Aktivitasku Beranda

Serunya Kontes Flash Design by KOMINFO di Makassar

Mendapatkan informasi di era digital saat ini sangatlah mudah. Termasuk informasi seputar event-event yang akan diselenggarakan di kota tempat saya tinggal, Makassar.

Alhamdulillah di bulan Januari, saya telah mengikuti tiga event di Makassar. Pertama, bedah buku Jaring-jaring Kehidupan. Kedua, workshop Bullet Journal. Ketiga, event gathering beauty blogger with Safi indonesia.

Dan sekarang event yang ke-4 saya mengikuti Kontes Flash Design yang diselenggarakan oleh KOMINFO.

Sebenarnya, informasi event ini sudah saya terima beberapa minggu yang lalu. Tapi, saya mengabaikan info tersebut. Saya berpikir bahwa event ini hanya khusus yang bisa membuat design saja. Jadi, saya skip informasi tersebut.

Namun, tiga hari yang lalu, grup blogger saya di whatssup ramai membicarakan event ini. Salah satu pembicaraan teman di grup yang menarik perhatian saya adalah tak perlu harus bisa membuat design untuk mengikuti event ini, karena akan ada workshopnya juga, semacam pelatihan untuk membuat design dan lainnya.

Wah saya merasa menyesal telah mengabaikan informasi ini sebelumnya,

Akhirnya, saya bertanya ke salah satu teman saya di grup tersebut. Apa masih bisa mendaftar? teman saya menjawab, “masih, coba saja dulu”.

Dan alhamdulillah, tepat sehari sebelum event kontes lomba Flash Design berlangsung, saya pun menerima email undangan dan diinvite di grup peserta kontes.

Ada dua ratus peserta yang terdaftar di data undangan dari berbagai kalangan. Mulai dari pelajar, mahasiswa, guru, blogger dan lainnya.

Mereka begitu antusias yah mengikuti event kontes Flash Design.

Tepat pada hari Jumat tanggal 25 Januari 2019, event kontes Flash Design berlangsung di hotel Aryaduta Makassar, Jl. Somba Opu No. 297.

Sekitar puku 08.00 am saya sudah tiba di lokasi. Saat tiba di lokasi, sudah banyak peserta yang melakukan registrasi. Setelah melakukan registrasi, saya pun mengambil posisi yang nyaman untuk mengikuti kelas kontes Flash Design.

Alhamdulillah, di meja tempat saya duduk, juga diisi oleh teman-teman blogger Makassar yang saya kenal. Ada kak Ina, kak Niar, kak Nani dan Raya. Juga beberapa blogger Makassar lainnya, namun berada di meja yang berbeda.

Dari event kontes Flash Design, apa sih yang saya dapatkan di sini?

  • Memperkaya wawasan

Sebelum kontes Flash Design dimulai, ada sharing seputar Indonesia Kreatif yang dibawakan oleh beberapa pembicara. Karena event yang diselenggarakan KOMINFO ini bertema 4 Tahun Indonesia Kreatif, maka sharing tersebut membahas perkembangan Indonesia selama 4 tahun terakhir.

Kita kesampingkan dulu soal tudingan kampanye politik yah (jika memang ada) karena penting bagi masyarakat untuk mengetahui kinerja pemerintah selama 4 tahun terakhir.

Sebelum workshop dimulai, Dra. Niken Widyastuti M.Si., selaku Direktur Jenderal Informasi Komunikasi Publik memberikan sambutan sekaligus membuka kontes Flash Design.

Selain Bu Widyastuti, kontes Flash Design juga dihadiri tim komunikasi presiden seperti pak Handoko dan Bu Meiningsih (maafkan jika nama tak lengkap).

Dari pemaparan ketiga narasumber tersebut, saya menjadi tahu beberapa hal tentang kinerja di pemerintahan Jokowi. Seperti adanya program Dana Desa.

Di program Dana Desa tercatat pada tahun 2016 telah didistribusikan dana sebesar 20 Triliun Rupiah ke seluruh Indonesia dan mengalami peningkatan setiap tahunnya hingga 90 Triliun Rupiah.

Dana Desa ini digunakan untuk membantu perkembangan perekonomian masyarakat khususnya dibidang pembangunan, pariwisata dan ekonomi kreatif.

  • Fakta tentang diberlakukannya registrasi nomor ponsel

Masih ingat reaksi masyarakat ketika KOMINFO menyatakan untuk memberlakukan registrasi pada nomor ponsel? jika tidak melakukan registrasi dalam jangka waktu yang telah ditentukan, maka nomorΒ  ponsel tersebut tak bisa digunakan.

Ada banyak opini yang bertebaran. Bahkan, saya pribadi pun beropini. Untuk apa sih pemerintah memberlakukan registrasi segala? apa gunanya coba? kalaupun ini diberlakukan kasian sama orang tua yang masih gaptek terhadap teknologi (termasuk orang tua saya).

Dan, pertanyaan-pertanyaan tersebut terjawab tuntas di workshop Flash Design. Bahwa, faktanya di Indonesia sendiri jumlah nomor ponsel yang aktif jauh lebih banyak ketimbang jumlah penduduk itu sendiri!

Waw! saya begitu tercengang. Akhirnya dipaparkanlah bahwa hal tersebut akan memberikan dampak negatif yang digunakan oleh tangan-tangan tak bertanggung jawab dalam menyebarkan berita hoaks di masyarakat dengan menggunakan akun-akun palsu.

Adanya registrasi nomor ponsel akan mengurangi pelaku penyebar hoaks.

Maapkeun aku Kominfo yang pernah berpikir yang tidak-tidak.

  • Mengetahui tipe Anak Muda

Sharing selanjutnya dibawakan oleh pak Handoko selaku tim komunikasi Presiden RI. Sebelum beliau memulai sharing, kami para peserta di warming up dulu nih. Beliau menantang dua peserta untuk menyanyikan dua lagu daerah. Akhirnya, ada dua peserta yang memberanikan diri untuk menjawab tantangan pak Handoko.

Setelah itu, sharing pun di mulai.

Dari paparan pak Handoko, terdapa 6 tipe Anak Muda, yaitu Orang Biasa, Pahlawan, Cendikiawan, Eksplorer, Kreator, dan Peduli. Nah, kamu tipe yang mana sobat?

Dari pemaparan tentang tipe Anak Muda tersebut, terdapat fakta bahwa di pemerintahan Jokowi merangkul semua tipe Anak Muda tersebut untuk berkarya demi kemajuan bangsa.

Salah satunya pada Anak Muda tipe Kreator. Sobat yang merasa ada di tipe ini, cukup mengasah kemampuan loh. Terdapat fakta bahwa Anak Muda Kreator telah memberikan sumbangan yang besar terhadap perkembangan ekonomi kreatif Indonesia, salah satu contohnya adalah aplikasi Gojek. Sebuah aplikasi karya anak bangsa.

Lalu apa bentuk support pemerintah terhadap Anak Muda Kreator?

Dalam hal ini pemerintah membuat Go StartUp Indonesia, yaitu platform bertemunya para StartUp dan Investor. Kedua, pemerintah menyalurkan bantuan insentif dan lainnya.

Begitupun dengan program-program pemerintah lainnya untuk tipe Anak Muda selain Kreator yang memberikan dukungan penuh. Salah satu bukti nyata yang masih terngiang di benak saya adalah penghargaan pemerintah kepada para atlit Asian Games dan Para Games. Tanpa membedakan perbedaan fisik keduanya, Jokowi selaku Presiden memberikan penghargaan yang setara. Sebuah prestasi membanggakan sepanjang sejarah bukan?

Okay, itu adalah sharing beberapa poin penting seputar 4 tahun Indonesia Kreatif.

Kita lanjut ke main agenda yaitu Lomba Flash Design.

Sebelum lomba Flash Design dimulai, kak Hari Pras dan kak Aditya selaku narasumber workshop Flash Design memberikan pelatihan tentang design. Di sini, saya belajar banyak hal-hal baru.

Dulu, saya pikir bahwa design hanya untuk orang-orang yang ahli menggambar, pun gambar design hanya untuk orang-orang yang menyukai seni.

Nyatanya, design memiliki arti dan fungsi yang jauh lebih luas. Salah satunya yaitu sebagai media untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat.

Hanya saja, sama seperti media lainnya, dalam design, kita pun perlu bijak membuat design serta pesan apa yang ingin disampaikan.

Salah satu tips dalam membuat karya khususnya design, kak Hari dan kak Adit sharing tentang teori membuat karya versi Simon Snek. Bahwa ada tiga hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat karya.

  1. WHY
  2. HOW
  3. WHAT

Seorang designer, sebelum memikirkan bagaimana membuat karya dan untuk apa karya tersebut, ada hal yang lebih penting yaitu mengapa. Mengapa ingin membuat karya. Fakta bahwa MENGAPA menjadi faktor penting sebelum membuat karya adalah kunci sukses bagi orang-orang yang telah mewujudkan impiannya.

Beruntung rasanya saya memiliki kesempatan ini untuk mengikuti rangkaian acara kontes Flash Design hingga selesai.

Setelah workshop, kami pun diberikan kesempatan untuk membuat Flash Design.

Di akhir acara, panitia mengumumkan para pemenang kontes Flash Design dan juga live tweet. Sayangnya, saya belum memenangkan keduanya, hikss. Tapi, pengalaman yang saya dapatkan dan teman-teman baru sudah lebih dari cukup.

Sharing ini hanyalah beberapa point penting yang bisa saya sampaikan melalui blog. Bila teman-teman penasaran dengan detail eventnya, bisa mengunjungi kronologi live tweet saya di sini.

Akhir kata, saya ingin mengutip sebuah kalimat yang diucapkan presiden Jokowi, “Membangun manusia Indonesia adalah investasi kita untuk menghadapi masa depan, dan melapangkan jalan menuju Indonesia maju.”

Punya pengalaman serupa atau event seru lainnya sobat? yuk share di kolom komentar.

Thank you…

34 thoughts on “Serunya Kontes Flash Design by KOMINFO di Makassar

  1. Di Indonesia satu orang bisa punya lebih dari satu nomor ponsel, apalagi sebelum ditertibkan ya habis paketinternet ganti nomor lagi terus menesur seperti itu. Tapi ada benarnya juga supaya lebih aman aja harus diregistrasikan. AYo ditunggu hasil karyanya Ainhy setelah mengukuti flash design

  2. Kominfo makin melek banyak orang-orang kreatif ya. Aku juga cukup kaget sih mbak saat heboh soal daftar ulang no ponsel dan sempat skip eh taunya bener gak bisa nelpon tp Alhamdulillah udah balik

  3. Hi mb ainhy membaca tulisan kaka membuat saya ndak sabar membaca buku find your why dan start with why, entahlah saya rasa sebagai anak muda perlu membaca buku tsb hehe terimaksih atas sharingnya mb hehee

  4. Waktu ada info registrasi kartu jauh2 hari aku uda antisipasi dan ingetin rekan kerja sebelah kata dia santay eh ternyata bermaslah kupengen ngakak waktu dia panik dan tinggal 1 hari lagi batas registrasi :p

    Keren yes mba acaranya aku jarang bisa ikutan event keren krn bakarjo :p

  5. Seru banget ya ada pelatihan desain dari Kominfo. Duh menanti juga di Jogja ada event seperti ini. Bisa belajar ilmu baru untuk bisa memperbaiki konten blog yang kita sajikan itu serasa dapat durian runtuh ya…beruntung banget

  6. Waaaww keren banget kominfo bikin acara sekeren dan seseru itu..
    Temanya juga Ujame banget nih, jadi terpacu kami hahaha.
    Kapan ya ada di Jakarta? kalo tau boleh infonya bund..

    Eh tapi, itu untuk umum atau undangan bund?

  7. Anak muda penuh ide dan gagasan yang perlu disampaikan ,di apresiasi dan di tuangkan dalam sebuah karya.

    Flash desaign mengajak untuk generasi melenial bekembang dalam mengembangka ide dan mengajarkan /mengetuk hati anak muda yang lainnya

  8. Aini sekarang makin banyak even…
    Seru banget siih…

    Dan rajin banget…infonya jelas.
    Semoga apa yang Pak Jokowi katakan mengenai membangun Indonesia dapat diwujudkan dengan generasi muda yang berkualitas (seperti aini dan kawan-kawan)

    Tabarakallahu~

  9. Wah baru tahu ada Go Startup Indonesia ini lo Mbak, dari tulisan Mbak Ainhy. Jangan-jangan selama ini banyak fasilitas yang sudah disediakan, tapi nggak terlalu disosialisasikan ya. Bener juga kalau pemerintah mulai merangkul para penggiat sosmed dan content creator, ya biar info-info seperti ini nyampai ke kita-kita, orang awam ini….

  10. Hahaha waktu2 panas ya apa2 disangkutin ma politik πŸ˜€
    Wah dirimu bisa desain jg mbak? keren. Gpp belum menang yg penting udah seru2an ikutan kompetisinya ya, next time siapa tau beruntung πŸ˜€

  11. Ikut dong acara keren macam flash blogging seperti ini. Udah 3 kali ikut dan tetep aja mau lagi kalo tahun ini kembali diadakan Karena program Indonesia kreatif dari pemerintah ini patut dituliskan agar makin banyak anak muda yang tahu dan menjadi pemuda kreatif dengan karyanya masing-masing

  12. Mumpung masih muda dan belum nikah, masih banyak waktu luang untuk ikutan event2 yang seru ini ya Ain. Aku aja nyesel kenapa dulu ga ada event2 kayak gini. Atau ada tapi aku gak ikutan wkwk

  13. Kominfo nih keren loh, roadshow tak kenal lelah ke berbagai kota di seluruh Indonesia. Temanya juga berbeda-beda dan semuanya memperkaya kita dengan pengetahuan dan fakta-fakta penting yang wajib kita ketahui. Ga usah pusing lah klo ada yang bilang itu kampanye terselubung. Kita ambil poin pentingnya saja.

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!