Artikel Beauty Time Beranda

Risih Dengan Ketombe? Ini Dia Cara Ampuh Menghilangkannya Secara Alami

Masih ingat kapan pertama kali kena ketombe di kepala sobat?

Kira-kira saat saya masih kuliah, untuk kali pertamanya terkena ketombe di kepala. Awalnya cuek, namun lama-kelamaan saya risih. Hampir setiap hari saya melihat hujan salju. Bukan dari langit yah tapi dari kepala, huhu. Di hari-hari selanjutnya, saya merasa gatal luar biasa di kepala. Tangan nggak mau diam, pengen garuk aja kepala terus.

Segala macam shampoo sudah dicoba, namun hasilnya belum ada yang memuaskan. Memang sih, kepala rawan kena ketombe karena jenis kulit kepala yang sering berminyak dan mudah lembab.

Ada nggak yang mengalami hal serupa? kalau iya kita tos dulu. Tapi, masa iya sih ketombe dipelihara. Nggak mungkin kan. Apalagi setelah menikah pastilah lebih memerhatikan perawatan diri biar suami betah eaaaa.

Atasi masalah rambut dengan cara alami
Sumber Gambar: tokopedia.com

Kuncinya sih jangan malas keramas hahah. Eitss tapi ada cara alami dan ampuh loh menghilangkan ketombe.

  • Minyak Kelapa

Bukan minyak goreng yah tapi minyak kelapa murni, bagusnya sih dibikin sendiri. Khasiat minyak kelapa baik untuk menghilangkan ketombe di kepala. Cukup siapkan dua sendok minyak kelapa, kemudian usapkan pada akar rambut lalu pijat lembut. Diamkan selama beberapa jam, tergantung sobat sih pengennya berapa lama, lalu keramas rambutnya.

Baca juga: Resep Nasi Goreng Udang Pete

  • Lidah Buaya

Jangan salah paham, bukan lidah buaya benerah yah. Tapi, tanaman lidah buaya. Tanaman ini memiliki gel yang dipercaya ampuh mengilangkan ketombe. Cukup usapkan gel lidah buaya di kulit kepala, pijat pelan-pelan dan diamkan selama beberapa menit kemudian bilas rambut tanpa menggunakan shampoo.

  • Cuka Apel

Cuka apel terkenal dengan khasiatnya. Ternyata, cuka apel juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe dan jamur di kulit kepala loh. Cukup tambahkan cuka apel ke dalam shampoo, kemudian pijat lembut kulit kepala, lalu bilas. Cuka apel dapat menghambat pertumuhan jamur dan dan menjaga pH kulit kepala.

Baca juga: 5 Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan

  • Aspirin

Bukannya aspirin hanya untuk obat sakit kepala yah? eitsss, jangan salah. Aspirin mengandung asam salisilat yang merupakan musuh ketombe loh. Cukup siapkan dua tablet aspirin, hancurkan keduanya hingga menjadi bubuk, lalu campurkan pada shampoo yang ingin dipakai.

  • Kurangi Stress

Ada yang bilang bahwa segala penyakit itu berawal dari pikiran. Bener nggak sih? kalau dipikir-pikir emang iya. Stress emang nggak berpengaruh dengan ketombe, tapi stress berkepanjangan dapat memicu gejala kering dan gatal-gatal di kulit kepala. Sehingga akan berdampak pada kondisi kulit yang juga bisa menimbulkan ketombe di kulit kepala. So, kurangilah stress dengan bermeditasi, yoga, atau dengan hal-hal yang menyenangkan.

Nah sobat, kamua da tips lainnya? share dong di kolom komentar.

Source: idntimes

#30HariKebaikanBPN

28 thoughts on “Risih Dengan Ketombe? Ini Dia Cara Ampuh Menghilangkannya Secara Alami

  1. Aku pernah nyobain yang lidah buaya itu mbak, tapi lama banget. dan pakainya juga sekali aja, jadi belum terlalu ngefek heheheee
    Boleh deh aku coba nih mbak heee
    Maacih mbak ^_^

  2. Aku pernah ketombean saat kuliah, karena jarang keramas, jadi kulit kepala berminyak banget.
    Pas saat keramas juga, aku jarang banget memijat kulit kepala.
    Jadinya ketombean deh.

    Aku disarankan memakai lidah buaya dan membilas kulit kepala dengan bersih saat keramas.
    It works, guys!
    Meski tidak instan, tapi perlahan-lahan

  3. Baru tahu kalau aspirin juga bisa menghilangkan ketombe. Saya selama ini pakai sampo anti ketombe aja. Tapi ya itu, ketombe ilang, rambut yang rusak. Kayaknya emang perlu bahan-bahan alami untuk kulit kepala saya. Terima kasih infonya ya, Mbak.

  4. Aku pernah ketombean parah pas SMA waktu awal-awal memutuskan pakai hijab. Jadi belum tau ilmunya, rambut basah sering ga sempat dikeringkan dan ditutup hijab seharian. Kurang jaga kebersihan juga. Alhamdulillah akhirnya bisa sembuh, tapi aku lupa dulu diobatin apa, hahaha.

  5. Nah lo jadi stress itu salah satu penyebab ketombe yah, waduh harus jauhin stress nih kayaknya soalnya aku juga pernah ngalamin ketombe susah hilang padahal udah coba berbagai merek sampo.

  6. Aku juga dulu suka hujan salju dari kepala huhu risih banget, mungkin karena ganti sampo melulu, aku coba pakai jeruk nipis atau lemon Alhamdulillah membaik..minyak kelapa dan zaitun juga bisa ya..

  7. Wah patut di coba nih.. akuoun ketombean mba.. dan risih banget yaa dengan ketombe.. lodah buaya pernah pake cuma gak rutin sih.. mungkin belum terlihat hasolnya ya kalau sekali

  8. Kalau karena stres, ini sangat susah diobati yaa..
    Karena hanya kita yang tahu, dan kadang malah gak terasa.

    Tapi cara alami tentu menghasilkan hasil yang lebih baik meskipun gak instan
    Patut di cobaa..

  9. baru tahu lidah buaya ternyata buat hilangin ketombe juga mba soalnya dulu sempet ketombean gegara gonta ganti sampo ga kayak Anggun ga mau jadi duta sampo lain hahaha..alhamdulilah srkg udah ga ketombean

  10. Aku taunya ketombe bisa dibasmi pake jeruk nipis atau lemon. Memang kalo ada bekas luka garuk di kepala, jadinya tetesan air jeruk nipis atau lemon ini bikin perih banget sih. Tapi ampuh

  11. Aku sering pakai lidah buaya buat rambut, alami dan praktis karena tinggal petik di pekarangan sendiri, hehe. Emang sih. Perawatan rambut itu perlu banget. Apalagi buat yang berhijab. Salah satunya, biar nggak ketombean. Tipsnya yang lain, perlu dicoba nih 🙂

  12. udah pernah nyoba pakai lidah buaya, tapi karena malas jadi ngga terlalu ngefek deh.. pengen nyoba pakai aspirin atau cuka apel ah.. aku juga ketombean nih, mungkin karena kondisi kepala terlalu lembab yaa, soalnya kan pakai jilbab terus.

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!