Museum di Jakarta Yang Wajib Dikunjungi

Museum di Jakarta Yang Wajib Dikunjungi — Salah satu kegiatan yang sering dinantikan oleh banyak orang, yakni kegiatan berlibur. Menghabiskan waktu dengan berkumpul bersama orang tersayang, tentu menjadi momen yang jarang sekali terjadi. 

Khususnya untuk para pekerja kantoran yang setiap harinya berkutat dengan pekerjaan, bahkan tidak jarang hingga mengambil lembur. Jika berbicara tentang liburan, ada banyak jenis wisata yang bisa kamu datangi. 

Termasuk wisata bersejarah dan pastinya mengedukasi, seperti museum. Bisa juga saat staycation di Jakarta dan mengajak keluarga bisa mengunjungi museum sebagai alternatif wisata.

Di Jakarta, keberadaan museum bisa dikatakan cukup beragam, dan tidak hanya berisi benda kuno, ternyata beberapa museum di bawah ini juga sangat unik dan menarik. 

Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Beragam museum unik di Jakarta

Museum Macan (Modern and Contemporary Art in Nusantara)

Museum macan menjadi rekomendasi pertama museum di Jakarta yang bisa kamu datangi. Di museum ini, kamu bisa melihat berbagai macam karya seni dari para seniman yang terkenal. 

Ada yang menarik nih dari museum satu ini, yakni keberadaan dari ruang infinity mirrored room, yang benar-benar dibuat dengan motif menyerupai macan tutul. 

Selain itu, museum Macan juga menjadi yang pertama dalam menampilkan karya modern serta kontemporer baik dari tanah air maupun internasional. 

Wah, ikut bangga ya melihat prestasi museum Macan ini.

Baca Juga:

Taman Prasejarah Batu Pake Gojeng

Museum Serangga dan Taman Kupu

Museum di Jakarta yang bisa menjadi referensi kamu berikutnya adalah museum Serangga dan Taman Kupu. 

Seperti namanya, di museum ini kamu bisa menyaksikan berbagai macam serangga yang sudah diawetkan dengan metode pengeringan. Setidaknya ada 600 lebih serangga awetan, yang sebagian besarnya terdiri dari kupu-kupu serta kumbang. 

Tidak hanya itu saja, di museum ini kamu juga bisa menyaksikan koleksi serangga-serangga hidup seperti belalang, capung, belalang ranting, dan kecoa Madagaskar.

Museum Minyak dan Gas Bumi

Museum Minyak dan Gas Bumi ini  bisa dikatakan museum yang dibuat dengan desain kekinian dan canggih yang berbentuk offshore platform. 

Museum ini juga bahkan berdiri di atas sebuah danau buatan yang mempunyai luas 11 meter persegi. Wah, sungguh unik sekali ya, sob. 

Jika kamu berkunjung ke museum ini, kamu akan bisa menikmati semua fasilitasnya, seperti ruang pameran sejarah gedung perminyakan, peralatan pengeboran minyak, perpustakaan, dan ruang auditorium yang ternyata juga bisa disewa oleh masyarakat umum.

Museum Layang-layang

Museum di Jakarta
Sumber Gambar: tribunnews

Siapa disini yang suka bermain layang-layang? Jika kamu adalah penggemar permainan layang-layang, kamu wajib banget nih untuk datang ke museum di Jakarta yang satu ini. 

Dapat dilihat dari namanya, museum ini memang mengoleksi berbagai macam jenis, motif, dan bentuk dari layang-layang yang ada di seluruh Nusantara. 

Tidak hanya sebatas melihat, kamu juga bisa nih mencoba membuat layang-layang secara langsung dan bahkan membawanya pulang. Hmm.. Kira-kira kamu mau bikin layang-layang dengan motif apa nih sob?

Museum Wayang

Salah satu museum di Jakarta yang sudah berdiri sejak lama yakni Museum Wayang. Museum Wayang mulai didirikan sejak jaman pemerintahan Belanda, dan pada awalnya diberi nama De Oude Hollandsche Kerk. 

Maka, jangan heran jika saat datang ke sini kamu akan melihat sebuah bangunan yang mempunyai bentuk unik khas interior Belanda. 

Di  Museum Wayang, kamu bisa melihat kurang lebih 4000 koleksi wayang yang berasal dari seluruh Indonesia. Ada wayang kulit, wayang boneka, wayang golek, dan masih banyak lagi. 

Pastinya deh, jika kamu datang kesini, pengetahuanmu tentang dunia perwayangan akan bertambah.

Jika kamu sedang mencari hotel murah di Jakarta atau rekomendasi hotel murah di Jakarta bisa melihat terus update selanjutnya di sini!

Artikel Menarik Lainnya

17 Komentar

  1. Rekomendasi 7 Tempat Wisata Instagramable Di Bandung - Blog Ainhy Edelweiss

    […] Baca Juga: Museum di Jakarta yang Wajib Dikunjungi […]

  2. Waaah baru tahu ada museum minyak dan gas bumi mba 😲. Di mana lokasinya itu Yaa? Langsung pengen searching aku.

    Aku dan anak2 seneng main ke museum. Apalagi museum yg punya dark history, seperti museum Jend Nasution dan museum Jend Ahmad Yani. Juga museum lubang buaya. Anak2 hobi banget kalo museum yg begitu. Kdg mereka slalu minta diceritain ulang sejarahnya. Tapi sesekali PGN juga ajak mereka ke museum yg lebih santai suasananya kayak pilihan di atas 🙁

    1. Jakarta mba

  3. Sering bolak balik Jakarta tapi belum pernah sekalipun ke museum-museum ini. Bisa nih jadi refrensi jalan-jalan sama anak-anak nanti.

  4. aku paling suka museum wayang, bagus banget 😀

    1. Udah ke sana brrti ya kak

  5. Dari anak saya masih kecil sampai sekarang, belum juga saya ke Museum Layang-Layang. Baru sebatas diniatin doang hihihi. Kayaknya lain kali harus beneran serius direncanakan

  6. Wahhh museumnya banyak banget yaa, ada macem-macem nama dan tempat lokasi yang berbeda-beda. Jadi referensi banget nih buat yang pengen tau sejarah negeri ini di museum..

  7. Wah saya tinggal museum minyak dan gas bumi nih yg belum. Boleh juga nih buat planning ngajak Adek Fi kesana.

  8. Awal tahun kmrn sempat punya rencana mau ke museum yg ada di jakarta sana. Tp karena keadaan jadinya cuma ke perpusnas. Pdhl bnyk museum d jakarts yg bagus dsn terawat ya

  9. Nabilla - Bundabiya.com

    beberapa museum jakarta memang menarik, kak. sekarang juga sudah ada beberapa bangunan yang dibagusin ya.. sebaiknya sih gitu. kalau di luar negeri tuh museum jadi daya tarik untuk wisatawan

  10. wah bagus nih rekomendasinya.. aku kalo ke Jakarta palingan ke Kota Tua aja, belum pernah ke museum.. harapannya tahun depan pengen ke Jakarta International Stadium sekaligus wisata ke museum-museum yg ada disana..

  11. saya pernah ke museum layang2 yang di Pondok Labu itu ya
    seru banget bisa nemu banyak layangan unik mbak
    harga tiketnya juga murah
    aku pengen banget ke museum minyak bumi dan gas
    semoga saja bisa ke sana di suatu saat nanti

  12. Aku belum pernah kak ke Mueium Serangga dan Taman Kupu, penasaran nih. Lokasinya di Jakarta mana ya kak? biaya masuknya berapa ke museum ini? Thanks

  13. Dari semua museum yang ada, belum ada satupun yang dikunjungi, Hiks. Ntar kalau jejalan lagi cobain mampir kesini ah. Kayanya seru kali ya bikin Tour de Museum gitu kalau lagi jalan-jalan bareng remen atau sama keluarga gitu, yang ramean.

  14. Lailatul Istiqomah, S.M

    Wah sayang sekali kak, waktu stay di Jabar dan maen ke Jakarta belum mengetahui museum ini. Semoga nanti bisa balik sana dan mengunjungi museumnya

  15. Ternyata banyak museum yg baru aku tau setelah baca blog ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.