5 Penyebab Bau Mulut, Nomor 5 Nggak Nyangka Banget

Saat berpuasa, tentu bau mulut sedikit menyengat, iyakan? iyain aja deh supaya saya punya teman duduk di pojokan hahaha.

Saat berpuasa, aktifitas mengunyah turun drastis sehingga mengurangi juga aktifitas enzim dalam mulut. Hal tersebut memicu adanya bau mulut yang khas saat bulan puasa. Tapi, baunya masih bisa ditolerir sih nggak sampai bikin orang pingsan. Namun, yang namanya bau mulut pasti mengganggu kenyamanan di sekitar dan membuat kita nggak percaya diri.

Penyebab bau mulut
Sumber Gambar: Pexels.com

Untuk mengatasi bau mulut, saya sudah menulis di artikel sebelumnya. Kalau bau mulut sudah diatasi plus merawat gigi agar tetap putih, perlu diketahui juga loh apa saja yang menjadi penyebab bau mulut. Hal-hal yang selama ini mungkin dianggap sepele, ternyata penyebab terjadinya bau mulut.

  • Gosok gigi tak tuntas

Cukup rindu yang nggak dituntaskan. Gosok gigi harus yah. Dulu, saya pun kadang gosok gigi nggak tuntas, karena pernah risih dan nggak nyaman dengan rasa pasta gigi. Akibatnya, muncul flak di area gigi yang memicu bau di mulut. Karena sudah tobat dan kapok habis scalling gigi, saya nggak mau lagi ngasal sikat gigi.

  • Komsumsi minuman dan makanan berbau tajam

Ada yang suka nggak sih makan jengkol atau pete? rata-rata keluarga saya sangat suka kedua jenis makanan yang banyak digemari oleh orang sekalipun membuat bau mulut menyengat hahah. Karena sering melihat keluarga mengonsumsi jengkol dan pete, saya yang dulunya ogah banget mencicipi makanan ini, pada akhirnya tergoda juga hahah. Tapi yah itu, bau pete atau jengkolnya baru hilang beberapa hari kemudian. Saran saya sih, hindari makanan atau minuman yang berbau tajam jika ingin menjaga bau mulut agar tetap aman.

Baca juga: 7 Manfaat Teh Untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui

  • Asupan serba manis

Bagi sobat yang hobi banget makan yang manis-manis seperti coklat, ada baiknya mengurangi mengonsumsinya. Karena, makanan manis dapat membuat bakteri bersemangat. Duh, ini sedikit menyiksa batin sih, karena saya suka banget makan coklat.

  • Diet Rendah Karbohidrat

Bagi sobat yang sedang menjalani diet ketonik, ada baiknya memperbanyak minum air putih untuk ‘membilas’ keton dalam tubuh.

Saat seseorang melakukan diet ketonik, maka akan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan memperbanyak konsumsi protein. Tubuh akan berada dalam kondisi ketosis, saat sistem mulai membakar lemak dan menghasilkan energi. Proses menciptakan produk yang disebut keton. Jika tubuh banyak memproduksi keton, tak ada pilihan lain mengeluarkan keton melalui urine dan napas.

  • Mengorok

Really? yup, aktifitas mengorok saat tidur ternyata bisa menyebabkan bau mulut. Saat malam hari, produksi air liur berkurang drastis. Nggak heran jika bangun di pagi hari bau mulut menyengat. Kalau nggak percaya coba deh tes di pagi hari.

Kondisi ini bisa diperparah jika seseorang memiliki kebiasan mengorok saat tidur. Bernapas dengan mulut atau mengorok sata tidur biasa dikenal dengan istilah xerostomia.

Xerotosmia atau kondisi mulut kering dapat menyebabkan timbulnya radang tenggorokan, suara serak, sulit bicara dan menelan, bahkan perubahan indera pengecap.

Untuk mengatasi hal tersebut, disarankan memperbanyak minum air putih.

#30HariKebaikanBPN

Source: CNN Indonesia

Artikel Menarik Lainnya

30 Komentar

  1. Aku manggut-manggut baca postingannya, banyak yang ternyata aku nggak tahu, Makasih ya mba.

  2. berarti kalau lagi diet karbohidrat kudu banyakin minum air putih. baik, saya belum tahu info ini ternyata untuk buang keton dr dalam tubuh toh

  3. Aku begitu bangun tidur suka langsung masak air hangat untuk minum perasan lemon.
    Lalu sikat gigi.
    Hehhee..aku juga gak suka loo…sama orang yang punya bau mulut.

  4. bau mulut penyebabnya itu gak cuma yang kita tau juga ya, apa yang kita makan juga bisa bikin bau mulut, atau mungkin kurang minum air putih, atau jarang scalling karang gigi

  5. Wah, baru tahu kalau mengorok bikin bau mulut. Tapi bener juga sih logikanya.
    Kalau aku sih biasa karena makanan atau minuman berbau tajam

  6. Hahaha judulnya kayakn di media online yang viral2 ya jeung? 😀
    Wah ternyata org yang kyk diet keto itu berpotensi punya bau mulut yaaa. Kudu memperhatikan betul donk soal kesehatan gigi mulutnya juga ya.

    1. Wkwkwk cobain aja kak hahah

  7. penasaran sikat gigi ngak tuntas itu kayak apa yah, apa sama dengan ga bersih, masih ada kotorannya, gitu kah Mba

  8. Wah baru tahu kalau mengorok itu bikin bau mulut. Gimana cara menghilangkan ngorok ya kak? Mungkin harus buat artikel baru ya kak biar tuntas hehe

  9. Susah yaa. Aku suka makanan manis dan karbo nih. Emang kudunya Banyakin makan buah dan sayur, napas jadi segar. Kalo ngorok sih, aku enggak.

  10. penyebab bay mulut aku sih karena makan pete mba hahaha tapi enak sih klo makan pete

  11. Kalau aku makan pete mba yang biasa sebabin bau mulut padahal enak banget makan pete itu hahahaa

  12. pengalaman pribadi makan pete duh ampun mulut baunya ga mufakat tapi enak makan kalau pete sih hahaha

  13. Kayaknya kalau saya bukan kelima limanya di atas. Karena tidak melakukan itu semua. Tapi masih kadang merasa bau aja nih mulut walaupun paginya udah bersih sampai ke gusi dan geraham belakang. Duh kenapa ya itu?

  14. Memang ya bau mulut itu bikin gak PD.. dan emang baru tau kalau ngorok juga bikin bau mulut.. huaa

  15. Baru tahu yg No.5 tuh mbak, heheee
    Kalau udah bau mulut auto kepercayaan diri menurun mbak, hehee
    TFS Mbak

  16. Serumah pada ngorok kalo tidur, tapi kami doyan minum air putih juga sih. Semoga jangan sampai jadi bau mulut deh, kasihan lawan bicara

  17. wah baru tahu kalo lagi diet ngurangin karbo bisa berpengaruh pada bau mulut. aku lg nyoba diet ini soalnya 😀 siap2 banyakin air putih. makasi infonya ya mba

  18. Wah, baru tahu ternyata diet karbo dan mengorok juga bisa bikin bau mulut ya mbak, terima kasih remindernya..

  19. waduh jadi ngorok pun penyebab bau mulut. Kalau gitu pagi-pagi bangun langsung sikat gigi aja deh untuk yang suka ngorok.

  20. hahaha… iya, no.5 baru tau. Di rumah ada yang ngorok, kalo diingat-ingat ada benarnya juga nih

  21. Nah kalo ngorok aku tau, dulu ada yang pernah bilang dokter gigi temenku, dan salah satunya ngorok hahhahahaa
    Auto ngakak dah.

  22. Aku baru tau kalau diet rendah karbo bikin bau mulut juga, ya

  23. Suciarti Wahyuningtyas

    Aku baru tau ternyata ngorok juga bisa menyebabkan bau mulut juga ya mbak. Kirain hanya dari kemalasan membersihkan gigi dan makan-makanan yang meninggal bau menyengat saja.

  24. Air putih hangat bikin kerongkongan legaaaaaa
    Semoga sehaaaatt semuanya ya

  25. Beneran deh gak nyangka kalau ternyata ngorok bisa sebabkan bau mulut. Btw ngorok itu karena apa ya? Ibu saya sudah banyak konsumsi air putih tapi tetep aja kalau malam ngorok

  26. waduuuh ternyata saya ga boleh ngorok ya malam malam, kalo engga bau naga ..hiiiy

  27. Tambah 1, Mbaa.. ngerokok. Itu juga bikin BM looh. Dulu lingkunganku perokok semua, tapi alhamdulillah tinggal Adekku yg blm berhenti. Tapi bener juga nih.. ngorok bisa buat BM, cuma dipagi hari aja. Udahannya ga, Mba

  28. Ya, kakak, yang sudah saya pernah baca semuanya tapi mengorok itu baru di pos ini saya bacanya hahaha. Ya Tuhaaan ternyata mengorok membikin bau mulut 😀

    1. Wkwkwkw iya kak, Hati2 lo klu sering ngorok 😂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.