Cara Menghasilkan Uang dari Blog Pribadi

Cara menghasilkan uang dari blog

Cara menghasilkan uang dari blog

Bagi blogger yang sudah profesional mendapatkan 15 juta per tahun dari blog sangatlah kecil malah saya pernah mengikuti sebuah webinar Tudang Sipulung yang diadakan komunitas Blogger Anging Mammiri dengan tema cara menghasilkan uang dari blog 33 juta per bulan! Bayangkan dengan angka segitu bisa didapatkan dalam satu bulan hanya dari blog. Namun, bagi saya yang masih amatir dalam dunia blog mendapatkan satu sampai dua juta perbulan adalah hal yang luar biasa. Mengapa? Karena awal ngeblog saya nggak kepikiran bisa mendapatkan cuan dari blog pribadi. 

Setelah hampir setahun ngeblog sendiri yang isinya kebanyakan curhat (hehe maklum waktu itu masih single kebanyakan nulis soal urusan patah hati wkwkw) dan berganti-ganti blog, akhirnya saya memutuskan untuk membuat blog yang kontennya banyak dicari orang. Waktu itu saya baru mengisi konten blog dengan review buku dan film serta puisi dan cerpen. Nah pada saat itulah saya mulai berkenalan dengan komunitas blogger seperti Blogger Anging Mammiri dan Blogger Perempuan. Lama kelamaan saya memasuki semua komunitas bloger yang saya temukan di sosial media.

Dan setelah bertemu komunitas Blogger Ruang Tunggu dari Mba Monica Anggen, saya mendapatkan banyak insight seputar teknis blog, yah walau saya masih remah rengginang soal urusan teknis blog ini setidaknya saya bisa mengoptimasi blog sedikit demi sedikit agar bisa mendapatkan penghasilan dari blog pribadi. Pastinya dong saya nggak mau menyimpan pengalaman blogging selama kurang lebih dua tahun seorang diri. Saya ingin membagikan sedikit cerita dan tips kepada sobat Ainhy bagaimana cara menghasilkan uang dari blog pribadi. Sebelumnya lakukan dulu langkah-langkah di bawah ini.

1. Buatlah Blog di Platform Terbaik

Membuat akun blog sangatlah mudah. Kamu bisa memilih platform blogger yang cocok seperti WordPress dan Blogspot. Dua platform ini yang paling populer dikalangan blogger. Namun selain kedua platfrom tersebut, masih banyak platform lainnya seperti medium, tumblr, Drupal, Wix dan lain-lain.

2. Tentukan Domain Blog

Saat membuat blog di platform WordPress misalnya, blog kita belum memiliki domain seperti .com, .my.id, dan sebagainya tapi masih menggunakan domain bawaan platform misalnya ainhyedelweiss.wordpress.com. Saya pribadi saat mulai menekuni dunia blog langsung mengganti domain. Manfaat mengganti domain itu banyak salah satunya memudahkan brand untuk memilih blog kita bekerjasama sehingga untuk mendapatkan uang dari blog jauh lebih mudah.

3. Content is The King

Awal fokus ngeblog itu saya nggak langsung mendapatkan tawaran job karena saya harus membenahi konten-konten di blog yang awalnya hanya berisi curhatan, puisi dan cerpen. Saya mulai memikirkan tentang niche yang akan saya bangun di blog walau isinya masih gado-gado alias campuran setidaknya isi blog saya sudah memiliki beberapa konten yang dicari banyak orang. Karena Content is the king ada baiknya mempertimbangkan topik tulisan atau niche blog.

4. Belajar Search Engine Optimation (SEO) agar Blog Ramai Dikunjungi

Jujur saya sendiri mulai mempelajari SEO baru-baru ini di komunitas Blogegr Ruang Tunggu, percakapan teman-teman di grup menarik perhatian saya untuk belajar SEO. Manfaat belajar SEO salah satunya dapat membuat tulisan di blog ramai dikunjungi, hal itu tentu memiliki dampak positif di blog. Saat memiliki skill SEO otomatis brand akan tertarik melakukan kerjasama di blog kita.

5. Bergabung di Komunitas Blogger

Biar nggak kesepian ngeblog seorang diri kayak saya dulu selama setahun lebih, ada baiknya bergabung dalam komunitas blogger baik itu di daerah masing-masing ataupun mengikuti komunitas online di sosial media dan grup seperti komunitas Blogger Anging Mammiri, Blogger Ruang Tunggu, Blogger Perempuan dan lain-lain. Dengan bergabung di komunitas kita bisa belajar dari blogger lainnya dan selalu update info seputar dunia blogging.

6. Promosikan Blog di Sosial Media

Mempromosikan blog di social media dapat menarik lebih banyak pengunjung ke blog, selain itu kita juga bisa branding blog kita di sosial media. Jadi jangan pernah bosan sharing tulisan di sosial media yah setelah update tulisan share lagi deh.
Setelah menerapkan langkah-langkah di atas saatnya monetise blog agar bisa menghasilkan uang di blog pribadi 15 juta per tahun bahkan lebih dengan beberapa cara berikut.

1. Google Adsense

Google Adsense adalah sebuah layanan periklanan yang paling populer saat ini, dimiliki oleh perusahaan besar yaitu Google. Layanan ini diperuntukkan bagi para publisher atau pemilik website untuk menayangkan iklan. Hadirnya Google Adsense menjadi peluang bagi para blogger mendulang rupiah melalui penayangan iklan di blog pribadi.

Jika blog sudah memenuhi kriteria penayanagan iklan di Google Adsense maka kita akan mendapatkan sebuah kode yang dipasang di blog. Setelah terpasang secara otomatis Google Adsense akan mengakumulasi pendapatan.

2. Endorsement

Salah satu sumber penghasilan blog yang paling efektif adalah endorsement. Saat blog sudah populer dan memenuhi syarat yang diingikan brand, maka mudah bagi pemilik blog untuk mendapatkan tawaran endorsement. Bentuk endorsement ini bisa berupa content placement dimana brand sudah menyediakan artikel lalu kita hanya mempublish artikel tersebut di blog. Kedua, melalui blog kita bisa menerima endorsement berupa tawaran endorse produk seperti skin care, kuliner, hotel, fashion dan lainnya. Biasanya brand menawarkan salah satu produknya untuk direview tidak hanya memberikan produk tapi juga membayar artikel yang direview.

3. Program Afiliasi

Melalui blog, kita bisa dengan mudah mengambil program afiliasi seperti afiliasi Amazon, program afiliasi e-commerce ternama, program afiliasi Sociabuzz dan masih banyak lagi.

Untuk program afiliasi ini kamu bisa mempromosikan produk melalui blog. Jadi pengunjung bisa membeli produk melalui link afiliasi yang diberikan. Nantinya produk yang berhasil dibeli oleh pengunjung melalui link afiliasi kamu bisa mendapatkan persenan setiap produk yang berhasil terjual. Cara ini banyak dipakai blogger termasuk saya untuk mendapatkan penghasilan dari blog.

4. Jasa

Melalui blog kamu bisa menawarkan jasa ke para pengunjung blog seperti jasa pembuatan artikel, website, desain grafis dan lain-lainnya. Jika sudah profesial di dunia blogging, kamu bisa menawarkan jasa berupa kelas pelatihan blog atau SEO. Menarik bukan?

5. Ikut Lomba Blog

Ikut lomba blog ternyata bisa menjadi salah satu sumber penghasilan di blog nih. Asal percaya diri dan meningkatkan skill menulis bisa menjadi peluang untuk menang ketika mengikuti lomba blog. Saat ini banyak brand atau media yang mengadakan kompetisi menulis di blog. Kamu tinggal memilih aja lomba mana yang dirasa sanggup untuk diikuti.

6. Soziabuzz Tribe

Sekarang ada cara baru nih bagi blogger dan penulis untuk menghasilkan uang, yaitu dengan membuat halaman di SociaBuzz Tribe. Bagi yang masih asing dengan SociaBuzz Tribe ini simak dulu yah.
Jadi SociaBuzz Tribe ini adalah salah satu fitur terbaru SociaBuzz Pro, sebelumnya saya sudah mengulas salah satu fitur SociaBuzz lainnya yaitu layanan jasa SociaBuzz.

SociaBuzz Tribe merupakan salah satu fitur dari SociaBuzz Pro yang fungsinya untuk mempermudah blogger dan penulis menerima dukungan dari pembaca dan penikmat karyanya.

Selain blogger dan penulis, YouTuber, Gamer, Podcaster, Organisasi Amal dan lainnya juga bisa menggunakan fitur ini untuk mendapatkan dukungan.

Cara Kerjanya Gimana Sih?

Sociabuzz Tribe

Bagi blogger, fitur SociaBuzz Tribe bisa menjadi peluang besar untuk menghasilkan uang dari blog. Caranya kamu tinggal membuat halaman di https://sociabuzz.com/tribe, untuk lebih lengkapnya bisa nonton tutorial membuat halaman SociaBuzz Tribe di bawah ini

Selamat! Sekarang kamu bisa menghasilkan uang dari blog pribadi dengan memanfaatkan fitur Sociabuzz Tribe.
Kerja dari rumah bukan lagi hal yang baru di era sekarang. Salah satunya bisa mendapatkan penghasilan melalui blog pribadi, asal memiliki ketekunan dan niat yang baik, blog yang kita kelola menjadi peluang mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Jangan lupa dukung saya juga yah di SociaBuzz Tribe Ainhy Edelweiss, kamu bisa menikmati konten ekslusif di halaman SociaBuzz Tribe saya. Sekian dulu sharingnya, semoga bermanfaat.

Happy Blogging

Artikel Menarik Lainnya

21 Komentar

  1. dulu waktu awal awal ngeblog komunitas blogger juga nggak sebanyak sekarang, sekarang makin banyak komunitas dan itu semua sangat membantu sekali terhadap perkembangan blog dan juga menambah teman
    aku sendiri nggak menyangka sampai saat ini masih betah ngeblog, karena memang suka nulis intinya

    1. Nama blog nya mba? Pengen mampir jg 😊

  2. Semangat kita Mba Ai, heheeh insyaAllah kita bisa. Mari kita nikmati prosesnya dahulu, saling menyemangati agar tidak mudah menyerah.

  3. Wah samaan nih, saya juga baru belajar blog yang benar ini dari mbak Monica, mas Pewe dan teman-teman lain di BRT. Dulunya saya pikir yang penting nulis aja deh. Ternyata banyak aspek lain yang harus dipelajari ketika mengelola blog.

  4. Aku awalnya ngeblog buat curhat aja hehehe. Lama-lama iseng kepincut temen yang jadi blogger pro akhirnya mulai berani ngubah blog jadi TLD dan pelan-pelan sekarang menikmati hasilnya. emang harus sabar ya… butuh perjuangan jadi blogger tuh…semangaat!!

  5. Terimakasih penjelasannya mas. Memang tidak mudah untuk Menghasilkan Uang Dari Blog. Tapi memang mungkin bisa diraih dengan belajar lebih lagi.

  6. Udah lama daftar Sosiabuzz, tapi belum ngulik lebih dalam lagi, termasuk fitur Sosiabuzz Tribe. Padahal di sana ada peluang yang cukup besar untuk mencari receh dari internet ya Mba. Makasih atas infonya deh, jadi lebih semangat lagi menggali uang dari internet

  7. rikawidiastutialtair

    Itulah mengapa aku cinta menekuni dunia blogher. Banyak manfaat dan bahkan menghasilkan. Tapi ttp hrs komit dg niat awal, bahwa ngeblog harus bermanfaat bukan buat diri sendiri. Tapi buat orang banyak.

  8. Awal ngeblog juga bukan karena cuan tapi alhamdulillaahbgak nyangka aja hobi yang saya geluti ini bisa menghasilkan cuan. Kayaknya saya udah pernah join di sosiabuzz ini tapi mau cek ulang lagi ah..

  9. Wah semoga aku juga bisa konsisten ngeblog dan bisa sesukses cerita cerita keren itu

  10. Aku juga udah buat qku di sociabuzz ini tapi sampe sekarang belum di lirik lagi. Harus banyak di benahi nih biar blognya bisa di lirik juga. Heheh

  11. Jadi inget sahabat saya mbak, dia membangun blog dari 0, sekitar dua tahun lalu dan sekarang udah sukses banget. Ngelihat perjuangannya begadang sampe sekarang ahli SEO. Semoga saya yang baru aja ngeblog dua bulanan ini bisa ikutin jejaknya, karena emang blog masih sangat menjanjikan

  12. Waahh kak, sociabuzz bisa untukmendulang rupiah jg yaah. Keren ihh. Penasaran sama cara kerjanya. Otw ikutan. Hihi. Thanks kak infonya

  13. aku otw daftar socia buzz kak ainhy..makaasih yaa infonya nanti kucoba eksplore nih ada apa aja

  14. Aku pun baru belajar ngeblog baru beberapa bulan ini aja, dan mulai menekuni semenjak resign dari pekerjaan sebagai ajang penyaluran 22000 kata perhari hehe.. Kalau nanti bisa jadi sumber penghasilan itu bonusnya.

  15. eh mba ainhy udah jadi membernya blogger ruang tunggu yaa? manteep nih,..

    aku nih yang masih kesusahan untuk membuat artikel yang dibutuhkan orang, karena jujur seringnya bentrok sama keinginan pribadi sih, jadi masih kadang2 aja bikin artikel yg relatenyaaa,. tapi tips lainnya oke banget, beberapa udah kupraktekkin juga nih

  16. Bru tau nih mba soal sociabuzz, bsa dicpba nih buat nambah2 recehan, hehehe

  17. Ini langkah2 yang aku lakukan dulu pas awal2 ngeblog. Sampai sekarang juga sih hehe.. aku belum coba nih yang sociabuzz, coba ah kali aja beruntung

  18. keren dong ngeblog, bangga deh jadi blogger, hehe..

    semoga kita semua jadi blogger yang sukses ya mbak, aamiin 😀

  19. Heheh saya belum pakek sociabuzz tribe ini walaupun dah lama tahu…

  20. Sama nih ka, aku juga baru akhir2 ini membenahi blog setelah sekian lama ngeblog tapi belum pernah di monetisasi, alhamdulillah sekarang sudah jauh lebih baik dan perlahan bisa cuan dari blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.