Cara Mengetahui Serum Untuk Mencerahkan Wajah Terbaik

Pemilihan serum untuk mencerahkan wajah terlihat sangat mudah. Apalagi, kita banyak menemukan pilihan produk yang ada dipasaran. Dengan begitu, kita bisa memilih produk sesuai dengan kebutuhan.

Sayangnya, tetap saja hal ini menimbulkan kebingungan. Sebab, banyaknya produk yang membuat kita justru semakin waspada. Apalagi, akan ada kerugian besar ketika produk yang dibeli ternyata tidak cocok dengan kulit kita.

Maka dari itu, cara mengetahui serum untuk mencerahkan wajah adalah sebagai berikut.

Serum untuk mencerahkan wajah
Sumber Gambar; Unsplash

1. Kenali Jenis Kulit

Hal pertama untuk mengetahui serum untuk mencerahkan wajah adalah kenali jenis kulit kita. Jenis kulit dapat dibagi menjadi lima kategori utama. Mulai dari normal, kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif.

Pada kulit Normal, cenderung seimbang, tidak terlalu berminyak maupun kering. Untuk kulit kering memerlukan hidrasi ekstra. Sehingga, serum dengan bahan pelembab seperti asam hialuronat sangatlah cocok.

Pada kulit berminyak sangat rentan terhadap jerawat. Oleh sebab itu, pilihlah serum yang ringan dan tidak menyumbat pori seperti yang mengandung niacinamide. Untuk kulit kombinasi, perlu serum yang dapat menyeimbangkan area kering dan berminyak. Misalnya serum dengan kandungan vitamin C.

Terakhir, kulit sensitif butuh produk dengan bahan lembut dan menenangkan. Contohnya seperti serum dengan ekstrak aloe vera.

2. Tentukan Kebutuhannya

Kamu juga perlu menentukan kebutuhan kulit dalam memilih serum untuk mencerahkan wajah. Pertama, kenali jenis kulitmu seperti pada poin sebelumnya. Lalu, perhatikan masalah kulit spesifik seperti noda hitam, kusam, atau hiperpigmentasi.

Baca kandungan serum dan pastikan mengandung bahan pencerah seperti vitamin C, niacinamide, atau arbutin yang efektif mencerahkan kulit. Uji coba serum dengan mengaplikasikan sedikit pada kulit untuk memastikan tidak ada reaksi alergi.

Konsultasikan dengan ahli dermatologi untuk rekomendasi yang lebih akurat. Lakukan penelitian dan baca ulasan produk agar mengetahui pengalaman pengguna lain. Konsistensi penggunaan serum sesuai petunjuk juga penting untuk mendapatkan hasil optimal.

3. Pahami Bahan-Bahan dalam Serum

Untuk memahami bahan-bahan dalam serum, sangat penting untuk memperhatikan beberapa komponen kunci dalam mencerahkan wajah. Bahan-bahan utama yang sering ditemukan dalam serum pencerah wajah termasuk:

  • Vitamin C: Antioksidan kuat yang bisa bantu mengurangi hiperpigmentasi dan meningkatkan produksi kolagen.
  • Niacinamide: Mengurangi bintik hitam dan meratakan warna kulit.
  • Alpha Arbutin: Menghambat enzim yang memproduksi melanin dan bantu memudarkan noda hitam.
  • Asam Kojic: Mengurangi produksi melanin dan mencerahkan kulit.
  • Licorice Extract: Mencerahkan kulit secara alami dan mengurangi kemerahan.

Untuk memilih serum terbaik, periksa label produk untuk bahan-bahan tadi. Lalu, pastikan produk tersebut cocok dengan jenis kulitmu. Bacalah ulasan pengguna dan konsultasi dengan dermatologis untuk memastikan pilihan yang tepat.

4. Perhatikan Waktu Pemakaiannya

Perhatikan waktu pemakaian adalah kunci untuk memaksimalkan efektivitas serum mencerahkan wajah. Pilihlah serum yang mengandung bahan-bahan seperti vitamin C atau niacinamide padapoin sebelumnya untuk mengurangi noda hitam dan meratakan warna kulit.

Lalu, gunakan serum ini idealnya pada malam hari setelah membersihkan wajah dengan lembut. Sebab, kulit cenderung lebih mampu menyerap bahan aktif saat istirahat malam. Kemudian, pastikan kulit sudah bersih dan kering sebelum mengaplikasikan serum dengan lembut ke seluruh wajah dan leher.

Cobalah untuk rutin menggunakan serum ini setiap hari untuk hasil terbaik. Tentiunya sambil tetap memperhatikan reaksi kulitmu untuk menyesuaikan penggunaan sesuai kebutuhan.

5. Lakukan Patch Test

Selanjutnya, kamu bisa mengetahui serum untuk mencerahkan wajah dengan lakukan patch test. Bisa dikatakan, patch test adalah metode untuk mengetahui apakah serum pencerah wajah cocok dan aman digunakan pada kulit.

Caranya adalah persiapkan serum dan ambil sedikit serum yang ingin diuji. Kemudian, oleskan serum pada area kecil kulit. Biasanya di belakang telinga atau bagian dalam pergelangan tangan. Area ini dipilih karena kulitnya sensitif mirip dengan kulit wajah.

Selanjutnya, biarkan serum meresap selama 24-48 jam tanpa dicuci. Amati apakah ada tanda-tanda iritasi seperti kemerahan, gatal, atau pembengkakan. Jika tidak ada reaksi negatif, serum tersebut mungkin aman untuk digunakan pada wajah.

6. Waspada Adanya Kandungan Bahan Kimia

Memilih serum untuk mencerahkan wajah memerlukan kewaspadaan, khususnya terhadap kandungan bahan kimia. Waspada pada bahan seperti Merkuri, Hidrokuinon, Paraben, dan Sulfat.:

Selain itu, pastikan produk memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Produk yang terdaftar di BPOM sudah pasti melewati uji keamanan dan efektivitas.

Demikian cara mengetahui serum untuk mencerahkan wajah. Jika kamu bingung mencari proudk serum terbaik, cobalah Naturally Speaking Flawless Guava Dark Spot Serum.

ini adalah serum dengan kandungan ekstrak jambu yang powerful. Terdapat 6% Active Ingredients untuk menyamarkan flek hitam di wajah. Bahkan, bisa memperbaiki tekstur dan warna kulit wajah yang tidak merata.

Serum ini memiliki Antioxidants sebagai perlindungan kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Efeknya bisa meningkatkan kesehatan kulit. Ekstrak jambunya mengandung antioksidan 2x lebih banyak dibandingkan Vitamin C.

Ada juga Anti Aging & Skin Nutrition. Efeknya dapat menghambat tanda-tanda penuaan kulit sebanyak tiga kali dan menjaga kesehatannya. Bahkan, bisa juga mengurangi garis halus dan kerutan sebanyak 15% dalam 12 minggu.

Ada juga Brightening Agent untuk mengurangi hiperpigmentasi dan noda hitam secara signifikan dalam 8 minggu. Kandungan Moisturizing Agentnya dapat melembabkan kulit.

Baca Juga:

Lebih Penting Tabungan Pribadi atau Bersama setelah Menikah?

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.