Bisnis Kuliner dengan Konsep Cloud Kitchen: Bisnis Cuan dengan Modal Ringan

Konsep Cloud Kitchen

Bisnis Kuliner dengan Konsep Cloud Kitchen—Industri bisnis kuliner saat ini telah mengalami perubahan. Biaya startup yang tinggi, regulasi yang memberatkan, dan kini, dengan hadirnya pandemi, semakin mengancam industri restoran dan model bisnis kuliner dengan model tradisional. Menanggapi situasi ini, muncul model bisnis yang disebut sebagai cloud kitchen.

Cloud kitchen, atau disebut juga dengan ghost kitchen atau restoran virtual, adalah ruang dapur komersial yang menyediakan fasilitas dan layanan yang dibutuhkan bisnis kuliner untuk menyiapkan item menu untuk diantar (delivery) dan dibawa pulang (takeway). Tidak seperti model bisnis kuliner tradisional yang memerlukan bangunan fisik, cloud kitchen memungkinkan bisnis kuliner untuk memproduksi dan mengirim produk makanan dengan biaya overhead yang minimal, hanya bermodalkan dapur dan akses internet. Seperti apa konsep cloud kitchen? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut.

 

Begini Konsep Cloud Kitchen

Keuntungan Model Bisnis Cloud Kitchen

Sebelum mulai mempelajari konsep, mari membahas mengenai keuntungan model bisnis cloud kitchen itu sendiri. Cloud kitchen lebih menghemat waktu, uang, dan menyelamatkan Anda dari kerumitan administratif yang dihadapi dengan model bisnis kuliner tradisional. Model bisnis ini menawarkan kebebasan kepada pelaku bisnis untuk fokus pada proses produksi makanan dan pemasaran produk serta meminimalkan kerumitan administrasi dan logistik yang sering membebani bisnis kuliner. Berikut berbagai alasan untuk terjun ke dunia cloud kitchen.

 

1. Modal awal produksi rendah

Menyewa dapur komersial dari penyedia cloud kitchen dapat memangkas biaya modal awal karena bisnis kuliner Anda tidak lagi harus mengeluarkan modal untuk inspeksi bangunan; biaya sewa bangunan yang mahal; kepatuhan administrasi; dan lain-lain. Karena hanya memerlukan dapur, model bisnis ini juga memungkinkan bisnis kuliner dapat dimulai dalam hitungan hari atau minggu. Tidak seperti model bisnis lama yang memerlukan waktu pengurusan hingga beberapa bulan, bahkan tahun.

 

2. Efisiensi sumber daya manusia

Pelaku usaha kuliner dengan model bisnis tradisional seringkali harus berjuang untuk tetap bertahan karena peralatan yang mahal, pajak properti yang tinggi, sistem penggajian staf yang rumit, dan biaya pemeliharaan yang mahal. Cloud kitchen dapat menangani kerumitan administratif yang mahal dan memakan waktu ini. Restoran yang beroperasi di cloud kitchen hanya memerlukan setidaknya satu hingga 2 koki agar dapat beroperasi.

 

3. Kenyamanan lebih

Bayangkan situasi ideal menjalankan bisnis kuliner di mana Anda bisa fokus dengan kualitas masakan dan konsumen semata. Cloud kitchen memungkinkan ini! Penyedia cloud kitchen umumnya memberi layanan yang membantu pengurusan administatif sehingga Anda dapat terbebas dari hal-hal berikut: (i) pemeriksaan kesehatan; (ii) perbaikan peralatan; (iii) layanan kebersihan; (iv) pemantauan keamanan; (v) pajak properti dan (vi) tagihan listrik tinggi.

 

4. Optimalkan jangkauan konsumen dengan sistem pesan-antar online

Cloud kitchen memungkinkan Anda untuk meraup konsumen lebih banyak karena bergantung pada jaringan atau online. Artinya, siapa saja, di mana saja, dapat memesan produk Anda sehingga dapat meningkatkan aliran pendapatan Anda. Anda dapat mengakomodasi permintaan yang lebih tinggi tanpa membebani staf dapur dengan layanan pesan-antar online. Sistem ini juga memungkinkan informasi brand Anda tersebar luas di media sosial.

 

5. Memenuhi kebutuhan pasar

Popularitas pengiriman makanan online telah meroket karena konsumen menuntut pilihan makanan cepat saji dengan harga terjangkau. Cloud kitchen memfasilitasi permintaan pengiriman makanan online yang terus meningkat ini dengan mengoptimalkan pengalaman pengiriman melalui sistem logistik yang efisien, biaya yang lebih rendah, dan inovasi teknologi.

 

Darimana Harus Memulai Bisnis Kuliner Cloud Kitchen?

Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta, EVERPLATE.CO.ID dapat menjadi titik awal bisnis kuliner Anda. Dengan berbagai keuntungan yang didapat dengan mengadopsi konsep cloud kitchen, EVERPLATE.CO.ID menyediakan kebutuhan dapur bisnis dengan harga ekonomis dan lokasi yang strategis. EVERPLATE.CO.ID juga menyediakan aplikasi yang mampu mengintegrasikan berbagai layanan pesan-antar dalam satu perangkat. Mudah, efisien, dan terjangkau adalah resep menuju bisnis kuliner agar dapat berkembang pesat, bahkan di masa pandemi ini.

Semoga bermanfaat… 

 

Baca Juga:

Instrumen Investasi Paling Populer dan Menguntungkan

Ide Peluang Usaha bagi Kamu yang Minim Modal

Resep Nasi Kebuli Tanpa Ribet

Artikel Menarik Lainnya

16 Komentar

  1. makasih sharingnya

  2. lebih efektif dan efisien juga ya 😀 sukses selalu buat pebisnis F&b!

  3. baru baru ini denger istilah cloud kitchen, ternyata mulai banyak yang menerapkan ya mbak

  4. nyi Penengah Dewanti

    Begini jah lebih enak ya Kak, tidak memberatkan gitu karena kuliner itu bisnis yang nggak ada matinya

  5. konsep cloud kitchen gini sekarang memang lagi banyak dicoba ya, karena memang modalnya minim jadi membantu sekali.

  6. Nggak ribet dan keuntungan bisa jadi maksimal ya mbak

  7. Wah… Sepertinya harus banget dipelajari nih mbaak… Bakal menjanjikan kayaknya nih…

    1. Iya silakan dipelajari

  8. Wah, menarik banget yah konsep cloud kitchen. Dari dulu pengen bisnis kuliner tapi gamau ribet juga, coba deh pelajari lebih lanjut sambil nunggu bisa diakses dari kota domisiliku

  9. Aku jg ga nyangkaa lhoo terobosan baru di bidang kuliner ini bisa sampe sewa cloud kitchen gituu hihi. Lebih praktis dan hemat biaya juga gasihh buat pebisnis kulineran gini

  10. Berbisnis di bidang kuliner memang seperti lahan basah sebab siapa sih yang nggak butuh makanan. Namun kadang peralatan dan lain sebagainya cukup bikin njelimet. Rasanya dengan menjalankan bisnis kuliner dengan cloud kitchen, pebisnis nggak perlu banyak mengeluarkan modal awal ya.

  11. Saat ini semua memiliki terobosan baru, dalam dunia kuliner juga. Smea memudahkan pengusaha dan konsumen dalam bisnis dan kebutuhannya

  12. eka fitriani larasati

    wah seru nih, baru aja kami kepikiran pengen buka usaha kuliner dirumah yang tanpa harus sedia gerobak dan semacamnya. ternyat abisa ya dengan konsep cloud kitchen

  13. Baru tau ada cloud kitchen kyk gini.
    Bener sih, modal awal usaha kuliner itu terlalu besar… jadi kalau bs nyewa dulu, knp harus bangung dr awal

  14. Hmm… mesti dipelajari dulu nih. Keknha menjanjikan utk usaha kuliner.

  15. Benar nih, bisnis yang masih menjanjikan di saat pandemi ini adalah kuliner sebab walau work from home tidak semua orang memiliki waktu yang cukup untuk memasak jadi pesan antar adalah solusi yang tepat disamping kita juga dianjurkan untuk tetep dirumah saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.