CARA SIMPEL MERAWAT GAMIS AGAR TAHAN LAMA

Cara simpel merawat gamis

Hai sobat Ainhy, Perlukah kita merawat baju gamis dan bagaimana caranya? Gamis merupakan salah satu model busana muslimah yang banyak diminati dan naik popularitasnya akhir-akhir ini. Modelnya yang longgar dan penampilannya yang anggun memang menjadi daya tarik bentuk busana yang satu ini. Apalagi baju gamis relatif fleksibel untuk dikenakan pada berbagai suasana dan acara, termasuk untuk bersilaturahmi ke tempat saudara atau tetangga saat lebaran.

Namun sebelum kita berbicara tentang cara merawat baju gamis, ada baiknya kita mengenal jenis bahan maupun model gamis terbaru yang ada di pasaran. Dengan pengamalan ini, maka perawatan dapat dilakukan secara lebih efektif agar malah tidak merusak bahan kainnya. Apalagi masing-masing jenis bahan busana memiliki karakteristik yang berlainan yang membutuhkan cara yang berbeda pula dalam perawatan dan pemeliharaannya.

Cara Simpel Merawat Gamis Biar Tetap Awet

Cara simpel merawat gamis
Sumber Gambar: haigadis(dot)com

Bahan yang umumnya digunakan untuk pembuatan busana gamis, termasuk baju gamis modern cukup beragam. Ada yang menggunakan bahan brokat, satin, katun, katun jepang maupun sutera. Selain bahan yang berlainan, masing-masing bahan itu juga memiliki jenis atau kelas yang berlainan. Membedakan masing-maing jenis kain tersebut sebenarnya cukup mudah, baik dari penampilannya maupun sentuhannya yang lembut.

Nah, untuk merawat gamis katun jepang maupun bahan lainnya agar awet dan tidak mudah memudar sebenarnya cukup mudah sobat Ainhy, yaitu meliputi:

  • Hindari mencuci busana gamis baik yang berbahan satin, katun jepang, ataupun sutera dengan mesin cuci sebab justru akan membuatnya cepat rusak. Untuk mencucinya lakukan saja secara manual dengan tangan dengan sabun cuci yang khusus diperuntukkan bagi jenis kain yang lembut.
  • Ada baiknya rendam terlebih dahulu busana gamis sebelum dicuci ke dalam air selama kira-kira 10 menit. Setelah itu baru dicuci dengan cara dikucek secara perlahan lalu bilas. Sebaiknya hindari penggunaan sikat baju, terutama yang kasar, saat mencuci busana gamis.
  • Dalam mencuci baju gamis, hindari dalam memerasnya. Untuk mengurangi kandungan air dalam baju cucian cukup didiamkan di atas tempat berongga (di tus)
  • Hindari panas langsung dari matahari saat menjemur baju gamis agar tidak merusak serat kain maupun warnanya. Cukup angin-anginkan saja di tempat yang agak teduh hingga kering.
  • Dalam merawat baju gamis sebaiknya hindari untuk terlalu sering mencucinya.
  • Menggunakan pewangi dan pelembut. Kamu bisa menggunakan pewangi dari royale soklin yang merupakan pewangi baju yang tahan lama dengan aroma segar seperti parfum mewah. Gamis juga akan menjadi lembut. Wanginya bertahan lama sehingga semakin percaya diri. Dengan teknologi parfum pakaian wangi tahan lama membuat gamis tetap wangi meski disimpan lama.

Nah itu dia cara simpel merawat gamis agar tetap awet yah sobat Ainhy. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

25 Komentar

  1. Perawatan gamis ini gampang2 susah sih Mak, kalau dari pengalamanku. Tapi kalau telaten dalam merawat, InsyaAllah bahannya bakal selalu awet dan nggak gampang rusak.

  2. Wah, ternyata tidak semua gamis bisa diperlakukan sama, ya. Beda bahan gamis, beda juga perlakuannya. Ada yang bisa dicuci pakai mesin cuci, ada juga yang cukup pakai tangan saja. Sip! Perlu jadi catatanku! 😃

  3. Terima kasih tipsnya, Mbak. Aku nggak punya banyak gamis sih dan kebanyakan bahan katun jadi perawatannya simple tapi ada beberapa juga yang dari bahan satin dan brukat bakal aku praktikkan nih tipsnya.

  4. Memiliki gamis ini kesenangan tersendiri. Ngumpulinnya dari satu ke dua, ke tiga dan seterusnya.
    Agar awet memang kudu dirawat secara maksimal dengan langkah yang diberikan kak Ainhy.

  5. aku rata2 gamis digantung
    soalnya gamis kalau digantung ga bikin penuh lemari trus bikin enak juga kalau sehari-hari mau dipakai lebih gampang nyari dan ga berantakan

  6. Wah ternyata nggak boleh sembarangan mencuci gamis yang berbahan satin ya. Aku malah main lempar aja ke mesin cuci.

  7. Iya nih mbak makanya kalau gamis tuh aku suka cuci pakai tangan soalnya eman2 kalau rusak. Kdng juga yang bahannya bagus aku cuci pakai detergen khusus supaya gak pudar warnanya hehe

  8. iya sekarang ini gamis banyak model dan juga bahannya. Emang harus di rawat dengan baik biar awet, salah satunya dengan mencuci dan menjemur secara tepat seperti diuraikan dalam artikel ini.

  9. makasih ya mbak, aku banyak gamis di rumah
    mau terapin tips ini, biar gamisku jadi makin awet, hehe

  10. tipsnya siap daku praktekin mbaaa
    soale memang belakangan ini gamisku kok gampang rusak.
    owalaahh, kudu jalankan tips merawat gamis, yak.

  11. Terimakasih tipsnya mak. Memang betul harus tau dulu bahan gamisnya biar ga salah perawatan
    Soalnya aku dulu pernah gamis ku yang bahan satin ku masuk ke mesin cuci kesangkut2 trus robek huhuu

  12. Dian Restu Agustina (@dianrestoe)

    Aku pakai pewangi dan pelembut Royale Soklin di rumah..untuk semua baju. Meski pakai mesin cuci – di bilasan terakhir, tapi wanginya tetap awet nih

  13. Neti Suriana (@Aura_Husna)

    Klo saya sih tergantung bahannya mbak. Klo bahannya lembut dan licin, nyucinya cukup dikucek2 aja. Klo bahannya lumayan tebal, lebih memilih disikat nyucinya.

  14. Neti Suriana (@Aura_Husna)

    Terimakasih mbak tipsnya, sangat bermanfaat.
    klo gamis sih sy terkadang suka malas nyetrikanya, karena bidangnya terlalu lebar hehe….

  15. Wah makaasih tipsnya mbak
    aku malah di lemari gantungan tak kasih pewangi dari sabun batangan yang berbau lemongrass

  16. Iya baju yang bagus sayang dicuci di mesin ya takutnya malah cepat rusak dan kusam lainnya, lebih baik dicuci pakai tangan walau lelah tapi jadi awet pakaiannya

  17. Makasih ya untuk tipsnya. Bisa kupake nih untuk merawat baju-baju gamis yang kupunya. Kadang yg rentan tuh bagian kancing. Ada aja yg lepas.

  18. aku gamis2 yg butuh sentuhan tangan biasanya nggak pakai mesin cuci, ada juga yg masuppp mesin hihi.
    Yg kaftan2 gitu belum pernah punya kayaknya. Renda2 gitu pasti udah nggak boleh masup mesin cuci yaaa

  19. Saya juga punya gamis katun Jepang, emang baiknya engga dimasukkin ke mesin cuci. Kucek aja. Kasih deh pewangi.

  20. Makasih tips lengkapnya mbak. Memang gamis mah sebaiknya jangan pake mesin cuci yaah, sayang soalnya. Tapi aku kadang masih suka meres sih hahaha harusnya jangan yaaah, baiklaaah gak akan lagi hehe

  21. aku hampir gak pernah memeras semua pakaian, dari mesin cuci atau dicuci langsung dijemur atau dikeringkan di mesin cuci. Terima kasih remindernya ya Mba

  22. Gamis2 cantik berbahan halus kalau aku sih biasanya … ga masuk mesin cuci ya, melainkan cuci manual dengan tangan biasa. Sayang renda atau sulamannya khawatir rusak. Kecuali kalau gamis biasa rumahan mah masukin aja ke dalam mesin hehehe. Pakai pelembut plus pewangi biar nyaman dan harum dipakai. Royale Soklin, misalnya. Cocok banget deh… aku suka.

  23. Suciarti Wahyuningtyas

    Kalau aku biasanya memisahkan mencuci gamis dengan baju yang biasa, waktu setrika dan menyimpan di lemari pun aku gantung gak pernah dilipat, tapi memang baju-bajuku dilemari pasti digantung semua kecuali kaos. Kalau pewangi sudah pasti selalu kukasih agar tetap terjaga juga wangi dan bersihnya didalam lemari.

  24. Whuaaa, langsung lihat koleksi baju gamis di rumah dan cuma punya 2 bijiii itu pun beli di temen blogger. Memang butuh ekstra untuk merawatnya yaa biatr tetep tahan lamaa.

    Makasih tipsnyaa Maak. Apalagi kalo pake Royale Soklin pewangi yang bakalan tambah wangiii gamisnyaa dan pede saat mengenakannya, bisa kibas2 syantiik.

  25. wah makasi banget buat tipsnya tentang cara simple merawat gamis agar lebih tahan lama, makin ke sini aku jadi paham nih butuh model gamis yang kayak mana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.