5 Lowongan Kerja Surabaya untuk Lulusan Hukum

Lowongan kerja Surabaya

Surabaya adalah salah satu kota di Indonesia yang padat penduduk. Tidak hanya itu saja, di sini juga memiliki banyak industri yang berkembang. Dari alasan inilah kota Surabaya seringkali menjadi tujuan untuk para mahasiswa fresh graduate dalam mencari lowongan pekerjaan. Tidak heran jika lowongan kerja Surabaya bagi lulusan Hukum saat ini banyak dicari.

Misalnya saja lulusan mahasiswa jurusan Hukum dengan gelar  Sarjana Hukum. Jurusan ini termasuk  jurusan yang populer saat ini. Bukan tanpa alasan, hal ini karena jurusan hukum mempunyai prospek kerja yang juga menjanjikan.

Jadi, buat adik-adik lulusan Sarjana Hukum tentu hal ini menjadi kabar gembira saat mencari pekerjaan. Lalu, apa saja pekerjaan yang cocok untuk para lulusan hukum? Mari kita simak ulasan berikut. 

Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan Hukum

Pengacara

Profesi pertama yang sangat identik dengan mahasiswa lulusan hukum adalah pengacara. Disini kamu akan menerapkan ilmu yang kamu punya dengan memberikan pelayanan di bidang jasa hukum.

Tidak heran jika terkadang seorang pengacara juga dapat menjadi konsultan hukum. Selain itu, sebagai pengacara kamu juga akan menjadi wakil dari klien yang kasusnya kamu tangani di meja peradilan.

Dalam menjadi pengacara,  kamu harus mengumpulkan data dan fakta yang konkrit. Walaupun  terbilang cukup menantang, profesi ini masih menjadi idaman untuk lulusan jurusan hukum karena gajinya yang sepadan.

Dengan menjadi pengacara, kamu bisa meraup gaji sekitar 4-6 juta perbulan, tergantung pada klien yang kamu tangani.

Hakim dan Jaksa

Hakim dan Jaksa adalah profesi pemerintahan yang sangat terpandang di kalangan masyarakat. Hal tersebut dikarenakan profesi ini mempunyai pengaruh yang sangat kuat dalam penegakan hukum di Indonesia.

Sebagai hakim dan jaksa tentunya kamu harus mempunyai integritas yang tinggi dan bertanggungjawab dalam menangani perkara.

Karena tanggungjawab yang besar ini, tidak heran jika hakim dan jaksa diberi upah yang lumayan tinggi untuk kinerjanya.

Rata-rata upah minimum seorang hakim dan jaksa sekitar 3juta dan bisa terus bertambah sesuai dengan masa pengabdian serta tunjangan lainnya.

Notaris

Sebagai lulusan jurusan hukum, kamu juga bisa menjadi seorang notaris. Yakni seseorang yang sudah berlisensi dan ditugaskan untuk mengurus dokumen-dokumen kepemilikan tertentu.

Dokumen yang biasa diurus oleh notaris antara lain surat tanah, surat rumah, surat kepemilikan usaha, dan lain sebagainya.

Pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu yang lebih suka bekerja di dalam rumah dan tidak terikat oleh suatu instansi atau perusahaan tertentu.

Dengan menjadi notaris, kamu bisa mendapatkan gaji sekitar 4-6 juta perbulannya loh. Namun sebelumnya, kamu harus melanjutkan pendidikan dan meraih gelar Magister Kenotariatan.

Dosen

Lulusan hukum juga bisa berkesempatan untuk menjadi seorang dosen. Disini kamu bisa mengajarkan dan membagikan ilmu hukum yang kamu kuasai.

Tentu, profesi yang satu ini juga mempunyai keistimewaan sendiri karena memiliki banyak dampak khususnya di dunia pendidikan hukum.

Jika kamu tertarik menjadi pendidik, bisa banget kamu terjun ke profesi yang satu ini. Sebagai dosen, kamu bisa mendapatkan  gaji sekitar 2-4 juta belum terhitung dengan tunjangan. Sama seperti notaris, kamu juga harus melanjutkan pendidikan magister terlebih dahulu.

Staff HRD 

Staff HRD menjadi salah satu profesi yang bisa kamu  coba sebagai lulusan  hukum. Pekerjaan ini banyak dicari dan bisa menjadi peluang untuk kamu yang masih fresh graduate. Nantinya kamu akan bertugas untuk mengurus segala keperluan kantor yang berkaitan dengan aturan hukum.

Seperti mengurus aturan ketenagakerjaan dan menjelaskan kepada karyawan mengenai ketentuan hukum BPJS ataupun Jamsostek. Selain itu, sebagai HRD kamu juga mempunyai tugas untuk mengurus regulasi yang ada. Untuk gaji, kamu akan mendapat sekitar 6-8 juta perbulannya.

Nah itulah beberapa lowongan kerja Surabaya yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Kamu bisa langsung mencari kerja di website-website pencari lowongan kerja yang kamu percaya, ya!

Baca Juga:

Fitur ZenCore Bikin Anak Cerdas dan Kreatif

Rekomendasi Belajar Bahasa Mandarin Online

Lagu Anak Indonesia Hoala dan Koala

Artikel Menarik Lainnya

32 Komentar

  1. Keuntungan Menjadi Programmer - Blog Ainhy Edelweiss

    […] di era saat ini meningkat terutama semakin berkembangnya teknologi. Programmer adalah salah satu profesi yang menjanjikan di masa depan. Jika kamu belum kuliah dan masih bingung menentukan pilihan masa […]

  2. Btw aku lulusan hukum nih mbak hehehe. Emang banyak pekerjaan yang menjanjikan buat masa mendatang sih, dan sebagian besar memang di sektor2 yang penting

  3. Wah mantap nih kak infonyaaa. Aku forward ke sepupuku yang fresh graduate aahhh~

  4. banyak juga pilihan untuk lulusan hukum ya.. mudah2an di masa ppkm ini, para jobseeker mudah dapatkan pekerjaannya.. Amiinn

  5. lulusan hukum banyak juga ya opsi nya dalam memilih pekerjaan, tidak hanya jadi pengacara ^^ kadang mindset sih ya yang membatasi, padahal peluang banyak, hihi.. semangat hunting lowongan pekerjaan freshgraduate!

  6. Kamu tinggalnya di Surabaya ya, Kak? Berguna sekali nih info lowongan kerjanya

  7. Dari semua lowongan kerjanya, saya suka banget mbak jd dosen. Dulu pernah jadi asdos karena pekerjaan yg menyenangkan, bisa mengajar dan berbagi ilmu.

  8. Retno Kusuma Wardani

    Jurusan hukum ini kalau jadi notaris atau pengacara yang sudah punya nama emang wow banget ya… kuliahnya juga susah, hafalannya ga tanggung tanggung…

  9. Suami aku sarjana Hukum nih. Tapi saat ini pekerjaannya lebih mengarah ke ekonomi sih. Kata dia ilmu hukum bisa dipakai dimana aja. Btw, thanks untuk informasi lowongan pekerjaan nya mba, pasti banyak banget nih yang membutuhkan.

  10. kayanya memang lulusan hukum nih punya profesi yang menjanjikan di masa depan ya kak. banyak profesi yang bisa ditekuni, mulai dari pengacara, notaris dosen, staff hrd, dll

  11. Staf HRD itu ternyata bisa dari jurusan Hukum juga ya ternyata. Aku baru tahu lho. Dan aku rasa, profesi di bidang hukum masih akan terus dibutuhkan kok, cuma mungkin perlu ditambahkan aja untuk SDM-nya, punya skill digital biar tak tertinggal

  12. Iya ya lulusan hukum itu banyak peluang kerjanya juga tapi semuanya tergantung pada orangnya juga ya karena kualitas person itu yang utama….

  13. Banyak nih teman-temanku yang lulusa dari fakultas hukum bekerja jadi staf HRD soalnya pekerjaan lainya harus lanjut sekolah lagu ya. Tapi kalau sudah lulus sekolah lanjutan banyak lowongan kerja menanti ya

  14. Banyak juga ya posisi yang bisa diapply oleh mereka para lulusan jurusan hukum. Makin terbantu nih dengan informasi ini. Semoga pada dapetin pekerjaan sesuai yang diinginkan bagi yang domisili sekitar Surabaya atau daerah lain tapi pengin kerja di Surabaya.

  15. Emanuella Christianti

    Thanks infonya ya Mbak…. Sodaraku kebetulan ada yang sedang nyari lowongan kerja ni, memang gampang-gampang susah ya….

  16. April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com

    Staff HRD biasanya yang nangani legal ya kalau gak salah biasanya.
    Prospek lulusan hukum kalau di Indoensia katanya emang mayan bagus ya.
    Jadi dosen tu keliatannya gajinya mungkin gak banyak, tapi kyknya sampingannya banyak, gak sih? hehe
    Selain Surabaya ada info pekerjaan di Singapura gak? hehe

  17. Lowongan kerja di Surabaya masih banyak kalau sesuai dengan bidang keilmuannya.
    Memang mencari pekerjaan yang sesuai ini membutuhkan waktu dan batu pijakan dari waktu ke waktu.
    Bersyukur yang langsung diterima di tempat pekerjaan impian.

  18. Wah, ternyata lulusan hukum juga bisa jadi HRD ya, Mbak.. Makasih infonya.. Di Surabaya lagi banyak lowongan kerja ya ternyata..

  19. Lulusan hukum banyak juga nih peluang kerjanya. Apalagi Surabaya masuk kota besar dan biaya hidupnya masih terjangkau, buat fresh graduate bisa jadi pilihan kerja di surabaya

  20. Wahh, makasii makasiii infonya Kak.
    Ada beberapa kerabat yg minta dicariin info LowKer di Surabaya
    Cuss ah, aku sodorin blogpost ini utk dia

  21. Banyak ya jenis pekerjaan lulusan fakultas hukum, jadi notaris juga mantap tuh, kerjaannya cukup sibuk, perlu tenaga bantuan, bisa bikin lowongan kerja lagi buat yang lain.

  22. Beuh kalau jadi notaris dan diseriusin, omsetnya lumayan per bulan. Dan apalagi kalau notaris dapat bekerjasama dengan perusahaan misalnya Bank atau perusahaam pembiayaan.

  23. nyi Penengah Dewanti

    Allhamdulillah adek-adek yang baru lulus bisa langsung mendaftar nih ya.
    Rekomendasinya memudahkan ini mba Ainhy

  24. Baru tau lho saya kalau kasus hukum itu banyaak banget, nggak hanya pidana dan perdata aja. Saya rasa anak lulusan hukum bisa deh mendapatkan lapangan pekerjaan sesuai keilmuannya atau potensinya

  25. Semangat untuk yang lulusan Sarjana Hukum, khususnya yang di Surabaya, banyak lowongan menarik yg sedang menunggu.
    Staff HRD boleh juga, mulai ngelist perusahaan2 yg ada di sana, sapa tahu berjodoh. Lebih mudahnya mantau topkarir aja.

  26. Rekomendasi 3 Tipe Hp Xiaomi Terbaik 2021 - Blog Ainhy Edelweiss

    […] 5 Lowongan Kerja Surabaya untuk Lulusan Sarjana Hukum […]

  27. Banyak juga profesi untuk sarjana hukum. Yang aku tahu tuh kebanyakan sarjana hukum jadi jaksa, hakim, dan pengacara. Info ini bermanfaat banget untuk para sarjana hukum yang sedang membutuhkan lowongan pekerjaan.

  28. info lowongan kerja seperti ini sangat bermanfaat buat semua lulusan baru atau yang sedang mencari pekerjaan akibat dampat pandemi

  29. Anak hukum biasanya banyak juga yang nyalon jadi anggota parlemen, ya, Mbak. Hihihi. Semoga dalam situasi pandemi seperti ini semakin banyak lapangan pekerjaan untuk lulusan apapun, termasuk Sarjana Hukum. Aamiin.

  30. Keren banget dehh bisa jadi dosen juga semoga sukses selalu untuk kita semua deh sip apapun kerja kita. Semangat selalu

  31. Lulusan hukum bisa kerja sebagai staff HRD? Wah ga melulu harus jadi hakim/jaksa ya. Tapi memang benar sih, perusahaan besar memang butuh lulusan ini.

  32. winda - dajourneys.com

    wah asiknya ada lowongan kerja untuk lulusan hukum di surabaya 🙂 di jaman serba susah kayak gini, nyari kerjaan tuh rasanya kayak nyari jarum di tumpukan jerami 🙁

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.