7 Cara Merawat AC Mobil Agar Awet dan Tetap Dingin

Cara merawat AC mobil
Sumber Gambar: Pexels

Saat Anda memutuskan untuk membeli sebuah mobil, maka itu berarti Anda juga harus memperhatikan dan merawat komponen di dalamnya dengan baik. Salah satu komponen tersebut adalah AC. Untuk urusan perawatan AC mobil bisa dilakukan lewat bengkel umum yang bisa Anda temukan lewat web https://otoklix.com.

Fungsi AC Mobil

AC pada mobil memiliki fungsi dan peran yang penting demi kenyamanan mobil Anda. Maka dari itu pemilik mobil harus mengetahui bagaimana cara merawat AC mobil dengan baik. Bilamana AC berfungsi dengan optimal, dipastikan AC dapat mendinginkan kabin atau suhu ruangan di mobil sehingga kamu sebagai penumpang atau pun pengendara dapat merasa nyaman.

Terlebih jika mobil digunakan di daerah dengan cuaca panas, tentunya AC yang berfungsi dengan baik akan sangat dibutuhkan. Selain itu, di hari yang penuh hujan, AC mobil juga dapat mencegah munculnya kabut yang bisa menutupi pandanganmu saat berkendara pada bagian kaca mobil.

Sehingga dapat dikatakan bahwa AC memiliki peran yang sangat vital pada mobil. Karena dengan AC mobil, pengendara dan penumpang akan terhindar dari terik matahari yang menyengat, terhindar dari debu dan polusi udara jalanan, dan berbagai macam kondisi udara yang kurang nyaman.

Oleh karena itu, kerusakan kecil saja pada AC mobil dapat berakibat buruk terhadap hal-hal lainnya seperti hilangnya rasa nyaman, dan sebagainya. Untuk itu, kemampuan merawat AC mobil ini dianggap penting dimiliki bagi setiap orang. Berikut ini beberapa cara merawat AC yang bisa kamu lakukan sendiri:

Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin

Berikut ini beberapa cara merawat AC mobil yang bisa Anda lakukan sendiri.

1. Jaga Kebersihan Kabin

Apapun jenis mobil yang Anda gunakan, poinnya adalah tetap menjaga kebersihan kabin. Sebab apabila kabin mobil berada dalam kondisi yang kotor, maka debu-debu akan dapat masuk ke dalam filter AC sehingga dapat mengganggu kinerja dan fungsi AC. Jika hal demikian terjadi, maka kabin mobil akan sulit untuk terasa dingin meskipun AC sudah berada di posisi on.

2. Tutup Jendela Saat AC Menyala

Cara merawat AC mobil berikutnya agar AC tetap dingin adalah dengan memastikan tidak ada jendela yang terbuka saat AC sedang dalam kondisi menyala. Karena jika jendela mobil terbuka, maka kinerja AC akan bertambah berat.

Sementara AC mobil sendiri tidak didesain untuk mendinginkan ruangan yang besar. Selain itu, keadaan jendela yang terbuka dapat membuat debu atau kotoran dari luar terbang dan masuk ke dalam filter AC sehingga bisa menyebabkan performa AC menjadi buruk.

3. Jaga Kebersihan Filter Kabin

Cara merawat AC mobil selanjutnya yaitu menjaga kebersihan filter kabin. Filter kabin merupakan sebuah saringan udara yang berada di dalam mobil. Meskipun fungsi filter kabin yang sebenarnya adalah mencegah debu atau kotoran agar tidak bisa masuk ke dalam evaporator.

Namun seiring berjalannya waktu pemakaian, filter ini pasti akan menjadi kotor. Jika kondisinya sudah cukup parah, maka Anda bisa mengganti filter kabin agar AC dapat bekerja optimal dan tetap dapat mendinginkan ruangan mobil.

4. Bersihkan Kondensor AC Secara Rutin

Jangan lupa untuk membersihkan kondensor AC. Jika Anda ingin AC mobil Anda tetap terasa dingin, maka perlu secara rutin melakukan perawatan pada kondensor AC. Selain itu, hindari debu dan kotoran yang menempel pada kondensor karena hal tersebut dapat mengakibatkan korosi dan kebocoran pada AC.

5. Perhatikan Cara Penggunaanya

Salah satu hal yang mempengaruhi performa AC mobil adalah cara penggunaannya. Kesalahan umum paling umum yang sering ditemukan pengemudi mobil adalah langsung menyalakan AC ketika suhu kabin sedang dalam kondisi panas seperti saat terparkir di luar ruangan.

Jika hal tersebut dilakukan, maka AC mobil akan bekerja keras untuk mendinginkan suhu kabin. Untuk mengatasi hal yang demikian, langkah pertama yang perlu kamu lakukan sesaat setelah masuk ke dalam mobil adalah dengan membuka seluruh jendela sebelum menyalakan AC.

Setelah udara panas keluar dan terganti dengan udara baru, kamu bisa menutup kembali jendela mobil dan mulai menyalakan AC. Hal ini juga berkhasiat mencegah efek buruk pada kesehatan tubuh, karena udara panas dari kabin ini memicu terjadinya kanker.

6. Hindari Merokok Dalam Mobil

Selain itu, kebiasaan merokok di dalam mobil bagi beberapa pengemudi entah untuk menghilangkan rasa bosan atau rasa kantuk juga bisa mengancam performa AC mobil Anda. Selain bisa meninggalkan bau yang tidak sedap di dalam kabin, merokok di dalam mobil juga bisa membuat sirkulasi AC tercemar asap rokok.

7. Jangan Matikan AC Terlalu Lama

Cara merawat AC mobil yang terakhir adalah dengan tidak mematikan AC dalam kondisi yang sangat lama. Beberapa orang memilih untuk tidak menggunakan AC dengan alasan menghemat bahan bakar. Namun, kenyataannya AC bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros saat AC disetel pada suhu yang paling rendah dan dalam jangka waktu yang lama.

Agar AC mobil Anda bisa tetap bekerja secara optimal, ada baiknya jika tetap menggunakan AC seperti biasanya. Selain itu Anda juga bisa memanaskan mesin mobil sambil menyalakan AC sekitar 5-10 menit selama minimal satu kali dalam seminggu.

Itulah 7 cara merawat AC Mobil yang bisa Anda terapkan agar performa AC tetap terjaga dan membuat Anda sekeluarga tetap merasakan udara yang dingin dan nyaman selama dalam perjalanan.

Selain itu, untuk urusan perawatan mobil Anda juga bisa percayakan pada Otoklix yang dapat menghubungkan Anda dengan lebih dari 2000 bengkel umum se Jabodetabek. Anda juga bisa menikmati program PAKOTO, pakai aplikasi otoklix dan dapatkan potongan service mobil Rp100 ribu.

Baca Juga:

Tips Memilih Bahan Kubah Masjid

Keuntungan Hidup di Era Digital

Wajib Tahu! Tips mengatur keuangan pribadi

Artikel Menarik Lainnya

2 Komentar

  1. Ketahui Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik 2022 - Blog Ainhy Edelweiss

    […] 7 Cara Merawat AC Mobil Agar Awet dan Tetap Dingin […]

  2. Saham GoTo Melonjak Naik Dampak dari Transaksi yang Kian Meningkat - Blog Ainhy Edelweiss

    […] 7 Cara Merawat AC Mobil Agar Awet dan Tetap Dingin […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.