NFT Indonesia Peluang Bagi Seniman Menjadi Jutawan

Setelah menulis aset kripto pada postingan sebelumnya, artikel kali ini akan membahas NFT Indonesia. Saait ini teknologi blockchain semakin berkembang pesat, hingga beberapa tahun kebelakang ada sebuah pengembangan dari Blockchain yang disebut NFT atau Non-Fungible Token yang digadang-gadang menjadi masa depan potensial bagi seniman maupun penikmat karya hasil dari industri kreatif khususnya karya seni digital.

Apakah mudah menjadi seniman? Pertanyaan itu pernah saya lontarkan saat masih kuliah dulu kepada teman yang mengambil jurusan seni. Pasalnya, jaman saya kuliah dulu, masih banyak orang tua yang beranggapan bahwa masa depan seniman tidak menentu. Benarkah?

Menurut saya mindset tersebut sangat keliru. Pekerjaan apapun, semuanya memiliki peluang yang sama agar bisa sukses. Tak ketinggalan profesi seniman pun bisa berkiprah di dunia digital memasarkan hasil karya seninya. Kok bisa?

Jika dulu seniman hanya bisa memasarkan karya seninya secara langsung, kini tidak lagi. Hadirnya NFT menjadi peluang besar bagi para seniman untuk menjual karyanya dan mendapatkan keuntungan besar. Bagaimana caranya? Simak ulasannya yah!

NFT Indonesia

Apa Itu NFT, Bentuk dan Keuntungannya Bagi Seniman

Dilansir dari BBC, NFT adalah jenis sertifikat digital yang memverifikasi siapa yang memiliki aset tertentu di dunia cryptoart. Masing-masing sertifikat mewakili kepemilikan karya seni otentik. Token itu masuk dalam blockchain, teknologi yang sama yang mencakup uang kripto seperti Bitcoin. Siapa yang membuat karya seni, kapan karya itu dijual, dan kepada siapa terekam dalam rantai blok itu.

Seniman atau artist memiliki hak cipta intelektual atas gambar yang terkait dengan NFT dan dapat memperoleh royalti setiap kali token terjual kembali. Harga seni digital dalam NFT akan lebih mahal dibandingkan karya seni biasa.

Bagi seniman hal ini tentu saja menguntungkan. Seniman bisa mendapatkan royalti dan pendapatannya dapat meningkat setelah menjual karya seninya dengan menggunakan NFT. Hasil karya seniman juga bisa dipasarkan secara global, selain NFT Indonesia juga bisa merambah ke NFT global.

Masa pandemi seperti saat ini, sistem NFT tentu akan memudahkan seniman memamerkan hasil karya seninya secara digital.

Model atau bentuk karya yang biasa ditawarkan adalah berupa gambar atau video. Selain seni digital, dalam NFT ada juga penawaran berupa real estate. Namun, jika kamu adalah seniman, hal ini tentu menjadi peluang besar menjadi jutawan dengan memanfaatkan teknologi Blockchain .

Kemunculan seni kripto di Tanah Air juga memudahkan seniman dan kolektor untuk bertemu lintas negara. Sebabnya, transaksi dilakukan secara online, melalui marketplace khusus.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menjual Karya Seni dalam NFT

Keberadaan seni kripto di Indonesia memang sedang naik pamor belakangan ini dan menjadi primadona di dunia seni nasional. Meski demikian ada hal yang harus diperhatikan sebelum terjun dalam dunia NFT.

Kamu perlu mempelajari mekanisme dan keamanannya, termasuk pengkategorian Crypto Art sebagai karya seni kontemporer modern.

Nah jika kamu masih bingung mengenai mekanisme menjual karya seni melalui NFT, kamu tidak perlu khawatir. Hadirnya Tokocypto yang merupakan NFT Indonesia pertama membuka kesempatan bagi para kreator atau artist baik di kategori lifestyle, kreatif, games untuk bergabung di Tokomall.

Melalui Tokocypto, seniman akan diberikan kemudahan dan edukasi bagaimana menjual karya seni secara digital. Tentunya, seniman akan mendapatkan keuntungan jika karyanya berhasil menjual dan bahkan menjadi jutawan dengan mudah.

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.