Mantap Menentukan Goal dengan Aplikasi Perencanaan Keuangan

Aplikasi catatan keuangan pribadiAplikasi Perencanaan Keuangan PINA

Jujur, sebelum mengenal aplikasi PINA yaitu aplikasi perencanaan keuangan, saya mengalami kesulitan mengatur keuangan apalagi menentukan goal atau tujuan khususnya setelah berumah tangga dan mempunyai dua buah hati.

Saya berpikir, bahwa cukup ada pemasukan tiap bulannya, kita berbelanja seperlunya saja sudah bisa menabung. Rupanya saya keliru. Setelah beberapa tahun usia pernikahan saya, barulah menyadari bahwa kami tidak pernah mencapai tujuan kami karena manajemen keuangan kami masih kurang. Sehingga terkadang, pengeluaran jauh lebih banyak ketimbang pemasukan.

Setelah mencari tahu tips bagaimana mengatur keuangan dengan lebih baik, saya mengetahui ada sebuah aplikasi budgeting yaitu PINA yang sangat membantu saya dalam menentukan goal atau impian keluarga kecil saya. Berikut ini ulasan lengkap mengenai pengalaman menggunakan PINA aplikasi catatan keuangan pribadi.

Mengenal PINA, Aplikasi Perencanaan Keuangan

Aplikasi budgeting terbaik

Saat ini, hadir banyak aplikasi yang menawarkan segala kemudahan. Namun, tidak banyak aplikasi yang memang menjawab seluruh kebutuhan finansial kita dan memberikan solusi. Selain dapat membantu menentukan goal, PINA juga adalah aplikasi yang bisa gunakan untuk berinvestasi. Itulah mengapa saya memilih aplikasi perencanaan keuangan PINA untuk mencapai goal atau impian.

FYI, PINA adalah aplikasi budgeting yang menyediakan layanan untuk kelola dan otomatisasi pengeluaran, tabungan, serta investasi kita dalam satu aplikasi. Secara umum, aplikasi PINA dapat membantu kita dalam mencatat pemasukan dan pengeluaran, membuat anggaran, berinvestasi, serta memperkaya edukasi tentang finansial.

Kelebihan aplikasi PINA yang menjadikannya sangat unik dan sulit membuat saya move on menggunakan aplikasi investasi terpercaya lainnya adalah terdapat layanan yang memudahkan pengguna memantau kondisi keuangan secara lengkap dalam satu aplikasi.

Fitur-fitur Menarik dari Aplikasi PINA

Hal yang paling saya sukai dari aplikasi ini karena dikemas dalam bentuk sederhana dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami untuk seorang ibu seperti saya tanpa ribet. Aplikasi catatan keuangan pribadi ini memiliki banyak fitur yang memudahkan kita dalam menentukan goal, berikut ini beberapa fitur-fitur menarik dari aplikasi PINA.

1. Fitur Classroom

Agar bisa mengatur keuangan dengan lebih baik, kita membutuhkan edukasi yang cukup untuk bisa mengelola finansial apalagi jika ingin melakukan investasi. Kita perlu pengetahuan yang cukup agar bisa menggunakan dana yang dimiliki secara bijak. Menariknya nih aplikasi PINA menyediakan fitur Classroom yang mana melalui fitur ini kita bisa mengakses segala informasi yang berkaitan dengan keuangan secara gratis. Tersedia banyak artikel melalui fitur Classroom mengenai edukasi seputar perencanaan keuangan dan lainnya secara lengkap.

Saya pribadi saat pertama kali menggunakan PINA, fitur pertama yang saya nikmati adalah Classroom. Melalui fitur ini, saya mendapatkan pengetahuan baru seputar perencanaan keuangan, investasi dan lainnya.

2. Fitur Invest

PINA aplikasi investasi terpercaya

Selain membantu kita mengatur keuangan, PINA juga merupakan aplikasi investasi terpercaya. Investasi adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk meraih goal. Dengan berinvestasi, kita bisa mendapatkan income yang lumayan menjanjikan. Pada fitur Invest, kita bisa memilih dua instrumen investasi, yaitu saham atau reksadana. Fitur ini memberikan kita gambaran mengenai kondisi keuangan sehingga lebih mudah mencapai goal. Misalnya, goal saya adalah ingin membeli rumah. Maka pada fitur Invest, saya bisa memutuskan mana instrumen investasi yang cocok untuk mewujudkan goal saya.

Untuk memulai investasi, kita hanya perlu mengakses fitur Invest dan memilih reksadana atau saham.

3. Fitur Save

Fitur Save adalah fitur favorit saya dalam merekap catatan keuangan pribadi tanpa ribet. Melalui fitur ini, saya tidak perlu lagi melakukan pencatatan secara manual. Pada fitur Save, saya bisa dengan mudah mengatur budgeting, seperti pengeluaran untuk anak, belanja bulanan, biaya listrik, hiburan dan sebagainya.

Pada fitur Save, kita bisa melakukan perencanaan keuangan setelah melihat data akan pemasukan dan pengeluaran. Contoh saat saya mulai merekap semua pemasukan dan pengeluaran pada fitur Save, ternyata saya cukup boros belanja untuk keperluan yang sebenarnya tidak mendesak.

Selain budgeting, fitur save juga ada informasi mengenai cashflow, sehingga kita bisa menganalisis secara langsung kondisi keuangan.

3. Fitur NetWorth

Baru kali ini saya menemukan aplikasi perencanaan keuangan yang begitu lengkap sampai ada fitur NetWorth. Melalui fitur NetWorth, kita bisa mengetahui jumlah aset yang dimiliki. Selain menghitung jumlah aset, kita juga bisa tracking liabilitas atau utang. Saya pribadi sudah memasukkan berapa aset dan cicilan yang saya punya di rumah. Sehingga ada gambaran secara jelas mengenai aset yang dimiliki dan jumlah utang yang harus dilunasi. Fitur ini sangat berperan penting jika ingin melakukan sebuah investasi.

Jika kamu penasaran ingin mengetahui seberapa besar aset yang kamu miliki, cukup akses fitur NetWorth pada aplikasi PINA, lalu masukkan semua aset yang kamu miliki, seperti kendaraan, properti, emas dan lainnya. Begitupun dengan utang.

Saya pribadi merasakan banyak manfaat setelah mencoba fitur ini. Dulu, saya menyepelekan soal aset yang penting ada uang. Jika kebutuhan sehari-hari tercukupi, saya sudah cukup puas. Namun, setelah memanfaatkan fitur NetWorth saya jadi sadar, bahwa aset yang saya miliki masih sangat jauh untuk mencapai goal apalagi berinvestasi.

Keunggulan PINA sebagai Aplikasi Perencanaan keuangan

Berikut ini beberapa keunggulan aplikasi PINA yang saya rasakan sendiri manfaatnya, seperti berikut;

– Aplikasi PINA mudah dipahami untuk ibu-ibu seperti saya yang masih gaptek saat membuat budgeting tanpa manual

– Aplikasi PINA aman karena sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

– Memudahkan kita dalam membuat perencanaan keuangan karena terdapat analisis keuangan

– Mudah berinvestasi hanya dalam satu genggaman

Semakin Optimis Meraih Impian Setelah Menggunakan Aplikasi PINA

Pengalaman menggunakan aplikasi PINA

Setelah mengenal PINA dan menggunakannya sebagai aplikasi perencanaan keuangan, kondisi finansial saya jauh lebih baik dari sebelumnya. Dulu, saya merasa sulit mencapai goal yang ingin diraih bahkan jikapun ada yang sudah saya targetkan, saya merasa kesulitan mengatur keuangan yang penghasilannya tidak menentu setiap bulan. Tapi, setelah menggunakan aplikasi budgeting dari PINA, kini saya bisa membuat keputusan secara tepat.

Sebelumnya, saya tidak memiliki gambaran secara jelas mengenai aset dan utang yang saya miliki. Namun, setelah menggunakan PINA, kini saya tahu jumlah aset sebenarnya yang saya miliki dan utang yang masih belum lunas. Sehingga sebelum berinvestasi, saya ada data keuangan yang bisa menjadi patokan saya dalam memutuskan jenis investasi apa yang cocok.

Kini, saya tidak lagi merasa kesulitan mengatur budgeting saya dan keluarga apalagi melakukan perencanaan keuangan untuk mencapai goal. Hadirnya aplikasi PINA sangat membantu saya dalam menentukan impian dan melangkah dengan yakin untuk mewujudkannya.

Diakhir sharing saya melalui blog Ainhy Edelweiss ini, saya menginformasikan kepada teman-teman bahwa PINA mau membantu meraih apa pun tujuan keuangan yang diinginkan dengan memberikan tambahan modal investasi berupa Cashback up to 10 Juta. Caranya buat tujuan keuanganmu di PINA Goal dan rutin menabung setiap bulan selama 1 tahun, PINA berikan cashback untuk kamu! Pelajari lebih lanjut mengenai cara ikutan Promo Cashback up to 10 Juta dari PINA.

Yuk download aplikasi PINA untuk iOS atau aplikasi PINA untuk Android sekarang juga dan mulai membuat perencanaan keuangan agar mantap menentukan goal atau impian kamu. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Keuntungan Hidup di Era Digital

Pengalaman Menghadapi Keluhan Pelanggan Saat Berjualan Online

Mengapa Anak Perlu Belajar Coding Sejak Dini? Ini Jawabannya

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.