Pengalaman Menghadapi Keluhan Pelanggan Saat Berjualan Online

Sekitar tiga tahun yang lalu, saya dan suami mulai merintis usaha kecil-kecilan dengan membuka jasa laundry sepatu dan menjual produk herbal untuk kesehatan. Saat itu kami belum tahu apa-apa bagaimana menghadapi keluhan pelanggan karena memang kami baru di dunia bisnis online.

Dengan peralatan seadanya, kami membuka jasa laundry sepatu yang memang saat kami berada di Kalimantan Selatan, banyak yang membutuhkan jasa tersebut. Memang cukup menjanjikan usaha yang kami buat saat itu karena belum banyak saingan laundry sepatu dan lokasi yang cukup strategis. Kami tinggal di pemukiman yang cukup padat dengan banyak perusahan. Begitu kami melihat peluang, kami membuka jasa laundry sepatu sekaligus menjual produk herbal yang kami stok dari Sulawesi Selatan.

Pengalaman Berjualan Online dan Tantangannya

Yuk Jualan Online
Dokpri

Rupanya tidak cukup memasarkan usaha kami hanya dari mulut ke mulut atau dari katalog yang kami sebar. Sehingga kami berinisiatif untuk memasarkan usaha kami secara online melalui sosial media.

Alhamdulillah, dari promosi yang kami lakukan di sosial media, ada banyak yang menjadi pelanggan jasa laundry sepatu kami dan banyak yang memesan produk herbal kami juga. Akan tetapi, kami tidak pernah menyangka sebelumnya, bahwa ada beberapa pelanggan yang ternyata tidak puas dengan pelayanan kami.

Selama berjualan online, saya menghadapi berbagai tantangan, salah satunya yang paling membekas dalam benak saya hingga hari ini adalah mendapatkan keluhan pengguna atau pelanggan.

Dulu saya sempat berpikir bahwa saat ada keluhan pengguna kita bisa menghadapinya dengan santai saja selama kita tidak melakukan kesalahan yang disengaja. Akan tetapi, ternyata butuh strategi atau cara menghadapi keluhan pelanggan agar tidak menurunkan reputasi usaha kita.

Panik Saat Menghadapi Keluhan Pelanggan

Jualan online herbal di Lazada
Saat jualan produk herbal 

Pertama kali mendapat keluhan pengguna, saya cukup panik, karena pada saat pelanggan saya yang membeli produk herbal, melakukan komplain dan tidak menerima produk yang saya kirimkan. Pelanggan saya itu protes saat menerima produk dengan kondisi tutup botol tidak rapat dan mengklaim produk yang saya kirimkan tidak asli. Padahal saya cukup ketat saat melakukan pengiriman baik dari segi pengemasan dan kualitas produk.

Karena belum ada bekal pengalaman menghadapi keluhan pelanggan itulah yang membuat saya panik, belum lagi pelanggan tersebut marah-marah.

Tips Menghadapi Keluhan Pelanggan Saat Berjualan Online

Pengalaman jualan online yang saya dapatkan tiga tahun lalu melalui sosial media mengajarkan saya banyak hal, salah satunya bagaimana menghadapi pelanggan agar tidak kecewa dengan produk jualan kita. Dulu, saat ada keluhan dari pelanggan, saya merespon dengan emosional juga dan melakukan permintaan maaf berulang kali. Bukannya pelanggan merespon baik, justru sebaliknya pelanggan semakin menunjukkan kekecewaannya.

Ternyata ada cara yang lebih baik menghadapi komplain pengguna. Saat ada yang mengajukan keluhan, kita perlu merespon secepatnya dengan menanggapi keluhan dan mengidentifikasi masalah secara cepat. Jangan berusaha menghindari atau mengalihkan saat ada keluhan dari pelanggan. Jika kita merespon dengan cepat dan mengidentifikasi masalah yang ada, pelanggan akan merasa diperlakukan dengan baik dan tidak diabaikan, dengan demikian mereka tetap menaruh kepercayaannya dengan usaha yang kita miliki.

Tips seperti ini saya pelajari melalui artikel yang memberikan banyak edukasi bagi mereka yang punya usaha online. Kamu juga bisa mempelajarinya melalui artikel cara menghadapi keluhan pengguna sehingga lebih siap saat ada pelanggan yang melakukan komplain.

Bangkit dari Pandemi, Yuk Jualan Online

Tiga tahun yang lalu saya mulai merintis usaha dengan melakukan promosi dan jualan online melalui sosial media. Namun, usaha yang kami rintis tidak berjalan sesuai rencana. Sehingga sempat terhenti untuk waktu yang lama. Namun, saat pandemi melanda, kami mulai menjalankan kembali usaha yang sempat terbengkalai itu, tapi bukan lagi jasa laundry sepatu melainkan usaha keripik dan produk herbal tetap kami lanjutkan mengingat permintaan cukup banyak saat pandemi.

Berbekal belajar melalui internet dan belajar dari artikel dengan topik Yuk Jualan Online, akhirnya saya dan suami berusaha bangkit kembali dari pandemi. Kami memang kehilangan pekerjaan, tapi masih banyak cara untuk menghasilkan cuan salah satunya berjualan online.

Ada banyak insight yang saya dapatkan saat membaca artikel Yuk Jualan Online, seperti bagaimana menghadapi keluhan pengguna, tips usaha bagi pemula dan cara berjualan di Lazada.

Peluang Usaha dan Cara Jualan Online di Lazada

Jualan di Lazada dengan mudah

Yuk jualan online saja di Lazada, begitu ucapan saya kepada suami setelah tahu ada cara yang lebih efektif untuk jualan online selain melalui sosial media. Jualan di Lazada memiliki banyak kelebihan khususnya bagi pemula.

Di Lazada, kita bisa menjual produk usaha kita dengan lebih mudah. Seperti yang kita ketahui, Lazada adalah platform e-commerce yang sangat besar dan memiliki banyak pelanggan. Jadi ada peluang usaha yang cukup besar ketika kita memanfaatkan platform e-commerce Lazada untuk membuka usaha online.

Yuk Jualan online di Lazada saja karena sistemnya tidak ribet untuk pengusaha pemula. Apapun bisa kita jual di Lazada selama produk yang kita miliki bisa kita pertanggungjawabkan dan tidak melanggar panduan komunitas. Jika kamu tertarik, berikut ini tutorial cara jualan di Lazada

Tutorial Berjualan di Lazada

Berjualan di Lazada sangat mudah dan menguntungkan. Berikut ini cara yang bisa kamu praktekkan saat ingin berjualan di Lazada.

1. Buka browser, kemudian akses laman lazada.co.id.

2. Lalu klik opsi “Menjadi Seller”.

3. Kemudian pilih “Daftar Menjadi Penjual Sekarang”.

4. Isi seluruh data dengan benar dan geser untuk melakukan verifikasi.

5. Baca syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh Lazada dengan teliti.

6. Setelah terdaftar, kita bisa menjual produk di toko tersebut.

Cara Daftar Jualan di Lazada Lewat HP

Selain mendaftar melalui browser, kita juga bisa menggunakan aplikasi Lazada Seller Center untuk mendaftar akun atau toko di platform tersebut. Adapun cara daftar jualan di Lazada lewat HP sebagai berikut:

1. Unduh aplikasi Lazada Seller Center di handphone.

2. Buka aplikasi tersebut lalu klik menu “Buat Akun”

Tutorial cara jualan di Lazada lengkap

3. Tentukan negara, bahasa, dan tipe toko Lazada.

4. Lalu masukkan nomor telepon yang aktif.

5. Klik “Get Code”.

6. Masukkan kode verifikasi yang diterima melalui SMS dengan benar.

7. Masukkan email yang aktif.

8. Kemudian buat password untuk toko di e-commerce tersebut

9. Ceklis kotak kecil yang ada di bagian bawah lalu pilih “Daftar Akun”.

Kemudian akan mendapatkan notifikasi bahwa proses registrasi berhasil, lalu akan diarahkan ke halaman awal.

Sign in dengan menggunakan alamat email dan password yang sudah dibuat. Masuk ke toko tersebut dan persiapkan produk yang hendak dijual di Lazada.

Nah mudah kan mendaftar jadi seller di Lazada, jadi buat kamu yang ingin memiliki toko online di Lazada, segera daftarkan usahamu sekarang juga.

Saya pribadi merasa bersyukur pernah mengalami komplain dari pelanggan saat berjualan online yang dari peristiwa tersebut membuat saya dan suami belajar lebih giat lagi. Hingga saya menemukan Lazada dimana pengusaha kecil seperti saya bisa ikut berjualan dengan mudah dan prosesnya cepat.

Buat pembaca blog Ainhy Edelweiss, artikel ini sangat cocok jika kamu adalah pengusaha yang bingung mau jualan online dimana. Karena di artikel ini, kamu bisa mendapatkan informasi bagaimana menghadapi keluhan online dan cara mendaftarkan usaha kamu di Lazada.

Baca Juga:

Wajib Tahu! Tips mengatur keuangan pribadi

Rekomendasi Hadiah untuk Ibu yang Baru Melahirkan

Bangun Bisnis Gelato dengan Pinjaman Tanpa Jaminan

Artikel Menarik Lainnya

35 Komentar

  1. Saham GoTo Melonjak Naik Dampak dari Transaksi yang Kian Meningkat - Blog Ainhy Edelweiss

    […] Pengalaman Menghadapi Keluhan Pelanggan Saat Berjualan Online […]

  2. Menghadapi keluhan pelanggan memang harus sabar ya mbak. Untung lazada menyediakan layanan terbaik ya. Jadi keluhan pelanggan bisa diminalisir. Jualan online di lazada memamg menyenangkan dan menguntungkan

  3. Nggak enak banget asli kalau ngalami keluhan dari pelanggan tapi di siisi lain itu semacam cambukan agar lebih baik
    lazadaku lupa password mba, aku pernah bikin toko.

  4. Semoga laris manis bisnisnya di lazada ya kak.. Pengalaman memang guru yang paling berharga

  5. Ternyata gak sulit ya bisa dikerjakan sapa aja nih membuka peluang baru, makasih infonya

  6. Masyaa Allah yaa selain strategi bisnis, kesanaran juga gak kalah penting ya. Sukses selalu kak

  7. Ya Allah, Mbak, aku suka baper sama customer yang komplain. Katanya barangnya kuranglah, katanya kualitasnya jeleklah, padahal aku udah deskripsikan dengan baik tentang barangnya. Tulisannya menarik dan jadi masukan buatku, Mbak.

    Vita mamanesia.com

  8. Mantap Menentukan Goal dengan Aplikasi Perencanaan Keuangan - Blog Ainhy Edelweiss

    […] Pengalaman Menghadapi Keluhan Pelanggan Saat Berjualan Online […]

  9. Keuntungan Hidup di Era Digital - Blog Ainhy Edelweiss

    […] Pengalaman Menghadapi Keluhan Pelanggan Saat Berjualan Online […]

  10. saya juga ada usaha kecil-kecilan kak, wajib banget kayaknya saya daftar di Lazada ini biar makin dikenal produknya

  11. Karena sudah punya pengalaman jadi bisa belajar dan bisa lebih tahu cara mengatasi keluhan pelanggan ya Kak. Memang tidak sih apalagi kalau ketemu pelanggan yang banyak maunya tapi sebagai penjual tetap kita harus bisa menunjukkan sikap yang baik dalam melayani pelanggan. Btw ok juga nij kalau mau jualan online di Lazada. Banyak terbantu dengan adanya platform Seller Lazada Center ya

  12. Pasti khawatir dan panik ya saat ada keluhan dari pelanggan, soalnya kita merasa sudah do the best buat melayani customer. Tapi itu jadi pengalaman yang bikin para olshop berusaha bikin sistem yang baik untuk menangani keluhan pelanggan. Kalo jualannya pakai lazada pastinya hal begini udah lebih bagus lagi sistemnya.

  13. Wah, ada juga orang yang mengeluhkan produk herbal? Padahal kan biasanya herbal itu aman ya

  14. Semangat selalu sukses semoga jualan laku keras ya jangan lupa berdoa dan berikhtiar

  15. Saya pernah ngalamin juga dikomplain pelanggan, Mbak. Memang perlu jam terbang supaya bisa lebih santai menyikapinya ya. Sukses jualannya. Laris manis berkah 😊

  16. Jadi penjual memang harus sabar dan telaten hadapi karakter pembeli yang beda beda karakter

  17. Aku udah lama bikin akun online shop namun masih belum terlalu paham dengan manajemen toko online mbak. Sepertinya harus telaten dan konsisten
    Terlebih kalau ada pelanggan yg komplain. Aku sendiri klo ada komplain maunya segera direspon apalagi kalau udah punya bisnis Online sendiri. Harus juga diterapkan
    Btw terima kasih tips nya ya mba

  18. Aku kayaknya belum pernah deh belanja di Lazada.. Dari sudut pandang pembeli, biasanya promo apa sih mba yang ditawarkan oleh Lazada?

  19. semangat kak aini. semoga usahanya sukses terus dan bisa hadapin para pelanggan 😀

  20. Terimakasih, kak Ainhy.
    Aku jadi tau bahwa kalau menghadapi berbagai macam keluhan terutama terkait dengan produk, kudu gercep, jangan menunggu apalagi menunda atau menghindar.
    Get the point!
    Usaha online, bisa dimulai dari hal-hal yang kita sukai, maka semoga rejeki akan mengalir lancar.

  21. Keep calm
    Itu tips suami karena katanya tiap orang akan selalu beda dalam memberikan respon berupla komplain
    Tetap semangat jualan

  22. Ceritanya sangat inspiratif
    Buat yg punya bisnis online, bisa belajar di sinj

  23. Wah, aku pernah mengalaminya kak. Pas masih aktif jualan online, berasa nggak tenang gitu ya kalau ada pembeli yang komplain. Untungnya akhirnya datang juga barangnya… ternyata memang prosesnya agak lama. Semangat jualan onlinenya kak, btw aku suka nyimak kan Ainhy di TikTok Live lo 🙂

  24. Apapun jenis usaha yang dijalankan pasti ada saja tantangannya ya mbak, baik itu dari dalam maupun luar, tapiii dibalik itu semua bisa jadi pembelajaran dan terus upgrade kemampuan, salah satunya terciptalah artikel ini dan tips menghadapinya. Semangat ❤️

  25. ternyata cara daftar untuk jualan di Lazada cukup mudah ya mba, penasaran jadinya pengen cobain juga daftar jualan online di lazada kebetulans aya sedang meirntis usaha kecil-kecilan mba

  26. emang sih ya, kita sudah melakukan terbaik misal packingnya cek kualita sproduknya tapi ada aja dan akhirnyaberakhir komplain hehe duh seninya penjual online ya mbak, wah aku mau nih ikutan intip artikel menghadapi keluhan pelanggan

  27. Ririn Wandes Melalak Cantik

    Pastinya menghadapi pelanggan yang banyak maunya terkadang ada rasa kesal ya tetapi namanya pelanggan harus dilayani dengan baik. Hmmm, menariknya bisa jualan online sekarang serba mudah nih. Sejauh ini sudah coba beberapa e-commerce, boleh juga coba ke Lazada deh.

  28. Nabilla - Bundabiya.com

    hahah aku yang udah gak jualan online juga pernah kena keluhan pelanggan mba. jadi ya emang kudu hadapi aja gituu.. yang penting kita jawab dengan santun dan tetap berupaya memberi pelayanan terbaik.

  29. Menghadapi keluhan pelanggan emang nggak bisa sembarangan. Karena orang bisa berasumsi banyak hal. Salah satunya tentang kita yang kurang ramah. Padahal kitanya udah berusaha ramah banget.

  30. tukang jalan jajan

    memang tidak mudah untuk mengatasi komplain dari pelanggan dan cenderung biasanya jadi kelemahan pedagang online Indonesia. Berjualan di lazada ini sepertinya memberikan kemudahan banget ya kak. meminimalisir komplain

  31. Harus sabar menghadapinya ya kak,
    Karena keluhan pelanggan ada saja pastinya, tinggal diambil sisi positifnya untuk perbaikan

  32. Ayu Natih Widhiarini

    Hmm.. kalau jualan online tantangannya memang di customer yaa mba, kalau mereka kasi rating yang buruk atau komplain bisa jadi merusak reputasi usaha kita. Tapi untunglah sekarang ada marketplace yang mengerti kebutuhan para sellernya, mau dibantu dan disupport

  33. Berjualan online pasarnya jauh lebih luas dan pelanggannya beragam.
    Kudu pinter2 dan punya trik untuk menghadapi keluhan pelanggan agar tidak memberi dampak buruk pada bisnis onlinenya.
    Salah satu kiatnya berjualan di marketplace terpercaya seperti Lazada ya mba. Penjual dan pembeli sama2 diuntungkan.

  34. Daftar enjadi seller di Lazada lumayan mudah ya. Kesempatan banget untuk para pemula yang ingin terjun ke dunia jualan online, Lazada bisa jadi tempat yang recommended

  35. Tips WFO setelah Pandemi, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan! - Blog Ainhy Edelweiss

    […] Pengalaman Menghadapi Keluhan Pelanggan Saat Berjualan Online […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.