Lulusan Sarjana Berakhir Jadi Ibu Rumah Tangga, Rugikah?

Lulusan sarjana berakhir jadi Ibu rumah tangga

Pernah nggak sih kamu dinyinyirin soal status sebagai ibu rumah tangga yang sebenarnya lulusan sarjana? Aku pernah, dan rasanya sakit tapi tidak berdarah. Stigma mengenai lulusan sarjana berakhir jadi ibu rumah tangga terkadang menjadi salah satu bahan nyinyiran sebagian orang. Mereka menganggap, bahwa siapapun perempuan yang sekolahnya tinggi namun pada akhirnya hanya menjadi ibu rumah tangga merupakan sesuatu yang merugikan. Tapi, apakah memang hal tersebut benar adanya?

Saya pribadi tidak malu menjadi ibu rumah tangga meski pernah menempuh pendidikan hingga lulus strata satu. Dalam perjalanan sebagai ibu rumah tangga, memang saya kerap mendapatkan komentar pedas mengenai hal tersebut yang malah datang dari keluarga sendiri. Katanya, untuk apa sekolah tinggi jika ijasah S1 tidak digunakan sebagaimana mestinya. Atau paling kerjalah dulu, berkarirlah dulu, baru fokus mengurus rumah tangga.

Jika mental seorang ibu kurang kuat, maka stigma negatif tersebut akan mempengaruhi kondisi psikologis dan akhirnya menurunkan kepercayaan diri. Jika ini pernah atau sedang kamu alami, percayalah kamu tidak sendirian.

Semua Ibu Hebat Entah Itu Ibu Karir atau Ibu Rumah Tangga

Mari meluruskan stigma negatif yang masih terdengar di telinga kita dalam kehidupan sehari-hari, bahwa ibu karir hanya fokus mengejar cita-citanya dan menomorduakan keluarga sedangkan ibu rumah tangga menyia-nyiakan gelar pendidikannya saja.

Baik itu ibu karir atau ibu rumah tangga, semuanya adalah perempuan hebat yang perlu diberikan apresiasi dan dukungan. Membandingkan kehidupan dan pilihan mereka dengan menilai dari satu sisi saja hanya akan mengurangi penghormatan kita pada perempuan. Karena sejatinya, perempuan bisa melakukan hal-hal luar biasa baik itu sebagai ibu karir dan ibu rumah tangga.

Hanya karena masih banyak orang memandang status seseorang berdasarkan materi, sehingga menganggap bahwa menjadi ibu rumah tangga saja setelah menempuh perguruan tinggi adalah hal yang merugikan. Mereka tidak menyadari bahwa untuk menjadi ibu rumah tangga diperlukan pendidikan yang mana kelak ibu memiliki peran penting dalam mendidik anak-anaknya.

Kata Siapa Pekerjaan Ibu Rumah Tangga Gampang?

“Ainhy, sayang banget yah ngga kerja setelah tamat kuliah, malah fokus ngurusin anak. Emang gak sayang tuh ijasah? Rugi loh… “ Rasanya ini adalah komentar terpedas yang pernah saya dengarkan dari salah satu kerabat sendiri. Namun, saya hanya membalasnya dengan senyuman.

Dan ternyata, banyak perempuan di luar sana yang mengalami hal serupa. Beberapa ada yang mentalnya down, beberapa ada yang acuh dan ada yang melakukan perlawanan.

Jujur, setelah menikah dan punya anak, saya bisa memahami apa yang telah dilalui oleh ibu saya selama puluhan tahun menjadi ibu. Awalnya pun, saya mengira bahwa menjadi ibu rumah tangga itu gampang. Oh ternyata tidak semudah itu.

Kini saya menyadari bahwa salah satu profesi mulia yang seharusnya patut diberikan apresiasi adalah profesi ibu rumah tangga. Mengapa? Karena menjadi IRT membutuhkan banyak skill, stok kesabaran dan kebesaran jiwa.

Jika di kantor skill yang dibutuhkan mungkin hanya satu atau dua, tapi tidak demikian dengan ibu rumah tangga. Kita perlu memahami banyak skill karena pekerjaan kita yang merangkap sebagai ibu, pengasuh anak, menjaga harta suami, memastikan kenyamanan keluarga, mentri keuangan dan masih banyak lagi.

Kalau bekerja di kantor masih ada waktu untuk beristirahat bahkan ada jatah untuk berlibur, tapi menjadi ibu rumah tangga hal tersebut belum tentu kita miliki. Ada yang bahkan bekerja seharian penuh tanpa istirahat, belum lagi jika tidak dihargai dan tidak ada waktu berlibur.

That’s why, menjadi ibu rumah tangga bukanlah hal yang gampang. Ilmu yang pernah didapat selama menempuh pendidikan tidak akan berakhir sia-sia di tangan perempuan, karena kelak mereka akan tetap menggunakan pengetahuan yang didapatkan melalui perguruan tinggi dengan mengaplikasikannya dalam kehidupan saat berumah tangga.

Baca Juga:

Siapa Bilang Ibu Rumah Tangga Tidak Bisa Berinvestasi?

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Bisa Berinvestasi

Tips Memilih Hunian yang Nyaman untuk Keluarga

Ibu Hebat Mampu Berkarya Meski di Rumah Saja

Salah satu sisi positif dari dampak pandemi adalah bergesernya paradigma mengenai pekerjaan, bahwa untuk menghasilkan cuan, seseorang harus bekerja di kantor dulu. Tapi sekarang tidak lagi, karena untuk berpenghasilan ternyata bisa dimulai dan dilakukan meski di rumah saja. Perlahan tapi pasti, stigma mengenai profesi ibu rumah tangga tidak lagi dianggap hal yang merugikan ketika telah menempuh perguruan tinggi, karena saat ini ibu hebat bisa berkarya di rumah.

Banyak ibu rumah tangga yang memanfaatkan berbagai peluang saat berkarya di rumah, seperti membangun bisnis online, membuka usaha kerajinan tangan, membuka kursus belajar dan masih banyak lagi.

Saya pribadi merangkap profesi sebagai blogger freelancer dengan memanfaatkan kemudahan teknologi. Sehingga sekalipun kesibukan pekerjaan rumah selalu ada setiap hari, hal tersebut bukanlah menjadi penghalang untuk kita berkarya. Karena semua aktivitas tersebut bisa kita lakukan dengan mudah jika diatur dengan lebih baik. Apalagi dengan hadirnya Advan Tab VX yang #BisaSemua dalam melakukan berbagai macam aktivitas cuma dengan 1 tablet, sehingga membuat orang siapapun dia dan apapun profesinya #SemuaBisa memakai Advan Tab VX tanpa terkecuali.

Advan Tab VX Menjadikan Ibu Rumah Tangga Semakin Produktif

Advan Tab XV
Makin produktif dengan Advan Tab VX

Seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa menjadi IRT bukanlah hal mudah. Kita memiliki banyak pekerjaan domestik dan hal lainnya, terlebih saat berkarya di rumah dengan menjalankan bisnis online atau hal lainnya. Namun, semua aktivitas tersebut mudah dilakukan dengan menggunakan Advan Tab VX.

Dari pengalaman pribadi sebagai blogger freelancer, saya membutuhkan media yang bisa membantu memudahkan pekerjaan. Seperti menulis artikel, mengadakan zoom meeting, mengatur perencanaan keuangan, membantu anak belajar online, mencari informasi penting dan lainnya. Saya percaya, bahwa ibu rumah tangga di luar sana yang merangkap profesi apapun itu saat berkarya di rumah juga membutuhkan media yang sama untuk memudahkan berbagai aktivitas.

Hadirnya Advan Tab VX ternyata membuat ibu rumah tangga semakin produktif. Harganya yang terjangkau dengan spesifikasi tinggi membuatnya menjadi incaran ibu-ibu produktif.

Jadi, siapa bilang perempuan yang sudah menempuh pendidikan tinggi berakhir jadi ibu rumah tangga adalah hal yang merugikan? I say Big No! Karena meski di rumah saja kita bisa tetap berkarya dan menghasilkan.

Tentu, dalam menjalankan berbagai aktivitas tersebut kita membutuhkan media yang mumpuni. Saya pribadi lebih memilih Advan Tab VX untuk berbagai keperluan. Seperti menulis blog, melakukan zoom meeting, membantu anak belajar online, mengatur bisnis online shop dan aktivitas lainnya.

Mengapa Memilih Advan Tab VX?

Tablet terbaik harga 3jutaan

Advan Tab VX BisaSemua SemuaBisa melakukan berbagai aktivitas secara bersamaan dalam satu tablet.

Kalau dulu kita mungkin menggunakan komputer, sekarang kita bisa menggunakan tablet yang lebih mobile friendly. Memang di luar sana ada beragam tawaran tablet serupa, tapi harganya sangat mahal. Untung saja harga Advan Tab VX ini terbilang sangat terjangkau dengan spesifikasi tinggi. Dibanderol dengan harga 3jutaan, kita sudah bisa memiliki Advan Tab VX.

Keunggulan lainnya adalah Advan Tab VX memiliki UNISOC T618 dan RAM 8GB sangat mumpuni untuk aktivitas bekerja seperti Email, browsing mencari informasi, membuat presentasi, membuat financial budget, mengadakan zoom meeting, memutar Youtube, aplikasi Chat, Aplikasi Project Management, bahkan sampai remote working.

Selain itu, Advan Tab VX memiliki keunggulan video editor dengan mengedit video Full HD 1080p dan foto on-the-go, bisa dilakukan di Advan Tab VX tanpa nge-lag. Dengan begitu, kita bisa menghasilkan konten luar biasa dengan Advan TB VX. Ibu rumah tangga yang berkarya sebagai content creator cocok banget nih.

Satu hal yang paling saya sukai dari Advan Tab VX adalah kita bisa melakukan berbagi aktivitas dalam 1 tablet secara bersamaan karena ada fitur split layar. Misalnya kita sedang mengikuti zoom meeting, namun di waktu bersamaan kita sedang menggambar desain atau sketching. Selain itu masih banyak lagi keunggulan lainnya dari Advan Tab VX yang memberikan kemudahan dalam berbagai aktivitas.

Jangan Galau Menjadi Ibu Rumah Tangga

Meski lulusan sarjana berakhir jadi ibu rumah tangga tidaklah mematahkan langkah kita untuk tetap berkarya dan menunjukkan bahwa kita juga bisa berkarir di rumah, tidak ketinggalan informasi teknologi dan mengaplikasikan ilmu yang pernah didapatkan selama menempuh pendidikan.

Siapapun itu dan apapun profesinya, hargailah pilihan hidupnya. Saling support tanpa menjatuhkan apalagi sesama perempuan.

Jika kamu adalah salah satu lulusan sarjana berakhir jadi ibu rumah tangga, kamu tetap bisa berkarya di rumah dengan menggunakan Advan Tab XV karena #SemuaBisa menjadi produktif kapan dan di manapun.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Advan Tab VX silakan follow IG dan FB @AdvanIndonesia. Dan kalau mau beli produknya, cek aja di Advan Official Store di Tokopedia, Shopee, dan E-commerce yang lain.

Artikel Menarik Lainnya

59 Komentar

  1. Di lingkungan tempat tinggalku sarjana jadi ibu rumah tangga masih di lihat sebelah mata, padahal tidak mudah ya. Saya sendiri sudah lama memutuskan jadi IRT tapi kemudian karena ada yang meminta tolong untuk mengajar di sekolah yang ada di desaku. Ya, itung- itung mengamalkan ilmu, hehehe

  2. Menjadi IRT maupun memilih berkarir di luar membutuhkan skill yang membuat kita jangan sampai saling merendahkan. Di mata orang lain mungkin pekerjaan IRT biasa saja, padahal tidak mudah menjadi IRT karena harus mengurus rumah dan mengasuh anak yang tidak ada habisnya.
    Pun, dengan working mom, mereka memang punya jatah libur tidak masuk kerja ke kantor, tetapi bukan berarti setelah sampai di rumah bisa beristirahat karena ada keluarga juga yang harus diurus.
    Sehingga, baik IRT maupun mereka yang memilih bekerja memiliki kesulitan yang sama.

  3. Bangga banget menjadi Ibu yang pernah sekolah tinggi..
    Karena anak-anaknya tentu akan lebih baik dididik oleh Ibu yang cerdas.

  4. Ngga ada yg sia siaa saat kita mempelajari satu hal, selain menjadi bekal ilmu bagi diri sendiri juga sebagai madrasah untuk anak anak saat menjadi ibu. Dan adanya advan tab uni semakin bikin produktif yaaa

  5. justru ibu rumah tangga lulusan sarjana berpeluang menciptakan anak-anak yg lebih hebat, karena pengetahuannya yg lebih luas dan waktu bersama anak lebih banyak.

    btw makin kesini produk advan makin cakep loh, sempet naksir nih sama Advan Tab VX dan Advan Tab Sketsa buat jadi alat tempur gambar digital.

  6. ibu rumah tanggapun bisa berkarir dari rumah
    Terlebih punya senjata Advan Tab VX yang specnya mumpuni
    banyak hal bisa dikerjakan dari rumah

  7. Tosss
    Aku pun master jadi master rawat anak-anak. Selama bisa bekerja sambil liatin anak kayak gini kujabanin 😂😂😂insyaallah kepake merawat anak semua yang kita lakuin
    Semangaaat

  8. Rika Widiastuti Altair

    Menurutku IRT itu keren. Karena nggak sekadar urus rumah dan segala hal terkait lainnya. Tapi ibu rumah tangga bisa berkreativitas dengan memanfaatkan fasilitas teknologi sekarang. Gimana nggak keren coba, IRT dengan segudang aktivitas masih bs jadi sosok produktif. So, para IRT nggak perli insecure kl ada yg julid ya

  9. Kata siapa ibu rumah tangga profesi yang memalukan, padahal aslinya mah sangat mulia dan ga mudah. Saya sudah belasan tahun kerja di rumah dan menyaksikan sendiri betapa ribetnya peran seorang ibu rumah tangga. Apalagi di Indonesia, tugas yg diemban cukup banyak: memasak, melayani suami, merawat anak, menyiapkan ini itu, mencuci, dll. Wah seabrek dan rasanya tugas domestik ga ada habisnya. Untunglah kecanggihan teknologi membuka peluang untuk tetap bisa mendapatkan rezeki. Lulusan S1 pun bisa dapat cuan dengan kerja freelance yg makin banyak peluangnya. Berbekal Advan Tab VX buibu bisa makin produktif bantu ekonomi keluarga atau malah menopang dapur keluarga yg utama.

  10. Saya juga sarjana yang jadi ibu rumah tangga. Memutuskan resign dr pekerjaan saat anak kedua lahir. Gak rugi kok. Malah bisa fokus ngurus anak tanpa kehilangan momen masa kecilnya. Bisa kerja dr rumah juga.

  11. Setuju mba, yuk jadi salah satu Ibu hebat yang bisa berdaya dan berkarya dari rumah, apalagi jika didukung dengan tools dan peralatan yang canggih dan membantu bangett…langsung banyak ide dan jadi produktif deh

  12. Ibu rumah tangga tuh profesi hebat loh. Jangan diremehkan. Apalagi bisa berkarya. Tambah keren.

  13. Nggak rugi kok karena ilmu yang kita dapat itu sangat amat membantu dalam mengatur rumah tangga. Apalagi soal memanage waktu dan pekerjaan, bisa mengatur orang (klo ada yang kerja di kita) sampai bikin laporan keuangan. Anw tab ini oke juga yaa fiturnya hihi

  14. Status ibu rumah tangga skrg menurut aku pada keren-keren, punya skill untuk bisa berbagi k org lain karena karier skrg ini ngga sebatas kantoran aja..semangat yukkk pakai tab Advance ini makin yahud yaa

  15. Aprilely Ajeng Fitriana

    Sejauh ini yang nyinyir ibu sendiri sih. Bukan nyinyir juga ya. Lebih ke sayang aja ijazah anaknya nggak kepakai.

    Mungkin takut juga kalau anaknya nanti kenapa-kenapa gimana. Tapi, alhamdulillah, makin ke sini makin less drama.

  16. Pas lagi nyari tablet nih. Merk ini rekomen ya, bisa bantu meringankan pekerjaan kita.
    Kata Dian Satro juga kenapa ibu RT harus berpendidikan tinggi, krn spy anak2nya makin cerdasss

  17. Semua ibu itu hebat, entah kerja kantoran atau jadi ibu rumah tangga. Bener bgt, banyak IRT yg sukses berbisnis tapi keluarga tetap terurus. Btw, semua urusan online makin beres deh ya kalo pake tab Advan ini.

  18. Sepakat. Kadang berkarir dari rumah malam bisa menghasilkan cuan yg lebih banyak drpd kerja kantoran.

  19. Sepakat saya dengan pendapat Mbak, bahwa kelak ilmu yang didapat dari bangku perkuliahan akan diaplikan dalam rumah tangga, seperti mendidik anak. Let it be dengan kata orang Mbak, yang terpening menjadi IRT atau Work Mom itu memang sebuah pilihan. Bagi saya IRT itu tak dapat dipandang dengan sebelah mata. Semangat Mbak.

  20. Selama alasannya tepat gak rugi sih, apalagi yang masih punya baby dirumah.
    Ada baiknya fokus ke anak, meski banyak yang suka mencibir IRT sarjana

  21. Shafira-ceritamamah.com

    Rasanya kerabat, saudara atau teman ada aja yang komen gitu. Mereka yang suka komentar dari sepatu mereka.

  22. Alhamdulillah, sekarang semuanya bisa dilakukan dari rumah. Ibu rumah tangga pun bisa kerja remote sambil jagain anaknya, Mbak, jadi tak ada lagi yang perlu dijadiin insecure. Apalagi kalau kerjanya pakai tablet Advan VX ya, pekerjaan jadi lebih mudah tanpa harus buka laptop.

  23. aku dah ngerasain, ngantor, nganggur, dan kerja dari rumah. yg terakhir bener2 pilihan terbaik. org gak tau kita punya duit. gpp diremehin, yg penting aslinya makmur, ahahaa

  24. Yak betul, khususnya kita sebagai sesama perempuan, harus saling dukung nih. Tidak ada bedanya kok mau jadi ibu bekerja ataupun IRT, masing2 punya keistimewaan. Setiap ibu pasti fokusnya untuk membahagiakan keluarga, nah tinggal kondisinya aja yang berbeda. IRT pun tetap berdaya loh, jangan salah, banyak pemilik bisnis yang sukses juga berawal dari usaha kecil-kecilan di rumah dan dilakukan oleh IRT.

  25. Menurutku IRT dan Advan Tab XV punya kesamaan ya karena sama-sama #SemuaBisa dilakukan secara multitasking. Sekarang aku juga enggak peduli anggapan orang enggak kerja kantoran. Toh, masih bisa cari cuan di dalam rumah sambil nyusui anak.

  26. Justru untuk menjadi ibu rumah tangga dan ibu yg baik butuh ilmu dan manajemen yg baik. Kalau si ibu lulusan sarjana, salah satu keuntungan bagi pendidikan anak-anaknya

  27. Gak dong. Gak ada ruginya. Jadi bisa mengajarkan banyak hal ke anak-anaknya, pun bisa bekerja dari rumah juga. Apalagi kalau udah dilengkapi gadget Advan Tab VX, makin produktif deh.

  28. Ga rugi dong, aku juga lulusan sarjana tapi jadi ibu rumah tangga.. ilmu yang kita pelajari bisa buat pelajaran kehidupan juga kok, lagipula ga ada yang salah dengan sarjana yang jadi ibu rumah tangga..

  29. Alhamdulillah, Ibunya cerdas, in syaa Allah melahirkan generasi yang cerdas pula.
    Kalau Ibunya aja sarjana, in syaa Allah anak-anaknya nanti Doktor.
    MashaAllah~

    Dengan Advan Tab VX tetap produktif dimanapun berada.
    Cocok banget untuk kak Ainhy sebagai konten kreator yang menginspirasi selalu konten-kontennya.

  30. Semua ibu hebat apapun profesinya, dan jangan anggap enteng ibu rumah tangan maupun ibu pekerja. Iub rumah tangga lulusan sarjana pasti ilmunya dan oemikirannya juga akan berguna di dalam keluarga kok, apalagi sekarang dari rumah aja bisa produktif ya didukung dengan device yang mumpuni seperti Adban Tab VX

  31. Sudah banyak kok, sarjana yang milih jadi ibu rumah tangga
    Meski di rumah bisa tetap berkarya, apalagi didukung dengan Advan Tab VX ini

  32. toss lah s2 ku juga nganggur sekrang malah s3 :suka suka saya ngerawat anak hahaha. tapi yang penting walau di rumah tetap semangat ya mak. blogger apalagi bisa nambah2 buat dapur ngebul alhamdulillah apalagi kalau tambah pakai advan vx ini

  33. Iyaa…aku juga sering dapat komenan apa nggak sayang udah sekolah tinggi akhirnya jadi ibu rumah tangga. Tapi kembali lagi bahwa kebutuhan tiap keluarga berbeda, begitu juga kondisinya. SEmua pilihan pasti sudah dipikirkan matang dan menjadi solusi terbaik. Tetap semangat jadi ibu rumah tangga yang tetap bisa produktif dan berkarya di rumah

  34. stigma negatif tentang ibu rumah tangga masih aja ada ya mbak
    dan sedihnya kadang diucapkan sesama wanita juga
    ga usah diambil pusing ya
    yang penting kita tetap produktif berkarya dan berprestasi

  35. Dulu juga beberapa orang menyayangkan keputusan saya menjadi ibu rumah tangga. Katanya sayang gelar sarjananya. Tapi, saya diam aja karena mau jawab juga serba salah. Paling tunggu waktunya aja. Memang pada akhirnya waktu yang membuktikan kalau jadi IRT pun bisa tetap produktif

  36. Setuju. Produktif atau tidaknya itu tergantung kemauan dan fasilitasnya. Kalau ada Advan tablet yang semua fiturnya bikin bekerja lebih cepat dan cerdas, di rumah saja pun tetap bisa berdaya ya

  37. Ebuset jadi pengen Tab nya beneran deh 🥺
    Sebenernya Lulusan sarjana pun tidak Rugi jadi Ibu rumah tangga,
    Karena bagaimanapun Ibu rumah tangga akan mencetak calon bibit generasi bangsa ❤

  38. Mau sebagai ibu rumah tangga atau karir, aslinya itu punya tanggungjawab yang besar agar hidupnya balance dan mandiri. Cuma ya itu, faktor lingkungan kadang suka asal bunyi mulutnya. Hihii..

    Dan entah mau lulusan apapun, sebagai ibu rumah tangga itu pasti sangat bermanfaat dan mulia..

    1. Dan pastinya ilmunya akan berguna yah mom

  39. Wah bisa makin produktif justru di rumah dan bikin karya lewat Advan Tab. Jadi ibu rumah tangga itu berkah malahan jika punya support system yang baik. Dari rumah ternyata juga bisa memegang peran lain di luar sebagai ibu atau istri.

  40. Aku mau jawab kenceng banget nih, mbak. NGGAK RUGI! Xxixixi
    Sepakat sm opini mbak kl jadi IRT itu nggak mudah. Meskipun jd IRT kita masih bisa berkarya dg berbagai cara. Ngiler tab Advan-nya nih

  41. Ibu rumah tangga juga bisa berkarya dari rumah dong… Apapun karya ibu rumah tangga, aku tetap salut dengan kesabarannya dalam mengurus rumah tangga. Nggak mudah menjadi ibu rumah tangga, nggak semudah yang bikin orang-orang menyepelekannya. Dan, justru bagus kalau ibu berpendidikan mendidik anak sepenuhnya.

  42. gak ada ruginya, kita bisa mengamalkan ilmu di apapun bidang kehidupan, semoga gak ada lagi yang berpikiran merugi untuk menuntut ilmu tinggi tinggi

  43. Mengenal Jenis Rigging yang Sering Digunakan - Blog Ainhy Edelweiss

    […] Lulusan Sarjana Berakhir Jadi Ibu Rumah Tangga, Rugikah? […]

  44. Harga Tab Advan VX cuma 3 jutaan dengan RAM 8 GB, lumayan banget itu mbak.
    Saya tuh udah lama juga pengen punya tab, biar kalau tiba-tiba di wa dan mesti ngecek kerjaan, nggak harus hidupin laptop. Bisa pakai tab aja, lebih cepat.
    Menyoal pendidikan, kalau kata dosen saya dulu, justru ibu rumah tangga itu harus berpendidikan S3 karena mempunyai tanggung jawab besar untuk mendidik anak-anaknya

  45. Gak ada yang rugi dengan sarjana yang akhirnya jadi ibu rumah tangga biasa. Ilmu, wawasan, dan pola pikirnya bisa membuat cara parenting dia terhadap anak-anaknya beda dengan yang tidak berilmu. Udah gitu iya, saat anaknya tidak terlalu tergantung, sudah lepas dari masa balita, si ibu bisa lebih kreatif. Dan akhirnya produktif menghasilkan uang juga. Ya tentu, dengan berbekal gadget yang mumpuni. Jadinya biar pun di rumah, tapi bisa tetap produktif. Tablet Advan ini nih yang bisa diandalkan, ya.

  46. Aw aw… aku bulan lalu juga cari TAB. Rencana mau pilih Advan juga sebenarnya. Tapi nggak jadi hihi.
    Tapi jadi Ibu RUmah Tangga nggak ada salahnya kok. Bisa lebih berkembang lagi dan lagi.

    1. Iya bener mba

  47. Jangan galau, jangan ragu berkarya dr rumah saja. Karena IRT pun tetap harus berkarya meski dari rumah dan menghandle semua urusan RT. Apalagi jika didampingi tab Advan XV yg mumpuni dgn harga terjangkau ya. Makin me time deh produktif nya

  48. Tetap berkarya dengan yg kita bisa. Aku pun menjadi ibu rumah tangga dengan kegiatan ngeblog dan hobi foto… aku sendiri awalnya bete kalau orang memandang gimana gituuu, tapi lama2 biasa aja. Udah di tahap terserah aja.. virtual hug, saling support sesama ibu rumah tangga yg berkarya di rumah lewat tulisan digital apalagi dengan tab canggih ^^

    1. Alhamdulillah yah mba

  49. Advan tab ini memiliki harga yang cukup terjangkau jadi kalau mau nabung pun masih memungkinkan buat Ibu Rumah Tangga. Aku jadi tertarik dengan tampilannya deh. Buat anak sekolah pun masih OK ya.

  50. Betul setuju deh padahal menjadi Ibu adalah ibadah yang paling bernilai di hadapan Sang Pencipta. Terkadang nyinyiran itu datang dari keluarga sendiri tapi balik lagi jangan peduli nanti sedih sendiri…

  51. Advan ini tab andalan ya dengan harga yang terjangkau.. dengan gawai dan teknologi, ibu rumah tangga bisa lebih berdaya dan produktif ^^

  52. Prinsipnya, tak ada hal baik yang sia-sia. Kuliah tinggi untuk mendapatkan ilmu, itu baik. Lalu berakhir jadi ibu rumah tangga, itu juga sangat baik. Kita membuat pilihan karena suatu keadaan, dan di situ ada alasan kuat yang disertai tanggung jawab, maka akan berguna untuk diri kita sendiri maupun orang yang berada dalam pilihan kita.
    Tablet Advan nya cocok buat menemani aktivitas ibu rumah tangga yang bekerja dari rumah 🙂

  53. gak ada ruginya dong, malah jadi bekal untuk urus dan membesarkan anak dari rumah.

  54. Untungnya saya malah nikah dulu sebelum lulus kuliah. Jadi, orang2 sekitar ya udah siap liat aku ga kerja begitu sarjana.

  55. Wah, menarik juga produk Advan satu ini. Cocok banget untuk profesi macam kita ya Mbak, ibu rumah tangga yang merangkap blogger. Bisa ngerjain tugas2 rumah, sekaligus tetap produktif membuat konten blog.
    Makasih infonya Mbak

  56. Enggak ada ilmu yang sia2 selama kita menggunakannya. Yang penting, tetap produktif dan terus belajar, ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.