Mengenal Edwin Ruud Penemu Pemanas Air Instan

Edwin Ruud
Sumber Gambar: Wikipedia

Edwin Ruud adalah nama yang cukup dikenal karena penemuannya berupa pemanas air instan (otomatis). Dia lahir di Ostfold, Norwegia. Belajar engineering pada Sekolah Teknik Horten di Vestfold, Norwegia.

Edwin bermigrasi ke Amerika Serikat dan pada 1880an bekerja di Fuel Gas and Manufacturing Company yang dimiliki oleh Geoger Westinghouse di Pittsburgh, Pennsylvania. Pada 1889 Edwin merancang sebuah desain untuk pemanas air instan (otomatis) dengan tangki yang berbahan bakar gas. Ciptaannya itu dia patenkan pada 30 Desember 1890 di bawah nama perusahaan tempatnya bekerja.

Pada 22 Januari 1897 atas namanya sendiri Edwin mematenkan desain pemanas air instan yang baru Automatic Water Heater. Desain yang baru ini diklaim bisa menyuplai air panas terus menerus pada suhu tertentu yang diinginkan.

Berbekal desainnya yang baru itu Edwin Ruud resign dari pekerjaannya dan membuat perusahaan sendiri Ruud Manufacturing. Pemanas air instan buatan perusahaannya tersebut segera populer untuk dipakai di rumah dan di tempat komersial. Pada September 1898 dia kembali mematenkan desain baru yaitu copper coiled tube Automatic Water Heater.

Bisnisnya berkembang dan pemanas air buatannya semakin baik desainya. Sehingga pada 1908 dia berhasil mengakuisisi dua bisnis heating and plumbing lokal, serta mengembangkan bisnis ke luar Amerika Serikat. Pada 1915 Ruud Manufacturing Company sudah memiliki kantor di Pittsburgh, Kalamazoo, Toronto, dan Hamburg.

Pemanas air instan Type F milik Edwin mampu menyuplai air panas dengan energi yang lebih irit. Bisa menggunakan bahan bakar gas alam, LPG, atau bensin dan didesain dalam 4 jenis yang mempunyai kemampuan suplai berbeda-beda setiap menitnya. Pada 1915 diperkirakan sekitar 100.000 pemanas air Type F terpasang di seluruh Amerika Serikat dan Kanada.

Bisnis perusahaan Edwin Ruud juga berkembang merambah bidang lain misalnya air conditioning. Edwin Ruud meninggal pada 1932 dan istrinya Minna Kaufmann meninggal pada 1953. Pada 1959 divisi pemanas air dari Ruud Manufacturing Company dibeli oleh Rheem Manufacturing Company.

Edwin Ruud dan perusahaannya mendapatkan beberapa penghargaan berikut:

  • 1904 – Medali emas Louisiana Purchase Exposition (St. Louis World’s Fair) untuk pemanas air otomatisnya.
  • 1905 – Edward Longstreth Medal of Merit dari Franklin Institute untuk pemanas air otomatis.
  • 1927 – Honorary doctorate dari University of Pittsburgh.
  • 1929 – Mendapat gelar Knight untuk Order of St Olav.

Kini pemanas air instan makin mudah didapat, salah satunya adalah Champs Complexion Shower Care yang diproduksi oleh Champs Industrial, Singapura. Dengan harga terjangkau tidak hanya mendapatkan pemanas air biasa.

Namun juga dilengkapi dengan kemampuan untuk memurnikan air secara langsung. Kuman dan kandungan klorin di dalam air sekaligus dihilangkan saat pemanas air digunakan. Kemampuan tersebut sudah diuji coba di laboratorium pihak ketiga di Singapura dan memberikan hasil yang memuaskan.

Kelebihan lainnya adalah mempunyai tiga mode pancuran, suhu air bisa dikontrol dengan mudah untuk mendapatkan temperatur yang diinginkan. Dilengkapi dengan fungsi memutus daya pemanasan air jika suhu air menjadi terlalu panas, sehingga kulit terhindari dari lepuh.

Baca Juga:

Punya Modal 500 Ribu Bisa Bisnis Apa Aja?

Bagaimana Menjaga Imunitas Anak Selain Suplemen Sirup?

Yuk, Jalan-Jalan Sambil Nambah Ilmu Bareng Nurwachid Putra!

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.