Apa Saja Bentuk dari Investasi? Kepoin Yuk!

Apa saja bentuk dari investasi

Era milenial saat ini dimana perkembangan teknologi semakin canggih memiliki pengaruh terhadap gaya hidup masyarakat. Jika dulu mendapatkan penghasilan harus melalui pekerjaan fisik, sekarang mendapatkan penghasilan tanpa harus terlibat secara langsung sudah bisa didapatkan melalui investasi. Apa saja bentuk dari investasi? Ternyata ada beragam jenis investasi yang bisa menjadi pilihan saat ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Berikut ini beberapa jenis investasi yang perlu kamu ketahui

Apa saja bentuk dari investasi
Sumber Gambar: Pinterest
1. Properti

Semua pada tahu kan bahwa nilai properti cenderung naik dan sulit turun. Oleh karena itu, jenis investasi ini dinilai paling aman untuk mengamankan nilai harta sekaligus memperoleh keuntungan di masa mendatang.

Misal nih kamu membeli rumah, tanah, atau apartemen kemungkinan satu tahun kemudian harga properti tersebut bisa mencapai kenaikan 10-15 persen. Jika menginvestasikan dana dengan membeli properti maka dalam beberapa tahun kemudian hasil penjualan dari properti bisa menguntungkan berkali lipat. Lumayan menggiurkan bukan?

2. Emas

Emas dinilai menjanjikan untuk dijadikan investasi jangka menengah maupun panjang. Selain sebagai aksesoris, emas dapat dijadikan investasi karena nilainya selalu mengalami kenaikan tiap tahun.

Bagi sebagian orang, emas dijadikan dana darurat saat dibutuhkan kapanpun. Sifatnya juga cair sehingga bisa diuangkan kapanpun. Itulah mengapa banyak yang mengambil emas sebagai investasi.

3. Deposito

Deposito adalah jenis investasi yang paling diminati saat ini karena dijamin keamanannya. Pengelolaan uang dilakukan oleh Bank dan memiliki lembaga penjamin simpanan dalam jumlah tertentu. Namun, yang perlu diketahui bentuk investasi ini imbal hasil dari penanaman deposito tidak terlalu besar. Keuntungan dari investasi deposito sangat bergantung pada ketetapan suku bunga Bank Indonesia.

4. Obligasi

Obligasi merupakan surat utang yang dikeluarkan perusahaan atau negara untuk tujuan tertentu. Pembeli obligasi akan mendapatkan bunga dari nilai yang dibelinya dalam jangka waktu tertentu. Jenis investasi ini juga diminati dikalangan milenial saat ini.

5. Reksadana

Reksadana merupakan investasi di mana dana ditanam ke beberapa instrumen saham sehingga risiko yang dihasilkan lebih kecil. Risiko yang tergolong rendah. Jenis investasi ini cocok bagi kamu yang suka bekerjasama dan minim risiko.

Mengapa Harus Berinvestasi?

Siapapun bisa berinvestasi saat ini bahkan hanya melalui smartphone kamu bisa melakukan investasi. Bahkan ibu rumah tangga pun bisa berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan baik jangka pendek ataupun jangka panjang. Namun, kenali dan pelajari terlebih dahulu bentuk investasi yang paling cocok dijalankan.

Lima jenis investasi di atas hanyalah investasi secara umum yang kita ketahui dan paling banyak diminati. Masih ada banyak jenis investasi lainnya yang bisa kamu coba dan pelajari.

Artikel mengenai apa saja bentuk dari investasi semoga bermanfaat ya.

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.