Tips Memilih Tempat Gadai Kendaraan Terbaik

Tidak semua orang memiliki keberuntungan yang sama termasuk dalam hal finansial. Ada orang yang kemampuan finansialnya di atas rata-rata sehingga semua kebutuhannya bisa tercukupi. Sedangkan sebagian orang lainnya butuh proses yang panjang untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya. Maka tak heran, jika saat memiliki kebutuhan mendesak orang biasanya mencari tempat gadai BPKB mobil.

Bagi yang tinggal di wilayah perkotaan, biasanya orang mengalami tekanan hidup lebih banyak dibandingkan orang yang tinggal di desa. Hal ini disebabkan, karena di kota kebutuhan pokok sehari-hari jauh lebih mahal dan semuanya serba dibeli. Salah satunya di kota Jakarta, namun saat mencari tempat gadai kendaraan, kamu bisa mendapatkan banyak tempat gadai mobil Jakarta dengan mudah.

Meski banyak, tentu saja kita perlu waspada untuk tidak sembarangan menggadaikan BPKB kendaraan yang dimiliki terutama mobil, karena ada beberapa oknum tertentu yang melakukan kecurangan, seperti memanfaatkan tingginya permintaan kredit dari masyarakat untuk melakukan penipuan. Jika saat ini kamu sedang membutuhkan dana tambahan dan ingin menggadaikan BPKB kendaraan, simak dulu tips di bawah ini agar tidak mengalami penipuan.

Tips Memilih Tempat Gadai Kendaraan Terbaik

Tips memilih tempat gadai kendaraan terbaik
Sumber Gambar: Freepik.com

1. Memiliki reputasi yang bagus

Untuk mengetahui reputasi sebuah lembaga pembiayaan saat ini bukanlah hal yang sulit. Selain bertanya secara langsung pada orang-orang yang telah menggunakan jasanya, kamu juga bisa mencari reputasi lembaga pembiayaan tersebut melalui internet. Bahkan ada beberapa lembaga pembiayaan yang sudah memiliki aplikasi sehingga melalui rating atau ulasan aplikasi pembiayaan tersebut kita bisa mendapatkan pendapat publik secara jujur.

Jika sudah bertanya dan mendapatkan informasi melalui internet namun tidak ditemukan adalah tulisan atau pendapat negatif mengenai lembaga pembiayaan tersebut, maka kita bisa memberikan kepercayaan dan mulai mendatangi tempat gadai BPKB kendaraan tersebut.

2. Memberi pelayanan prima

Jika sudah mendatangi tempat gadai BPKB mobil, hal yang harus diperhatikan juga adalah bagaimana pelayanan yang diberikan. Meski harus ekstra waspada dengan segala tawaran menggiurkan dari lembaga pembiayaan ini, namun dalam hal layanan kamu juga bisa menjadikannya sebagai salah satu indikator terpercayanya sebuah lembaga.

Semakin prima sebuah layanan biasanya akan semakin profesional sebuah lembaga pembiayaan tersebut. Layanan yang prima ini bisa dilihat dari keramahan layanan, totalitas pelayanan hingga kemudahan pembayaran.

Lihat juga fasilitas yang dimiliki oleh lembaga pembiayaan tersebut, jika tempatnya sangat sederhana dan tidak terlihat profesional, kamu perlu meninggalkan tempat tersebut dan mencari tempat gadai lainnya.

3. Memiliki banyak cabang

Apakah penting melihat jumat cabang sebuah lembaga pembiayaan? Menurut saya tentu saja penting. Semakin banyak cabang yang dimiliki sebuah lembaga pembiayaan maka semakin tinggi pula tingkat kepercayaannya.

Kenapa demikian? Ini karena jumlah cabang akan mewakili eksistensi dan keseriusan mereka dalam menjalankan usaha. Lembaga pembiayaan memang bisa dikatakan sebagai sebuah usaha yang juga berorientasi untuk mendapatkan laba dari biaya provisi dan bunga angsuran yang dikenakan pada setiap peminjam dana. Dan setiap bisnis atau usaha tentunya ingin berkembang dan bertumbuh.

Maka dari itu, untuk mengembangkan usahanya mereka akan membuka cabang saat mereka memiliki dana. Itulah bentuk keseriusan sebuah usaha atau bisnis. Semakin serius sebuah usaha tentu akan sangat aneh jika mereka kemudian ingin melakukan penipuan.

Untuk tahu berapa cabang dari sebuah lembaga pembiayaan yang dituju, kamu bisa menanyakannya secara langsung atau mencari informasinya melalui internet.

4. Mendapat izin dari OJK dan terdaftar di APPI

Selain ketiga tips di atas, hal yang paling penting adalah lembaga pembiayaan yang dituju sudah mendapat izin OJK dan terdaftar di APPI. Jika belum terdaftar OJK, maka risiko mengalami penipuan sangatlah besar. Saat lembaga pembiayaan sudah mendapat izin OJK dan terdaftar di APPI, maka tempat gadai mobil tersebut sudah kredibel dan dapat dipercaya.

Izin yang diberikan kedua OJK dan APPI memang bukalah izin yang sembarangan. Fungsi dari OJK dan APPI adalah untuk membuat beberapa lembaga keuangan dan perusahaan pembiayaan yang ada bisa melangsungkan usahanya dengan lancar tanpa hambatan. Jika memang terjadi krisis pada lembaga tersebut, maka OJK dan APPI ini bisa membantu mengatasi permasalahan tersebut. Maka, saat menggadaikan kendaraan, keamanannya bisa terjamin.

Nah itu dia tips memilih tempat gadai kendaraan terbaik, semoga bermanfaat.

Baca Juga: 

Intip 8 Tips Berhemat Ibu Rumah Tangga Ini, Agar Bisa Lebih Banyak Nabung!

Cara Mendapatkan Uang dari Survei Online Berbayar, Mudah!

4 Sekolah Fashion Terbaik di Dunia, Dapatkan Pekerjaan Impian

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.