Mudah dan Cepat! Inilah Cara Klaim asuransi Mobil dari Kerusakan Mobil

Bagi pemilik kendaraan roda empat, asuransi merupakan salah satu perlindungan mobil yang menguntungkan. Salah satu produk yang cukup sering digunakan yaitu jaminan kerusakan mobil yang dapat melindungi kerusakan kendaraan secara optimal.

Asuransi juga merupakan kebutuhan utama bagi para pemilik mobil. Pasalnya, semua kerugian sesuai dengan polis asuransi yang dibeli akan dialihkan kepada perusahaan asuransi melalui sistem cara klaim asuransi mobil tersebut.

Artinya, perusahaan asuransi sebagai penanggung wajib membiayai kerusakan maupun kerugian lain sesuai dengan produk polis asuransi masing-masing.

Pentingnya Asuransi Kerusakan Mobil

Cara Klaim asuransi Mobil

Tidak ada yang tahu pasti kapan dan di mana seseorang akan mengalami kejadian tak terduga dan tidak diinginkan, misalnya mengalami kecelakaan lalu-lintas. Sekecil apapun kecelakaan mobil pasti akan menimbulkan bekas pada kendaraan kesayangan Anda tersebut.

Seperti yang Anda ketahui, bekas lecet pada mobil saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya. Apa lagi jika kerusakan tersebut tergolong berat.

Pemilik polis asuransi kerusakan mobil sedikitnya akan bernafas lega ketika ada hal yang tidak diinginkan terjadi. Pasalnya, kerusakan mobil nantinya menjadi tanggungan dari pemilik perusahaan asuransi.

Artinya, pemilik polis asuransi tersebut bisa langsung melakukan klaim agar nantinya pihak perusahaan asuransi memperbaiki kembali mobil tersebut seperti sedia kala.

Cara Klaim Asuransi Kerusakan Mobil

Saat ini proses klaim asuransi sudah menjadi lebih mudah. Perusahaan asuransi sebagai penanggung umumnya telah menyediakan prosedur yang memberikan kenyamanan dan kemudahan untuk para pemilik polis asuransi yang ingin melakukan klaim.

Adapun cara-caranya sudah kami rangkum berikut ini bagi Anda yang masih belum tahu bagaimana sistem klaim polis asuransi mobil di suatu perusahaan.

1. Menghubungi Pihak Perusahaan Asuransi

Alangkah baiknya Anda tidak menunggu lama untuk segera melaporkan kerusakan mobil pada pihak perusahaan asuransi terkait. Hal ini juga berlaku untuk pemegang produk asuransi mobil yang lain, misalnya seperti kehilangan. Maka segeralah menghubungi perusahaan tempat Anda membeli produk asuransi tersebut.

Syarat pelaporan pada masing-masing perusahaan asuransi yaitu 3 x 24 jam setelah kejadian. Semakin cepat proses pelaporan Anda lakukan, maka akan semakin mudah dan semakin cepat proses survei dan klaim dilakukan.

2. Menjelaskan Detail Kejadian

Pastikan Anda tidak panik saat menghubungi pihak perusahaan asuransi. Jelaskan secara detail kronologi kenapa mobil Anda bisa mengalami kerusakan. Contohnya, jika kamu mengalami kecelakaan, langsung hubungi perusahaan asuransi lalu jelaskan bagaimana kecelakaan bisa terjadi dan beri tahu juga di mana tempat kejadiannya.

Umumnya perusahaan yang menyediakan layanan mobil derek, mereka akan membantu Anda untuk mendereknya langsung. Setelah itu, perusahaan akan melakukan perbaikan di bengkel rekanan maupun lainnya.

Selain itu, perusahaan asuransi juga akan memberikan Anda sebuah formulir klaim asuransi. Silahkan Anda isi formulir tersebut secara lengkap dan detail.

3. Mempersiapkan dan Menunjukkan Bukti-Bukti

Untuk yang memasang kamera pengawas di mobil, proses klaim biasanya akan lebih mudah. Pasalnya semua aktivitas, khususnya di waktu kejadian kecelakaan akan terekam semuanya. Anda bisa langsung menunjukkan buktinya kepada perusahaan terkait.

Untuk yang tidak punya kamera pengawas di mobil, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa mengambil foto untuk dijadikan sebagai bukti-bukti ke perusahaan asuransi. Atau bisa juga meminta hasil rekaman CCTV yang ada di sekitar untuk menambah buktinya.

4. Menjelaskan Kronologi Peristiwa Secara Rinci

Pihak dari perusahaan asuransi biasanya akan menanyakan banyak hal kepada Anda, khususnya yang berkaitan dengan kejadian kecelakaan tersebut. Pastikan Anda menjelaskan kronologi peristiwanya secara rinci dan gamblang. Selain itu, jawab semua pertanyaan yang mereka tanyakan.

Pertanyaan tersebut merupakan sebuah prosedur klaim asuransi. Jadi Anda harus kooperatif saat ditanya mengenai kronologi kejadian, lokasi, waktu kejadian, posisi pengemudi saat kejadian dan lain-lain.

Baca Juga:

Tren Warna Ramadhan Nippon Paint Jadikan Rumah Lebih Indah

Wisata Unik dan Menarik di Kota Malang 2022

Rumah Artis Indonesia yang Harganya Miliaran

5. Melengkapi Dokumen yang Diperlukan

Proses klaim biasanya membutuhkan beberapa jenis dokumen yang harus Anda setorkan kepada pihak perusahaan. Dokumen-dokumen ini juga merupakan syarat yang penting untuk klaim asuransi.

Adapun dokumen yang biasa diminta di antaranya seperti:

  • Formulir pengajuan klaim asuransi kerusakan mobil
  • Surat keterangan dari kepolisian
  • Fotokopi polis asuransi
  • Fotokopi SIM
  • Fotokopi KTP
  • Bukti kejadian (bisa berupa foto atau video)

Perlu Anda ketahui, dokumen tersebut merupakan dokumen yang umum diminta untuk klaim asuransi kerusakan mobil. Biasanya untuk asuransi lain seperti all risk maupun third party liabilities dokumennya akan berbeda.

Rekomendasi Asuransi Kerusakan Mobil Terbaik

Sedang mencari produk asuransi kerusakan mobil yang cocok untuk kebutuhan Anda? Kini Anda bisa menemukannya langsung di aplikasi Qoala. Aplikasi tersebut bisa Anda gunakan baik di smartphone berbasis Android maupun iOS milik.

Qoala adalah aplikasi yang menyediakan berbagai pilihan produk asuransi dengan keunggulan sebagai berikut:

1. Banyak Pilihan Mitra Perusahaan Bereputasi Tinggi

Aplikasi tersebut akan menghubungkan Anda ke berbagai perusahaan asuransi yang bermitra dengan Qoala. Perusahaan asuransi yang sudah bermitra di aplikasi tersebut adalah perusahaan-perusahaan besar yang sudah memiliki nama di Indonesia.

2. Mudah Membandingkan Polis Asuransi

Anda bisa membandingkan produk asuransi yang satu dengan yang lain secara mudah. Bahkan Anda bisa membandingkan produk asuransi mobil dari satu perusahaan dan perusahaan lainnya secara cepat untuk menemukan perlindungan yang sesuai maupun premi yang termurah.

Baca Juga:

Tips Mencari Bengkel Mobil Berkualitas dan Terpercaya

Tips Memilih Motor Murah Tapi Nggak Murahan

Rekomendasi Tempat Jual Mobil Bekas Jakarta

3. Pembelian Produk Asuransi Secara Online

Anda juga bisa langsung membeli produk asuransi melalui aplikasi tersebut. Dengan begitu, proses pencarian menjadi semakin lebih mudah dan dioptimalkan dengan layanan pembelian produk secara online yang membantu menghemat waktu Anda.

Jaminan kerusakan mobil merupakan salah satu asuransi terbaik yang dapat melindungi mobil Anda dari kerugian finansial. Tertarik untuk mengasuransikan mobil kesayangan Anda?

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.