Yuk Terapkan Ini Agar Lebih Mudah Melunasi Dana Pinjaman Cepat!

diskon traveloka

Saat ini mencari hutang atau pinjaman bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Meskipun ada banyak diantara lembaga yang menawarkan kredit, namun tidak semuanya menjamin keamanan. Lebih banyak diantaranya yang ilegal. Produk pinjaman yang ditawarkan juga sangat beragam, mulai dari KTA sampai dengan KMG.Kredit Tanpa Agunan ini sendiri memang selalu menjadi primadona bagi masyarakat. Karena tidak perlu menyertakan adanya agunan maka sobat Ainhy sudah bisa mendapatkan hunian.

Dana pinjaman cepat ini menawarkan plafon pinjaman yang cukup tinggi, yaitu mencapai angka 200 juta rupiah. Hanya saja untuk lembaga keuangan non bank maka nominal atau plafon pinjaman bisa kurang dari itu.

Sebelum mengambil produk pinjaman, ada baiknya sobat Ainhy mempertimbangkan untung ruginya. Karena banyak yang mengambil produk pinjaman tapi tidak bisa melunasi sesuai waktu yang telah ditentukan.

Yuk terapkan tips berikut agar bisa melunasi pinjaman tepat waktu dan tanpa penyesalan dikemudian hari

  • Pinjam uang sesuai kebutuhan, artinya jangan serakah dalam mengajukan plafon pinjaman. Mengingat tidak dapat dipungkiri jika seandainya nominal yang sobat Ainhy pinjam ini juga turut mempengaruhi nilai bunga, semakin besar plafon pinjaman yang dimiliki, secara otomatis nantinya beban hutang juga semakin besar. Namun ada baiknya untuk meminjam uang sesuai dengan nominal yang dibutuhkan saja, sehingga nantinya akan lebih ringan bagi saat melunasi hutang tersebut.
  • Memilih suku bunga yang rendah, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan pertimbangan atau memilih suku bunga, setiap lembaga keuangan baik itu bank ataupun non bank menawarkan suku bunga yang berbeda-beda, ada diantaranya yang menawarkan suku bunga kecil sampai dengan yang besar. Jika tidak ingin terbebani, maka hendaknya memilih lembaga keuangan yang menawarkan bunga rendah, sehingga nantinya cicilan juga jadi semakin ringan.
  • Memilih tenor pendek, pemilihan tenor ini nyatanya juga tak kalah penting, karena hal ini berhubungan dengan waktu yang diberikan kepada sobat Ainhy untuk melunasi cicilan tersebut. Tenor yang panjang menyebabkan nilai pinjaman yang harus dibayarkan semakin tinggi, karena bunga juga ikut bertambah. Beban hutang secara psikis juga jadi semakin berat bukan. Untuk itu maka pilihlah tenor yang pendek jika memang memungkinkan. Cek dulu bagaimana simulasi kreditnya.
  • Disiplin dalam membayar cicilan, selanjutnya pastikan bahwa sobat Ainhy membayar cicilan tepat pada waktunya, jika perlu bisa menerapkan sistem autodebet, sehingga tidak pernah terlambat dalam membayar cicilan. Jadi tidak perlu membayar biaya denda keterlambatan pembayaran.
  • Stop mencari pinjaman lain, jika sudah mendapatkan dana pinjaman cepat dari satu lembaga keuangan, maka ada baiknya tidak berusaha untuk mencari produk pinjaman uang lainnya. Mengingat bagaimanapun hal ini hanya akan semakin menumpuk hutang, apalagi jika seandainya digunakan untuk kebutuhan gali lubang tutup lubang.

Nah itu dia beberapa tips bagi sobat Ainhy yang ingin mengajukan kredit, sehingga jadi lebih mudah melunasinya. Dalam hal ini maka penting juga untuk mengelola keuangan rumah tangga dengan baik, berhemat sebisa mungkin dan mencari sumber penghasilan tambahan. Sehingga bisa digunakan untuk membayar hutang tersebut tepat waktu.

Semoga bermanfaat

Artikel Menarik Lainnya

16 Komentar

  1. Tahun ini aku lunas bayar cicilan ke bank, setelah nunggak 3 bulan karena pandemi gak ada pemasukan. Akibatnya Yaaa ga bisa dikasih pinjaman lagi, hehehe. Akhirnya sebisa mungkin save money buat nambahin modal atau klo kepepet ya pinjam ke koperasi

  2. Bener nih mental di Indonesia kebanyakan kita sudah dpt pinjaman satu cari pinjaman lainnya…karena skrg pinjaman byk bgt ditawarin dimana-mana.aku pribadi menghindari bgt SM pinjaman ini…

  3. well noted banget mba. izin share yaaa, related banget ama kondisi seseorang yg butuh masukan soal keuangan kayak gini, jadi hidupnya ngga dikejar2 hutang terus terusan

  4. Jangan sampai gali lubang tutup lubang ya mbak kalo lagi pinjam uang

    1. Iya, pbener banget

  5. Sebisa mgkn emang nggak pinjem ya. Tp memang jika butuh pinjaman, Sebisa mgkn yg tdk menjerat yaaa.

    1. Iya mba, sesuai kebutuhan aja

  6. lagi berbenah nih mbak ainhy, meminimalisir pinjaman kalau bisa stop minjem. Terimakasih tulisannya menginsprasi, semoga segera bebas dari pinjaman apapun.

  7. Memang banyak ya saat ini orang yang betul-betul butuh untuk meminjam sebagai jalan terakhir. Biasanya untuk orang-orang tertentu memang benar-benar dalam kondisi punya masalah sehingga harus meminjam. Tapi tidak jarang ada juga yang meminjam demi gaya hidup, ini yang harus dihindari. Karen pasti akan berat kedepannya

  8. Ngomongin pinjaman cepat, emang kayak dua sisi mata uang ya kak. Siapa sih yang nggak butuh duit? Tapi emang kudu lebih bijak dan waspada, pokoknya inget tanggung jawab

  9. Yang paling kelihatan buat jadi bahan pertimbangan biasanya soal suku bunga itu ya. Tapi itu juga perlu dicermati lagi, apakah suku bunganya tetap atau berganti setiap waktunya.

  10. Saat ini mencari dana pinjaman cepat sangat dibutuhkan buat apalagi dengan adanya hantaman pandemi. Jadi sistem autodebet emang lebih efektif untuk menghindari cicilan macet ya kak.

  11. bener-bener solusi dikala pandemi nih kak. terima kasih sudah berbagi 😀

  12. Twitter: @iffiarahman

    Sebisa mungkin kita harus bisa mengelola keuangan dengan baik agar dlm keadaan darurat kalau bisantdk perlu meminjam uang

  13. Saya pernah ngalamin tutup lobang gali lobang mba, kesiksa banget sampe 3 aplikasi :’ awal tahun 2020 semuanya saya lunasin. sampe sekarang belom lagi pinjem2, kapok.

    1. Alhamdulillah, emang berat kalau ad pinjaman yah kak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.