Aplikasi eMET: Meterai Elektronik dan Tanda Tangan Digital Pertama di Indonesia

Aplikasi eMET

Sudah pernah mendengar aplikasi eMET? Iyap, eMET adalah sebuah aplikasi Meterai Elektronik dan Tanda Tangan Digital pertama di Indonesia yang secara hukum sah digunakan saat kita melakukan perjanjian atau kontrak secara digital.

Setelah menekuni profesi blogger freelancer, pada akhirnya saya pun akrab dengan istilah SPK atau surat perjanjian yang kebanyakan saya tanda tangani secara digital. Dulu, saya sempat mengirim SPK melalui kantor pos karena saat penandatangan perjanjian harus dibubuhkan di atas Meterai. Namun saat ini semuanya lebih mudah setelah mengetahui bahwa ada aplikasi Meterai Elektronik dan Tanda Tangan Digital.

 

Mengenal Aplikasi eMET

Meterai elektronik (e-Meterai) adalah meterai yang digunakan untuk dokumen elektronik. Undang Undang No. 11 Tahun 2008 (UU ITE) Pasal 5 ayat (1) menyebutkan bahwa dokumen elektronik merupakan alat bukti hukum yang sah. Hal ini menjadikan kedudukan dokumen elektronik disamakan dengan dokumen kertas. Hal tersebut membuat perlunya equal treatment antara dokumen kertas dengan elektronik.

Untuk itu kehadiran aplikasi eMET sebagai Meterai digital secara hukum sah dan legal kita gunakan. Melalui aplikasi eMET, dokumen aplikasi digital kita disahkan dengan menggunakan Meterai Elektronik & Tanda Tangan Elektronik resmi dari Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI).

E-Meterai adalah pajak atas dokumen elektronik berguna untuk menjadikan suatu dokumen elektronik dapat digunakan sebagai alat bukti di pengadilan.

Hadirnya App eMET memudahkan kita untuk melakukan perjanjian atau kontrak secara digital dan sah secara hukum. Tentunya, saat menggunakan aplikasi eMET kita tidak perlu khawatir karena aman dan terpercaya serta diakui oleh PERURI. Aplikasi ini tak hanya menyediakan elektronik meterai tapi juga tanda tangan digital.

Pekerjaan saya sebagai blogger seringnya membutuhkan perjanjian secara digital, oleh karena itu kehadiran App eMET sangat membantu.

 

Keunggulan Aplikasi Meterai Elektronik (eMET)

Ada beberapa alasan mengapa saya memutuskan untuk menggunakan eMET saat membuat perjanjian atau kontrak, di antaranya;

– Aman dan terjamin


App eMET menggunakan sistem otentikasi berlapis untuk memastikan e-Meterai dan e-Signature dilakukan oleh pihak yang benar dan tidak dapat diwakilkan oleh orang lain.


– Sah secara hukum


Produk meterai elektronik dan tanda tangan elektronik dalam App eMET disediakan oleh PERURI. Sehingga seluruh surat berharga dan dokumen digital yang dibubuhi menjadi sah secara hukum dan nirsangkal.


– Mudah dan praktis


App eMET memiliki beberapa fitur yang memudahkan penggunanya mengakses Meterai Elektronik dan Tanda Tangan Digital. Sehingga siapa pun bisa membuat dan mengelola surat perjanjian atau kontrak secara digital.

 

Fitur-fitur Menarik Aplikasi Meterai Elektronik dan Tanda Tangan Digital (eMET)

Fitur aplikasi meterai elektronik

Setelah tahu mengenai aplikasi ini, saya langsung mendownload App eMET melalui Google Play Store. Tidak butuh waktu lama untuk membuat akun saat registrasi, maka saya pun bisa mengakses berbagai fitur-fitur eMET. Berikut ini beberapa fitur-fitur menarik dari aplikasi Meterai Elektronik (eMET).

1. Balance Top Up


Melalui fitur ini, kita bisa membeli Meterai Elektronik dengan mudah. Ada beberapa paket Meterai Elektronik yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan dengan beragam metode pembayaran. Bukan hanya bisa membeli paket Meterai Elektronik tapi juga paket Tanda Tangan Digital.

Baca Juga:

Jangan Sembarangan, Ini Lokasi Pemasangan Kamera CCTV Terbaik di Rumah

Mengenal Jenis Rigging yang Sering Digunakan

Tren Warna Ramadhan Nippon Paint Jadikan Rumah Lebih Indah

2. Signing Order


Fitur ini memudahkan kita untuk dapat membantu proses tanda tangan online sesuai dengan pihak yang telah ditentukan sebelumnya.

3. Signature Request

Fitur ini berfungsi untuk meminta pihak yang terkait agar menandatangani dokumen elektronik, secara cepat dan juga praktis. Nah tidak perlu ke rumah orang yang terkait hanya untuk meminta tanda tangan, melalui eMET kita bisa meminta tanda tangan secara digital dalam penandatanganan sebuah dokumen penting.

4. Dokumen


Fitur eMET lainnya adalah Dokumen, dimana fitur ini bisa melacak atau menyimpan riwayat dokumen yang sudah kita unggah.

 

Cara Menggunakan Aplikasi eMET


Setelah mengetahui keunggulan dan fitur menarik eMET saatnya kamu juga menggunakan aplikasi ini untuk keperluan pekerjaan atau usaha saat membutuhkan perjanjian atau kontrak. Berikut ini langkah-langkah menikmati kemudahan Meterai Elektronik pertama di Indonesia.

1. Download eMET melalui Play Store atau App Store
2. Setelah mendownload, lakukan registrasi sesuai petunjuk. Lengkapi data dan verifikasi email agar bisa membuka fitur-fitur eMET.
3. Selamat! Kini kamu sudah bisa menikmati App eMET untuk berbagai keperluan usaha atau kerja.

Dan perkejaan saya sebagai blogger freelancer semakin gampang dan tenang dengan hadirnya aplikasi eMET dimana saya bisa melakukan tanda tangan dan meterai elektronik dari mana saja. Yuk segera download eMET di Android atau i-Phone kesayangan kamu dan nikmati beragam fitur Meterai digitalnya.

Artikel Menarik Lainnya

23 Komentar

  1. Wah menarik banget nih, jadi penasaran apa kantorku udah pakai materai elektronik juga. Kalau tanda tangan digital sih udah lumayan banyak ya semenjak pandemi kemarin ini. Ngurus segala macam dokumen harus secara digital juga jadi lebih enak TTD digital hehe.

  2. Kalau tanda tangan digital nih, saya sudah lama menggunakannya. Bahkan zaman sebelum terjadi pandemi (yang mana tanda tangan digital ramainya kan pas segalanya serba online di masa pandemi). Nah.. materai elektronik ini yang saya baru dengar.

  3. Dian Restu Agustina

    Sebagai freelnacer selalu bingung akutuu kalau diminta signed MOU..asyik kini ada aplikasi eMET jaid bisa deh tanda tangan dan meterai elektronik dari mana saja. cus ku download deh segera

  4. Bayar biaya materainya gimana ya Mak ditransfer ya via ATM? Aku sering nih butuh tanda tangan digital dan caranya masih pakai manual hihi ribet pisan..

  5. Aku baru tahu tentang materai digital ini mbak, keren juga ya e-met ini
    Ini lebih praktis ya jadinya

  6. Ini berarti kita cukup beli meterainya saja di aplikasi tersebut atau ttd digitalnya bayar juga, Maak? Jadi penasaran. Hahhaa

  7. Wah wah, aki baru tahu nih dengan aplikasi ini. Praktis dan bermanfaat banget pastinya. Aku sendiri selama ini kalo tandatangani e-dokumen, pakenya foto tandatangan. Kalo ada aplikasi begini, praktis banget ya. Kudu nyoba nih.

  8. nah cocok deh aku kalau ada materai digital kayak gini. asli gedek banget kalau butuh matrei pas lagi ngurus dokumen sudah antrinya lama giliran kita eh matreinya kurang harus keluar dari antrian lagi. astaga. mau ngamuk rasanya

  9. Nah setuju banget nih pakai eMet bakalan praktis ya. Semoga instansinya lainnya juga bisa menerima. Contohnya kalau saya mau naik gunung bawa anak, suka riweuh harus bikin surat keterangan pakai materai. Kalau bisa pakai materai elektronik kan mudah, asal bagian simaksi gunung nya bisa menerima materai elektronik dari aplikasi ini ya

  10. Lisdha ww.daily-wife.com

    Waah..aku baru tau emet ini mbak. Beneran..
    Baru baca penjelasan di atas, masih ngambang pemahamanku. Kayaknya mesti coba tengok2 aplikasinya biar paham beneran ya..

    Ini pemakaiannya jd gimana sih mba? Tinggal dibubuhkan pada dokumen digital atau ada langkah tertentu?

  11. baru tahu ada eMet loh. ntar mau cari tahu info lebih lanjut nih.. penting soalnya untuk bisnis molzania

  12. Suciarti Wahyuningtyas

    Widiiihhhhh… Sekarang sudah ada materi digital berarti tanda tangan basah lambat laun bakal ditinggalin nih ya mbak. Apalagi untuk urusan dokumen-dokumen penting, karena aku baru saja mengurus dokumen yang membutuhkan materai dan tanda tangan basah.

  13. Waaah baru tau ada aplikasi materai digital seperti ini. Selama ini tau nya cuma tanda tangan digital. Ternyata ada ya materai digital

  14. Info ini berguna banget buatku. Selama ini kalau tanda tangan udah biasa bikin secara digital, kalau materai belum pernah, dan mau ga mau mesti dicetak dulu baru pasang materai ya kan. Barusan langsung install, dan udah daftar. Alhamdulillah berhasil. Tapi ada kolom Sertifikat Elektronik di halaman depan, itu fungsinya buat apa ya? Tadi aku coba klik, ternyata disuruh masukin data, dan berbiaya 10.000 tapi karena ada diskon, jadi bayar nol. Cuma yang dimaksud itu, sertifikat untuk apa ya mbak?

  15. Iya donk…penting banget ini tuh..
    karena kemarin ada kerjasama yang membutuhkan materai digital juga tanda tangan digital.
    Yang ada hanya bisa membubuhkan tanda tangan, karena belum tahu kalau ada materai digital. Kudu cobain kemudahan yang ditawarkan apps eMET.

  16. Wah menarik banget ini, secara aku sering banget membuat dokumen yang memerlukan ttd digital dan tentunya membubuhi materai juga, semoga ini jadi solusi ya yang selama ini ribet sekarang jadi lebih praktis dan memang harus adaptif dengan perkembangan zaman ya apapun jenis aktitasnya

  17. Wah sekarang materai aja udah go disital yah. Emang lebih memudahkan banget sih di era serba digital gini. Apalagi secara hukum sah dan legal kita gunakan, semakin mudah deh.

  18. wow ternyata ada ya materai elektronik yang aman dan terpercaya. Jadi memudahkan untuk transaksi dan menandatangani perjanjian. ga repot nyari2 materai lagi keluar rumah

  19. Sekarang gak perlu bingung lagi membuat dokumen yang butuh materai ya Mbak. Dengan eMET dokumen2 penting bisa ditanda tangani dan dikasti legalitasnya dengan tanpa perlu materi fisik. Sebuah kemajuan nih. Apa lagi cara install dan daftarnya juga mudah. Saya berniat akan menggunakannya 🙂

  20. Yihaaa, asik banget nih kalo ada materai elektronik cem giniiii
    sangat memudahkan klo ada dokumen digital yg kudu di-provide materai plus TTD ye kan
    Keren!

  21. Selama ini saya masih menggunaka materai tempel untuk setiap transaksi Arenga. Padahal dokumen dikirim secara digital. Jadi ceritanya dokumen saya print dulu, tempel materai, tanda tandan, baru di scan. Gak praktis banget ya. Jadi baru tahu nih sol e-met dari post ini. Saya akan perlajari dengan seksama, biar gak ketinggalan jaman lagi. Thanks ya Mbak 🙂

  22. Akhirnya ya,launching juga. Aku beberapa kali sempat dengar masalah materai elektronik. Alhamdulillah sekarang zamannya sudah dipermudah semua, nggak perlu nempel dan cari enjual materai, kaena sudah ada eMet

  23. Wah ada meterei digital ya, aku baru tau tentang aplikasi eMET ini. Praktis banget ya, kita bisa melakukan tanda tangan dan meterei elektronik dimana aja, prosesnya jadi lebih cepat, anti ribet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.