Penting! Ini Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil

Malas bergerak bagi Ibu hamil ternyata memiliki banyak risiko. Memang saat hamil, kita perlu menjaga kehamilan dengan berhati-hati saat melakukan rutinitas, tapi terlalu mager alias malas gerak juga tidak baik bagi kondisi tubuh ibu hamil. Salah satu aktivitas yang paling disarankan bumil adalah berjalan kaki. Terdengar sepele yah tapi ternyata ada banyak manfaat jalan kaki untuk Ibu hamil.

Tips Jalan Kaki untuk Ibu Hamil

Sebelum memulai rutin jalan kaki saat hamil, ada baiknya konsultasi dulu kepada dokter, jika sudah dibolehkan, baru bisa mulai jalan kaki. Sebaiknya mulai secara perlahan dulu. Lakukan jalan kaki tiga kali dalam seminggu selama 15 menit. Lalu tingkatkan durasi jalan kaki diminggu-minggu berikutnya.

Jangan lupa untuk meminum air putih secukupnya sebagai pengganti cairan saat bumil berjalan kaki.

Kapan Mulai Berjalan Kaki?

Lain halnya dengan yoga Ibu hamil yang harus dilakukan saat usia kandungan trimester kedua, berjalan kaki dapat dilakukan sejak pertama menyadari positif hamil. Namun, ada baiknya memang berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kapan waktu yang tepat memulai berjalan kaki dan bagaimana cara amannya. Karena, kondisi setiap Ibu hamil berbeda-beda.

Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Manfaat jalan kaki untuk Ibu hamil
Sumber Gambar: Theasiparent

1. Mencegah Stress

Saat mengandung anak pertama, jujur saya selalu dihinggapi rasa stress. Namun seorang teman yang sudah berpengalaman memberikan saran agar saya berjalan kaki di pagi hari. Katanya, saat berjalan kaki, saya bisa menjalin komunikasi dengan bayi, mengajaknya merasakan keindahan alam sekitar sekaligus menenangkan pikiran. Dan ternyata benar, berjalan kaki bagi ibu hamil bisa mencegah stress karena meningkatkan hormon endorfin yang memicu perasaan bahagia.

2. Mempermudah Proses Persalinan

Manfaat jalan kaki untuk ibu hamil lainnya adalah mudah dalam proses persalinan. Rajin jalan kaki saat hamil akan menguatkan otot paha, betis, hingga otot-otot pinggul. Bumil tidak perlu menunggu lama untuk kontraksi dan tidak mengalami kesulitan saat mengejan.

3. Menurunkan Risiko Diabetes Gestasional

Kebanyakan ibu hamil mengalami diabetes gestasional yang memiliki risiko bayi lahir prematur serta bayi obesitas.

Diabetes gestasional dapat meningkat drastis bila sejak sebelum hamil dan sampai seterusnya bumil kelebihan berat badan dengan skor BMI 30 atau lebih.

Untuk itu disarankan rutin berjalan kaki. Olahraga seperti ini akan membantu bumil menjaga dan mengendalikan berat badan sehingga dapat menghindari risiko terkena diabetes gestasional.

4. Melancarkan Pencernaan

Bumil harus tahu nih bahwa jalan kaki termasuk olahraga kardio yang memperlancar pencernaan. Bagi Ibu hamil tentu saja akan mengurangi rasa mual dan muntah hingga diare atau sembelit.
Pencernaan yang sehat juga membantu tubuh lebih cepat menyerap nutrisi dan mengubah makanan menjadi energi, serta menurunkan resistensi insulin yang bisa memicu perkembangan diabetes.

Kesimpulan

Manfaat jalan kaki untuk ibu hamil dapat menjaga kesehatan ibu dan janin. Rutin berjalan kaki akan memberikan banyak waktu kepada ibu hamil menjalin ikatan dengan janin. Semoga bermanfaat ya.

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.