Ini Dia Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil

Belajar dari pengalaman mengandung anak pertama, kini saya lebih memperhatikan kesehatan tubuh dan janin saat mengandung anak kedua. Salah satunya melakukan yoga ibu hamil setelah usia kandungan memasuki usia trimester kedua. Ternyata manfaat yoga ini sangat bagus bagi tubuh dan jiwa ibu hamil juga untuk janin.  

Perhatikan Ini Sebelum Melakukan Yoga Ibu Hamil

Waktu yang Tepat untuk Yoga Ibu Hamil

Penting memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk melakukan yoga Ibu hamil. Sebaiknya lakukan yoga Ibu hamil saat usia kandungan memasuki trimester kedua.

Didampingi Instruktur

Melakukan yoga dengan instruktur akan jauh lebih aman karena instruktur memiliki pengetahuan yang cukup mengenai gerakan yoga yang tepat untuk Ibu hamil.

Hindari Pose yang Menegangkan Otot

Yoga Ibu hamil bertujuan untuk meregangkan bukan menegangkan otot. Hindari pose yang berlebihan saat melakukan yoga.

Hindari Posisi Telentang

Bumil harus tahu bahwa posisi telentang terlalu lama dapat berakibat buruk pada janin. Untuk itu saat melakukan yoga, sebisa mungkin hindari pose telentang terlalu lama.

Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil

Manfaat yoga Ibu hamil
Sumber Gambar: klikdokter(dot)com

Bumil perlu tahu nih apa saja manfaat yoga untuk Ibu hamil. Simak yuk!

1. Membantu Tubuh untuk Tetap Sehat, Aktif dan Kuat

Melakukan yoga dapat membuat tubuh menjadi sehat, aktif dan kuat. Perubahan hormon selama 9 bulan dapat teratasi saat bumil melakukan yoga. Tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, tapi juga merilekskan pikiran bumil.

2. Belajar Teknik Pernapasan

Hal yang paling penting perlu dipelajari bumil menuju persiapan melahirkan adalah teknik pernapasan. Bila mengetahui teknik bernapas yang baik, bumil tidak akan mengalami kesulitan saat melahirkan pun dapat mengendalikan emosi. Manfaat yoga untuk Ibu hamil salah satunya adalah ini.

3. Mengurangi Sakit Pinggang dan Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Seiring bertambahnya usia kandungan, maka bumil akan merasakan sakit di beberapa area tubuh terutama pinggang. Latihan yoga ibu hamil, dapat mengurangi sakit pinggang dan juga meningkatkan keseimbangan tubuh.

4. Membantu Membuka Area Pinggul

Beberapa gerakan yoga Ibu hamil seperti squat atau jongkok, dapat membantu membuka area pinggul.

5. Membantu Relaksasi

Saat hamil, pikiran dipenuhi rasa kecemasan seperti mengkhawatirkan proses persalinan, kesehatan janin, nutrisi dan sebagainya. Melakukan yoga dengan pose relaksasi sembari mendengarkan musik dapat membantu bumil berpikiran jernih dan rileks.

6. Menjalin Ikatan dengan Jabang Bayi

Saat melakukan latihan yoga, ada banyak gerakan yang membuat jabang bayi nyaman. Selain itu, instruktur biasanya mengajarkan berkomunikasi dengan bayi sebelum memulai yoga ataupun setelah yoga. Dengan begitu, ibu hamil dapat menjalin ikatan dengan jabang bayi sejak dalam kandungan.

Nah itu dia manfaat yoga untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat, stay save and healthy.

Artikel Menarik Lainnya

10 Komentar

  1. Ternyata manfaat Yoga untuk ibu hamil ada banyak ya. Yang pastinya bisa melancarkan kehamilan dan persalinan juga. Tidak heran ya kalau bumil dianjurkan buat rajin melakukan yoga

  2. Waktu hamil saya malah gak perna olahraga soalnya lemes banget. Coba dah kenal yoga pasti asyik

  3. Eka duwi handayani

    jqmgankan bumil … pas udah ga hamil aja aku juga ketagihaan yoga …. selain gayanya yg elegan maknfaatnya banyak banget ya

  4. aku kemaren nggak sempet yoga nih pas hamil, nanti deh aku coba untuk anak kedua, hihi..

  5. Gerakan yoga emang bagus2 yaa mba, kayak relaksasi tapi juga bikin otot kerja jadinyaa enak keringeten gt meskipun sambil duduk wkwk jujur aku blm pernah ikut yogaa. tapi baca ini dan perhatikan gimana gerakannya tuh rasanya jadi pengen nyoba

  6. Aku baru tahu senam yoga buat bumil setelah melahirkan anakku.. Mungkin besok kalau hamil anak ke dua bisa aku coba ya senam yoga buat bumilnya.. Hehee,,

  7. Lebih rileks ya…kalau sudah yoga apalagi ketika hamil, badan sering pegel².. huhuhu

  8. Ternyata banyak banget ya manfaat yoga untul bumil. Kalau tau dari dulu pasti aku rutinin yoga deh pas hamil. Hehe

  9. eka fitriani larasati

    pernah waktu hamil dulu kepengen banget yoga tapi belum sempat karena mendahulukan senam hamil, hehehe. tapi aku rekomen banget sih yoga buat ibu hamil karena manfaatnya emang bagus buat selama hamil dan melahirkan, pengalaman temenku juga begitu

  10. Bumil harus tau nih yoga agar janin dan Ibu sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.