Mengapa Anak Perlu Belajar Coding Sejak Dini? Ini Jawabannya

Anak perlu belajar coding

Ketika saya masih kecil, orang tua mendidik saya bagaimana sekolah dengan baik, belajar dengan rajin dan berusaha mewujudkan cita-cita. Saat itu, yang orang tua pahami mengenai prospek masa depan anak-anak adalah profesi yang menggunakan seragam resmi, seperti polisi, guru, dokter dan lainnya. Namun, pergeseran gaya hidup karena adanya teknologi akhirnya mengubah paradigma tersebut. Kini di era digital, dimana setelah saya dewasa dan menjadi orang tua, mau tidak mau harus menyesuaikan gaya pendidikan era teknologi kepada anak. Salah satunya adalah mengenalkannya dengan coding.

Di era digital saat ini, anak perlu belajar coding. Bagi generasi milenial, coding sudah akrab kita dengar dan mulai banyak peminatnya. Bagi orang tua yang melek teknologi, akan segera mengenalkan pada anak-anaknya tentang dunia teknologi.

Dilansir dari Domainesia, pengkodean atau coding adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seorang programmer untuk menuliskan deretan program dengan bahasa pemrograman tertentu yang bertujuan untuk menyelesaikan suatu permasalahan tertentu.

Kode program yang ditulis oleh programmer, nantinya akan dipahami oleh mesin.

Maksud dari mesin disini tidak hanya mesin besar seperti mesin- mesin yang ditemukan di perusahaan industri saja. Melainkan juga dapat berupa aplikasi bisa berbasis web atau mobile.

Setelah coding selesai, maka mesin akan melakukan sebuah aksi berdasarkan kode program yang sudah dituliskan tersebut.

Mengapa Anak Perlu Belajar Coding?

Trik belajar coding bagi pemula
Sumber Gambar: Pexels

Memang apa sih pentingnya belajar coding bagi anak, apakah akan berguna bagi masa depannya? Jawabannya tentu saja. Di era sekarang ini hampir semua yang kita lakukan tidak lepas dari adanya kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi, seperti munculnya beragam aplikasi yang membantu kita dalam beraktivitas. Anak yang memahami coding akan lebih akrab dengan teknologi dan tidak menutup kemungkinan skill mereka akan sangat dibutuhkan. Berikut ini beberapa alasan mengapa anak perlu belajar coding sejak dini.

1. Dapat Mengasah Kreativitas

Anak-anak yang belajar coding sejak dini biasanya memiliki kreativitas yang tinggi dibandingkan anak-anak lainnya yang belum belajar coding. Dalam hal ini, anak akan cepat tanggap mengenai apa yang saat ini sedang dibutuhkan oleh kebanyakan orang, kemudian mereka akan mencari solusi-solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dari permasalahan-permasalahan tersebutlah anak Anda akan menemukan sebuah karya atau solusi.

2. Anak dapat Memahami Problem Solving

Saat anak belajar coding, mereka akan terlatih untuk menyelesaikan masalah. Dengan mempelajari coding, anak akan dituntut untuk bisa berpikir kreatif dan kritis dalam menemukan solusi untuk mendapatkan sebuah jawaban. Dalam hal ini anak akan terbiasa untuk selalu berpikir secara sistematis, terstruktur dan efisien.

Baca Juga:

Pentingnya Peran Ayah Terhadap Perkembangan Anak

Cara Menghadapi Anak Usia Toddler yang Super Sensitif

Rekomendasi Game Edukasi Online Bantu Asah Otak Anak

3. Memiliki Prospek Kerja yang Luas

Di era digital saat ini, perkembangan teknologi sangat pesat, sehingga banyak perusahaan IT yang bermunculan. Dampaknya adalah peluang kerja untuk bahasa pemrograman terbuka lebar, sehingga siapapun yang mengerti atau punya skill coding, mereka akan sangat mudah mendapatkan pekerjaan. Selain prospek masa depan yang menjanjikan, penghasilan bagi yang memiliki skill ini juga terbilang sangat tinggi.

4. Dapat Menciptakan Inovasi

Anak-anak yang belajar coding, akan memiliki ide-ide brilian yang mampu untuk menciptakan inovasi yang bisa membantu masyarakat. Salah satu contohnya yang bisa kita pelajari saat ini adalah kehadiran ojek online. Padahal sebelumnya tidak ada ojek online, orang yang mau mencari driver pun cukup kesulitan. Namun, hadirnya inovasi ojek online, banyak masyarakat yang terbantu, selain membuka peluang kerja bagi banyak orang juga memudahkan aktivitas.

5. Dapat Bekerja Sendiri

Selain kesempatan pekerjaan yang luas, kelak ketika anak-anak mempunyai skill coding, mereka bisa bekerja sendiri. Orang yang mengetahui coding memiliki kesempatan untuk membuat program sendiri seperti aplikasi yang bisa membantu usaha atau pekerjaannya.

Lantas apa yang perlu orang tua lakukan setelah mengetahui manfaat anak belajar coding?

Peran Orang Tua Mendampingi Anak Belajar Coding

Pendidikan anak tidak terlepas dari peran orang tua. Bagi orang tua yang sadar akan pentingnya bahasa pemrograman, akan segera mengambil tindakan dalam mendampingi anak-anaknya belajar.

Mengajarkan anak coding sejak dini justru lebih baik, karena anak akan terbiasa dengan bahasa pemrograman dan hal-hal yang rumit. Agar anak mudah mempelajari coding, orang tua perlu menyediakan berbagai media di rumah yang mendukung perkembangan belajarnya. Seperti menyediakan komputer, mainan edukatif yang mengenalkan coding seperti lego atau minecraft.

Agar orang tua mudah mengenalkan anak tentang coding melalui internet, orang tua perlu mengambil VPS murah bayar bulanan. VPS adalah server virtual yang berfungsi untuk menyimpan data dan file pada website. Sehingga saat orang tua mendampingi anak belajar coding, tidak perlu khawatir soal penyimpanan data pada website.

Nah itu dia informasi mengenai mengapa anak perlu belajar coding, semoga bermanfaat yah parents.

Artikel Menarik Lainnya

9 Komentar

  1. Mantap Menentukan Goal dengan Aplikasi Perencanaan Keuangan - Blog Ainhy Edelweiss

    […] Mengapa Anak Perlu Belajar Coding Sejak Dini? Ini Jawabannya […]

  2. Anakku juga kelas 1 SD minta coding
    So far dia sudah paham menjalankan satu tokoh yang dia ciptakan

  3. Nabilla - Bundabiya.com

    anakku ntar kayaknya kalau sudah SD juga bakal aku kenalin ama coding deh.. biar ntar gedenya gampang memahami dan memanfaatkan dunia digital baik untuk hobby maupun untuk karir masa depan

  4. Setuju banget, dengan belajar codiing sejak dini juga bisa membuka lebar-lebar kalau IT itu luas banget. Bahkan untuk mempelajari bahasa pemograman nya aja banyak banget, kalau bisa menguasai salah satunya aja udah dicari orang banget dimasa depan.. Keren nih!

  5. Setuju deh sama poin-poin yang tertulis di artikel ini. Memang ya perkembangan teknologi juga berkembang juga cara belajarnya.

  6. Betul, jaman skrg kayaknya semua serba digital, jadi ngoding bener” kepake bgt sih .. Btw saya baru tau VPS ini, nanti mau liat” ah .. thank you infonya

  7. Dian Restu Agustina

    Anakku yang SMP ada ekskul Coding, dia ikutan karena minta sendiri….sayang dihentikan karena pandemi, semoga setelah aktif lagi sekolah ada kembali. Aku baru tahu ada VPS murah bayar bulanan..menarik ini apalagi kalau anak belajar coding nanti

  8. Rekomendasi Handphone harga di Atas 6 Juta untuk Kalangan Menengah Keatas - Blog Ainhy Edelweiss

    […] Mengapa Anak Perlu Belajar Coding Sejak Dini? Ini Jawabannya […]

  9. Anak bungsuku belajar coding untuk mata pelajaran robotik di sekolahnya. Memang ga mudah mempelajarinya, agak jelimet gitu. Nah ini ada VPS yang bisa menyimpan data pada website jadi praktis ya kita ga bingung lagi. Belajar coding semakin semangat deh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.