted nih!
    moga Ibunya sehat selalu ya, dan mau berolahraga rutin juga beliau ya.:)

  33. Pola makan yang kacau dan kurang olahraga itu bener banget, Kak. Diabetes kini juga makin banyak kasusnya, ga cuma orangtua aja tapi muda-muda banyak yang kena. Mungkin sebab kebiasaan sedentary, kebanyakan duduk dan ngemil tanpa olahraga selama era digital. Untung ada Diabetasol ya, ini memang produk andalan yang sejak lama populer buat penderita diabetes. Semoga ibunya bisa pulih sedia kala ya, jangan sampai parah.

  34. Harus berhati-hati ya kalau keluarga sudah ada yang kena diabetes. Menjaga pola makan & mendukung keluarga yang sudah kena diabetes. Diabetasol produk unggulan bagi penderita diabetes sejak lama nih. DUh aku juag suka kurang tidur tappi masih membatasi ish maksimal jam 12 malam sudah harus tidur

  35. selama ini aku tahunya DM itu secara genetis lebih ke cross gen (silang). Jadi dari ibu, turun ke anak laki-laki, trus ke cucu perempuan. ternyata bisa ya dari nenek ke ibu.. Wah harus ati-ati selalu ya pokoknya ya kita. Jaga pola makan dan gaya hidup is a must.

  36. Pola makan menjadi poin penting untuk menjaga kesehatan tubuh terutama kalau sudah punya riwayat keturunan diabetes kan ya. Diabetasol juga kudu dimasukkan kedalam pola makan penderita diabetes supaya kadar gula dapat terjaga

  37. Diabetes ini orang bilang ibunya penyakit. Dan memang benar sekali, bahwa pola makan sangat memengaruhi kondisi kesehatan kita. Apa yang masuk, ya itu hasilnya buat tubuh. Saya sendiri tidak ada keturunan diabet. Tapi ngeri juga, jadi tetap berusaha jaga pola makan.

  38. keluarga aku juga banyak yang kena diabetes mbak
    makanya mulai sekarang sejak muda mulai wanti2 untuk jaga makanan
    karena pola makan itu pengaruh banget kan
    semoga ibunya segera pulih dan sehat selalu ya mba

  39. Kalo soda sih aman, aku jarang banget minum soda. Kalo teh manis disini udah tradisi, pagi-sore, belum gorengannya, hehe. Tapi aku imbangi dg minum cukup air putih sih. Etapi kok ada kurang tidur ya, duh, sering begadang… Ternyata itu bisa jadi pemicu diabetes juga.

    PR nih supaya pola hidup lebih sehat.

  40. Thanks for Sharingnya Ainhy. Jadi mengingatkan betapa pentingnya menjaga kesehatan ya termasuk menjaga diri agar tidak mudah terserang penyakit diabetes. Walau penyakit ini bisa jadi karena keturunan tapi kita bisa mencegahnya dengan gaya hidup sehat.

  41. Aduh aku khawatir kena diabetes. Suka begadang sebabnya. Makanya juga sekarang ngurangin makan manis. Termasuk anakku juga jajan manisnya aku batasin. Soalnya keluargaku ada keturunan diabetes. Terutama mertuaku nih, gula darahnya sering tinggi. Tapi sehari-hari tiap pengin minum teh, gulanya emang udah pakai diabetasol.

  42. Diabetes ini memang kudu dijaga pola makan dan tentunya harus olahraga, dan susu diabetasol terbukti ampuh untuk membantu menstabilkan kadar gula, jika dikomsumsi secara teratur oleh si penderita, mertua saya dulu juga komsumsi ini

  43. deteksi dini kesehatan dari diri sendiri memang penting ya mbak, karena diabetes memang tidak bisa dihindari tapi bisa kita kendalikan salah satunya dengan mengatur pola asupan gula ini

  44. Yang ada bakat diabetes karena keturunan di keluarga ya ayahanda. Tapi alhamdulillah beliau jaga banget pola makannya. Mudah-mudahan kita semua sehat selalu ya kak

  45. Terimakasih infonya, sangat bermanfaat karena keluarga saya keturunan diabetes bisa jadi masukan saya untuk waspada

  46. Harus makin waspada dgn ancaman diabetes nih.
    soalnya keluarga besarku beberapa ada yg kena diabet juga
    semoga kita semua sehaaattt ya
    makasi artikelnya mba, sangat mencerahkan

  47. alhamdulillah kmren berkesempatan liat edukasi dari iabetasol juga

    bergina bgt, aku jadi makin ngeh harus lebh jaga kesehatan ibu yang seorang pengidap dan aku sndiri sbg keturunannya, keep healthy ya mbak ainhy

  48. Wah ternyata banyak sekali ya kak faktor penyebab diabetes, untungnya ada produk diabetasol. terima kasih infonya ya kak, sangat bermanfaat

  49. Makanan dan pola hidup tak sehat menjadi penyebab penyakit, termasuk diabetes. Setelah membaca artikel ini, kita kembali diingatkan akan pentingnya menjaga kesehatan

  50. Malas gerak ininih seharusnya memang nggak ada dalam diri ya karena bisa berpengaruh kepada kesehatan apalagi diabetes ini. Kuy bergerak, cegah diabetes sedini mungkin

  51. Ya ampun kurang tidur juga yaaa…
    Aku banget ini kurang tidur, coz banyak deadline huhu
    Harus di tutupin ama tindakan pencegahan lainnyha yah ^^

  52. Wah bagian pertama aku banget nih. Pola makanku berantakan. Mau gorengan sampe teh manis selalu menjadi kegemaran. Untung aku sudah pakai Diabetasok utk menekan kalori tinggi dari gulanya. Sekarang kadar gulaku udah normal sih.

  53. Kalau ibu sudah kena diabetes, memang butuh perhatian ekstra ya Kak. Yang penting terus disemangati agar bisa menjalani hidup bersama orang terkasih. Untung ada Diabetasol ya, komitmen untuk menjadi mitra sehat para penderita diabetes. Bikin webinar keren lagi, sangat inspiratif. Semoga makin banyak yang sadar akan bahaya penyakit ini.

  54. Terimakasih mba artikelnya sangat mencerahkan dan bermanfaat. Saya tertampar dengan kalimat mba, pikiran negatif akan menghasilkan penyakit. Menurut saya kalimat ini ada benarnya. Saya juga sekarang berusaha untuk mengontrol pikiran saya agar lebih positif.

  55. Memang ya mb, pola makan itu pemicu utamanya. Minum teh manis disertai gorengan, plus malas olah raga. Untung sekarang tersedia penganti gula yang lebih sehat. Seperti diabetasol ini ya…

  56. Aku kira penyebab diabetes itu hanya karena fktor pola makan saja. Ternyata kegiatan sehari hati kita ada juga yang menjadi faktor pendorong minculnya diabetes ya..

  57. kalo yg belum terdeteksi diabet tp punya ortu diabet perlu gak ya? soale suamiku selama ini gda keluhan yg mengarah ke DM, tp mertua DM, nenek kakek kayaknya nggak sih

  58. Terimakasih informasinya ya mbak. ibu kebetulan juga mengidap diabetes dan harus terus minum obat jalan. kata dokter, yang penting jangan sampai stress dan diusahakan untuk selalu bahagia. Diabetasol memang produk yg baik untuk membuat pengidap lebih aman dan sehat.

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!