Rekomendasi Game Edukasi Online Bantu Asah Otak Anak

Rekomendasi game edukasi

Dunia anak adalah dunia bermain. Sebagai orang tua, kita perlu memberikan dukungan kepada anak tanpa harus membuatnya tertekan terutama saat anak masih berada dalam fase senang bermain. Seiring berkembangnya teknologi, anak tidak hanya bermain bersama teman-teman sebayanya, tapi juga dengan gadget. Anak bisa bermain melalui beragam game yang ditawarkan melalui gadget. Lantas rekomendasi game edukasi apakah yang cocok untuk anak agar waktunya tidak terbuang sia-sia? Simak sampai akhir yah sobat Ainhy.

Bolehkah Anak Bermain Game?

Saat kita melihat realita kehidupan sehari-hari, anak masa kini lebih senang bermain game online ketimbang berinteraksi langsung dengan teman-temannya apalagi saat pandemi, dimana anak memiliki batasan berada di luar rumah. Sebagai orang tua, saya bertanya-tanya apakah anak boleh bermain game online?

Setelah mencari informasinya, saya jadi tahu bahwa tidak ada larangan anak bermain game online sepanjang masih berada dalam pengawasan orang tua. Justru, game yang tepat dimainkan anak malah memberikan dampak positif.

Apa Manfaat Bermain Game Online untuk Anak?

Tidak selamanya game berdampak buruk untuk anak. Jika orang tua memberikan arahan yang tepat, maka anak dapat memainkan game edukasi yang justru bisa mengasah otak anak.

Dilansir dari Klikdokter, menurut ahli psikolog justru mengatakan bahwa game dapat melatih kecerdasan otak anak. Karena saat bermain game, otak anak membutuhkan konsentrasi penuh. Hal ini dapat merangsang neurotransmitter dopamin untuk menguatkan daya ingat atau memori. Berikut beberapa manfaat bermain game untuk anak;

1. Mengenalkan teknologi

Saat anak bermain game, ia juga akan mengenal teknologi. Selagi bermain game, orang tua perlu mengenalkan teknologi kepada anak lewat game online dengan catatan, orang tua tetap mengawasi anak dan menetapkan durasi bermain game.

2. Melatih otak dan mental anak

Siapa bilang saat bermain game otak tidak bekerja? Big no!  Saat anak bermain game, otak membutuhkan keterampilan, kemampuan berpikir abstrak, dan cara berpikir  yang baik agar bisa memenangkan permainan. Manfaatnya adalah anak terlatih untuk melatih strategi dan antisipasi, berani mengambil risiko dan tantangan, berpikir cepat, membuat analisa dan keputusan, serta melatih problem solving dan logika.

3. Membentuk kreativitas

Saat anak bermain game, kreativitasnya terlatih karena game menstimulasi otak untuk berpikir tepat dan cepat.

4. Memberikan pengetahuan baru

Jika game yang anak mainkan tepat dan edukatif, maka secara tidak langsung anak akan belajar. Dengan bermain game, pengetahuan anak juga dapat meningkat.

5. Sarana belajar yang menyenangkan

Saat ini banyak platform belajar online yang menyediakan tools bermain sambil belajar. Soal latihan dikemas dalam bentuk game. Sehingga anak belajar sambil bermain. Memang, game juga bisa menjadi sarana belajar yang menyenangkan.

Rekomendasi Game Edukasi untuk Anak

Setelah mengetahui manfaat game untuk anak, saatnya orang tua mencari tahu game yang tepat dan edukatif untuk anak. Ketika memiliki anak, saya sadar betul bahwa perkembangan teknologi sangat cepat.

Anak-anak perlu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi tanpa harus memberikan batasan yang membuatnya tertekan. Untuk itu, saya mencari jalan keluar bagaimana anak-anak di rumah tetap bisa bermain game namun tidak menyia-nyiakan waktunya.

Setelah mencari informasi terkait game edukasi melalui internet, saya menemukan sebuah website yang memiliki banyak permainan khususnya game edukasi untuk anak.

Akhirnya saya pun menelusuri website plays.org dan mencari tahu terlebih dahulu mengenai website plays.org. Dan saya menemukan beragam permainan menarik dan aman untuk anak, terlebih saat saya menemukan kategori khusus game edukasi di website plays.org. Saya makin senang karena menemukan game edukasi online yang tepat.

Ada beberapa game edukasi dari plays.org yang suka banget anak-anak mainkan di rumah seperti;

1. Guardians Devender of Mathematica

Game Guardians Devender of Mathematica adalah game RPG latihan matematika KS2 bertema fantasi untuk anak-anak dan siswa.

Pemain dapat memilih 16 kategori matematika yang berbeda, seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian termasuk pecahan, desimal, dan tes kecepatan perkalian waktunya.

Game edukasi di plays.org
Gamenya seru banget ternyata, anak sangat menyukainya. 

Anak dapat memilih dari 24 karakter berbeda seperti ksatria, penjaga hutan, prajurit, penyihir, penyihir, dan elf. Untuk memenangkan pertempuran matematika, anak harus menjawab setidaknya 7 dari 10 pertanyaan dengan benar. Setelah anak memenangkan permainan, anak mendapatkan satu perisai untuk kategori itu.

Jujur nih setelah saya mencoba sendiri game Guardians Devender of Mathematica, saya begitu senang. Gamenya sangat edukatif,  kreatif dan menghibur. Langsung deh saya rekomendasikan game ini untuk anak-anak di rumah.

Reaksi mereka tentu sama dong. Suka banget memainkan game ini, katanya seru dan menantang. Sebagai orang tua saya sangat mengapresiasi game edukasi yang tersedia di plays.org karena bisa mengasah keterampilan anak-anak, waktunya pun tidak terbuang sia-sia.

2. Zombie Typing

Game Zombie Typing untuk anak di plays.org

Game Zombie Typing adalah permainan latihan mengetik untuk anak-anak dimana anak-anak dapat melatih kecepatan mengetik dengan menembak zombie yang masuk dengan kata-kata di kaki mereka.

Game ini cocok banget anak mainkan karena bisa mengasah keterampilan mengetik.

3. Virtual Xylophone

Game virtual xylophone untuk anak

Virtual Xylophone adalah game simulasi online sederhana dari alat musik yang populer dan cocok dimainkan untuk anak sekolah dasar (SD).

Game ini sangat cocok orang tua kenalkan kepada anak untuk melatih anak mengenal musik dan belajar memainkan musik secara online. Permainannya sangat sederhana dan mudah dipahami anak sekolah dasar.

Sebenarnya masih banyak lagi game edukasi lainnya di plays.org, kamu bisa cek langsung melalui websitenya dan mainkan game online edukasi sepuasnya. Oh iya, plays.org adalah website khusus game yang menyediakan banyak permainan dengan beragam kategori. Berikut beberapa keunggulan plays.org yang wajib kamu ketahui.

Keunggulan Website plays.org Penyedia Game Online seru dan Menarik

1. Free akses game sepuasnya
Kabar baik untuk para orang tua yang ingin menghemat budget. Mengakses game edukasi di plays.org gratis alias tidak berbayar. Anak bisa bermain edukasi sepuasnya.

2. Menyajikan permainan yang sederhana
Game yang tersedia di plays.org sangat sederhana dan mudah dipahami tapi menantang.

3. Tidak perlu repot mendownload
Uniknya nih semua games di plays.org bisa langsung dimainkan tanpa harus mendownloadnya terlebih dahulu.

4. Tidak perlu membuat akun

5. Tidak ada iklan
Tidak perlu khawatir soal iklan yang mengganggu keseruan anak bermain game, karena tidak ada iklan di website plays.org

6. Tersedia instruksi cara bermain game

7. Terdapat banyak kategori games yang bisa kamu pilih

Kategori games di plays.org

Jadi tidak hanya tersedia kategori game edukasi, tapi tersedia juga banyak kategori game online menarik lainnya.

8. Selalu update game setiap hari.

9. Bisa menyimpan permainan favorit.

Kesimpulan

Membiarkan anak bermain game tidak selamanya berdampak negatif. Orang tua perlu mengawasi anak-anak saat mereka bermain game agar tidak mengakses sembarang permainan yang justru tidak mendidik. Arahkan anak-anak bermain game yang bisa mengasah kecerdasan dan menambah wawasan mereka, sehingga anak tetap bisa menikmati dunia bermainnya sambil belajar sesuai harapan orang tua.

Plays.org adalah rekomendasi game edukasi yang menyediakan permainan ringan dan edukatif yang bisa orang tua kenalkan kepada anaknya.

Game online yang tersedia di plays.org tidak hanya diperuntukkan untuk anak-anak, namun tersedia kategori game online ringan dan seru lainnya untuk orang dewasa yang bisa menghilangkan rasa jenuh dan menghibur.

Semoga artikel mengenai rekomendasi game edukasi online bermanfaat…

Artikel Menarik Lainnya

14 Komentar

  1. Pengalaman Menyusui dengan Mama's Choice Breastfeeding Support - Blog Ainhy Edelweiss

    […] yang penting ASI sudah keluar, kelar deh masalah. Makanya, pada saat itu saya tidak mempelajari edukasi menyusui. Alhasil, setelah melahirkan anak pertama, saya begitu panik saat mengalami masalah […]

  2. asik ternyata ada game yg bagus buat anak, nanti coba ah anak suruh download ini, makasih banyak ya

  3. Setuju banget Kak, permainan game memang boleh untuk anak dan tetap dalam pengawasan orang tua. Anakku juga mulai menikmati main website game. Lebih seru katanya.

  4. Aku juga tipe orang tua yang menganggap game itu ada manfaatnya buat anak. Tinggal bagaimana kita mendampingi anak memilih jenis game dan membuat aturan batas waktu bermain.

  5. Pengetahuan baru dan menciptakan strategi, ternyata bermanfaat buat perkembangan otak anak-anak ya. Wah bisa daku terapkan buat ke keponakan daku nih, ceki-ceki game edukasi

  6. Siap! Cek cek plays.org langsung. Keren karena nggak perlu download dulu, dan terpenting bebas iklan yang mengganggu.

  7. anakku belum ngerti dan belum pernah ku ajarin main game..
    tapi kalo ada game edukasi gini bole juga sih dicoba.

  8. Intinya, pinter-pinter kita (sebagai orangtua) milih game buat anak-anak ya. Kalaupun mereka milih game sendiri, tetap harus dalam pantauan orangtua.

  9. Aku nyarii vos (virtual orchestra system) ada ngga ya kak di sini? Seru2 juga yaa game edukasinya. mau coba meluncur aahh

  10. game online ada sisi positifnya juga untuk melatih otak anak dalam berpikir ya

  11. wah, makasih mb rekomendasinya. sebagai pecinta game, kayaknya perlu nih nyoba dulu sebelum kasih ke anak. hehe

  12. Pentingnya Menjaga Kesehatan Tulang Sebelum Usia 30 Tahun - Blog Ainhy Edelweiss

    […] Ada baiknya hindari gaya hidup sedentari dan mulailah aktif bergerak walau hidup di era yang serba canggih. […]

  13. Wah bagus banget nih mbak, aku punya anak bungsu yang hobi banget main game tapi maunya nyari game yang ada edukasinya. Eh, nemu!

  14. Senang sekali sekarang semakin banyak game edukatif yang bagus ya mba, dulu selalu was was ketika anak main game. Sekarang malah senang karena bermanfaat bagi mereka, terima kasih info game rekomendasinya yah..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.