Wajib Tahu! Tips mengatur keuangan pribadi

Sebelumnya saya pernah menulis tentang bagaimana mengatur keuangan saat penghasilan hanya sekitar 3juta perbulan. Untuk tulisan kali ini saya akan membahas tips mengatur keuangan pribadi khusus bagi yang belum berkeluarga.

Mengapa ini penting? Karena pada saat kita masih sendiri dan belum ada tanggungan, biasanya orang akan cenderung menghabiskan uang dari pendapatannya tanpa memiliki perencanaan keuangan yang lebih baik.

Untuk itu bagi kamu yang masih bingung bagaimana mengatur keuangan pribadi, yuk simak tips berikut ini.

Tips Mengatur Keuangan Pribadi

Tips mengatur keuangan pribadi
Sumber Gambar: Pexels

1. Buat Rincian Pengeluaran

Kenapa harus repot-repot sih membuat perincian pengeluaran dan pemasukan? Bagi kaum muda mungkin ada yang protes saat disarankan mencatat keuangannya sendiri, tapi sebelum protes sebaiknya pertimbangan dulu manfaat mencatat rincian pengeluaran dan pemasukan.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat pos-pos pengeluaran setiap bulannya agar dapat mudah ditelusuri kemana saja uang yang kamu gunakan. Misal, buat pos pengeluaran untuk makan sehari-hari, belanja kebutuhan primer, melunasi hutang atau cicilan jika ada, kebutuhan entertainment, dan lain-lain. Kamu dapat menggunakan aplikasi pengatur keuangan yang ada atau catat secara manual di notebook.

Dengan adanya pencatat secara rinci akan pengeluaran dan permukaan, maka kamu bisa mengetahui secara rinci mana kebutuhan dan keinginan yang perlu diutamakan.

2. Menabung

Peribahasa “Rajin Pangkal Pandai, Hemat Pangkal Kaya” memang benar adanya. Dari peribahasa tersebut mengajarkan kita untuk dapat menerapkan budaya rajin menabung dan hidup hemat. Kita tidak dapat memprediksi kejadian apa yang akan menimpa kita. Sehingga, alangkah bijaknya untuk dapat menyisihkan berapa persen dari penghasilan yang kita terima untuk ditabung.

Kamu bebas memilih untuk menabung setiap hari atau minggu atau perbulan, tentukan nominal tabungan baik secara online maupun offline.

3. Lunasi Hutang dan Cicilan Tepat Waktu

Jika kamu memiliki hutang atau cicilan, sebaiknya lunasi dengan tepat waktu agar tidak mendapatkan penalti. Sebisa mungkin hindari menyicil barang dengan banyak, karena terkadang kita terbuai oleh berbagai tawaran barang yang bisa dicicil.

4. Mulai Berinvestasi

Pilihan jenis investasi saat ini sangat banyak, kamu bisa memilih jenis investasi apa yang cocok apalagi telah tersedia berbagai pilihan investasi untuk kaum muda seperti saham, obligasi, emas, reksadana, dan lain-lain sesuai dengan jenis tingkat risiko yang muncul. Sebagai awalan, pilihlah instrumen investasi yang memiliki tingkat risiko yang rendah.

Semakin bertambahnya usia, hasil dari investasi yang sudah ditanam sejak dini pasti akan sangat terasa manfaatnya.

Baca Juga:

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Bisa Berinvestasi

Kiat Sukses Bisnis Barbershop pakai Pinjaman Uang di Bank

Review Aplikasi Senyumku: Mudah Atur Keuangan Freelancer

5. Sediakan Dana Darurat

Menyediakan darurat sangatlah penting. Dana darurat bisa kita gunakan untuk keperluan mendesak. Biasanya banyak kaum muda yang masih menyepelekan dana darurat, padahal memiliki simpanan untuk berjaga-jaga sangat penting agar bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak pernah kita duga sebelumnya.

6. Sisihkan Pendapatan untuk Memiliki Asuransi

Salah satu yang paling penting dalam mengatur keuangan pribadi adalah menyisihkan pendapatan dengan memiliki asuransi.

Asuransi begitu penting untuk melindungi diri kita dari hal-hal yang tidak pernah kita inginkan, misalnya terjadi kecelakaan kendaraan. Saat memiliki asuransi, kita bisa melakukan perbaikan dan perlindungan dengan adanya asuransi kendaraan.

Selain itu ada juga asuransi jiwa yang bisa kita pilih. Ini juga penting kita miliki, karena asuransi jiwa memiliki banyak manfaat seperti memberi perlindungan finansial terhadap ahli waris.

Nah itu dia beberapa tips mengatur keuangan pribadi yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat

Artikel Menarik Lainnya

2 Komentar

  1. dulu rasanya kayak susah ngumpulin dana darurat, buat konsisten nabung aja juga agak susah, meskipun pelan-pelan udah terbiasa dan berusaha untuk nggak diambil terus.
    sejak itu, budget sehari-hari dan tabungan aku pisahin rekeningnya, biar nggak tergoda juga, kecuali kepepet

  2. Pengalaman Menghadapi Keluhan Pelanggan Saat Berjualan Online - Blog Ainhy Edelweiss

    […] Wajib Tahu! Tips mengatur keuangan pribadi […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.