Rekomendasi Pompa ASI yang Aman dan Nyaman digunakan Ibu Menyusui Plus Review dan Pengalaman Menyusui

Rekomendasi Pompa ASI

Sebelum melahirkan saya  mengira bahwa menyusui itu adalah hal yang paling gampang, tinggal tunggu bayi lahir dan otomatis deh air susu ibu mengalir deras. Makanya saya tidak memperbanyak literasi tentang menyusui, yang ada hanya mencari tahu persiapan melahirkan, perlengkapan bayi dan cara merawat bayi. Nyatanya setelah melahirkan saya kalang kabut soal menyusui ini. Oh No!!!

Faktanya menyusui tidaklah sesederhana itu, karena tidak semua Ibu bisa langsung menyusui bayinya saat dilahirkan. Ada beberapa kendala yang kerap dialami Ibu menyusui apalagi saat melahirkan anak pertama. Berikut ini beberapa masalah yang kerap dialami ibu menyusui, hal tersebut juga pernah saya alami

  1. ASI Tidak Langsung Keluar di Hari Pertama

Mungkin ada beberapa Ibu yang ASI-nya keluar di hari pertama saat melahirkan, tapi itu jarang terjadi. ASI saya pun bisa keluar 4 hari setelah melahirkan, hal ini tergantung kondisi Ibu. Agar ASI bisa lancar dan cepat keluar setelah melahirkan, Moms perlu mengonsumsi sayur-sayuran secara rutin atau booster ASI yang terpercaya khasiatnya. 

  1. Merasa Nyeri Saat Menyusui

Sebelum ASI keluar, biasanya Ibu mengalami rasa nyeri di area payudara bahkan saya dulu sampai meriang. Belum lagi rasa nyeri di area nipple ketika bayi mulai menyusui. Rasa nyeri ini Moms alami karena belum terbiasa.

Jika sudah merasakan hal ini, Moms perlu melakukan pijat relaksasi terutama di area payudara agar mengurangi rasa nyeri, tidak hanya itu, pijat PD dapat memperlancar ASI. Jika nipple terasa nyeri, Moms bisa memberikan cream khusus nipple.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Channel YouTube Seputar Ibu dan Anak

  1. Mengalami Masalah Payudara Seperti Flat Nipple

Flat nipple dapat menyebabkan bayi tidak bisa menyusui dengan baik karena kesusahan menghisap nipple Ibu. Hal ini pun pernah saya alami. Tapi, Moms jangan worries, meski demikian Moms tetap bisa menyusui dengan lancar. Moms hanya perlu bersabar menyusui bayi dan mengetahui triknya.

  1. ASI Ibu Mengalir Lancar Hingga Terbuang Sia-sia

Bayi yang masih dibawah tiga bulan memiliki lambung yang ukurannya sangat kecil sehingga porsi menyusuinya pun belum banyak, apalagi diusia ini jam tidur bayi masih banyak sehingga kadang air susu Ibu terbuang sia-sia.

Hal ini pernah saya alami setelah melahirkan Zahra. Bulan pertama saya tidak banyak melakukan aktivitas menyusui karena jam tidur Zahra masih banyak. Hanya beberapa kali disusui kemudian Zahra tertidur lagi. Tentu ASI saya pada saat itu terbuang sia-sia karena terus mengalir meski tidak menyusui.

Tapi jujur pada saat itu saya belum berani mencoba pompa ASI karena keluarga saya tidak merekomendasikan. Alasannya karena pompa ASI dapat membuat bayi bingung dengan nipple Ibunya. Kedua, pompa ASI tidak nyaman dan aman digunakan. So, pada saat itu saya hanya membiarkan ASI saya terbuang, padahal saya pun memiliki masalah lain yaitu flat nipple dimana bayi saya kesulitan menghisap nipple saya, alhasil saya pun memberikan bantuan susu formula.

Baca Juga: Cerita Kehamilan Trimester Tiga: Aku Takut Melahirkan

Beruntungnya saat ini edukasi tentang menyusui sudah saya dapatkan, oleh karena itu jika diamanahkan anak lagi persiapannya jauh lebih matang apalagi saat ini ada pompa ASI yang aman dan nyaman digunakan Ibu menyusui.

Tentang Dr. Brown’s Silicone One Piece Breastpump, Keunggulan dan Cara Menggunakannya

Dr. Bworn's Silicone One Piece Breastpump

As you know Moms, Dr. Brown’s adalah brand ternama dan terpercaya berdedikasi untuk menciptakan produk bayi yang inovatif untuk mendukung kesehatan dan pemberian gizi yang opimal.

Dr. Brown’s juga menghadirkan Silicone One Piece Breastpump untuk mempermudah Ibu memompa hingga menyimpan ASI perah yang berharga. Berikut keunggulan Pompa ASI Dr. Brown’s yang menjadikannya berbeda dengan lainnya.

  • Safe and soft skin

Pompa ASI dengan bahan 100% silicone yang aman dan lembut untuk kulit.

  • Travel Friendly

Praktis dan ringan memompa dimana saja dan mudah dibawa bepergian dengan adanya Dwastring Storage Bag.

  • Ergonomic Design

Memompa ASI lebih mudah dan praktis tanpa perlu dirakit terlebih dahulu.

Berikut 5 Langkah Mudah Menggunakan Dr. Brown’s Silicone One Piece Breastpump

  1. Tekan bawah silikon untuk menciptakan hisapan. Hindari tekan bagian atas silikon untuk menghindari perubahan bentuk corong silikon.
  2. Pastikan posisi corong silikon berada di tengah nipple payudara Moms.
  3. Setelah silikon ditekan, akan timbul daya hisapan pada nipple payudara.
  4. Dengan perlahan, ASI akan keluar dan tertampung di silikon. Letakkan pompa pada tempatnya sehingga silicone pump akan melekat tanpa perlu dipegang.
  5. Tuangkan ASI langsung ke dalam botol Dr. Brown’s Options + Bottle. Dilengkapi dengan Bottle Cap untuk penyimpanan ASI perah sehingga moms tidak perlu khawatir untuk menggunakan Dr. Brown’s Silicone One-Piece Breastpump kapan saja.

Unboxing Paket

Siapa nih yang kalau shopping barang di e-commerce suka was-was sama packagingnya? Wajar kan yah apalagi belanja barang yang nggak boleh dibanting. Saat menunggu paket Pompa ASI Dr. Brown’s ini pun saya merasakan hal yang sama. Tapi, rasa khawatir saya pun sirna ketika paket sampai di tangan. Buat Moms bisa nonton yah unboxing paketnya di bawah

My Honest Review

Paket lengkap Pompa ASI Dr. Brown's

Well, setelah saya unboxing paket Pompa ASI dilengkapi botol susu, Drawsting Bag dan Bottle Cap agar bisa menyimpan ASIP, saya langsung coba dong.

Pertama, saya langsung coba Dr. Brown’s Silicone One-Piece Breastpump. Awalnya tuh saya pikir sama dengan pompa manual karena tanpa mesin dan baterai, ternyata pompa ASI yang ini beda banget.

Baca Juga: Me Time Pasca Melahirkan Dengan Vitalis Perfume Moisturizing Body Wash

Bedanya dimana? Nah kalau pompa ASI manual, Moms harus mencet-mencet terus pompa asinya agar bisa menghisap ASI dari nipple, belum lagi saat pake pompa ASI manual kadang berisik.

Review pompa ASI Dr. Brown's

Beda lagi dengan pompa ASI Dr. Brown’s, hanya sekali pencet lalu dilekatkan ke PD, pompa ASI-nya memiliki daya hisap otomatis dan nggak perlu dipegang.

Jujur saya nyaman banget pake ini, tinggal tunggu ASI-nya cukup dan lepas pompa ASI. Saya nggak merasa perih apalagi risih.

Setelah itu Moms bisa menuangkan langsung ASIP ke botol susu Dr. Brown’s. Perlu Moms ketahui kalau botol susu Dr. Brown’s ini berukuran 120ml yang hadir dengan teknologi Vent System yang terdapat di dalam botol

keunggulan botol susu Dr.Brown's

Zahra anak saya nyaman banget menggunakan botol susu dari Dr. Brown’s tanpa perlu khawatir kandungan ASI berkurang. Jika ASI tidak langsung digunakan, Moms bisa menggunakan Bottle Cap Dr. Brown’s untuk menyimpan ASIP.

By the way, tekstur pompa ASI dr. Brown’s ini lentur banget, jadi aman yah dipakai. Meski lentur, bahan pompa ASI-nya tetap keras yah jadi aman dimasukkan di mesin sterilisasi.

Buat Moms yang hobi traveling, tersedia juga Drawstring Bag yang bisa dipake untuk menyimpan Pompa ASI dan botol susu Dr. Brown’s.

Oiya satu lagi Moms, nggak perlu cemas saat bayi menggunakan botol susu Dr. Browns, karena nipple  botol susu Dr. Browns memiliki tekstur dan bentuk yang menyerupai nipple Ibu agar bayi tidak bingung.

Harga dan Cara Mendapatkan Paket Pompa ASI Dr. Brown’s

Drawstring Bag Dr. Brown's

Buat Moms yang ingin mendapatkan produk Dr. Brown’s bisa mengunjungi e-commerce favoritnya yah. Last updated harga di Shopee untuk Dr. Brown’s Silicone One-Piece Breatspump Rp 318.600

Menurut saya harganya sangat terjangkau yah Moms apalagi kualitasnya bagus banget. Nah untuk Moms yang pengen kepoin produk Dr Brown’s lebih lanjut dan lengkap bisa mengunjungi official Instagram @drbrownsindo

Sekian dulu sharing dari saya Moms, semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

27 Komentar

  1. ASI ngga bisa segera keluar ini menyebabkan ibu dan keluarga menjadi khawatir banget. AKu pun mengalami saat istri melahirkan anak pertama. Istri panik, dan aku pun d dalam hati super panik juga (tapi sok diem tenang). Kemudian akhirnya bisa lancar ngasih ASI … Nah, pompa ASI yg nyaman ini berguna banget buat moms nyimpen stok asi dalam jumlah banyak..

  2. Cocok banget nih buat pengetahuan aku untuk nanti hamil dan punya anak,
    Aku juga banyak denger kisahnya mbakku saat setelah melahirkan, harus banyak konsumsi seperti sayur sayuran. Apalagi sayur daun luntas itu.

    Mbak, kalau ASIP itu ditaruh dibotol dan disimpan di frezer, bertahan ya sampai berapa hari ya?

  3. Harga yang terjangkau dengan kualitas bagus seperti Dr Brown pasti sangat dinanti para ibu nih. Kenyamanan pun sangat diperhatikan oleh para busui. Tak salah deh, kalau busui atau mahmud yang baru punya bayi menggunakan ini.

  4. Sama, saya juga waktu hamil anak pertama nggak ada persiapan sama sekali buat menyusui karena pikirnya gampang but ternyata nggak segampang yang saya kira.

    Wah saya jadi kepo nih dengan pompa ASI dr.Browns. Jadi ini pompa ASInya manual tapi kayak gak manual ya.. Mau coba juga deh pompa ASI ini

  5. Waaah makasih banyak kak Ainhy infonya
    Kebetulan aku lg cari kado buat tetangga ku yg baru melahirkan. Kaya better kado pompa buat bu sui ya. Karena dia wanita karir sih.
    Dulu sih ada temen ku yg salah pilih pompa, eh sampai keluar darah dari PD nya kak

  6. ini keren ya pompa asi dr brown ni, gak perlu menccet mencet terus, bisa jadi alternatif kado buat teman yang baru melahirkan

  7. Nurul Fitri Fatkhani

    Bahan pemompa ASI-nya terbuat dari semacam silikon ya, Mbak? Kayak elastis gitu.
    Dulu waktu zamannya saya menyusui, pompanya terbuat dari bahan yang keras, jadi pegel kalau memerah ASI. Akhirnya pilih yang elektrik 😉

  8. waah auto pengen rekomendasiin ke temen aku nih kak
    dia baru melahirkan
    btw kak dulu tugh ada temen kantor ku yg gara2 salah pilih pompa asi jadi keluar darah dari PD nya kak

  9. Bener nih, harganya sangat terjangkau. 9 tahun yang lalu saya beli pompa ASI gini udah mahal banget. Sudah gitu silicone-nya gak sebagus merk ini.

  10. Adek iparku juga gitu mbak. Pas awal menyusui ASI nya juga gak keluar. Terus ada saudara yang menyarankan minum angkung dan berhasil

  11. Huaah.. aku mau beli Pompa ASI Dr. Brown’s apa ya? Aku sekarang pakai pompa ASI manual. Kalau manual yang saya pakai mesti memompa terus biar ASInya keluar dan masuk ke dalam botol.

  12. Ini masukan cantik buat daku yang nantinya bisa dipraktikkan pasca menikah lalu hamil dan melahirkan, karena juga punya anggapan yang sama dengan pemikiran kak Ainhy hehe

  13. Pompa ASI itu kunci dalam memompa ya mbak. Aku pernah kelupaan bawa pompa ASI, lalu di jalan beli seadanya aja dulu, ehhh ya ampunnn nggak bisa dipakai. Karena sakit bangettt pas dipakai.

    Akhirnya ya berusaha pakai tangan (walau tak terlatih hehe).

    AKu ada satu pompa yang memang sejak anak pertama sampai anak kedua pakai merk tersebut. Nah kalau Dr Brown belum pernah coba nih. NAnti kalau punya anak lagi deh *eeehhh xixix

  14. Wah coba dulu udah ada produk Dr Bown’s ya Mbak. 10 tahun lalu sulit cari pompa yang pas dan nyaman. Istri akhirnya resign deh biar bisa kasih ASI langsung. Makasih ya infonya, memang kenyamanan dan keselamatan buat ibu dan bayi selama ASI tuh yang utama. Semoga lancar ya Mbak ASi-nya dan sehat bayinya.

    1. Harganya worth it sih utk paket yg senyaman itu shg nggak perlu merasa risih maupun sakit, walaupun bukan yg otomatis tapi tetap nyaman dgunakan ya

  15. sebelumnya sya kurang mengerti kenapa ada beberapa ibu yg melahirkan karena ASI gak keluar, mungkin baru pertama kali melahirkan yaa. Bearti dengan alat ini apakah ASI yg keluar akan deras ya?

    1. Untuk mempermudah Ibu menyimpan ASI kak

    2. Saya termasuk salah satu ibu yang mengalami kesulitan saat ingin berikan ASI eksklusif, mungkin karena mengalami baby blues sehingga produksi ASI kurang lancar

  16. Betul sekali Mbak… Menyusui itu tidak sesederhana yang kita bayangkan sebelumnya.

    Ada banyak sekali hal yang ternyata menguras emosi (kalau saya), termasuk tenaga hingga rasa sakit pun sering terjadi. Itu biasanya pada usia bayi baru lahir hingga sekitar 6 bulanan.

    Pompa ASI sangat membantu saat puting lecet, saat kita sedang bekerja, atau untuk stok ASI di rumah. Jika sewaktu-waktu ASI kita kurang.

  17. Bentuknya lucu juga tuh, gak sama dengan merk yang pernah saya lihat. Kayaknya cocok buat kado lahiran

    1. iy mba cocok juga buat kado melahirkan

  18. Dari silicon gitu ya bahannya pompa ASI Dr. Brown. waktu jaman aku menyusui kayanya belum nemu merek ini nih. Dulu aku pakai yang semi mesin gitu, memang enak sih jadi gak pegal dibanding yg manual. Semangat terus kasih ASInya ya Ainhy

  19. Masa menyusui adalah masa indah bagi Ibu dan Anak ya, Mbak. Hanya memang kadang ada Bunda yang Asinya kurang lancar dan harus dipompa. Syukurlah ada alat yang aman dan nyaman,

  20. Wah ternyata ASI bisa dipompa ya yang nggak mau keluar, semakin canggih aja alatnya.

  21. Pompa asi ternyata ada beberapa merek ya ternyata, karena belum pernah pompa asi jadi pengetahuan baru banget buat aku, izin simpan artikelnya ya mbak

    1. iya mba, silahkan

  22. pasangan muda wajib paham beberapa tulisan macam ini, agar saat mendapatkan momongan nanti tak salah produk. dan kelancaran proses asi selama 6 bulan terjamin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.