Coba dulu Simulasi Kredit Motor Sebelum Membeli

Pengen beli motor tapi tabungan tidak cukup. Rupanya ini menjadi dilema bagi sebagian orang. Kebutuhan yang banyak mengharuskan seseorang harus bisa mengatur keuangan dengan baik agar apa yang ingin dibeli terwujud. Salah satunya adalah mempunyai motor handal. Namun, bagaimana jika uang tidak cukup? Solusinya adalah mengambil kredit motor. Tapi bingung bagaimana caranya? Simak dulu simulasi kredit motor sebelum membeli berikut ini.

Apa Keuntungan Mengambil Kredit Motor?

Mengambil kredit sebuah barang seperti motor misalnya ternyata memberikan keuntungan. Stigma tentang memiliki kredit bahwa banyak utang tidaklah benar. Kredit membantu kita agar bisa memenuhi kebutuhan akan suatu barang seperti motor tanpa harus menunggu tabungan mencukupi.

Mengambil kredit sebagai transaksi adalah cara tercepat untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan. Belakangan ini, muncul berbagai penawaran mengenai keluaran motor terbaru pun banyak penawaran kredit kepada setiap calon pembeli.

Walau menawarkan beragam kemudahan, kita tidak boleh langsung tergiur mengambil kredit, sebab jika tak mampu melunasi kredit sampai akhir, maka motor bisa diambil leasing. Tapi jangan khawatir, keuntungan mengambil kredit jauh lebih banyak karena bisa meringankan ekonomi. Kuncinya adalah mampu mengatur keuangan dengan tepat.

Tips Sebelum Mengambil Kredit Motor

Simulasi Kredit Motor
Sebelum membeli motor lewat transaksi kredit, perhatikan dulu tips berikut ini;
Ketahui motor apa yang dibutuhkan

Akhir-akhir ini memang banyak motor keluaran baru dengan desain dan beragam fitur canggih yang memukau, namun sebelum memutuskan membelinya, kenali dulu motor yang sesuai kebutuhan sehari-hari. Jika alasan membeli karena ingin dipakai kerja, maka pilihlah motor yang dapat menunjang aktivitas kerja.

Lihat Kondisi Keuangan

Hal yang paling utama sebelum mengambil kredit motor adalah melihat kondisi keuangan apakah memungkinkan mengambil kredit atau tidak. Karena jika kondisi keuangan tidak mendukung, maka ke depannya pelunasan kredit bisa terhambat atau macet.

Tanyakan Fasilitas kepada Pihak Penjual

Menanyakan fasilitas saat ingin membeli juga penting. Misalnya negosiasikan diskon agar mendapat keringanan, apakah ada hadiah berupa barang atau tidak seperti helm, jaket, dan lainnya.

Cek Administrasinya

Ini pengalaman saya bersama ayah saat membeli motor. Kami lupa menanyakan soal administrasi seperti pengurusan SIM dan BPKB. Yang kami pikir bahwa setelah membeli motor maka surat persuratannya akan segera keluar. Nyatanya setelah kami membeli, BPKP baru keluar setelah 2 bulan lebih. Nah jika kamu tidak mau mengalami hal ini juga, ada baiknya menanyakan dulu soal kelengkapan motor sebelum membeli.

Asuransi

Mempunyai asuransi kendaraan juga penting. Kita tidak pernah tahu akan mengalami hal apa ke depannya. Asuransi kendaraan berfungsi untuk meng-cover motor bila terjadi hal tak terduga. Sebelum membeli, tanyakan terlebih dahulu asuransi motor tersebut dan bagaimana klaim asuransinya.

Lakukan Simulasi Kredit Motor

Mengambil kredit motor artinya kita siap membayar kredit tiap bulannya. Itulah mengapa sebelum mengambil kredit motor, ketahui dulu kondisi keuangan. Misalnya gaji yang dimiliki adalah sekitar 4jutaan, maka kamu bisa mengambil kredit dengan biaya cicilan perbulan antara Rp. 700.000- Rp. 1.500.000, karena masih tersisa gaji yang bisa dipakai kebutuhan sehari-hari.

Semakin besar uang muka saat mengambil kredit motor, maka semakin kecil biaya kredit perbulan.

Dilansir dari bareksa.com, leasing menawarkan pilihan jangka waktu pelunasan beragam, misalnya 11 bulan, 17 bulan, dan 23 bulan bahkan lebih. Berikut ini contoh skema pembelian motor Honda Scoopy FI dengan cara kredit selama 23 bulan:

Harga motor : Rp15.000.000
Uang muka : Rp3.000.000
Angsuran per bulan: Rp700.000
Total pembayaran: Uang muka + (angsuran x jangka waktu kredit) = Rp 3.000.000 + (Rp 700.000 x 23) = Rp 19.100.000

Total pembayaran tersebut belum termasuk biaya administrasi yang berkisar Rp. 200.000, tergantung nominal kredit dan leasing.

Jika masih bingung soal simulasi kredit, kamu tidak perlu khawatir. Agar bisa menghitung cicilan kredit motor dengan tepat kunjungi situs Honda motor dengan mempelajari simulasi kredit motor sebelum membeli.

Tidak perlu gengsi membeli barang lewat kredit, karena bertransaksi secara kredit dapat meringankan beban dan mempermudah memiliki suatu barang. Kuncinya adalah bisa mengatur keuangan dengan tepat agar saat pelunasan kredit tidak mengalami macet.

Nah itu dia artikel mengenai simulasi kredit motor, semoga bermanfaat…

Artikel Menarik Lainnya

3 Komentar

  1. Kebetulan adek lagi butuh motor, baca artikel ini jadi punya pandangan berapa berapa per bulan yang perlu di bayar kalo misal ambil kredit

  2. memang sebelum mengambil kredit ada banyak yang harus dipertimbangkan, termasuk kredit sepeda motor. Bertanya sejelas-jelasnya tentang tenor, bunga, fasilitas ke penyedia jasa kredit adalah hal yang sangat penting

  3. Tips yang menarik, memang benar yang paling penting adalah melihat kondisi keuangan, daripada di tengah jalan tidak bisa melunasi. Tidak perlu kemakan gengsi harus beli motor yang mahal. Cuma sampai dengan saat ini aku lebih pilih nabung dulu baru beli, karena kalau kredit pasti biaya total yang dikeluarkan akan lebih besar daripada harga motor aslinya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.