Resep Nasi Kebuli Tanpa Ribet

Siapa yang tidak kenal nasi kebuli? Belakangan ini nasi kebuli ramai dibicarakan di sosial media khususnya emak-emak apalagi menjelang lebaran idul adha yang sebentar lagi dirayakan umat muslim. Setelah melihat postingan salah seorang teman medsos mengenai nasi kebuli, saya pun penasaran karena tidak pernah mencicip nasi kebuli sebelumnya. Sebelum sharing resep nasi kebuli tanpa ribet , yuk ketahuilah fakta nasi kebuli terlebih dahulu.

Fakta Nasi Kebuli yang Jarang Diketahui

Bagi pecinta kuliner nasi Kebuli adalah salah satu makanan yang paling diincar. Nasi kebuli merupakan kuliner terkenal di Indonesia. Nasi Kebuli biasanya dimasak dengan daging kambing dan minyak samin serta memiliki aroma dan rasa yang khas. Faktanya, Nasi kebuli bukanlah nasi yang berasal dari Arab, melainkan nasi yang terkenal di kalangan warga betawi dan warga keturunan Arab Yaman atau Hadramaut. Nasi Kebuli memang mendapatkan pengaruh rasa dari Arab tapi di arab sendiri tidak ada nasi kebuli. Karena memang terkenal dikalangan warga betawi, Nasi kebuli biasa disajikan bersama dengan Acar Nanas dan juga sambal goreng hati, serta ditaburi kismis. Nasi kebuli biasa disantap dalam acara keagamaan maupun acara khusus seperti khitanan, aqiqah, maulid, dll.

Bumbu Nasi Kebuli Sangat Praktis

Kabar baiknya nih Cairo Food menyediakan dua versi Bumbu Nasi Kebuli, yaitu Original dan Aromatic. Perbedaan antara keduanya adalah Nasi Kebuli Original bisa dan cocok untuk dijadikan bumbu kuah marak maupun untuk nasi goreng kebuli. Sedangkan Nasi Kebuli Aromatic memiliki rasa dan wangi yang jauh lebih harum dan lebih cocok untuk Nasi Kebuli saja. Tinggal sesuaikan aja dengan selera nih mau varian bumbu nasi kebuli yang mana. Kamu bisa mendapatkan Bumbu Nasi Kebuli Aromatic dari Cairo Food secara Online di Indonesia dan dapatkan produk dengan kualitas Rasa, Halal, Tanpa Pewarna, Tanpa MSG, Tanpa Pengawet. Dibuat di Indonesia dengan rempah-rempah Lokal dan Import.

Resep Nasi Kebuli

Resep nasi kebuli
Sumber Gambar: dayyanmesi

Bahan:
1 kg Daging Kambing dengan atau tanpa tulang
1 Liter Beras Basmati atau Beras Pera IR 42
250 gram Bawang Bombay dipotong dadu kecil
6 siung Bawang Putih dipotong kecil
4 sdm Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food
3 sdm Minyak Samin/Mentega
Air secukupnya
Garam sesuai selera

Langkah-langkah

1. Tumis bawang bombay di dalam panci dengan Minyak Samin/Mentega hingga layu, lalu masukkan bawang putih hingga semuanya berubah warna menjadi lebih coklat.

2. Masukkan Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food lalu tumis sebentar hingga aroma nya terium kuat.

3. Masukkan Air secukupnya sekitar 1.2 Liter tergantung jenis beras yang anda gunakan. Jika anda akan menggunakan Beras Pera IR 42, maka gunakan Air sebanyak 1.2 Liter. Jika anda menggunakan Beras Basmati, maka anda bisa menggunakan 1.4 Liter air. Semua tergantung selera anda, tambahkan air jika ingin lebih basah.

4. Masukkan daging kambing lalu rebus hingga empuk. Selalu jaga agar volume air agar tidak berubah selama proses merebus daging. Daging kambing membutuhkan waktu berkisan dari 45 menit hingga 2 jam tergantung umur dan jenis kambing. Selalu cek dan coba tusuk dengan garpu untuk melihat apakah daging sudah empuk atau belum.

5. Jika daging sudah empuk, silahkan cuci Beras beberapa kali hingga bersih lalu masukkan kedalam panci. Khusus untuk beras basmati, anda harus merendam beras terlebih dahulu dalam air selama 5-10 Menit, lalu tiriskan dan masukkan kedalam panci. Jika anda menggunakan Beras Pera IR 42, maka anda bisa langsung memasukkan kedalam panci setelah beras dicuci dan ditiriskan.

6. Masak Nasi Kebuli hingga matang.

7. Sajikan dengan acar, emping, sambal dan bawang goreng.

Tips Agar Nasi Kebuli Makin Enak

1. Karakter beras dan skala air selalu berbeda, perhatikan hal ini agar anda bisa mengatur volume air dalam nasi agar tidak pulen.
2. Kamu bisa menggunakan cara dan resep sendiri.
3. Setiap Merek Garam memiliki kadar Asin yang berbeda.
4. Rendam beras basmati sebelum dimasak.
5. Kamu bisa menambahkan santan atau susu kedalam air.

Where To Buy

Setelah share resep bumbu nasi kebuli tanpa ribet, gimana nih kamu langsung mau coba di rumah? Fyi, bumbu kebuli bisa didapatkan secara langsung di di Lulu Hypermart atau marketplace seperti Tokopedia & Shopee atau di website resmi(https://cairofood.id) atau juga bisa via whatsapp ke 081218222610.

Artikel Menarik Lainnya

4 Komentar

  1. Cara Membuat Roti Bakar Asin Yang Enak - Blog Ainhy Edelweiss

    […] Resep Nasi Kebuli Tanpa Ribet […]

  2. Bisnis Kuliner dengan Konsep Cloud Kitchen: Bisnis Cuan dengan Modal Ringan - Blog Ainhy Edelweiss

    […] Resep Nasi Kebuli Tanpa Ribet […]

  3. semenjak bulan puasa 2021, aku jadi suka makan nasi kebuli 😀 bisa pakai daging kambing dan ayam juga enak!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.