Apa Itu Website Berita dan Contohnya

Kurang lebih 8 tahun saya baru mendengar kabar seorang teman yang dulunya satu sekolah dengan saya. Dia merupakan sepupu sahabat saya, kami sebenarnya saling mengenal, karena penasaran saya menanyakan bagaimana kabar dan kegiatannya saat ini. Saya kaget setelah tahu bahwa dia mengelola website berita. Kembali saya tanyakan kepada sahabat saya apakah dia mengelola websitenya menggunakan hosting dan sewa vps?

Saya dan sahabat bercerita cukup panjang lebar, rupanya teman satu sekolah saya itu yang dulunya kalem dan pendiam, kini mengelola website berita dan cukup sukses karena banyak pejabat yang mengontrak jasa teman saya tersebut.

Dari perbincangan tersebut, saya sangat termotivasi ingin mengembangkan blog saya dari blog pribadi menjadi website berita. Sudah lama keinginan tersebut ingin saya realisasikan. Tentunya, untuk mengelola sebuah website berita, kita perlu skill mulai dari skill menulis, mengenal SEO, cara teknis mengelola website dan lainnya.

Apa Itu Website Berita

Website berita
Sumber Gambar: Freepik.com

Website berita dan blog pribadi tentu saja berbeda. Sebagai blogger, saya mengelola sebuah website berbentuk blog pribadi yang tentu saja menceritakan aktivitas keseharian dan gaya hidup. Lingkupnya terbatas meskipun memuat berbagai informasi umum. Lain hanya dengan website berita.

Dilansir dari temukanpengertian.com, website berita adalah jenis website yang dibuat dengan tujuan untuk menyebarluaskan berita atau informasi secara luas di internet. Website berita ini mampu menyedot perhatian banyak orang terutama bagi mereka yang menjadikan website berita sebagai media dan sumber informasi.

Nah inilah yang menjadi pembeda antara website blog dan website berita. Website berita memuat informasi yang menyedot perhatian banyak orang. Website berita memuat konten berita dan informasi yang terkini dan terbaru. Biasanya dalam website berita ada berbagai macam kategori seperti seputar olahraga, pendidikan, bisnis, keuangan, politik, kesehatan, kecantikan, fashion, otomotif, properti, wisata, teknologi, dan lain-lain.

Saat ini, website berita masih eksis dan sudah menjadi salah satu kebutuhan orang untuk mendapatkan berbagai informasi. Maka tak heran, jika saat ini website berita adalah jenis website yang sering dikunjungi. Website berita menyajikan informasi terbaru, akurat dan up to date. Jika dulu sebelum berangkat kerja orang akan membaca koran, maka di era digital saat ini membaca berita bisa melalui website dengan memanfaatkan internet.

Contoh Website Berita

Saat membuka internet, kita akan mendapatkan berbagai alamat website. Di antara alamat website tersebut, tidak semuanya merupakan website berita. Untuk itu penting bagi kita mengetahui contoh website berita agar mendapatkan pengalaman membaca berita yang akurat dan terpercaya. Berikut ini saya telah merangkum beberapa contoh website berita yang bisa menjadi sumber referensi bacaan teman-teman di manapun.

1. Detik.com, siapa sih yang tidak mengenalnya, sesuai dengan namanya “Detik”, informasi yang di update melalui website berita ini bisa dibilang sangat cepat, sehingga membuat website berita ini menjadi populer di Indonesia.

2. Kompas.com, sebelumnya kompas telah sukses di dunia offline dengan koran kompas. Kini ketika segala sesuatu dilakukan serba online, kompas juga telah sukses dengan website beritanya.

3. Okezone.com, di awal kemunculan website berita ini langsung melejit sebagai website berita yang populer, hal tersebut karena kekuatan promosinya, dimana waktu itu hampir setiap hari salah satu stasiun televisi mengiklankan website okezone.

4. Kapanlagi.com, merupakan salah satu website berita yang berfokus menyajikan informasi seputar hiburan. Kekuatan promosi yang dilakukan membuat website berita kapanlagi dikenal oleh banyak orang, sehingga menjadikannya populer di Indonesia.

5. Rdntimes.com, merupakan situs website yang menyajikan informasi berita terkini dan terbaru seputar keuangan, bisnis, fashion, olahraga, kesehatan, kecantikan, pendidikan, otomotif, properti, wisata, teknologi, dan politik di Indonesia. Website rdn times  ini terbilang masih baru namun menyajikan berita-berita menarik untuk dibaca dan kedepannya mungkin juga bisa menjadi sebuah website yang besar dan dikenal oleh banyak orang.

6. Beritabulukumba.com, salah satu website berita lokasi daerah kelahiran saya yang sering dikunjungi untuk mendapatkan informasi terkini seputar daerah bulukumba, politik, kesehatan dan masih banyak lagi.

7. Grid.id adalah situs website berita yang target pembacanya adalah wanita. Ini adalah salah satu website yang sering saya kunjungi juga, karena banyak informasinya yang memuat hal-hal tentang kebutuhan wanita. Website ini memuat informasi seputar pakaian dan kecantikan, K-pop, Female, Living dan lainnya.

8. Kumparan.com, merupakan situs website berita yang saat ini sedang populer di berbagai kalangan. Awal mengenal Kumparan saat saya berselancar di media sosial, awalnya saya hanya mendapatkan berita menarik melalui sosial media Kumparan, namun karena beritanya selalu menarik dan trending akhirnya saya mengunjungi situs websitenya yang memuat informasi terkini lebih lengkap. Situs Kumparan memuat informasi trending, cerita dan opini, hiburan dan masih banyak lagi.

9.Tirto.com, merupakan  situs website yang juga populer dan banyak dikunjungi. Saya pribadi suka mengunjungi website Tirto.com karena memiliki keunikan. Salah satunya, memuat berita yang mengandung sejarah dan tak jarang mengulas biografi orang-orang berpengaruh.

Selain beberapa contoh website berita di atas, sebenarnya ada masih banyak lagi website berita menarik lainnya yang memuat informasi terbaru dan sedang trending. Pastikan saat kamu mengunjungi sebuah website berita, situs tersebut kredibel dan tidak menyebarkan hoaks.

Bagaimana sobat Ainhy, apakah tertarik mengelola sebuah website berita?

Baca Juga:

Cara Menghasilkan Uang dari Blog Pribadi

Menjadi Blogger itu Bukan Tentang Mendapatkan Uang, Tapi…

Artikel Menarik Lainnya

1 Komentar

  1. Apa Saja yang Harus Dipersiapkan untuk Menghadapi UTBK 2023? - Blog Ainhy Edelweiss

    […] Apa Itu Website Berita dan Contohnya […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.