Cara Mudah Cari Cuan Meski di Rumah Aja

Emang ada cara mudah cari cuan meski di rumah aja? Pertanyaan ini mungkin banyak kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Bagi sebagian orang yang mindsetnya masih mengira bahwa bekerja atau menghasilkan hanya bisa dilakukan saat beraktivitas di luar rumah apalagi harus kerja kantoran. Tapi, bagi orang yang sudah memanfaatkan kecanggihan teknologi, tentu akan mengira bahwa hal tersebut sangatlah mudah digunakan.

Era digital saat ini memberikan kemudahan kepada siapa saja yang ingin menghasilkan cuan meski di rumah aja walau tanpa pendidikan tinggi sekalipun. Dulu, sebelum era digital, seorang ibu rumah tangga hanya bisa mengharapkan penghasilan dari suami. Namun, seiring berjalannya waktu, kini banyak perempuan khususnya ibu rumah tangga yang bahkan menjadi tulang punggung keluarga.

Dengan memanfaatkan digital saat ini, banyak ibu rumah tangga yang penghasilannya tidak kalah banyak dengan pekerja kantoran.

Bagaimana Mencari Cuan di Era Digital?

Cara mudah menghasilkan cuan meski di rumah aja
Sumber Gambar: Freepik

Saya hanya ingin berbagi pengalaman mencari cuan selama ini dengan memanfaatkan teknologi meski hanya sebagai ibu rumah tangga yang aktivitasnya kebanyakan di rumah saja. Apalagi sejak punya dua anak yang jaraknya berdekatan, saya merasa punya tanggung jawab lebih untuk membantu suami.

Awal mula mengetahui bahwa kita bisa mendapatkan penghasilan meski di rumah saja adalah saat saya menyalurkan hobi menulis di blog. Dari mulai rutin menulis di blog hingga bergabung di komunitas itulah sehingga saya mendapatkan banyak hal-hal baru dan tips bagaimana menghasilkan dari blog. Alhamdulillah setelah mempelajarinya lebih lanjut, yang tadinya cuma menulis saja di blog akhirnya bisa mendapatkan bayaran dari tulisan yang saya buat.

Saya merasa sangat senang, karena berada di era digital, dimana bukan hanya semuanya menjadi lebih mudah, tapi juga memudahkan kaum ibu-ibu yang ingin bekerja di rumah tanpa harus mengorbankan waktu untuk keluarga.

Dengan memanfaatkan teknologi dan upgrade skill, maka kita bisa mencari cuan meski tidak bekerja kantoran.

Pekerjaan yang Bisa Menghasilkan dari Rumah

Berikut ini ada beberapa ide pekerjaan yang bisa menghasilkan tanpa harus kerja kantoran, butuh pendidikan tinggi dan sebagainya. Cukup kreatifitas dan skill.

1. Freelancer

Freelancer atau pekerja lepas hanya membutuhkan skill unik sehingga kita bisa bekerja di rumah saja, misalnya saat kita memiliki keahlian menggambar atau melukis, kita bisa memanfaatkan skill ini dengan membuka jasa desain di rumah dengan memanfaatkan sosial media. Saya juga pernah menulis tentang NFT khusus untuk Seniman, dimana kemampuan menggambar secara digital bisa kita manfaatkan untuk menjual karya kita melalui NFT.

2. Jualan Online

Jualan online saat ini juga menjanjikan, apalagi muncul perilaku pembeli yang lebih memilih untuk belanja secara online karena hal tersebut jauh lebih mudah. Tentu saja hal ini menjadi peluang untuk ibu-ibu yang tertarik untuk berjualan online. Memasarkan jualan pun tidak sulit karena sudah ada sosial media dimana penjual bisa memasarkan produknya melalui sosial media.

Jualan online pun beragam bentuknya, ada yang jualan dengan produk sendiri, dropshipper dan afiliasi. Saya pribadi saat ini terjun di dunia afiliate TikTok Shop dan alhamdulillah melalui afiliasi TikTok Shop saya mendapatkan tambahan penghasilan.

3. Menjadi Blogger

Jika kamu punya hobi menulis, cobalah untuk menuangkan hobi tersebut melalui blog. Blog adalah salah satu platform yang bisa kita gunakan untuk menyalurkan ide dan inspirasi. Platform blog juga dibutuhkan oleh banyak brand sebagai media untuk memasarkan produk mereka. Maka tak heran jika platform blog hingga saat ini masih eksis.

Bagaimana cara menghasilkan cuan dari blog? Hal ini sudah saya ulas di tulisan sebelumnya, pengunjung blog Ainhy bisa membacanya di sini.

Untuk menjadi blogger, kita hanya perlu membuat akun blog di platform yang telah di pilih bisa menggunakan blogspot, WordPress, Kompasiana dan lainnya. Namun, saya pribadi lebih nyaman menggunakan platform WordPress.

Bagi orang yang menekuni dunia blogging, penghasilannya bisa mencapai puluhan juta perbulan loh. Awalnya saya juga kurang percaya, namun setelah bergabung di komunitas blogger, saya mendapatkan sharing dari teman-teman blogger yang sudah sukses. Penghasilan mereka bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta perbulan.

Bagaimana Menjadi Blogger Profesional?

Menjadi blogger profesional tentu dibarengi dengan usaha yang sungguh-sungguh. Mulai dari mengasah skill menulis, memahami ilmu SEO dan sebagainya. Hal mendasar yang kita perlukan saat ingin menekuni dunia blogging adalah membuat blog kita terlihat profesional.

Caranya dengan menggunakan domain resmi yang bukan merupakan bawaan dari platform yang kita pilih misalnya WordPress.

Bagi kamu yang saat ini sudah memiliki blog namun belum berdomain TLD, kamu bisa mendapatkan domain dan hosting dari DomaiNesia.

Selain harganya yang murah, pelayanan dari DomaiNesia juga memuaskan. Semua produknya juga berkualitas dan terdapat SSL Certificate.

DomaiNesia adalah penyedia layanan web hosting dan registrasi domain murah, terjangkau dan berkualitas tinggi.

Jika kamu ingin menekuni dunia blogging dan mau mendapatkan cuan dari blog, kamu perlu mengubah domain blog agar terlihat lebih profesional. Setelah itu, jangan lupa untuk selalu upgrade skill menulis dan pengetahuan seputar dunia blogging khususnya SEO.

Nah itu dia beberapa cara mudah cari cuan meski di rumah aja, semoga membantu kamu yang sama denganku sebagai ibu rumah tangga. Terima kasih sudah berkunjung.

Artikel Menarik Lainnya

1 Komentar

  1. Belanja Tanpa Kredit dengan Aplikasi PayLater Termudah - Blog Ainhy Edelweiss

    […] Cara Mudah Cari Cuan Meski di Rumah Aja […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.