Intip 8 Tips Berhemat Ibu Rumah Tangga Ini, Agar Bisa Lebih Banyak Nabung!

Kebutuhan hidup saat ini semakin meningkat mulai dari harga bahan pokok hingga keinginan untuk memenuhi kebutuhan tersier karena tingginya tekanan pekerjaan. Bagi Anda yang baru saja menjalani kehidupan berumah tangga, tentu ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Terlebih lagi jika Anda memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga.

Berikut ini 8 tips berhemat ala ibu rumah tangga yang bisa Anda terapkan agar bisa lebih banyak menabung!

Tips berhemat ibu rumah tangga
Sumber Gambar: Freepik

1. Merencanakan keuangan secara berkala

Menyusun rencana keuangan secara berkala setiap pekan atau bulan membantu Anda memahami kebutuhan pengeluaran. Catatlah kebutuhan pengeluaran keluarga mulai dari yang terbesar hingga yang terkecil. Utamakan mencatat pengeluaran pokok terlebih dahulu mulai dari hutang, pajak, atau iuran rutin.

Setelah itu, Anda dapat membuat daftar kebutuhan lain yang ingin dibeli. Anda bisa memisahkan rencana keuangan tersebut ke tempat yag berbeda atau di rekening yang terpisah. Misalnya, untuk kebutuhan belanja diletakkan di e-wallet A, membayar pajak di rekening utama, kebutuhan hiburan (liburan, kuliner, nonton film) diletakkan di e-wallet B. Dari perencanaan keuangan, Anda bisa membuka pos dana darurat agar memiliki cadangan dana jika terjadi hal-hal yang mendesak.

Baca juga: Cara Melakukan Audit Laporan Keuangan

2. Mencatat daftar belanja dan membuat catatan pengeluaran

Sebelum belanja harian, mingguan, atau bulanan ada baiknya Anda mencatat apa saja yang akan dibeli. Akan lebih baik jika Anda tahu harga-harga barang yang dibutuhkan dan lama pemakaiannya. Membuat daftar belanja sama seperti merencanakan keuangan, cara ini membantu Anda tidak membeli secara spontan dan membeli sesuai dengan kebutuhan. Setelah berbelanja, Anda bisa membuat catatan pengeluaran, agar mengetahui apa saja yang perlu dihemat untuk merencanakan daftar belanja berikutnya.

3. Menerapkan meal preparation

Tips berhemat buat ibu rumah tangga adalah memasak di rumah dengan meal preparation. Meal preparation merupakan cara menyiapkan dan menyimpan bahan-bahan makanan untuk dimasak dalam waktu beberapa hari atau seminggu ke depan. Anda bisa menentukan menu apa saja yang akan dimasak setiap hari pada saat membuat daftar belanja. Pelajari cara menyimpan bahan-bahan makanan basah sehingga Anda bisa menerapkan cara ini secara maksimal.

4. Mempertimbangkan membeli barang bekas atau preloved

Akhir-akhir ini, thrifting atau membeli barang bekas menjadi tren tersendiri. Membeli barang preloved bisa menjadi salah satu tips berhemat dan mengurangi sampah. Terdapat berbagai macam preloved mulai dari barang kebutuhan rumah tangga, furniture, kendaraan, hingga make up. Namun, Anda perlu berhati-hati ketika membeli barang secondhand. Pilihlah market place yang terpercaya dan lebih teliti dalam memilih barang.

5. Mencari diskon di supermarket terdekat

Jika Anda sering berbelanja di supermarket, tidak perlu ragu untuk mencari diskon di supermarket tertentu dan menggunakan kupon belanja. Jika perlu, Anda bisa meminta katalog belanja untuk mengetahui diskon apa yang disediakan supermarket. Pertimbangkan juga untuk menjadi member dari tempat belanja yang memberikan diskon khusus untuk pelanggan.

6. Mengurangi pengeluaran hiburan

Kebutuhan untuk hiburan memang tidak bisa dihindari. Namun, Anda perlu mempertimbangkan apa saja yang perlu diprioritaskan. Misalnya, jika setiap pekan Anda dan keluarga menonton film di bioskop, Anda bisa menguranginya menjadi dua minggu sekali. Anda bisa menghemat pengeluaran hiburan dan menggantinya dengan menabung untuk liburan sekeluarga.

7. Menggunakan aplikasi pengatur keuangan

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan pencatatan pengeluaran secara rutin, Anda bisa menggunakan aplikasi pencatatan atau pengatur keuangan. Cara ini mempermudah tracking pengeluaran yang Anda lakukan melakui e-wallet atau e-banking.

8. Ajak anggota keluarga untuk mengelola keuangan

Mengatur keuangan keluarga membutuhkan kerjasama dengan anggota keluarga lain. Anda perlu melibatkan suami dan anak-anak untuk menerapkan hidup hemat. Diskusikan semua permasalahan keuangan dengan pasangan Anda dan berikan pemahaman untuk berhemat pada anak-anak Anda.

Terapkan tips berhemat yang menurut Anda dan keluarga mudah dilakukan terlebih dahulu. Secara berkala, Anda bisa menerapkan tips yang lain sesuai dengan kebutuhan. Semoga tips-tips di atas membantu Anda!

9. Beli Barang Rumah Tangga dari Marketplace Luar Negeri

Tahukah Anda bahwa peralatan rumah tangga seperti elektronik, alat masak, hingga furniture seringkali lebih murah harganya di marketplace luar negeri, terutama yang dari China seperti Alibaba, Taobao, dan 1688.com? Seringkali marketplace China ini memberikan harga miring dan banyak pilihan barang dengan kualitas yang baik.

Memang betul, pengirimannya biasanya akan menjadi lebih lama, karena harus dikirim dari China. Tapi kalau tidak sedang buru-buru tentunya lama pengiriman bukan masalah. Jika Anda bingung cara belanja, cara transfer, dan sebagainya, Anda bisa mencari perusahaan forwarder yang biasanya menyediakan jasa import Alibaba atau marketplace China lainnya yang akan membantu Anda mulai dari proses belanja hingga transfer.

Terapkan tips berhemat yang menurut Anda dan keluarga mudah dilakukan terlebih dahulu. Secara berkala, Anda bisa menerapkan tips yang lain sesuai dengan kebutuhan. Semoga tips-tips di atas membantu Anda!

Baca Juga:

5 Tips Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Melalui Media Sosial

Tips Mengatasi Risiko Likuiditas saat Investasi Obligasi Pemerintah

Wajib Tahu! Tips mengatur keuangan pribadi

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.