Intip 7 Tips Sukses Jadi Penulis Konten Ini Sebelum Anda Pindah Profesi!

Tips sukses jadi penulis konten
Sumber Gambar: Freepik.com

Penulis konten merupakan pekerjaan yang banyak dibutuhkan saat ini. Banyak media sosial yang memerlukan penulis konten untuk membuat iklan, alur skenario, atau jasa penulis artikel yang bisa menaikkan engagement pengguna media sosial ataupun trafik ke website.

Penulis konten dituntut untuk kreatif, berkomitmen, dan memiliki keinginan selalu belajar. Menjadi penulis konten juga memerlukan daya adaptasi tinggi untuk lebih fleksibel menerima topik yang berbeda setiap saat dan memahami perkembangan teknologi yang semakin pesat. Berikut ini beberapa tips sukses jadi penulis konten jika Anda ingin beralih profesi atau sebagai penghasilan tambahan:

1. Melakukan riset mengenai seluk-beluk media yang akan dituju

Sebelum terjun ke dunia penulisan konten, Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk melakukan riset dan mempelajari seluk beluk media yang dituju. Misalnya, Anda ingin menjadi penulis konten di Instagram, maka pelajarilah bagaimana Instagram bekerja seperti strategi pemasaran di Instagram sehingga banyak dibaca oleh banyak orang dan bagaimana cara penulisan yang menarik perhatian pembaca.

2. Mempelajari niche untuk pengembangan konten

Niche secara garis besar merupakan subyek dari fokus target pasar yang dituju. Istilah ini berasal dari istilah marketing agar suatu produk berada di pasar yang tepat. Niche memberikan target pasar (konsumen atau calon konsumen) mengetahui “gambaran besar” suatu produk ketika dipasarkan. Dengan demikian, Anda bisa fokus untuk mengembangkan produk Anda karena sesuai dengan kebutuhan pasar.

3. Belajar struktur bahasa dan logika berpikir

Penulis konten memang dituntut untuk fleksibel dalam menulis di berbagai platform media. Sering kali, media yang digunakan tidak memerlukan bahasa yang baku. Namun, mempelajari struktur bahasa dan logika berpikir membantu Anda menyusun konten yang runut dan mudah dimengerti. Jika Anda ingin membuat konten dengan bahasa Inggris, pelajarilah grammar bahasa Inggris terlebih dahulu. Hal ini juga berlaku dengan konten dengan bahasa Indonesia. Mempelajari bahasa dan logika berpikir memudahkan Anda untuk membuat konten yang lebih fleksibel tetapi tetap berada di kerangka yang terstruktur.

4. Membuat portofolio

Meskipun Anda adalah penulis konten pemula, Anda perlu menyusun portofolio sedini mungkin. Anda bisa memulai dengan mengerjakan proyek-proyek sederhana atau proyek sukarela, tetapi tetap menunjukkan kemampuan menulis yang Anda miliki.

5. Banyak membaca

Salah satu tips sukses jadi penulis konten yang tidak bisa dilewati adalah perbanyak waktu membaca. Tantangan penulis konten adalah mampu beradaptasi dengan banyak tema. Luangkan waktu membaca berbagai topik dan di berbagai platform media baik dari media online, koran, buku, majalah, atau media yang lain. Membaca akan memperkaya kosakata dan mengetahui bahasan yang trending saat ini. Selain itu, Anda juga bisa mendapat inspirasi dari membaca.

6. Tidak berhenti belajar

Menjadi penulis konten merupakan cara belajar yang berkelanjutan. Karena berhadapan dengan teknologi, perubahan tidak dapat dihindari. Anda perlu belajar mengenai platform-platform yang ada ataupun akan datang. Profesi ini memiliki banyak kompetitor, oleh karena itu Anda perlu up-to-date agar tidak tertinggal tren yang sedang berlangsung. Jika perlu, Anda bisa bergabung ke komunitas penulis sehingga Anda tidak bisa berkomunikasi dan saling belajar dari penulis yang lain.

7. Mempelajari dan memahami artikel SEO friendly

Salah satu tips sukses jadi penulis konten adalah mempelajari dan memahami artikel yang SEO friendly. SEO atau Search Engine Optimization membantu artikel Anda untuk berada di daftar teratas mesin pencarian. SEO digunakan untuk menaikkan trafik tulisan sehingga lebih banyak dibaca.

Di kota besar seperti Jakarta, jika Anda menguasai keahlian menulis artikel yang sesuai kaidah SEO dan disukai mesin pencari seperti Google, Anda akan dicari oleh jasa SEO Jakarta karena perusahaan seperti ini sangat memerlukan jasa ini untuk artikel-artikel yang akan diupload di website klien mereka.

 

 Semoga 7 tips sukses menjadi penulis konten ini membantu Anda, ya!

 

Baca Juga; 

5 Keuntungan Menjadi Mom Blogger

Yuk Ketahui 5 Kesalahan dalam Belajar Bahasa Inggris

Cara Menghasilkan Uang dari Blog Pribadi

 

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.