Miliki Skill Ini Agar Siap Hadapi Dunia Kerja dengan QuBisa

Di era yang cukup kompetitif ini mau tidak mau kita harus siap hadapi dunia kerja baik itu mahasiswa yang baru lulus kuliah atau umum. Memasuki dunia kerja tidak hanya berbekal ijasah tapi juga harus dibarengi kemampuan atau skill yaitu hard skill dan soft skill.

Masih banyak pelajar yang berpikir bahwa nilai akademik dan ijasah menjadi penentu mendapatkan banyak peluang kerja, tapi faktanya nilai akademik dan ijasah saja tidak cukup. Beberapa perusahaan merekrut pekerja berdasarkan pengalaman dan kemampuan yang dimiliki. Memang, nilai akademik dan ijasah juga penting, namun memiliki pengalaman dan skill menjadi nilai plus bagi pelamar pekerjaan dalam mendapatkan peluang kerja.

Era digitalisasi saat ini menuntut kita untuk memiliki skill agar bisa menghadapi tantangan dunia kerja baik itu sebagai pekerja lepas atau terikat. Untuk itu penting memiliki skill berikut ini agar mudah menghadapi dunia kerja saat ini dan di masa yang akan datang.

Kursus online gratis bersama QuBisa
Sumber Gambar: Freepik

Skill yang Perlu Dimiliki Dalam Menghadapi Dunia Kerja

Baik hard skill maupun soft skill, kamu perlu mengembangkan skill berikut ini agar bisa mendapatkan peluang kerja yang lebih banyak. Skill berikut ini sangat dibutuhkan setiap perusahaan dan berlaku untuk profesi apapun.

1. Leadership

Setiap perusahaan pasti mencari orang-orang yang memiliki jiwa kepemimpinan dalam dirinya. Bisa jadi dalam beberapa kondisi kita akan diminta untuk mengerjakan sebuah proyek dan harus bisa memberikan arahan kepada rekan-rekan tim.

Memiliki skill leadership sangat berguna terutama di era saat ini yang menuntut pekerja agar bisa menjadi pemimpin.

2. Mampu Berkomunikasi

Skill selanjutnya yang perlu dimiliki adalah kemampuan berkomunikasi. Perusahaan membutuhkan orang-orang yang bisa menjalin komunikasi dengan baik terlebih pada bidang marketing.

3. Bisa Bekerjasama dan Beradaptasi

Saya teringat saat wawancara pada salah satu perusahaan yang saya lamar. Pertanyaan pertama yang mereka lontarkan saat itu adalah, “apakah Anda mampu beradaptasi dengan cepat dan bisa membangun kerjasama?”. Jujur saya tidak menduga akan muncul pertanyaan seperti itu. Tapi, mau tidak mau saya harus menjawabnya. Belakangan baru saya tahu bahwa salah satu skill penting yang perlu kita miliki dalam menghadapi dunia kerja adalah bisa membangun kerjasama dan beradaptasi.

Saat memiliki skill ini, maka bekerja dimana pun akan terasa mudah karena kita bisa beradaptasi dengan cepat dalam berbagai kondisi serta bisa menjalin kerjasama.

4. Berpikir Kritis dan Kreatif

Memiliki kemampuan berpikir kritis dan kreatif juga menjadi nilai plus saat melamar sebuah pekerjaan. Skill ini juga akan membuat kita dipertahankan di perusahaan jika terjadi proses PHK. Orang yang bisa berpikir kritis dan kreatif akan mudah menyelesaikan masalah. Perusahaan mencari orang-orang yang memiliki skill ini.

5. Menguasai Bahasa Asing

Paling tidak kita tahu satu bahasa asing seperti bahasa Inggris yang memang banyak dibutuhkan secara umum. Dengan memiliki skill bahasa, peluang kerja yang didapatkan jauh lebih besar ketimbang tanpa memiliki skill bahasa asing.

6. Public Speaking

Skill public speaking juga sangat dibutuhkan saat ini. Kemampuan berbicara di depan umum memberikan kamu peluang lebih banyak untuk mendapatkan pekerjaan. Kamu bisa menjadi MC, presenter, dan posisi penting lainnya dalam dunia kerja. Bahkan profesi seorang blogger pun jika memiliki skill public speaking akan memberikan peluang besar dalam dunia kerja karena bisa jadi blogger akan diundang menjadi pembicara atau narasumber.

7. Mampu Mengoperasikan Komputer

Skill yang tidak boleh kamu lewatkan adalah mampu mengoperasikan komputer. Di era digital saat ini menuntut kita untuk tahu dasar-dasar teknologi terutama mengoperasikan komputer. Skill dasar yang penting dimiliki seperti tahu cara menggunakan microsoft.

Tips Meningkatkan Skill Agar Bisa Menghadapi Dunia Kerja

QuBisa aplikasi siap kerja
Sumber gambar: Freepik

Tidak ada kata terlambat dalam menghadapi dunia kerja jika merasa tidak memiliki cukup banyak skill. Meski dunia kerja cukup kompetitif kita harus percaya diri dan yakin bisa mendapatkan yang terbaik di masa mendatang. Saya pun pernah berada di posisi ini. Namun, dengan menerapkan tips berikut alhamdulillah saya tidak lagi takut menghadapi tantangan dunia kerja. Kamu juga bisa mencoba tips berikut.

1. Melakukan upskilling dan reskilling

Upskilling adalah meningkatkan kemampuan yang dimiliki, sementara reskilling adalah menambah kemampuan baru. Upskilling dan reskilling sangat penting dalam membantu meng-upgrade skill yang kita miliki. Jika sebelumnya memiliki bakat berbicara di depan umum, kita perlu mengasah kemampuan tersebut dengan banyak belajar dan latihan. Jika target pekerjaan yang dipilih menuntut kita memiliki skill lain misalnya menguasai microsoft excel, maka perlu berlatih agar tahu cara mengoperasikan microsoft excel. Sama seperti yang pernah saya lakukan saat terjun di dunia blog, saya perlu upskilling menulis dan reskilling pengetahuan SEO.

2. Membangun personal branding

Bekerja bukan hanya soal kita menjadi karyawan. Tapi, bekerja juga bisa dilakukan dengan pekerjaan yang kita miliki sendiri. Misalnya profesi yang dimiliki adalah freelancer atau wirausahawan. Pekerjaan seperti ini menuntut kita untuk membangun personal branding.

Dengan memiliki personal branding, kita akan dikenal banyak orang secara spesifik. Misalnya si A berhasil membangun personal brand-nya sebagai content creator, maka perusahaan atau brand yang mencari content creator untuk keperluan marketing mereka akan menghubungi secara langsung.

Cara meningkatkan personal branding tentu saja tidak mudah, butuh usaha konsisten dalam membangun personal branding. Untuk mengetahui cara meningkatkan personal branding, kita perlu banyak belajar melalui kursus online gratis atau aplikasi siap kerja.

3. Manfaatkan aplikasi belajar online

Agar siap menghadapi tantangan dunia kerja, kita perlu memanfaatkan aplikasi belajar online untuk meng-upgrade skill. Beruntungnya saat ini sudah tersedia kursus online gratis melalui aplikasi QuBisa. Saat menggeluti profesi blogger dan content creator, saya banyak mengakses aplikasi QuBisa untuk meng-upgrade skill. Berikut saya tulis ulasan dan pengalaman belajar online melalui aplikasi siap kerja QuBisa.

Pengalaman Menggunakan Aplikasi QuBisa

QuBisa adalah platform belajar online sekaligus aplikasi siap kerja yang bisa digunakan untuk belajar. Kamu bisa mengambil kursus online gratis melalui aplikasi ini. Pertama kali tahu QuBisa melalui rekomendasi teman blogger yang belajar public speaking melalui aplikasi QuBisa. Karena begitu penasaran, saya pun langsung memanfaatkan platform ini untuk belajar.

Menggunakan aplikasi QuBisa sangat mudah. Langsung download, kemudian daftar jadi murid dan pilih materi pembelajaran yang dibutuhkan.

Mudahnya Proses Belajar di QuBisa

Pertama kali menggunakan aplikasi QuBisa saya terkesan karena belajar gak ribet. Saya dengan mudah bisa meningkatkan kemampuan menulis, memahami soft skill seperti problem solving, critical thinking dan lain-lain. Materi yang disediakan begitu banyak sehingga bisa memilih sesuai kebutuhan dan memang pelajaran yang tersedia cukup banyak dicari dalam meningkatkan kemampuan agar lebih siap menghadapi dunia kerja.

Agar siap hadapi dunia kerja dengan QuBisa
Dokpri

Salah satu materi yang paling saya sukai adalah Cara Mengatasi Peninjauan Monetasi YouTube yang Lama. Sebagai content creator, saya membangun beberapa channel tidak hanya blog tapi juga sosial media terutama YouTube. Profesi content creator memang salah satu profesi yang menjanjikan di era digital saat ini. Tapi, besarnya persaingan juga menuntut content creator agar bisa kreatif dan upgrade skill. Beruntung karena saat mengambil kursus online gratis di QuBisa tersedia banyak materi pembelajaran terkait skill content creator. Belajar gak ribet tentunya karena materi yang tersedia mudah dipahami.

Melalui materi yang saya akses tersebut, memberikan saya wawasan terbaru bagaimana memonetasi dengan tepat channel youtube yang sudah lama kita bangun.

Keunggulan Aplikasi QuBisa

1. Kursus Online Gratis

QuBisa adalah aplikasi belajar online yang menyediakan kursus online secara gratis. Hanya dengan sekali akses, kita bisa belajar dan upgrade skill sesuai kebutuhan tanpa ribet.

2. Bantu upgrade skill agar siap bekerja

Tidak perlu galau menghadapi dunia kerja atau berkecil hati bersaing di era digital saat ini, karena aplikasi QuBisa bisa membantu upskilling dan reskilling agar lebih siap bekerja.

3. Materi yang mudah dipahami

QuBisa menyesuaikan kebutuhan gaya belajar saat ini dimana materi yang diakses tidak membosankan. QuBisa menyediakan cara belajar efektif yang membantu penggunanya mudah memahami setiap pelajaran. Cara belajar efektif ini tentu saja didukung oleh visual yang menarik pengguna untuk terus belajar tanpa bosan.

4. Selesaikan pelajaran dan dapatkan hadiah

Selain pelajaran yang bermanfaat untuk membekali kemampuan agar siap bekerja, QuBisa juga menyediakan reward berupa poin kepada pengguna. Poin ini bisa ditukarkan hadiah. Semakin banyak poin, maka semakin banyak peluang hadiah yang didapatkan.

Beberapa keunggulan tersebut yang membuat saya semangat menyiapkan diri menghadapi dunia kerja dengan terus belajar melalui aplikasi QuBisa.

Kesimpulan

Bekerja memang butuh perjuangan dan bekal pengetahuan agar siap menghadapi tantangan dunia kerja. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Kita bisa menggunakan aplikasi belajar online QuBisa dan nikmati kursus online gratis untuk mengasah keterampilan. Kapanpun dan dimanapun bisa mengakses aplikasi QuBisa.   Kamu bisa download aplikasi QuBisa langsung melalui App Store dan Play Store.

Oh iya sebagai informasi tambahan nih saat ini QuBisa mengadakan lomba blog yang bisa diikuti secara umum, jangan mau ketinggalan tidak ikut lombanya. Yuk siapa tahu kamu salah satu pemenangnya.

QuBisa mengadakan lomba blog

Terima kasih sudah membaca sampai akhir, semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.