Ide Peluang Usaha Bagi Kamu yang Minim Modal

Lagi mencari ide peluang usaha saat modal yang dimiliki hanya sedikit? Yap, kebanyakan orang yang berniat membuka usaha terhalang karena modal yang dimiliki tidaklah banyak. Tapi, itu tidak menjadi penghalang buat kita untuk mewujudkan keinginan. Karena sekarang, ada banyak cara membuka usaha walau minim modal dengan memanfaatkan peluang yang ada.

Apalagi di saat pandemi belum usai, ada yang terdampak dari sisi ekonomi. Dan tak jarang banyak yang membuka usaha kecil-kecilan di rumah. Pandemi belum usai bukanlah penghalang untuk kita berhenti berusaha. Justru, menjadi tantangan agar tetap produktif.

Bagi kamu yang ingin membuka usaha tapi memiliki modal yang sedikit jangan bersedih. Karena, ada banyak ide peluang usaha yang bisa dijadikan diterapkan dengan mudah.

Cara Melihat Peluang Usaha

Ide peluang usaha
Sumber Gambar: Pinterest

Menurut saya ada dua jenis usaha yang bisa kembangkan. Usaha musiman dan usaha permanen. Usaha musiman adalah usaha yang digeluti dengan memanfaatkan momen-momen tertentu. Misalnya menjelang hari kemerdekaan Indonesia, kita bisa membuka usaha menjual pernak-pernik atau souvenir bertema kemerdekaan. Sementara untuk usaha permanen kita memiliki satu usaha yang dijalankan secara terus menerus, misalnya usaha meubel.

Di saat ingin mempunyai bisnis, sebaiknya kita harus jeli melihat peluang usaha yang ada. Caranya kenali lingkungan sekitar, jangan asal membuka usaha tanpa mengenali lingkungan sekitar. Dengan mengenali lingkungan sekitar, kita bisa tahu usaha apa yang sesuai dengan lingkungan sekitar.

Kenali apa yang paling dibutuhkan banyak orang. Saat mengetahui apa yang paling dibutuhkan banyak orang, tentu hal ini bisa menjadi peluang untuk kita membuka usaha. Misalnya di saat pandemi ini, banyak yang membutuhkan masker, kitab yang mempunyai keterampilan menjahit, tentunya bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk membuka usaha.

Manfaatkan potensi atau skill yang dimiliki. Cara ini juga bisa digunakan untuk melihat peluang usaha. Jika memiliki keterampilan memasak atau membuat kue, kenapa tidak dijadikan usaha.

Jangan Kendor Buka Usaha Meski Modal Sedikit

Memiliki modal sedikit tidak menjadi penghalang untuk membuka usaha. Usaha tidak harus dengan modal besar, sesuaikan saja dengan budget yang dimiliki atau bisa mengakalinya dengan melakukan pinjaman baik secara online atau dari keluarga dan kerabat.

Apa Saja Ide Peluang Usaha yang Bisa Diaplikasikan?

Setelah melihat peluang usaha, maka biasanya muncul beragam ide untuk membuka usaha. Ada beberapa ide untuk membuka usaha yang bisa diterapkan, seperti:

#1 Ide Peluang Bisnis Makanan

Salah satu usaha yang tidak ada matinya adalah makanan. Kenapa? Karena makanan adalah kebutuhan primer bagi setiap orang. Hal ini tentu menjadi peluang bagi kamu untuk membuka usaha. Baik modal besar ataupun kecil, kamu tetap bisa membuka usaha sesuai dengan budget yang dimiliki.

#2 Ide Peluang Bisnis Tanaman Hias

Apakah bisnis tanam hias membutuhkan modal besar? Tidak juga kok. Seorang teman memulai usaha ini berdasarkan hobi saja. Sedikit demi sedikit, usaha tanaman hiasnya berkembang dan diminati banyak orang. Tidak perlu toko untuk membuka usaha ini agar dilihat orang lain, kamu hanya perlu memasarkannya secara online dan memanfaatkan platform e-commerce. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir modal usaha.

#3 Ide Bisnis Kerajinan

Bagi saya, hal utama yang dibutuhkan saat membuka usaha kerajinan adalah skill atau keterampilan yang harus dimiliki barulah setelahnya dibantu oleh modal. Misalnya saat kamu memiliki skill melukis, kamu bisa membuka usaha ini secara sederhana walau dengan modal yang minim. Begitupun dengan skill lainnya. Ada baiknya kenali dulu keterampilan apa yang dimiliki, jika tidak ada jangan berkecil hati karena kamu bisa meng-upgrade skill yang ingin dimiliki dengan belajar secara otodidak atau mengambil pelatihan.

Nah sobat Ainhy, itu dia beberapa ide peluang usaha yang bisa kamu terapkan. Tidak hanya dalam kondisi minim modal, tapi saat pandemi seperti sekarang pun kamu tetap bisa menerapkannya. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

9 Komentar

  1. Bisnis Kuliner dengan Konsep Cloud Kitchen: Bisnis Cuan dengan Modal Ringan - Blog Ainhy Edelweiss

    […] Ide Peluang Usaha bagi Kamu yang Minim Modal […]

  2. Mas Guru - Belajar Menulis

    Bisnis makanan yang ngak ada matinya, Selana orang masih lapar, insyaAllah laris.

  3. Instrumen Investasi yang Paling Populer di Indonesia - Blogger Perempuan Network

    […] saat ingin berinvestasi harus memiliki modal yang besar dan biasanya dilakukan oleh orang-orang tertentu. Namun sekarang investasi bisa dilakukan oleh […]

  4. Instrumen Investasi Paling Populer dan Menguntungkan - Blog Ainhy Edelweiss

    […] saat ingin berinvestasi harus memiliki modal yang besar dan biasanya dilakukan oleh orang-orang tertentu. Namun sekarang investasi bisa dilakukan oleh […]

  5. pengen banget dari dulu buka usaha online, awalnya pengen jualan baju, tapi liat saingan toko kok banyak bener, jadi ragu
    terus pengen usaha makanan, tapi ragu juga, hiks

  6. Kalo lagi pandemi gini buka usaha makanan dan alat kesehatan kayanya cocok banget deh kak!

  7. Bener nih boleh juga idenya. Bisa dicoba krn pandemi modal jg minim.

  8. Intinya, ttp mau berpikir kreatif ya mba. Manfaatkan segala peluang yg ada. Kalo bisa sih, belum ada orang yg menjalankan usaha itu di sekitaran, jadi usaha kita bisa jadi pelopornya. 🙂

    Deket rumahku skr ini bbrp keluarga malah jadi tukang ttip belanja. Lumayan tuh , mereka Nerima pesanan utk belanja ke pasar. Krn jujur aja, kayak aku nih, sejak ppkm, ga pernah kluar rumah lagi, dan belanja pasar aja aku lebih rela online drpd ngizinin asistenku kluar. Aku takut dia ketularan virus kluar. Jadi terbantu banget Ama usaha2 yg skr ini malah JD booming sejak pandemi

    1. Wah buka jastip gitu ya kak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.