Tips Menguasai Teknik Operan Bola Basket dengan Mudah

Menjadi atlet basket merupakan cita-cita bagi sebagian orang. Saat kamu ingin menjadi atlet basket, sudah sewajarnya menguasai berbagai teknik dasar yang salah satunya adalah operan bola. Jika kesulitan dalam menguasai teknik operan bola basket tersebut, maka kamu akan sangat sulit untuk bisa memenangkan pertandingan itu sendiri.

Menguasai teknik ini bisa dikatakan tidak mudah, karena harus melewati berbagai latihan yang berat. Jika kamu masih pemula, tidak ada salahnya mencoba tips menguasai teknik operan bola basket berikut ini.

Tips Menguasai Teknik Operan Bola Basket

Tips menguasai teknik operan bola basket
Sumber Gambar: Pexels

1. Latihan menggerakkan tangan secara bergantian

Cara pertama untuk menguasai teknik operan dalam basket adalah selalu berlatih tangan ketika memegang bola. Perlu kamu ketahui bahwa jangan selalu bertumpu pada satu tangan saja dan sebisa mungkin melakukan operan dengan dua tangan yang sama kuatnya.

Untuk bisa memakai dua tangan saat memakai teknik operan, maka perlu sering latihan menggerakkan tangan secara bergantian. Cobalah kamu giring bola di lapangan atau halaman secara zig-zag, lalu pantulkan bola ke tangan kiri maupun kanan secara bergantian.

Setelah dirasa sudah menguasainya, cobalah latihan gerakan tangan secara perlahan hingga cepat. Dengan begitu, bola akan seolah-olah menempel pada tangan dan kamu bisa melakukan operan cepat baik dengan tangan kanan maupun kiri.

2. Memusatkan pandangan

Selanjutnya adalah selalu pusatkan pandangan ketika ingin menguasai teknik operan bola basket. Perlu kamu perhatikan bahwa pandangan mata juga bagian strategi dalam permainan bola basket sehingga kita tahu bagaimana posisi rekan dan juga lawan.

Untuk latihan satu ini, kamu harus menggiring bola tanpa melihatnya untuk dapat mengetahui posisi pemain lain. Memang pada awalnya terlihat sulit, namun jika dilakukan terus-menerus maka tubuh akan terbiasa.

Baca Juga:

Penting! Ini Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil

Manfaat Konsumsi Buah Dan Sayur Untuk Kesehatan Organ Pencernaan

Rumah Artis Indonesia yang Harganya Miliaran

3. Tingkatkan kerjasama tim

Salah satu peran penting agar bisa menguasai teknik operan dalam bola basket adalah selalu meningkatkan kerja sama tim. Dengan semakin kompak tim bermain, maka semakin mudah untuk mengatur permainan di lapangan.

Selain latihan kerja sama secara fisik, perlu juga kerja sama secara mental karena bagaimanapun olahraga seperti basket adalah satu tim. Artinya, perlu dikurangi ego besar untuk dapat memenangkan pertandingan.

4. Memahami peran posisi dalam tim basket

Tidak jauh berbeda dengan olahraga tim lainnya, setiap pemain memiliki perannya masing-masing dan itu tidak terkecuali pada basket. Di dalam permainan basket juga pemain yang berposisi sebagai pengumpan jarak jauh atau sebagai pengatur serangan.

Untuk bagian ini, kamu harus konsultasikan dulu pada rekan setim maupun pelatih. Saat kamu sudah memahami dan jelas perannya, di sinilah kamu perlu berlatih untuk fokus pada peran tersebut sehingga teknik operan mana yang sekiranya perlu dikuasai.

5. Mengembangkan kreativitas

Saat kamu sudah mengetahui teknik operan mana yang paling pas dipakai untuk bola basket, selanjutnya adalah mengembangkannya dengan kreativitas. Tujuannya adalah dapat menerobos pertahanan lawan dan memberikan bola pada pemain terbuka agar bisa melakukan shoot. 

Untuk bisa mengembangkan kreativitas ini, kamu perlu kerja sama dengan pemain lain saat melakukan latihan. Praktekkan berbagai teknik operan bola basket sesuai dengan tipe lawan yang akan dihadapi agar tim lebih siap.

Demikian berbagai tips menguasai teknik operan bola basket dengan mudah. Dari ulasan tersebut, kita bisa mengetahui bahwa menguasai teknik operan bola basket perlu latihan keras dan kerja sama yang apik. 

Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

1 Komentar

  1. Mengenal Jenis Rigging yang Sering Digunakan - Blog Ainhy Edelweiss

    […] Tips Menguasai Teknik Operan Bola Basket dengan Mudah […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.